Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 180016 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yoel Zakhary Indraputra
"Penelitian terdahulu telah meneliti pengaruh efek push-pull-mooring yang mendorong niat beralih individu ke platform pendidikan non-formal. Dikarenakan faktor keuangan dan kegunaan diabaikan, penelitian ini akan menambahkan faktor perceived price dan perceived usefulness. Data diperoleh melalui survei daring di Indonesia dengan 370 responden dan dianalisis menggunakan pemodelan persamaan covariance-based (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung antara faktor perceived price dan perceived usefulness terhadap niat beralih individu. Temuan pada penelitian ini bertujuan untuk membantu penyedia platform pendidikan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Faktor-faktor lainnya yang membantu meningkatkan niat beralih ke edukasi online non-formal akan dijelaskan dalam kerangka push-pull-mooring.

Previous studies have examined the influence of the push-pull-mooring effect on individuals' intentions to switch to non-formal educational platforms. Since financial and usability factors have been overlooked, this study will add perceived price and perceived usefulness factors. Data was obtained through an online survey in Indonesia with 370 respondents and analyzed using covariance-based structural equation modeling (CBSEM). The results of the study show an indirect influence between perceived price and perceived usefulness factors on individuals' switching intentions. The findings of this study aim to assist non-formal education platform providers in developing services that meet user needs. Other factors that help increase switching intentions to non-formal online education will be explained within the push-pull-mooring framework."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Orduna-Malea, Enrique
Cambridge, Massachusetts: Chandos Publishing, 2018
003.5 ORD c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Arief Wicaksana
"Saat ini, Web telah menjadi salah satu infrastruktur yang paling umum digunakan melalui Internet. Oleh karena itu, Web Based Augmented Reality (Web AR) memiliki potensi besar untuk menjadi solusi Mobile AR lintas platform yang dapat digunakan secara luas. Akan tetapi, karena Web AR merupakan teknologi yang relatif baru, pengembangan untuk Web AR multi pengguna masih sangat terbatas. Dalam penelitian ini dilakukan rancang bangun dan evaluasi untuk sistem Web AR multi pengguna menggunakan Three.js, AR.js, Node.js dan Socket.io. Skenario pemesanan lahan real estate dipilih untuk memberikan konteks yang lebih familiar untuk penggunaan sistem, dengan tujuan untuk mengembangkan fitur identifikasi pengguna, sinkronisasi data, responsif, dan manajemen akses. Pengujian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pengujian kualitatif, sistem yang dikembangkan mendapatkan nilai 4 untuk kemudahan, 4,25 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis peristiwa, dan 3,95 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis streaming, 3,5 untuk performa, 4,7 untuk daya tarik, dan 4,77 untuk potensi. Adapun dari pengujian kuantitatif diketahui bahwa jumlah objek 3D pada lingkungan berbanding lurus dengan performa CPU dan GPU pada sisi klien, dan jumlah pengguna aktif pada sistem mempengaruhi penggunaan CPU pada server. Diketahui juga bahwa latensi pada sistem dipengaruhi oleh penggunaan CPU dan GPU di sisi klien, serta intensitas komputasi pada server.

