Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150787 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maira Shasi Andadari
"Seiring persaingan SDM yang terus meningkat, perusahaan juga dihadapi dengan pergantian generasi di tempat kerja yang tidak bisa dihindari. Secara global, jumlah personil Generasi Z yang memasuki dunia kerja dan aktif mencari kesempatan kerja diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Untuk merekrut personil Generasi Z yang kompeten, perusahaan yang visioner harus mulai mencari cara untuk menarik perhatian dan memenuhi kebutuhan Generasi Z. Oleh karena itu, studi ini bertjujuan untuk menganalisa hubungan dari employer brand dimensions, person-organization fit (POF), dan employer of choice (EOC). Selain itu, studi ini juga mengeksplor peran dari employer’s social media presence dalam memoderasi hubungan antara POF dan EOC. Sebanyak 256 Generasi Z yang terdiri dari mahasiswa serta fresh graduates berpartisipasi dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional untuk membantu perusahaan dalam menemukan cara terbaik untuk berkomunikasi dan menarik Generasi Z untuk bekerja di perusahaan mereka. Penelitian ini menemukan bahwa budaya kerja yang positif lebih penting bagi Generasi Z dibandingkan dengan gaji yang tinggi. Selain itu, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara POF dan EOC, serta employer’s social media presence memperlemah hubungan antara POF dan EOC. Implikasi manajerial dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam merancang strategi employer branding.

As the talent war continues to rise, firms also see an inevitable generational shift in the workplace. Globally, the huge number of Generation Z individuals who are entering the workforce and actively seeking job opportunities is predicted to continually increase in the upcoming years. To attract this new group of skilled human capital, forward-thinking employers must carve out ways to stand out and meet the needs of these tech-savvy youth. This study seeks to analyse the relationship between employer brand dimensions, person-organization fit (POF), and employer of choice (EOC). In addition, the study explores the role of employers' social media presence in moderating the relationship between POF and EOC. A total of 256 Generation Z students and recent graduates were surveyed. Cross-sectional quantitative research methods were used in the hope of helping employers uncover ways to competitively communicate and attract Generation Z to work for their companies. This study found that empowering work cultures are more crucial for Generation Z rather than a high salary. Additionally, a statistically significant relationship between POF and EOC, and employer's social media presence weakens the relationship between POF and EOC. Managerial implications from this research are explored as insights for companies to devise employee branding strategies. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessi Ines
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi person-organization fit terhadap organizational attractiveness baik secara langsung maupun dimediasi oleh employer branding dan use of social media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan cross-sectional design dan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data primer. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari 311 Mahasiswa Strata 1 dan Strata 2 di Indonesia dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi person-organization fit memiliki pengaruh negatif terhadap organizational attractiveness, namun persepsi person-organization fit memiliki pengaruh positif terhadap employer branding dan use of social media. Kemudian employer branding dan use of social media ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap organizational attractiveness. Sehingga employer branding dan use of social media memediasi pengaruh persepsi person-organization fit terhadap organizational attractiveness secara penuh. Selain itu, employer branding juga ditemukan memiliki pengaruh negatif terhadap use of social media.

he study aim to discover the effects of perceived person-organization fit on organizational attractiveness both directly and mediated by employer branding dan use of social media. This study uses a quantitative approach with cross-sectional design and purposive sampling method to collect primary data. Sample was obtained from 311 Undergraduate and Graduate Students in Indonesia while data is analyzed using Structural Equation Modelling (SEM). Result indicates that perceived person-organization fit has a negative effect on organizational attractiveness, but perceived person organization fit has a positive effect on employer branding and use of social media. Afterward employer branding and use of social media was found to have a positive effect on organizational attractiveness. Which means employer branding and use of social media fully mediate the effect of perceived person-organization fit on organizational attractiveness. In addition, employer branding was also found to have a negative effect on use of social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mouline Zulfa Maharani
"Generasi Z merupakan generasi yang akan mulai masuk dan mendominasi pasar kerja. Dengan adanya fenomena ini, perusahaan harus mampu mengetahui faktor yang dibutuhkan oleh generasi Z dalam dunia kerja supaya mampu menarik generasi Z untuk bekerja di perusahaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi employer branding. Selain itu, perusahaan juga harus mengadopsi karakteristik generasi Z dalam konteks proses rekrutmen, salah satunya adalah dengan mengadopsi e-recruitment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran employer branding dan e-recruitment terhadap intention to apply generasi Z di DKI Jakarta. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 307 responden generasi Z yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2020 sampai dengan 2023. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa employer branding dan e-recruitment berpengaruh terhadap intention to apply. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan mampu menggunakan strategi employer branding dan e-recruitment untuk meningkatkan minat melamar pekerjaan generasi Z.

