Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151148 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Pangesti
"Penelitian terkait engagement pada sektor publik pada media sosial Instagram masih jarang dilakukan sehingga belum banyak hasil evaluasi untuk peningkatan engagement masyarakat maupun perbaikan kualitas konten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat engagement masyarakat dan karakteristik konten pada akun Instagram Lembaga Kementerian Kabinet Indonesia Maju. Data profil dan post dikumpulkan dari 34 akun dari awal waktu akun tersebut dibuat. Penarikan data menggunakan service tools yang dikembangkan oleh Phantombuster. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk melihat pengaruh variabel yang mempengaruhi tingkat engagement akun Lembaga Kementerian dan secara kualitatif untuk melihat karakteristik konten dengan memilih 5 post yang memiliki tingkat engagement tertinggi dari setiap akun Lembaga Kementerian. Hasil analisis ditemukan bahwa semakin banyak jumlah post semakin tingkat engagement, namun jumlah follower tidak memberikan pengaruh yang signifikan begitupun dengan media type. Sedangkan komponen karekteristik konten yang dianalisis (content type, dialogic loop, dan information richness) memberikan deskripsi yang berbeda.

Research related to engagement in the public sector on the social media platform Instagram is still infrequent, leading to a lack of evaluation results for improving public engagement and content quality enhancement. This study aims to analyze the level of public engagement and content characteristics on Instagram accounts of the Indonesian Ministry: Kabinet Indonesia Maju. Profile and post data were collected from 34 accounts since the account was created. Data extraction was performed using service tools developed by Phantombuster. Quantitative data analysis was conducted to test the variables influencing the level of engagement for Ministry accounts, and qualitative analysis was employed to investigate content characteristics by selecting the top 5 posts with the highest engagement from each Ministry account. The analysis results revealed that the higher the number of posts, the greater the engagement level for Ministry accounts, while the number of followers did not show a significant impact and the same goes for media type. Meanwhile, the analyzed content characteristics (content type, dialogic loop, and information richness) provided distinct descriptions."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rozandari
"Penelitian ini menganalisis bagaimana kebudayaan Sakha direpresentasikan sebagai wujud dari nilai-nilai budaya Sakha pada akun Instagram @pandasakha_official. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten kualitatif untuk mengamati budaya Sakha serta dengan teori representasi reflektif menurut Stuart Hall dan nilai budaya Sakha парности (berpasangan). Hasil penelitian menemukan bahwa representasi reflektif terwujud dalam nilai-nilai человек-животное (manusia-hewan) melalui kuda, человек-место жительства (manusia-tempat tinggal) melalui pola konsumsi serta ornamen биэс харах, dan человек-социум (manusia-masyarakat) dengan perayaan Yhyakh dan Munkha. Penelitian ini menunjukkan upaya masyarakat Sakha sebagai bagian dari wilayah Arktik secara aktif melestarikan dan mempromosikan budaya mereka.
This study analyzes the representation of Sakha culture as reflected on the Instagram account @pandasakha_official. Employing a qualitative content analysis approach to explore Sakha cultural expressions, drawing on Stuart Hall's theory of reflective representation and Sakha cultural values such as парность (pairing). The findings reveal reflective representations manifested in cultural values such as человек-животное (human-animal) relations observed in horses, человек-место жительства (human-dwelling) reflected in consumption patterns and the ornamental tradition of харах, and человек-социум (human-community) observed in Yhyakh and Munkha celebrations. This research highlights the proactive efforts of the Sakha community within the Arctic region to preserve and promote their cultural heritage."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Donna Revilia
"ABSTRAK
Iptek berperan penting terhadap kemajuan suatu bangsa, dan tesis ini membahas mengenai upaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memperkuat corporate identity sebagai salah satu lembaga riset nasional yang memproduksi informasi hasil penelitian agar sampai kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan strategi komunikasi dengan menggunakan konten digital di media sosial Instagram. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi formulasi konten dan implementasinya di Instagram yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk memperkuat corporate brand identity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dianalisis dengan metode teknik analisis isi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan formulasi pesan yang dilakukan menggunakan konten naratif dan implementasi strategi konten yang dilakukan oleh LIPI telah mengikuti elemen pengemasan informasi yang baik dan secara optimal mengedepankan unsur identitas lembaga sebagai tema utama dalam pengemasan konten. Penelitian ini memberikan pandangan baru bahwa konsep corporate brand identity tidak hanya dapat digunakan pada sektor swasta tetapi dapat dimanfaatkan oleh lembaga pemerintah, dan strategi komunikasi untuk menguatkan brand identity tersebut salah satunya adalah dengan strategi formulasi konten dan implementasi strategi konten dengan optimal. Instagram LIPI membuktikan untuk membuat suatu konten di media sosial lembaga pemerintah dapat dimulai lewat menyajikan identitas lembaga itu sendiri sesuai dengan tugas dan fungsinya.

