"Bahasa iklan memiliki peranan penting, baik untuk perusahaan yang mempromosikan
produknya, maupun untuk masyarakat yang mengkonsumsi iklan tersebut. Di dalam
sebuah iklan, biasanya produsen menggunakan kalimat-kalimat yang bersifat persuasif
agar orang yang melihat iklan tersebut ingin membeli produk yang diiklankan. Namun
sayangnya, beberapa iklan ada yang mengandung unsur seksisme. Seksisme sendiri
merupakan pernyataan atau kepercayaan yang membuat pembedaan yang tidak penting
dengan mendeskriminasikan orang-orang berdasarkan gender. Saya meneliti beberapa
poster iklan jam tangan IWC yang berbahasa Jerman untuk menunjukkan pentingnya
pemilihan kata dalam menarik perhatian konsumen. Berdasarkan hasil penelitian,
keempat iklan jam tangan IWC menunjukkan unsur seksisme dengan menempatkan
perempuan pada posisi yang lebih rendah daripada laki-laki. Terdapat pula makna
afektif dan makna asosiatif dalam iklan jam tangan IWC tersebut.
ABSTRACTAdvertising language has an important role for companies that promote their products,
as well as for people who consume the ad. Usually the producers of the ad use
persuasive sentences to make people who see the ad wants to buy the advertised
product. But unfortunately, there are some ads that contain elements of sexism.Sexism
itself is a statement or belief that makes unnecessary differences to discriminate people
based on gender. I research some of IWC advertisement posters in German language to
show the importance of the choice of words in attracting consumer attention. Based on
the research result, all four ads show the elements of sexism by putting women in lower
position than men. There is also affective meanings and associative meanings within
IWC advertisement posters.;"