Nowadays, Web has become one of the most common infrastructure used over the internet. Therefore, Web Based Augmented Reality (Web AR) has a huge potential to becoming a cross-platform Mobile AR solution. However, since Web AR is a fairly recent technology, the development for multi-user Web AR has been very limited. In this research, we developed and evaluated a multi-user Web AR system using Three.js, AR.js, Node.js, and Socket.io. A scenario for real estate land reservation is chosen to give a more familiar context for the use case of the system, with the goal of developing user identification, data synchronization, responsive, and access management. Based on the qualitative testing, the system achieved a score of 4 for ease of use, 4.25 for event-based synchronization, 3.95 for streaming-based synchronization, 3.5 for performance, 4.7 for attractiveness, and 4.7 for potential. From the quantitative testing, it is concluded that the amount of 3D objects in the environment is directly proportional to the CPU and GPU usage in the client-side, and the number of active users in the system affects the CPU usage in the server. It is also observed that latency of the system is affected by the CPU and GPU usage in the client-side, and intensity of computation on the server."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yan Andriariza Ambhita Sukma
"Intra Kominfo adalah sistem informasi terintegrasi berbasis web yang dikelola oleh Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI). Intra Kominfo disediakan untuk seluruh satuan kerja (satker) dan sivitas Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sayangnya dari banyaknya pengguna yang terdaftar dalam Intra Kominfo, hanya 1% saja yang aktif menggunakan, karenanya melalui penelitian ini peneliti akan mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi para pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menggunakan Intra Kominfo. Peneliti menjawab permasalahan yang ada dengan menggunakan teori pemodelan yang mengintegrasikan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan Task Technology Fit (TTF), dan untuk teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil uji hipotesis penelitian ini memperlihatkan konstruk Performance Expectancy, Effort Expectancy, Peer Influence, Facilitating Condition, Behavioral Intention, Task Technology Fit, Performance Impact, Technology Characteristics, Task Characteristics dan Actual Usage mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan Intra Kominfo oleh para pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Intra Kominfo is a web based integrated information system that is managed by the Data Center and Facility Information (PDSI). Intra Kominfo is used for all work units and civitas Ministry of Communication and Information. Unfortunately, the number of registered users in Intra Kominfo, only 1% actively use. Therefore, the purpose of this study is to identify all influence factors on employees of Ministry of Communication and Information who will use Intra Kominfo. To solve the problem, researcher will use integrated model between Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) and Task Technology Fit (TTF), and for analyze data will use Partial Least Square (PLS). The results of this hypothesis test shows that contruct Performance Expectancy, Effort Expectancy, Peer Influence, Facilitating Condition, Behavioral Intention, Task Technology Fit, Performance Impacts, Technology Characteristics, Task Characteristics and Actual Usage have a significant effect on using of Intra Kominfo by the employees of the Ministry of Communication and Information."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Maharani Nurmalitasari
"Pada era digital ini, pembelajaran daring makin umum digunakan untuk mendukung pembelajaran siswa di Indonesia, salah satunya melalui platform e-learning, yaitu Ruangguru. Ruangguru, sebagai salah satu platform e-learning terbesar di Indonesia, menawarkan berbagai layanan pendidikan, mulai dari video pembelajaran hingga konsultasi akademik dengan pengajar, memiliki peningkatan jumlah pengguna yang konsisten dan telah mencapai jutaan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna Ruangguru versi gratis untuk beralih ke versi berbayar. Dengan menggunakan kerangka teori push-pull-mooring dan value-based adoption model, penelitian ini memeriksa hubungan antara faktor push dan faktor pull terhadap price value, serta hubungan price value dan faktor mooring terhadap switching intention. Faktor push yang diteliti meliputi learning content dissatisfaction dan feature limitation pada Ruangguru versi gratis, sedangkan faktor pull mencakup personalized learning, perceived interactivity, dan learning progress. Faktor mooring yang diteliti adalah network externality, buying power limitation, dan risk aversion. Data kuantitatif diperoleh dari 341 responden melalui survei, sedangkan data kualitatif dikumpulkan dari 11 narasumber melalui wawancara secara daring. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan PLS-SEM dan analisis data kualitatif menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning content dissatisfaction, personalized learning, perceived interactivity, dan learning progress memiliki pengaruh positif terhadap price value Ruangguru versi berbayar, serta bahwa price value dan network externality memiliki pengaruh positif terhadap niat beralih dari Ruangguru versi gratis ke versi berbayar. Sebaliknya, terdapat tiga faktor, yaitu feature limitation, buying power limitation, dan risk aversion, yang tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beralih tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang penerapan teori push-pull-mooring dan value-based adoption model dalam konteks e-learning. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan rekomendasi bermanfaat bagi Ruangguru dan penyedia layanan e-learning lainnya untuk merancang strategi pengembangan produk dan pemasaran yang lebih efektif guna meningkatkan performa pembelajaran siswa, serta kepuasan dan retensi pengguna dalam suatu platform e-learning.