ABSTRACT
Science and technology plays an important role in the progress of a nation, and this research discusses the efforts of the Indonesian Institute of Science to strengthen its corporate identity as one of the national research institutions that produces information on research product to reach the public. The purpose of this study is to analyze the content formulation strategy and implementation of digital content strategy on Instagram by the Indonesian Institute of Sciences as a tool to strengthen corporate brand identity. This study uses a qualitative approach and is analyzed by the content analysis technique and interview. The results showed the message formulation carried out using narrative content and the implementation of content strategy conducted by LIPI had optimally followed the elements of digital content strategy that put forward the elements of institutional identity as the main theme in content packaging. This study provides a new outlook that the concept of corporate brand identity not only be used in the private sector but can be used in government agencies and one of the communication strategies to strengthen the brand identity is the content formulation strategy and the optimal implementation of the content strategy. Instagram LIPI proves to create content on social media, a government institution can be started by presenting the identity of the institution itself according to its tasks and functions. "
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurman Wibisana
"Pemetaan penelitian merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh Universitas Indonesia (UI) untuk menentukan tema penelitian unggulan yang dimiliki. Pada penelitian ini, digunakan Co-word Analysis yang merupakan bagian dari Content Analysis untuk mengetahui tren tema penelitian dan tema unggulan UI selama lima tahun terakhir (2010 - Februari 2015). Data untuk penelitian ini merupakan artikel ilmiah yang ditulis oleh sivitas akademika UI yang telah diterbitkan di jurnal internasional yang terindeks pada Scopus, Ebsco, Proquest, dan Jstor. Pengolahan menggunakan Co-Word Analysis akan menghasilkan dua buah peta, yaitu Strategic Diagram dan Thematic Evolution Map. Hasil dari pemetaan tersebut menunjukkan bahwa terdapat empat belas tema penelitian unggulan UI. Selain itu, pada dua tahun terakhir (2013-2014) terlihat bahwa tema penelitian yang dilakukan sivitas akademika UI sudah lebih beragam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Research mapping is one kind of approaches that can be implemented by Universitas Indonesia (UI) to determine its prime research themes. This study uses Co-word Analysis which is part of the Content Analysis to reveal trends and prime research themes of UI during the last five years (2010- February 2015). The data used in this research are articles published by civitas academics of UI that have been indexed by Scopus, Ebsco, Jstor, Proquest. Data processing using Co-Word Analysis will generate two maps, Strategic Diagram and Thematic Evolution Map. Results from the mapping showed that there are fourteen prime research themes of UI. Moreover, the themes of research conducted by UI?s academicians in the last two years (2013-2014) are more diverse than in the previous years."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59084
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Nusya Puteri
"Dalam konteks IPO, calon investor sangat bergantung pada informasi dalam membuat keputusan pembelian saham. Kebutuhan informasi finansial tersebut membantu calon investor dalam proses pengambilan keputusan yang rasional guna memberikan jaminan tertentu atas saham yang dibeli. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui apakah subsidi informasi perusahaan mengenai pelaksanaan IPO dapat mempengaruhi transfer atribut isu pada agenda media cetak, media daring maupun media sosial. Subsidi informasi yang mempengaruhi agenda media dapat dilihat dari kemunculan atribut dalam konten siaran pers dan prospektus singkat yang dipublikasikan oleh perusahaan pada dua periode proses tahapan IPO. Penelitian menggunakan metode analisis isi dalam mengkaji transfer atribut isu yang terjadi pada subsidi informasi kepada media cetak, media daring dan media sosial serta menggunakan cross-lag analysis berupa dalam menganalisis atribut isu yang muncul pada dua periode tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subsidi informasi yang disampaikan perusahaan memiliki hubungan korelasi yang signifikan dengan pemberitaan media cetak dan media daring bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia. Meskipun demikian, dalam pengkajian berdasarkan rentang waktu, periode bookbuilding IPO yang menggunakan prospektus ringkas sebagai subsidi informasi dinilai tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan pemberitaan media cetak dan media daring di periode yang sama. Sehingga arah pengaruh dalam intermedia agenda setting menunjukkan bahwa pemberitaan media cetak dan media daring memiliki pengaruh terhadap subsidi informasi.