Generation Z is the generation that is beginning to enter and dominate the job market. With this phenomenon, companies must be able to understand the factors needed by Generation Z in the workplace to attract them to work for the company. This can be achieved by employing employer branding strategies. Additionally, companies should also adopt the characteristics of Generation Z in the context of the recruitment process, one of which is adopting e-recruitment. This research aims to examine the roles of employer branding and e-recruitment in the intention to apply among Generation Z in Jakarta, Indonesia. Using a quantitative approach, the study distributed questionnaires to 307 Generation Z respondents who are active students from the years 2020 to 2023. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis. The results of this study prove that employer branding and e-recruitment influence the intention to apply. Based on these findings, companies can use employer branding and e-recruitment strategies to enhance Generation Z's interest in applying for jobs."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fazah Zikri Soleha
"Menciptakan keunggulan kompetitif penting bagi perusahaan sebagai kegunaan untuk menarik para pencari kerja kompeten yang diperlukan untuk keberlanjutan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran langsung employer brand attractiveness dan corporate social responsibility sebagai variabel dependen dalam memengaruhi intention to apply, serta pengaruh tidak langsung organizational reputation memediasi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility terhadap intention to apply,sebagai variabel independen. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada total 315 responden. Responden adalah mahasiswa tahun terakhir dan lulusan baru yang belum memasuki dunia kerja dan merupakan bagian dari Generasi Z di Indonesia. Kuesioner menggunakan skala Likert 7 poin, dan Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara variabel yang digunakan dalam studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan secara signifikan memengaruhi intention to apply. Sementara itu, organizational reputation mempengaruhi hubungan antara employer brand attractiveness dan corporate social responsibility perusahaan dengan intention to apply melalui mediasi positif. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak adanya detail tentang jenis perusahaan yang dituju oleh responden, penggunaan metode cross-sectional, dan pengukuran self-assessment yang dapat menyebabkan bias subjektif. Berdasarkan penelitian ini, perusahaan dapat belajar bagaimana membentuk organizational reputation yang berfungsi sebagai keunggulan kompetitif dalam meningkatkan employer brand attractiveness dan corporate social responsibility di kalangan Generasi Z sebagai calon tenaga kerja baru yang memasuki pasar kerja.

Creating a competitive advantage is crucial for companies to attract competent job seekers necessary for business sustainability. This study aims to examine the direct role of employer brand attractiveness and CSR as dependent variables influencing the intention to apply, as well as the indirect influence of organizational reputation mediating the relationship between employer brand attractiveness and CSR on the intention to apply, as independent variables. Data were collected through questionnaires given to a total of 315 respondents, consisting of final-year students and fresh graduates who have not yet entered the workforce and are part of Generation Z in Indonesia. The questionnaire used a 7-point Likert scale, and Structural Equation Modeling (SEM) was employed to analyze and explain the relationships between the variables in this study. The results showed that employer brand attractiveness and CSR significantly affect the intention to apply. Meanwhile, organizational reputation positively mediates the relationship between employer brand attractiveness and CSR with the intention to apply. This study has several limitations, such as the lack of detail about the type of companies targeted by respondents, the use of cross-sectional methods, and self-assessment measurements that can cause subjective bias. These limitations necessitate careful interpretation of the results due to potential response variation, inability to explain post-study changes, and possible bias in the findings. Based on this research, companies can learn how to shape organizational reputation as a competitive advantage in enhancing employer brand attractiveness and CSR among Generation Z as new job market entrants."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avriel Mahatmya Muhammad
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari person-organization fit dan person-job fit melalui employer attractiveness sebagai mediasi pada mahasiswa program sarjana tingkat akhir yang mengambil program studi manajemen dan administrasi bisnis dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 180 responden. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda hierarkis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa person-job fit memiliki pengaruh secara signifikan terhadap job pursuit intentions melalui employer attractiveness. Akan tetapi, person-organization fit tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap job pursuit intentions melalui employer attractiveness. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dari responden mengenai nilai dan budaya dari suatu perusahaan sehingga tidak dijadikan sebagai penilaian dalam menentukan perusahaan sebagai tempat bekerja.

