Ditemukan 202238 dokumen yang sesuai dengan query
Hafizah Trisno
"Industri pariwisata menjadi salah satu yang menyokong perekonomian suatu negara. Dalam pembentukan sinergi berkelanjutan dalam industri pariwisata, museum merupakan salah satu daya tarik yang mampu menyokong industri pariwisata. Untuk mempertahankan eksistensi museum, marketer generated content merupakan salah satu cara dalam mencapai keberhasilan museum dalam menarik minat pengunjung. Penggunaan internet yang semakin mudah diakses, hal ini memengaruhi perubahan pola intensitas mengunjungi suatu tempat. Pada penelitian ini, menjelaskan peran marketer generated content pada informasi yang dirasakan dan layanan yang dirasakan pada nait berkunjung ke Museum Nasional dan Museum Bank Indonesia. Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah responden sebanyak 168 orang menghasilkan marketer generated-content mampu memengaruhi kualitas informasi yang dirasakan dan layanan yang dirasakan pelanggan. Kualitas informasi yang dirasakan pengguna juga mampu mempengaruhi keinginan pengunjung. Namun layanan yang dirasakan pelanggan tidak memengaruhi keinginan untuk berkunjung. Temuan penelitian ini mampu memberikan kontribusi kepada pihak pengelola museum agar memperhatikan konten yang dibuat agar memengaruhi niat berkunjung.
The tourism industry is one that supports the economy of a country. In establishing sustainable synergies in the tourism industry, museums are one of the attractions that can support the tourism industry. To maintain the existence of the museum, marketer generated content is one way to achieve the success of the museum in attracting visitors. The use of the internet that is increasingly accessible, this affects changes in the intensity pattern of visiting a place. This study describes the role of marketer generated content in perceived information quality and perceived customer services from the National Museum and Bank Indonesia Museum. Using Structural Equation Modeling (SEM) with a total of 168 respondents resulted in marketer generated-content capable of influencing the perceived information quality and perceived customer service. However, perceived customer services does not affect to visit intention The findings of this study are able to contribute to the museum management so that they pay attention to the content that is created in order to influence the intention to visit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mia Silvia
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dari sikap terhadap review yang berada di media sosial dalam niat kunjungan pelanggan ke restoran melalui review yang diberikan oleh Ria SW melalui Youtube channel-nya. Peningkatan media sosial memengaruhi electronic word of mouth (e-WOM) dan adanya e-WOM memengaruhi niat seseorang dalam menentukan keputusannya. Ria SW merupakan salah satu youtuber dengan kategori food vlogger. Sampel dari penelitian ini merupakan subscribers dari Ria SW. Terdapat sebanyak 259 responden dengan menggunakan purposive sampling. Data yang didapat diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perceived usefulness, perceived ease of use, trustworthiness, dan information quality secara signifikan memengaruhi sikap konsumen terhadap review media sosial. Kemudian, sikap konsumen tersebut memengaruhi intensi konsumen dalam mengunjungi restoran.
This study aims to explain the role of attitude toward social media reviews in customers’ restaurant visit intention through reviews provided by Ria SW through her Youtube channel. The sample of this research is a subscriber from Ria SW. The increase in social media affects electronic word of mouth (e-WOM) and the existence of e-WOM affects a person's intention in making a decision. Ria SW is a YouTuber in the food vlogger category. There were 259 respondents using purposive sampling. The data obtained was processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study reveal that perceived usefulness, perceived ease of use, trustworthiness, and quality of information significantly influence consumer attitudes toward social media reviews. Furthermore, attitude toward social media reviews directly contributes to the intention to visit restaurants."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rafi
"Selama beberapa tahun terakhir, Populartitas K-Pop semakin menanjak, dari yang dulu hanya merupakan sebuah subkultur di Internet, sekarang telah menjadi sensasi global. Menanjaknya popularitas K-Pop itu dikarenakan strategi marketing mereka yang secara efektif dapat memperbesar jumlah penggemarnya dan mempengaruhi sikap pembelian para penggemar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan content marketing terhadap berkembangnya perilaku impulsive buying di kalangan fans K-Pop dengan menggunakan brand loyalty dan celebrity worship sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan menggunakan 324 responden agar peneliti dapat mendapatkan data yang valid dan terpercaya mengenai perilaku pembelian impulsif dan apa yang mempengaruhinya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM dimana hasil dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa social media marketing dan content marketing tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap impulsive buying. Namun, content marketing dapat mempengaruhi perilaku pembelian impulsif melalui variabel mediasi brand loyalty. Maka dari itu, hal utama yang mempengaruhi impulse buying adalah adanya rasa kesetiaan kepada suatu brand yang dimana perilaku tersebut dipengaruhi oleh strategi content marketing.