In this digital era, online learning is increasingly used to support student learning systems in Indonesia, one of which is through an e-learning platform, Ruangguru. Ruangguru, as one of the largest e-learning platforms in Indonesia, offers various educational services, ranging from video lessons to academic consultations with teachers, and has consistently increased its user base, reaching millions of students. This study aims to analyze the factors that influence the switching intention of Ruangguru's free version users to use the paid version. By implementing the push-pull-mooring framework and the value-based adoption model, this research examines the relationship between push and pull factors on the price value of Ruangguru's paid version, as well as the relationship between price value itself and mooring factors on switching intention. The push factors studied include learning content dissatisfaction and feature limitations in Ruangguru's free version. The pull factors encompass features and services in Ruangguru's paid version that facilitate personalized learning, perceived interactivity, and learning progress. The mooring factors examined are network externality, buying power limitation, and the users' level of risk aversion. Quantitative data was obtained from 341 respondents through surveys, while qualitative data was collected from 11 sources through online interviews. Quantitative data analysis was conducted using PLS-SEM and qualitative data analysis using content analysis. The results of the study show that learning content dissatisfaction, personalized learning, perceived interactivity, and learning progress positively influence the price value of Ruangguru's paid version, and that price value and network externality positively influence the intention to switch from the free version to the paid version. On the other hand, there are three factors, namely feature limitation, buying power limitation, and risk aversion, that do not significantly affect the switching intention. This study is expected to broaden the understanding of the application of the push-pull-mooring theory and value-based adoption model in the context of e-learning. Additionally, this research can provide valuable recommendations for Ruangguru and other e-learning service providers to design more effective product development and marketing strategies to improve student learning performance, as well as user satisfaction and retention in an e-learning platform."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry B. Santoso
Jakarta: UI-Press, 2017
370.72 HAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Harry B. Santoso
Jakarta: UI-Press, 2017
370.72 HAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Budi Santoso
Depok: UI Publishing, 2019
370.72 HAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Budi Santoso
Depok: UI Publishing, 2019
370.72 HAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Panca Yuliasih
"Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap program pendidikan keperawatan dimana praktik laboratorium tidak direalisasikan secara optimal. Hal ini penting dilakukan evaluasi untuk melihat kualitas pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil evaluasi mempengaruhi kesiapan praktik klinik. Desain penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran dan hubungan evaluasi pembelajaran praktikum daring dan kesiapan praktik klinik mahasiswa profesi Ners. Penelitian dilakukan dengan 326 sampel, diambil menggunakan quota sampling. Evaluasi pembelajaran praktikum daring diukur dengan menggunakan Evaluation Instruments and Good Practices in Online Educator menurut Chikering dan Gansom (1987) dan kesiapan praktik klinik diukur berdasarkan teori Slameto (2020) dan Casey et al (2011). Hasil analisis didapatkan adalah pembelajaran praktikum daring yang dinilai baik oleh mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa (p 0.001 α 0.05). Penelitian ini merekomendasikan institusi untuk melakukan interaksi dengan mahasiswa secara efektif dan merencanakan kurikulum yang lebih baik lagi agar pembelajaran dengan metode daring sesuai dengan tujuan instruksional. Dalam mencapai kesiapan yang baik, diharapkan institusi dapat melaksanakan program dengan lingkungan belajar yang tepat sehingga mahasiswa mampu menunjang kemampuannya secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Serta hasil penelitian ini direkomendasikan mahasiswa terus belajar dalam meningkatkan kompetensinya sehingga dapat menghasilkan perawat yang berprofessional.

The COVID-19 pandemic has had an impact on nursing education programs where laboratory practices are not realized optimally. It is important to do an evaluation to see the quality of the learning that has been done. The evaluation results affect the readiness of clinical practice. The research design uses a quantitative approach with a cross sectional approach, which aims to identify the description and relationship between online practicum learning evaluation and clinical practice readiness for nursing professional students. The study was conducted with 326 samples, taken using quota sampling. Evaluation of online practicum learning was measured using Evaluation Instruments and Good Practices in Online Educator according to Chikering and Gansom (1987) and clinical practice readiness was measured based on the theory of Slameto (2020) and Casey et al (2011). The results of the analysis showed that online practicum learning which was considered good by students had an effect on student readiness (p 0.001 0.05). This study recommends institutions to interact with students effectively and plan a better curriculum so that online learning is in line with instructional objectives. In achieving good readiness, it is hoped that the institution can implement programs with the right learning environment so that students are able to support their cognitive, affective, and psychomotor abilities. As well as the results of this study, it is recommended that students continue to learn in improving their competence so that they can produce professional nurses."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>