Ditemukan 134690 dokumen yang sesuai dengan query
Rania Syahira
"Laporan magang ini mengevaluasi proses penyusunan business update yang disusun oleh PT XYZ setiap kuartal dan menganalisis hasil refleksi diri penulis dari pengalaman magang di PT XYZ. PT XYZ merupakan perusahaan konglomerasi yang memiliki lini bisnis di berbagai sektor, seperti otomotif, agribisnis, pertambangan, dan infrastruktur. Dengan memiliki banyak lini bisnis, penting bagi PT XYZ untuk menjaga transparansi dengan memberikan informasi terbaru kepada pemangku kepentingan dalam bentuk business update. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan proses penyusunan business update dengan teori proses Traditional Project Management. Kegiatan magang yang menjadi bahasan utama adalah proses pengumpulan data, penyusunan draf, dan melakukan pengecekan. Pengumpulan data melibatkan penyusunan timeline dan mengumpulkan sumber daya untuk memastikan akurasi dan kelengkapan informasi yang akan disampaikan. Penyusunan draf memerlukan ketelitian untuk menyatukan berbagai informasi menjadi satu laporan yang kohesif dan mudah dipahami. Pengecekan dilakukan untuk memastikan tidak ada kesalahan atau ketidakakuratan dalam laporan yang akan disampaikan kepada pemangku kepentingan. Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh bahwa proses Traditional Project Management sudah diterapkan dalam proses penyusunan business update di PT XYZ. Selanjutnya, analisis refleksi diri dilakukan dari pengalaman magang yang dilakukan dengan mengevaluasi hal yang telah berjalan dengan baik dan belum berjalan dengan baik selama magang. Dalam refleksi ini, penulis mengidentifikasi keterampilan dan pengetahuan yang telah diperoleh, serta tantangan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya. Tindak lanjut dari hasil analisis tersebut meliputi rencana masa depan penulis untuk mengembangkan karirnya di masa depan.
This internship report evaluates the process of preparing business updates prepared by PT XYZ every quarter and analyzes the results of the author's self-reflection from the internship experience at PT XYZ. PT XYZ is a conglomerate company that has business lines in various sectors, such as automotive, agribusiness, mining and infrastructure. By having many business lines, it is important for PT XYZ to be transparent by providing the latest information to stakeholders in the form of business updates. The evaluation was carried out by comparing the business update preparation process with the Traditional Project Management process theory. The internship activities' main topic of discussion are the process of collecting data, drafting, and checking. Data collection involves compiling a timeline and gathering resources to ensure the accuracy and completeness of the information to be conveyed. Drafting requires precision to combine various information into one report that is cohesive and easy to understand. Checking are carried out to ensure there are no errors or inaccuracies in the reports that will be submitted to stakeholders. Based on the evaluation results, it was found that the traditional project management process had been carried out in the process of preparing business updates at PT XYZ. Next, self-reflection analysis is carried out from the internship experience which is carried out by evaluating things that have gone well and not gone well during the internship. In this reflection, the author identifies the skills and knowledge that have been acquired, as well as the challenges faced and how to overcome them. The follow-up to the results of this analysis includes the author's future plans for developing his career in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Ghozy Dzikra Firdiansyah
"Laporan magang ini mengevaluasi Prosedur Rekayasa Ulang Proses Bisnis atau Business Process Reengineering atas Procurement-To-Pay Policy pada PT XYZ. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan FMCG terbesar di dunia dan Indonesia yang telah berdiri sejak lebih dari empat dekade di Indonesia. PT XYZ memiliki 19 Global Control Frameworks yang salah satunya merupakan Procurement-to-Pay. Fokus pembahasan terletak pada prosedur Business Process Reengineering pada kebijakan yang dilakukan oleh Tim Finance Compliance & SOX PT XYZ dengan referensi yang berlaku. Business Process Reengineering terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengimplementasian. Berdasarkan proses yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa proses Business Process Reengineering policy yang dilakukan oleh Tim Finance Compliance & SOX PT XYZ telah sesuai dengan referensi yang berlaku.