For the last few years, K-Pop have been growing in popularity, from once being only a subculture within the Internet, now have become a global sensation. This growth in popularity is attributed to the extensive marketing operation that these K-Pop production companies have done and in response not only that their fanbase are getting bigger but also influencing their purchasing behavior. This research is conducted to analyze the effect of social media marketing and content marketing towards its effect for the development of impulse buying among K-Pop fanbase with the use of brand loyalty and celebrity worship as its mediating variable. This research manages to get 324 respondents by the use of non-probability sampling, in order to get a reliable and valid data regarding impulse buying behavior and what affects it. The data collected then analyze using PLS-SEM where it is concluded that both social media marketing and content marketing does not have a significant direct effect towards impulse buying. However, content marketing does affect impulse buying behavior through the mediating variable of brand loyalty. Therefore, impulse buying is mainly affected by brand loyalty which in itself is influenced by marketer’s content marketing effort."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Meutia Arsanti
"Abstrak Berbahasa Indonesia/Berbahasa Lain (Selain Bahasa Inggris):
Teknologi semakin berkembang dan pengguna internet di Indonesia meningkat secara cepat, hal ini juga berefek pada peningkatan penggunaan jejaring online atau media sosial. Para spesialis di bidang pemasaran perusahaan percaya dengan menggunakan media sosial dapat membantu aktivitas pemasaran perusahaan lebih efisien dibandingkan cara sebelumnya. Hal in dibuktikan dengan mengacu pada riset jurnal sebelumnya yang menyatakan bahwa hubungan penggunaan media sosial dan merk mempunyai efek positif. Namun spesifik riset pada konten dan penggunaan platform media social di Indonesia terutama pada industri buah segar masih jarang dilakukan. Sunpride sebagai salah satu perusahaan terkemuka di industri buah, menggunakan kegiatan marketing di online setelah sebelumnya fokus pada kegiatan marketing secara offline. Dengan adanya situasi pandemic, perubahan ini membuat Sunpride harus lebih cepat dalam membangun pemasaran secara digital melalui media sosial. Tujuan studi adalah untuk menganalisa bagaimana persepsi customerSunpride pada aktivitas sunpride di pemasaran digital. Dan juga memberikan saran pada Sunpride pada pemilihan platform media sosial dan konten yang diberikan ke customer. Studi akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data utama akan didapatkan menggunakan wawancara dan data pelengkap akan dikumpulkan dari media sosial perusahaan terkait. Analisa data akan menggunakan pendekatan analisa konten untuk menetapkan kesimpulan dari hasil wawancara dan menjawab tujuan studi.
Technology were emerging and Indonesia Internet user increasing rapidly, this situation also affecting the user of social media. Now a days, many company marketing specialist invested in using social media as part of their marketing activity as they believe this method were more efficient than the conventional way. This was supported by many previous journal had been done that stated there’s positive impact in using social media to the Brand. Although specific research about content in social media and social media platform in Indonesia especially for fresh fruit industry are still limited. Sunpride as one of the market leader in Indonesia Fresh Fruit Industry, were shifting their marketing activity to online after has been only focused in offline marketing activity. And with the Pandemic outbreak, this situation urge Sunpride needs to building their digital marketing. the objective of the study to analyze customer perception to Sunpride digital marketing. Also to suggest social media platform and content strategy to be used for Sunpride based on customer perception. The study will be using qualitative study method and data collection were obtain through primary data using direct interview and secondary data will be gathered from company records on social media. The data analysis will be using content analysis approach to interpret the result of the interview and answer the research objectives."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Enike Maria Vianey
"Laporan akhir magang ini bertujuan untuk memberikan saran bagaimana proses implementasi social media marketing dilakukan serta dampaknya terhadap peningkatan jumlah investor ritel yang membuka akun investasi dan konsumen loyal untuk terus menggunakan platform PT. Trimegah Securities, Tbk. PT. Trimegah Securities, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi pasar modal yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini diadaptasi dari penelitian Patria Laksamana (2018) yang berjudul “Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia’s Banking Industry”. Terdapat 3 variabel yang diuji pada penelitian ini diantaranya adalah variabel Social Media Marketing, Purchase Intention, dan Brand Loyalty. Hipotesis yang dibangun pada penelitian ini diantaranya adalah Social Media Marketing berhubungan positif terhadap Purchase Intention, Social Media Marketing berhubungan positif terhadap Brand Loyalty, dan Purchase Intention berhubungan positif terhadap Brand Loyalty. Berdasarkan konstruk penelitian tersebut tentunya variabel ini merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan brand loyalty yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan PT. Trimegah Securities, Tbk untuk mengambil keputusan dalam hal strategi pemasaran. Data valid terkumpul adalah 256 responden yang disebarkan melalui kuesioner online. Pengambilan data dilakukan pada pertengahan April 2022. Hasil pengujian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Social Media Marketing yang dapat mempengaruhi Purchase Intention dan Brand Loyalty dari investor di pasar modal Indonesia untuk mengambil keputusan untuk memilih platform sekuritas untuk berinvestasi.