The aim of this study is to examine the influence of person-organization fit and person-job fit on job pursuit intentions with employer attractiveness as a mediating variable on last semester bachelor degree student who takes management and business administration study from Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, and Universitas Padjadjaran. For the data collecting technique for this study, questionnaires were distributed to 180 respondents. The collected data are analyzed by using multiple hierarchical regression. The result from this study shown that person-job fit have a significant influence on job pursuit intentions with employer attractiveness as the mediating variable. However, person-organization fit didn't have a significant influence on job pursuit intentions with employer attractiveness as the mediating variable. This is because the respondents don't know well about the value and the culture of a company so they don't use it to evaluate a company as a workplace.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernadette Dinda Widyadharini
"Saat ini, ketika mengevaluasi perusahaan mana, pencari kerja akan mempertimbangkan reputasi perusahaan sebagai bagian dari tekad mereka untuk melamar pekerjaan dan mengejar karir mereka di perusahaan yang menjadi penting bagi perusahaan untuk mempertahankannya melalui branding perusahaan serta branding produk mereka. Selain branding, penting juga bagi perusahaan untuk memanfaatkan media sosial karena semakin banyak digunakan untuk kampanye branding perusahaan dan proses rekrutmen terutama di era digital ini dengan perubahan preferensi kerja dari talenta muda yaitu generasi z karena sebagian besar lulusan baru lebih memilih untuk memulai karir awal mereka di perusahaan milik negara di industri perbankan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengevaluasi signifikansi citra perusahaan melalui nilai-nilai yang berkaitan dengan keinginan kandidat, sosial, ekonomi, pengembangan diri, pendaftaran kerja, citra produk, dan media sosial terhadap niat melamar pekerjaan di bank BUMN yang dimediasi oleh reputasi perusahaan dan dimoderatori oleh media sosial. Berdasarkan hasil dari 122 mahasiswa S1 yang diolah dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling menunjukkan bahwa nilai minat memiliki pengaruh paling tinggi terhadap reputasi perusahaan dan niat untuk melamar

Nowadays, when evaluating which companies, job seekers  will consider the reputation of the company as part of their determination to land a job application and pursuing their career in the company which became important for company to maintain it through employer branding as well as their product branding. Other than branding, it is also important for company to make use of social media as it has  increasingly used for employer branding campaigns and the recruiting process especially in this digital era with changing in working preference from the young talent which is generation z as most fresh graduates are now prefer to start their early career in a state-owned company in banking industry. Hence, this research will evaluate the significance of employer branding through value of interest, social value, economic value, value development, application value, product branding, and social media towards intention to apply for a job at a state-owned bank mediated by corporate reputation and moderated by social media. According to the results from 122 undergraduate students that are processed with Partial Least Squares Structural Equation Modelling indicated that the value of interest is the highest influence towards the corporate reputation and the intention to apply."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pearly Syifa Maharani
"Rendahnya kualitas aparatur sipil negara (ASN) dalam menyelenggarakan pemerintahan masih menjadi tantangan yang dihadapi saat ini. Untuk itu, Reformasi birokrasi dilakukan sebagai upaya pemerintah mewujudkan dynamic and world class government dengan salah satu reformasi dilakukan melalui perbaikan sistem rekrutmen dalam mendapatkan sumber daya manusia aparatur (SDMA) berkualitas. Employer branding ASN dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menarik generasi muda dapat bergabung menjadi ASN di tengah lapangan pekerjaan yang semakin beragam. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh employer branding terhadap intensi Generasi Z di UI, UGM, dan Unpad sebagai generasi muda berkualitas untuk melamar sebagai ASN. Pada penelitian ini, variabel employer branding diukur dengan beberapa dimensi menurut Dabirian, Kietzmann, & Diba (2017) yang telah disesuaikan. Variabel intention to apply, diukur dengan menggabungkan indikator menurut Birgelen, Wetzels, & Dolen (2008) dan Gomes & Neves (2011). Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 106 responden sesuai kriteria penelitian, dan melakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer branding memiliki pengaruh terhadap intention to apply dengan dimensi interest value, economic value, dan work-life balance menjadi dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap intensi Gen Z untuk melamar sebagai ASN.