This internship report evaluates the Procedure of Business Process Reengineering for Procurement-to-Pay Policy at PT XYZ. PT XYZ is one of the largest FMCG companies in the world and Indonesia, which has been established for more than four decades in Indonesia. PT XYZ has 19 Global Control Frameworks, one of which is Procurement-to-Pay. The focus of the discussion lies in the procedure of Business Process Reengineering a new policy carried out by the Finance Compliance & SOX Team of PT XYZ with applicable references. The Business Process Reengineering process consists of planning, action, and implementing. Based on the process carried out, the result is that the Business Process Reengineering process is carried out by the Finance Compliance & SOX Team of PT XYZ has been in accordance with applicable references."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Azzam Farras
"Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian implementasi tinjauan kinerja mingguan yang dilakukan pada divisi digital goods PT XYZ dengan teori serta menganalisa refleksi diri penulis dari pengalaman magang di PT XYZ. Evaluasi dilakukan dengan melihat kesesuaian dokumen tinjauan kinerja mingguan, metrik yang dianalisis, dan implementasi action items & weekly playbook dengan teori diagnostic control system dan The 4Ps of Strategy oleh Simons (2014). Berdasarkan hasil evaluasi, disimpulkan bahwa PT XYZ telah melaksanakan implementasi tinjauan kinerja mingguan yang telah sesuai dengan kriteria diagnostic control system dan alur dari hirarki strategi. Selanjutnya, pengalaman magang penulis dianalisa melalui evaluasi pada hal yang telah berjalan dengan baik dan belum dari pilihan pengalaman penulis selama menjalani kegiatan magang, dilakukan dengan mengaitkan teori dan hasil observasi yang sejalan dengan pengalaman tersebut, serta menentukan beberapa tindak lanjut yang sedang dilakukan oleh penulis kedepannya sebagai hasil dari refleksi diri.
This internship report evaluates the suitability of the implementation of weekly performance reviews at the Digital Goods division at PT XYZ with theories. In addition, the report also analyzes the author's self-reflection from the internship experience. The evaluation was conducted by comparing the suitability of weekly performance review documents, selected performance metrics, and implementation of action items & weekly playbooks with diagnostic control systems and The 4Ps of Strategy Theory by Simons (2014). Based on the evaluation results, it is concluded that PT XYZ had carried out the implementation of weekly performance reviews that are in accordance with the criteria for diagnostic control systems and flow of the strategy hierarchy based on The 4Ps of Strategy. Furthermore, the author's internship experience was analyzed through an evaluation of experiences that had and had not been going well from the chosen experience during the internship, carried out by linking the theory and the results of observations that were in line with the experience, as well as determining some of the follow-up that was being carried out by the author going forward as a result of the self-reflection."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Prasista Sahita Ningrum
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas dan mengevaluasi pelaksanaan perancangan proses bisnis PT ABC oleh Kantor Konsultan XYZ. PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelabuhan dan maritim. Sedangkan, Kantor Konsultan XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultansi bisnis. Perancangan proses bisnis ini adalah perancangan proses bisnis level 3 setelah terjadinya merger dari 4 (empat) perusahaan yang menjadi PT ABC. Evaluasi dilakukan dengan melihat penerapan teori business process management selama proyek perancangan proses bisnis dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi, Kantor Konsultan XYZ melaksanakan metode yang berbeda pada tahap desain dan analisis menurut teori business process management. Selanjutnya, pengalaman magang di Kantor Konsultan XYZ kemudian dievaluasi dengan merefleksikan diri pada hal-hal yang telah berjalan dengan baik dan belum berjalan dengan baik, serta mengambil kesimpulan dan tindak lanjut yang akan dilakukan.