This final internship report aims to advise how the social media marketing implementation process carries and its impact on increasing the number of retail investors who open investment accounts and loyal consumers to continue using the PT. Trimegah Securities, Tbk. PT. Trimegah Securities, Tbk is a company engaged in capital market investment registered with the Financial Services Authority. This study adaption from Patria Laksamana's research (2018) entitled "Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia's Banking Industry." This study tested three variables: Social Media Marketing, Purchase Intention, and Brand Loyalty. The hypotheses built in this study include Social Media Marketing is positively related to Purchase Intention, Social Media Marketing is positively related to Brand Loyalty, and Purchase Intention is positively related to Brand Loyalty. Based on the research construct, of course, this variable is an important aspect that needs to be considered in increasing brand loyalty, which can be used for PT. Trimegah Securities, Tbk to make decisions in terms of marketing strategy. The valid data collected were 256 respondents who were distributed through online questionnaires. Data collection was carried out in mid-April 2022. The test results state that there is a positive influence on Social Media Marketing which can affect the Purchase Intention and Brand Loyalty of investors in the Indonesian capital market to make decisions to choose a securities platform to invest."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
"Penelitian ini membahas mengenai faktor penentu dari perilaku posting pembelian di media sosial serta bagaimana pengaruh perilaku tersebut mempengaruhi kebahagian konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain casual. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey online terhadap 259 responden yang pernah melakukan posting pembelian di media sosial. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis SEM. Hasil dari penelitian menunjukka bahwa materialisme seseorang sangat berpengaruh dengan kecenderungan posting pembelian di media sosial. Namun ternyata kecenderungan posting pembelian di media sosial tidak berpengaruh secara signifikan pada kebahagiaan konsumen atas pembelian tersebut.
This research describe about the determinants of posting purchase on social media behavior also how this behavior can affect to consumer happiness. The research is quantitative research with casual design. The method of this research is based on online survey to 259 respondents with criteria have posted their purchases on social media in the last 30 days. The result of this research showed that materialism significantly affected to the tendency posting purchases behavior. On the contrary, the types of purchases aren't significantly affected to this behavior. Then based on the research, the posting purchases behavior isn't significantly affected to happiness of purchase."
[Jakarta;Jakarta, Jakarta]: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia;Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia], 2018
T-pdf;T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gentur Adiprabawa
"Tesis ini menyelidiki pengaruh ad-context congruence terhadap intention to engage pada konten native advertising produk non-olahraga di akun Instagram klub sepakbola. Schema congruity menjadi landasan teori dalam penelitian ini. Studi dilakukan dengan metode eksperimen di mana terdapat tiga kelompok yang diberi paparan native advertising dengan ad-context congruence yang berbeda, yaitu berbasis hedonic, berbasis utilitarian, dan kontrol. Eksperimen dilaksanakan secara daring pada 120 orang subjek penelitian yang merupakan penggemar klub sepakbola PSIS Semarang. Dilakukan pengujian one-way ANOVA untuk menganalisis hubungan kausal antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ad-context congruence secara signifikan memberikan pengaruh terhadap intention to engage pada native advertising. Terdapat perbedaan intention to engage yang signifikan antara kelompok yang terpapar oleh ad-context congruence berbasis utilitarian dengan kelompok kontrol. Temuan ini sejalan dengan beberapa hasil studi terdahulu tentang native advertising, namun temuan ini adalah yang pertama dalam hal penggunaan native advertising di konteks media sosial terkait olahraga. Sifat konsumsi dan interaksi penggemar olahraga di media sosial serta keunikan konteks media olahraga menjadi hal yang membedakan hasil penelitian ini dengan penelitian-penelitian sebelumnya mengenai native advertising. Melalui studi ini, diketahui bahwa sikap pada native advertising memiliki hubungan covariate dalam pengaruh yang diberikan oleh ad-context congruence terhadap intention to engage pada konten native advertising. Sikap pada native advertising dan ad-context congruence secara simultan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap intention to engage. Pada native advertising dengan ad-context congruence yang berbasis utilitarian, sikap pada native advertising yang lebih positif akan mendorong intention to engage yang lebih baik. Di sisi lain, tidak ditemukan hubungan linier antara perceived ad-intrusiveness dan intention to engage pada native advertising dalam penelitian ini. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian mengenai native advertising di media sosial, terutama berkaitan dengan teori schema congruity di bidang komunikasi pemasaran. Sebagai refleksi atas temuan empiris yang diperoleh dari penelitian ini, teori uses & gratification dan elaboration likelihood model direkomendasikan sebagai pendukung dalam implementasi teori schema congruity di penelitian selanjutnya mengenai native advertising. Beberapa rekomendasi lain juga diberikan oleh peneliti, baik dari segi akademis, metodologis, maupun praktis.