The low quality of civil servant apparatus (ASN) in organizing governance remains a challenge faced today. Therefore, bureaucratic reform is undertaken as a government effort to realize a dynamic and world-class government, with one of the reforms being implemented through the improvement of the recruitment system in obtaining qualified human resources for the apparatus (SDMA). Employer branding for ASN is carried out as one strategy to attract the younger generation to join as civil servants amidst an increasingly diverse job market. This research is conducted to analyze the influence of employer branding on the intention of Generation Z at UI, UGM, and Unpad as quality young generations to apply as civil servants. In this study, the employer branding variable is measured with several dimensions according to Dabirian, Kietzmann, & Diba (2017) that have been adjusted. The intention to apply variable is measured by combining indicators according to Birgelen, Wetzels, & Dolen (2008) and Gomes & Neves (2011). This research uses a mixed-method approach by distributing questionnaires to 106 respondents based on the research criteria and conducting in-depth interviews. The results show that employer branding has an influence on the intention to apply, with the dimensions of interest value, economic value, and work-life balance being significant factors influencing the intention of Gen Z to apply as civil servants."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafidz Fadhila
"Penelitian ini mengeksplorasi dampak employer brand equity terhadap turnover intention, dengan employee engagement dan organizational trust sebagai mediator potensial. Data dari 254 karyawan perusahaan teknologi di Jabodetabek dianalisis menggunakan metode CB-SEM dan CFA. Temuan menunjukkan bahwa meskipun employer brand equity berpengaruh positif terhadap employee engagement dan organizational trust, hal tersebut tidak signifikan dalam menurunkan turnover intention. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut mungkin tidak cukup untuk memediasi employer brand equity terhadap turnover intention karyawan.

This research explores the impact of employer brand equity on turnover intention, with employee commitment and organizational trust as potential mediators. Data from 254 tech company employees in Jabodetabek were analyzed using CB-SEM and CFA methods. Findings suggest that while employer brand equity positively influences employee engagement and organizational trust, it does not significantly lower turnover intention. This indicates that these variables may not sufficiently mediate the impact of employer brand equity on employee turnover intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Damalis Rosadi
"Employer branding menjadi pendekatan, kebijakan, sekaligus mekanisme yang diterapkan perusahaan untuk membangun citra yang cemerlang dan reputasi yang positif. Penelitian ini berusaha memahami konstruksi sosial yang dilakukan perusahaan sebagai tempat kerja (employer) dalam kebijakan dan mekanisme employer branding serta bagaimana konstruksi sosial terjadi melalui interaksi antara perusahaan, pekerja, dan pihak eksternal. Konstruksi pada mekanisme employer branding memengaruhi pemaknaan pekerja dan pihak eksternal terhadap employer brand perusahaan. Peneliti menggunakan pendekatan konstruktivis untuk memahami proses-proses konstruksi sosial dalam mekanisme employer branding tersebut serta konsep Ambler & Barrow (1996), Backhaus & Tikoo (2004), K�nig (2008), dan Lievens & Slaughter (2016) untuk memahami definisi, fungsi, dan nilai dalam employer branding. Kajian penelitian ini menemukan bahwa terdapat proses-proses internalisasi dalam konstruksi employer branding di Perusahaan N. Proses internalisasi terjadi saat pekerja dan kandidat pekerja menginterpretasi citra dan nilai yang ditampilkan oleh perusahaan berdasarkan persepsi subjektif. Peneliti menemukan jika internalisasi ini berkaitan dengan pemaknaan pekerja dan makna kerja dari para pekerja terkait posisi mereka di perusahaan. Di level internalisasi inilah terjadi konstruksi sosial yang sifatnya dari bawah menuju ke atas dalam konteks perusahaan dan pekerja di lingkungan kerja. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada Perusahaan N, penelitian ini menawarkan pembahasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana proses konstruksi sosial terjadi dalam konteks employer branding, khususnya pada tahap internalisasi.