This internship report aims to examine and evaluate the implementation of PT ABC business process design by XYZ Consulting Firm. PT ABC is a company operating in the port and maritime sector. In the meantime, XYZ Consulting Firm is a company that operates in the field of business consulting services. This business process design is the level 3 business process design after the merger of the 4 (four) companies that became PT ABC. Evaluation is carried out by looking at the application of business process management theory during the implementation of the business process design project. Based on the evaluation results, XYZ Consulting Firm implemented different methods at the design and analysis stages according to business process management theory. Additionally, the internship experience at XYZ Consulting Firm is then evaluated by reflecting on things that have gone well and not gone well, as well as drawing conclusions and follow-up actions that will be taken. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Dhiyanisa Hanifa Sutejo
"Laporan magang ini membahas evaluasi proses reviu strategi pemasaran yaitu promosi product bundling yang dilakukan PT XYZ selama Semester 2 (dua) tahun 2022. PT XYZ adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG), sehingga bentuk strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan pangsa pasar perusahaan. Evaluasi proses reviu dilakukan menggunakan kerangka evaluasi manajemen strategis perusahaan dari David & David (2023). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah prosedur evaluasi yang tidak diimplementasikan oleh PT XYZ, namun objektif perusahaan telah tercapai. Proses reviu promosi product bundling PT XYZ dapat dikembangkan lebih baik dengan penggunaan komponen evaluasi kualitatif seperti persepsi konsumen pada brand dan membandingkan hasil dengan kompetitor. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri selama menjalani kegiatan magang di PT XYZ. Kesimpulan dari refleksi diri menunjukkan bahwa kegiatan magang memberikan banyak pembelajaran bagi penulis mengenai penerapan ilmu akuntansi. Terdapat beberapa komponen yang harus ditingkatkan seperti kemampuan mempresentasikan hasil, pemahaman industri dan kedisiplinan diri.
This internship report discusses the evaluation of the marketing strategy review process for product bundling promos carried out by PT XYZ during the second half of 2022. PT XYZ is a multinational company engaged in Fast Moving Consumer Goods (FMCG), so an effective marketing strategy is needed to increase the company's market share. The review process is evaluated using the company's strategic management evaluation framework by David & David (2023). The evaluation results show that there are several steps that PT XYZ did not implement, however, the company's objectives have been achieved. PT XYZ's promo product bundling review process can be better developed using qualitative evaluation components such as consumer perceptions of the brand. In addition, this internship report also discusses self-reflection while undergoing internship activities at PT XYZ. The conclusion from self-reflection shows that the internship provides a lot of learning for the writer regarding applying accounting knowledge. Several components must be improved, such as delivering results, industry understanding, and self-discipline."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Khalisha Rafila Gusrizal
"Laporan magang ini membahas evaluasi atas praktik analisis kondisi dan potensi bisnis yang dilakukan PT Konsultan. Selain itu, laporan magang ini juga mengevaluasi efektivitas manajemen tim dan pemangku kepentingan yang dilakukan PT Konsultan selama mengerjakan proyek. Adapun kerangka evaluasi yang digunakan adalah teori problem solving dari Childress & Marietta (2017), analisis eksternal dan analisis SWOT dari David & David (2017), gap analysis dari Kim & Ji (2018), efektivitas manajemen tim dari Robbins & Judge (2017), dan teori manajemen pemangku kepentingan dari Schwalbe (2016). Hasil evaluasi menunjukan bahwa praktik analisis eksternal, internal, dan SWOT pada PT Konsultan telah sesuai dengan kerangka evaluasi yang digunakan. Terdapat sedikit perbedaan pada praktik problem solving yang digunakan PT Konsultan, namun praktik tersebut dapat diterima sesuai dengan perannya sebagai advisor dari proyek yang dijalankan. Untuk manajemen tim dan pemangku kepentingan, PT Konsultan juga telah mempraktikannya secara efektif. Selain itu, laporan magang ini juga membahas refleksi diri selama mengikuti kegiatan magang di PT Konsultan. Bagian ini meliputi deskripsi terkait pengalaman-pengalaman yang berharga, evaluasi, analisis, dan tindak lanjut dari refleksi diri tersebut.