This thesis examines the influence of ad-context congruence on intention to engage with native advertising content for non-sports products on football club Instagram accounts. Schema congruity is used as the basis theory. The study was conducted using an experimental method, where three groups were exposed to native advertising with different ad-context congruence, which are hedonic-based, utilitarian-based, and control. The experiment was carried out online on 120 research subjects who were fans of the PSIS Semarang football club. One-way ANOVA testing was carried out to analyze the causal relationship between the two variables. The research results show that ad-context congruence significantly influences the intention to engage in native advertising. There is a significant difference in intention to engage between the group exposed to utilitarian-based ad-context congruence and the control group. These findings are in line with the results of several previous studies on native advertising, but these findings are the first regarding the use of native advertising in the context of sports-related social media. The nature of media consumption and interaction of sports fans on social media as well as the unique context of sports media are things that differentiate the results of this research from previous studies on native advertising. Through this research, it is known that attitude towards native advertising have a covariate relationship in the influence exerted by ad-context congruence on intention to engage with native advertising. Attitudes towards native advertising and ad-context congruence simultaneously have a greater influence on intention to engage. In native advertising with utilitarian-based ad-context congruence, a more positive attitude towards native advertising will encourage better intention to engage. On the other hand, no linear relationship was found between perceived ad-intrusiveness and intention to engage with native advertising in this study. This research contributes to enriching the study of native advertising on social media, especially in relation to schema congruity theory in the field of marketing communications. As a reflection of the empirical findings obtained from this research, uses & gratification theory and the elaboration likelihood model are recommended as supports in implementing schema congruity theory in further research on native advertising. Several recommendations were also made by researchers, both from an academic, methodological and practical perspective."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sitorus, Josephine Johanna
"Partisipasi pengguna internet lewat user-generated-content di media sosial bisa memberikan andil dalam penyebaran informasi. Kemampuan tersebut kemudian dipakai dalam digital marketing. Pada aplikasinya, konsep digital marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari strategi nation branding. Hal ini memperlihatkan hubungan antara nation branding dengan pemanfaatan media sosial. YouTube sebagai media sosial yang banyak dipakai di Indonesia pun dipilih sebagai fokus pembahasan kali ini. Jurnal makalah ini menggunakan pendekatan narrative literature review untuk mengeksplorasi dan memahami konsep nation branding serta kaitannya dengan content creator yang mempromosikan produk budaya Indonesia di media sosial YouTube. Kajian ini juga menggunakan qualitative content analysis untuk memperkaya analisis konten para YouTuber sebagai influencer yang mampu memengaruhi khalayak eksternal maupun internal dalam memaknai produk budaya Indonesia. Nation brand sendiri sebagai produk bisa dipromosikan untuk membangun citra positif Indonesia. Nation brand berupa produk budaya Indonesia seperti makanan khas kedaerahan kemudian dibahas dalam gastronomi yang menghubungkan makanan dengan kebudayaan yang melekat. Dalam memperkuat identitas nation brand, peran khalayak internal yang merupakan masyarakat Indonesia menjadi penting karena memosisikan nation brand sebagai elemen krusial untuk membangun reputasi Indonesia. Adanya orientasi terhadap khalayak internal tersebut dijelaskan sebagai internal nation branding.