Employer branding is an approach, policy, as well as a mechanism applied by companies to build a bright image and positive reputation. This research seeks to understand the social construction carried out by companies as workplaces (employers) in the policies and mechanisms of employer branding and how social construction occurs through interactions between companies, workers, and external parties. The construction of the employer branding mechanism affects the meaning of workers and external parties towards the company's employer brand. Researchers use a constructivist approach to understand the processes of social construction in the mechanism of employer branding and the concepts of Ambler & Barrow (1996), Backhaus & Tikoo (2004), K�nig (2008), and Lievens & Slaughter (2016) to understand definitions, functions, and value in employer branding. This research study found that there are internalization processes in the construction of employer branding at Company N. The internalization process occurs when workers and job candidates interpret the image and values displayed by the company based on subjective perceptions. Researchers found that this internalization is related to the meaning of workers and the meaning of work from workers regarding their position in the company. At this level of internalization, social construction occurs from the bottom up in the context of companies and workers in the work environment. Using a qualitative approach with case studies at Company N, this study offers a deeper discussion and understanding of how the social construction process occurs in the context of employer branding, especially at the internalization stage."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifah Parameswara Basuki
"Pada era kemajuan teknologi yang kompetitif saat ini, perusahaan dituntut untuk memiliki strategi untuk bersaing yang dapat meningkatkan kualitas dan keunggulan yang kompetitif dalam industri bisnis. Persaingan bukan hanya untuk mendapatkan konsumen, melainkan persaingan dalam mendapatkan karyawan yang potensial dan berkemampuan tinggi merupakan salah satu bentuk persaingan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan. Salah satu strategi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif adalah dengan cara mengoptimalisasi pemilihan karyawan dengan strategi employer branding. Terdapat konsep yang berkaitan dengan employer branding yaitu ‘employer attractiveness’ yang mempunyai 5 value yaitu (1) interest value; (2) social value; (3) economic value; (4) development value; (5) application value. Employer Attractiveness dapat dilakukan dengan cara mempertimbangkan faktor-faktor unggul oleh kandidat ketika hendak memilih organisasi pemberi kerja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menyebarkan kuesioner elektronik kepada 91 mahasiswa tingkat akhir dan mahasiswa fresh graduate yang masuk dalam kriteria generasi z. Responden menjawab pernyataan dengan indikator yang sudah ditentukan dari employer attractiveness, corporate reputation dan minat melamar pekerjaan pada perusahaan Shopee. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersamaan employer attractiveness dan corporate reputation dengan minat melamar pekerjaan bagi para generasi z sebesar 50.9%.

In the current era of competitive technological innovation, companies are required to have strategies to compete and improve quality in the business industry. Not only to get consumers, but to get potential and highly skilled employees that can be a form to increase company value. The strategy to get a high skilled candidate is employer branding. There is a concept related to employer branding, named ‘employer attractiveness’ which have 5 values, (1) interest value; (2) social value; (3) economic value; (4) development value; (5) application value. Employer Attractiveness can be considered by candidates while choosing the right organization. This is a quantitative research and data were collected with an electronic questionnaire that were collected from 91 undergraduate students and fresh graduates categorized as a generation z. Given the questionnaire with indicators that is stated from the theory of employer attractiveness, corporate reputation and the intention to apply for a job at Shopee. The results showed that employer attractiveness and corporate reputation significantly influenced the intention to apply for a job offer for generation z over 50.9%."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>