This internship report discusses the evaluation of the practice of analyzing business conditions and potential by PT Konsultan. In addition, this internship report also evaluates the effectiveness of the team and stakeholder management carried out by PT Konsultan while working on the project. The evaluation frameworks used are the problem-solving theory from Childress & Marietta (2017), external analysis and SWOT analysis from David & David (2017), gap analysis from Kim & Ji (2018), team management effectiveness from Robbins & Judge (2017), and stakeholder management theory from Schwalbe (2016). The evaluation results show that the external, internal, and SWOT analysis practice at PT Konsultan is in accordance with the evaluation framework used. There is a slight difference in the problem-solving practices used by PT Konsultan, but these practices are acceptable according to their role as advisors for the project being carried out. For team and stakeholder management, PT Konsultan has also practiced it effectively. In addition, this internship report also discusses self-reflection while participating in internship activities at PT Konsultan. This section includes descriptions of valuable experiences, evaluations, analyses, and follow-ups of these self-reflections."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Evan William Sutanto
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses penyusunan tinjauan kinerja bulanan PT XYZ yang melibatkan proses pemeriksaan data, proses forecasting, dan penggunaan Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sesuai dengan teori yang ada. PT XYZ merupakan perusahaan berbasis aplikasi sebagai platform konseling online yang bergerak di bidang kesehatan mental dan didirikan pada tahun 2018 serta berpusat di Jakarta, Indonesia. PT XYZ membuat tinjauan kinerja bulanan yang dibagi berdasarkan aktivitas business-to-consumer (B2C) dan business-to business (B2B). Proses pemeriksaan data di PT XYZ dievaluasi dengan menggunakan teori terkait dengan data matching yang dikemukakan oleh Christen (2012). Penentuan target perusahaan melalui proses forecasting dilakukan dengan metode kualitatif untuk aktivitas B2C dan B2B. Evaluasi proses forecasting dilakukan dengan menggunakan teori forecasting yang dikemukakan oleh Jaggia & Kelly (2021). Penggunaan EBITDA pada tinjauan kinerja bulanan PT XYZ digunakan untuk mengukur kinerja operasi perusahaan. Evaluasi penggunaan EBITDA dilakukan dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Bouwens (2019). Berdasarkan hasil evaluasi, PT XYZ belum menerapkan teori-teori yang relevan secara menyeluruh dalam proses penyusunan tinjauan kinerja bulanannya sehingga PT XYZ belum dapat mengandalkan tinjauan kinerja bulanannya sebagai sumber informasi yang andal untuk mencerminkan kinerja operasinya.