Internet user participation through user-generated-content on social media can contribute to the dissemination of information. This ability is used in digital marketing. In its application, digital marketing can be adapted to the needs of the nation branding strategy. This shows the relation between nation branding and the use of social media platforms. YouTube, as one of the commonly used social media in Indonesia, was chosen as the focus of this discussion. This journal paper conducts studies using a narrative literature review approach to explore and understand the concept of nation branding and its relation to content creators who promote Indonesian cultural products on YouTube. In addition, this study is also analyzed using qualitative content analysis to enrich the research regarding YouTuber as influencers who are able to influence external and internal audiences in interpreting Indonesian cultural products. Nation brand as product can be promoted to build a positive image of Indonesia. Nation brand in the form of Indonesian cultural products, such as regional cuisine, are then discussed in gastronomy which links food with inherent culture. In strengthening the identity of the nation brand, the role of internal audiences who are Indonesian citizens is also essential because it determines the position of the nation brand as a crucial element in building Indonesia's reputation. This orientation towards the internal audience is explained as internal nation branding."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Natasha Griselda Stephanie
"Pengguna internet di seluruh dunia meningkat termasuk dalam dunia pemasaran. Pelaku bisnis beradaptasi dengan melakukan pemasaran melalui media sosial, termasuk rumah sakit. Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit atau dikenal dengan RSKD Duren Sawit, merupakan rumah sakit yang mulai memberikan layanan kesehatan umum bagi masyarakat. Pemanfaatan media sosial terutama Instagram digunaan sebagai sarana pemasaran produk layanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan social media marketing dengan niat berkunjung pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan data melalui kuesioner dengan link google form kepada followers Instagram RSKD Duren Sawit. Sampel penelitian sebanyak 102 orang. Analisis dilakukan dengan metode SEM-PLS. Pada variabel social media marketing memiliki enam dimensi, yaitu aksesibilitas, kredibilitas, hiburan, interaksi, trendiness, dan word of mouth. Hasil yang diperoleh adalah hubungan langsung social media marketing pasien dengan brand awareness, brand awareness dengan niat berkunjung pasien, serta social media marketing dengan niat berkunjung pasien memiliki nilai signifikan (P-value < 0,05). Hubungan tidak langsung social media marketing dengan niat berkunjung yang dimediasi brand awareness juga menunjukkan hasil yang signifikan (P-value < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara social media marketing dengan niat berkunjung yang dimediasi oleh brand awareness.
Internet users around the world increase including in the world of marketing. Business people need to adapt by marketing via social media, including hospitals. Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, as known as RSKD Duren Sawit, is a hospital that started providing general health services to the community. The use of social media, especially Instagram, is used as media marketing of health service products. The objective of this study is to find the correlation between social media marketing and pastient’s visit intentions. This study was a quantitative study with a cross sectional design. Data was collected using a questionnaire by google form link to RSKD Duren Sawit Instagram followers. The sample size was 102 followers. Data analysis used SEM-PLS method. The social media marketing variable has six dimensions, namely accessibility, credibility, entertainment, interaction, trendiness, and word of mouth. The results of analysis were obtained that the direct correlation between social media marketing and brand awareness, brand awareness and patient’s visit intention, social media marketing and patient’s visit intention were significant (P-value < 0,05). The indirect correlation between social media marketing and patient visit intention that mediated by brand awareness was also significant (P-value < 0,05). This study concluded that there were direct and indirect correlation between social media marketing and patient’s visit intention which was mediated by brand awareness."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rizkia Amalia Primaputri
"Penelitian ini bertujuan melihat dampak yang ditimbulkan atribut religius dalam konten promosi di media sosial terhadap perilaku konsumen Muslim ketika termediasi consumer offensiveness (kekecewaan). Model diaplikasikan pada obyek studi kasus Hanamasa Indonesia, restoran yang sempat ramai disebut dalam e-WOM sebab isu kehalalannya. Penelitian bersifat kuantitatif dengan melibatkan 204 konsumen Hanamasa Indonesia yang datanya diolah dengan teknik SEM (structural equation modelling). Dari penelitian ini terungkap bahwa: 1) atribut visual memicu e-WOM negatif secara tidak langsung, 2) consumer offensiveness memediasi atribut visual pada konten promosi di media sosial terhadap disampaikannya e-WOM negatif, 3) sikap responsiveness konsumen memediasi atribut visual pada konten promosi di media sosial terhadap kekecewaannya, dan 4) perceived importance of Halal logo menghindari konsumen dari rasa kecewa.
This study investigates the effect of religious-related attributes in social media promotion materials towards Muslim consumers’ behavioural intention, with consumer’s offensiveness mediating. Theories are applied to a case where Hanamasa Indonesia’s promotion materials were treated with skeptical e-WOMs since a customer revealed her experience was contrast to what appears visually and audibly on the restaurant’s social media posts. This quantitative study utilized 204 samples in a SEM (structural equation modelling) analysis and resulted: 1) visual attributes cause negative e-WOM indirectly, 2) consumer’s offensiveness mediates visual attributes on social media promotion materials to cause negative e-WOM, 3) consumer’s responsiveness mediates visual attributes on social media promotion materials to their offensiveness and 4) how consumers perceive the importance of Halal logo prevents them from getting offended."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library