This internship report aims to evaluate the process of preparing PT XYZ's monthly performance review which involves data matching processes, forecasting processes, and the use of Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) in accordance with existing theory. PT XYZ is an application-based company as an online counseling platform engaged in the mental health sector and was founded in 2018 and is based in Jakarta, Indonesia. PT XYZ makes monthly performance reviews which are divided based on business-to-consumer (B2C) and business-to-business (B2B) activities. The data checking process at PT XYZ was evaluated using a theory related to data matching by Christen (2012). Determining company targets through a forecasting process is carried out using qualitative methods for B2C and B2B activities. Evaluation of the forecasting process is carried out using the forecasting theory by Jaggia & Kelly (2021). The use of EBITDA in PT XYZ's monthly performance review is used to measure the company's operating performance. Evaluation of the use of EBITDA is carried out using the theory by Bouwens (2019). Based on the results of the evaluation, PT XYZ has not applied the relevant theories thoroughly in the process of preparing its monthly performance reviews so that PT XYZ can not yet rely on its monthly performance reviews as a reliable source of information to reflect its operational performance."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Elizabeth Tri Utami Kurniawati
"Penelitian ini melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana Bank “X” telah memenuhi kriteria kepatutan proses perencanaan dalam penyusunan Rencana Bisnis Bank. Selain untuk memenuhi kebutuhan internal, Bank “X” juga memiliki kewajiban untuk melaporkan Rencana Bisnis Bank setiap tahun. Sehingga penelitian ini juga melakukan evaluasi atas kecukupaan pengungkapan informasi pada Rencana Bisnis Bank “X”. Dalam menentukan informasi yang akan diungkapkan, berapa banyak dan bagaimana informasi tersebut diungkapkan, organisasi didorong oleh adanya sinyal motivasi tertentu. Untuk itu, penelitian ini juga melakukan analisis atas ragam sinyal motivasi dalam pengungkapan informasi pada Rencana Bisnis Bank “X”. Hasil penelitian ini menunjukkan proses penyusunan Rencana Bisnis pada Bank “X” telah memenuhi 80% kriteria kepantasan suatu proses rencana strategis. Dari sisi kecukupan pengungkapan informasi, Rencana Bisnis Bank “X” telah memenuhi lebih dari 85% kriteria yang diwajibkan, dengan tren kecukupan yang selalu meningkat. Namun pengungkapan atas informasi signifikan lainnya dirasa masih belum cukup komprehensif. Sementara terkait dengan ragam sinyal motivasi, hasil penelitian menunjukkan adanya motivasi signal of intent maupun signal of camouflage pada Rencana Bisnis Bank “X”. Keseimbangan antara signal of intent dan signal of camouflage tetap dijaga selama periode pelaporan 2017/2019 hingga 2020/2022. Namun dalam perjalanannya, proporsi signal of intent terus mengalami peningkatan.
This study evaluates the extent to which Bank "X" has met the criteria for the appropriateness of the planning process in the preparation of the Bank's Business Plan. In addition to meet the internal needs, Bank "X" also has an obligation to report the Bank's Business Plan annually. Therefore, this study also evaluates the adequacy of information disclosure in Bank "X" Business Plan. In determining the information to be disclosed, how much and how the information is disclosed, the organization is driven by the certain motivational signals. For this reason, this study also analyzes the various motivational signals in disclosing information on the "X" Bank Business Plan. The results of this study indicate that the process of preparing a Business Plan at Bank "X" has met 80% of the appropriateness criteria for a strategic plan process. In terms of the adequacy of information disclosure, Bank "X" Business Plan has met more than 85% of the required criteria, with an everincreasing trend of adequacy. However, the disclosure of other significant information is still not comprehensive enough. While related to the variety of motivational signals, the results of the study show that there is a motivational signal of intent and signal of camouflage in the "X" Bank Business Plan. The balance between signal of intent and signal of camouflage is maintained during the reporting period 2017/2019 to 2020/2022. However, along the way, the proportion of signal of intent continues to increase"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Asa Belani Cesarima Basuki
"Kompetisi bisnis membawa perusahaan kepada perkembangan bisnis yang diikuti dengan peningkatan produktivitas beserta tantangannya. Perkembangan tersebut perlu diakomodasi dengan sistem informasi yang dapat mengintegrasikan seluruh bagian dan unit bisnis perusahaan. Sistem informasi yang umum diterapkan perusahaan adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Penerapan ERP dapat memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk meningkatkan produktivitas. Proses pengembangan sistem yang kompleks menjadi tantangan. Kompleksitas tersebut tidak hanya dari aspek teknis, melainkan aspek penerimaan pengguna juga berperan. Teknologi dikatakan berhasil jika diterima oleh penggunanya. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui penerimaan pengguna sehingga dapat dilakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem. PT ABC mengadopsi ERP sejak akhir tahun 2022, diawali dengan penggunaan modul Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) pada proses penyusunan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) untuk tahun anggaran 2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengunaan PBCS dalam proses penyusunan RKA di PT ABC dari sudut pandang penggunanya. Rerangka penelitian menggunakan empat variabel kunci dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Analisis dilakukan dengan triangulasi hasil kuesioner dan wawancara kepada pengguna PBCS di PT ABC. Hasil berdasarkan keempat variabel UTAUT, penggunaan PBCS dalam penyusunan RKA PT ABC telah berjalan dengan baik.
Business competition drives business development, which followed by increased productivity and its challenges. This development needs to be accommodated with an information system that can integrate all parts and business units of the company. A common information system applied by companies is Enterprise Resource Planning (ERP). ERP implementation can provide benefits for companies, including increasing productivity. The complex process of system development is a challenge. This complexity is not only from the technical aspect, but also the aspect of user acceptance. Technology is said to be successful if it is accepted by its users. Evaluation needs to be carried out to determine user acceptance so that system development and improvement can be carried out. PT ABC has adopted ERP since the end of 2022, starting with the use of the Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) module in the preparation of the Work Budget Plan for the 2023 budget year. This study was conducted to evaluate the use of PBCS in the preparation of RKA at PT ABC from the perspective of its users. The research framework uses four key variables from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), namely performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions. Analysis was carried out by triangulating questionnaire results and interviews with PBCS users at PT ABC. The results based on the four UTAUT variables, the use of PBCS in the preparation of PT ABC's RKA has been running well."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Faiz Kautsar
"Dewasa ini perkembangan sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) semakin pesat yang membuat penggunaan SI/TI menjadi kebutuhan utama yang tidak terpisahkan di setiap aspek kegiatan organisasi. Akhir Desember tahun 2016, PT XYZ mengembangkan sistem SAP sebagai bagian dari tata kelola TI perusahaan. Namun, selama proses implementasi sistem terdapat beberapa permasalahan yang timbul. Masalah ini berdampak negatif pada perusahaan, terutama berkaitan dengan aspek keuangan perusahaan dan kinerja dari karyawan. Peneliti menilai perlu dilakukan penelitian untuk mengevaluasi faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan proses implementasi sistem dan setelah itu merumuskan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari DeLone & McLean IS Success Model, konsep manajemen proyek, dan faktor kesuksesan implementasi ERP. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah Kualitas Informasi (IQ), Kualitas Sistem (SYQ), dan Kualitas Layanan (SEQ), Manajemen Proyek (PM), Kecenderungan Penggunaan Sistem (IU), Kepuasan Pengguna (US), dan Kesuksesan Proyek (PS). Proses pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini adalah seluruh faktor kesuksesan, yaitu IQ, SYQ, SEQ, dan PM berpengaruh positif terhadap kesuksesan proyek dan peneliti merumuskan 13 rekomendasi perbaikan untuk memperbaiki kualitas dari faktor-faktor kesuksesan tersebut.
Today the development of information systems and information technology (SI / IT) is increasingly rapid which makes the use of IS / IT a major necessity that is inseparable in every aspect of the organization's activities. At the end of December 2016, PT XYZ developed the SAP system as part of corporate IT governance. However, during the system implementation process there were a number of problems that arose. This problem has a negative impact on the company, especially related to the company's financial aspects and the performance of employees. The researcher considers that research is needed to evaluate what factors influence the success of the system implementation process and after that formulate recommendations for improvement. This study uses a research model adapted from DeLone & McLean IS Success Model, project management concepts, and ERP implementation success factors. The research variables in this study are Information Quality (IQ), System Quality (SYQ), and Service Quality (SEQ), Project Management (PM), System Use Tendency (IU), User Satisfaction (US), and Project Success (PS). Data processing and data analysis in this study used descriptive statistical analysis and SEM-PLS analysis. The results of this study are all success factors, namely IQ, SYQ, SEQ, and PM have a positive effect on project success and researcher formulate 13 recommendations for improvement to improve the quality of these success factors. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library