In the context of an IPO, potential investors heavily rely on information to make stock purchasing decisions. The need for financial information assists potential investors in making rational decisions and provides some assurance about the purchased shares. This study aims to determine whether corporate information subsidies regarding IPO implementation can influence the transfer of issue attributes in print media, online media, and social media agendas. Information subsidies that affect the media agenda can be observed from the appearance of attributes in press releases and short prospectuses published by the company during two stages of the IPO process. The study utilizes content analysis to examine the transfer of issue attributes occurring in information subsidies to print media, online media, and social media. Cross-lag analysis is employed to analyze the attributes emerging during these two periods. The results of this study indicate that the information subsidies provided by companies have a significant correlation with the coverage of economic and business topics in Indonesian print and online media. However, when considering the time frame, the period of IPO book building, which utilizes a short prospectus as an information subsidy, is found to have no significant correlation with print and online media coverage during the same period. Therefore, the direction of influence in intermedia agenda setting suggests that print and online media coverage influences information subsidies."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariph Satyanagara
"ABSTRAK
Negara Indonesia memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan kepada seluruh golongan masyarakat.Perlindungan yang dimaksud bukan hanya perlindungan keamanan dan perlindungan hukum. Perlindungan kesehatan setiap warga negara juga merupakan salah satu jaminan yang harus diberikan. Berdasarkan hal tersebut, disusun sebuah program berskala nasional yang bernama Jaminan Kesehatan Nasional JKN . Sebagai sebuah program pemerintah, dibentuk suatu badan penyelenggara JKN yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS yang mulai berjalan sejak Januari 2014. Semenjak berjalannya BPJS, banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Akan tetapi menurut jejak pendapat yang pernah dilakukan oleh Kompas pada tahun 2015 y, terdapat 42,9 pengguna BPJS yang tidak puas akan layanan BPJS, 39.1 puas dan sisanya tidak menjawab. Dua tahun berlalu, perlu dilakukan penelitian terbaru untuk melihat sentimen masyarakat lebih dalam lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan content analysis guna mengetahui proporsi pendapat yang berkaitan dengan pengalaman pengguna beserta sentimennya untuk menggambarkan pendapat pengguna terhadap kualitas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Nasional. Sebuah program yang bekerja atas prinsip Automated Content Analysis digunakan dalam penelitian ini. Ulasan pengguna BPJS di Twitter digunakan untuk mewakili pendapat di berbagai provinsi. Luaran analisis sentimen menunjukkan bahwa aspek yang berkaitan dengan Reliability, Tangibles, Akses Pembayaran dan Pelayanan Medis masih didominasi dengan sentimen negatif. Hasil penelitian dapat digunakan untuk evaluasi dalam meningkatkan kualitas BPJS sebagai penunjang kesehatan warga negara Indonesia.

ABSTRACT
Indonesia as a country has an obligation to ensure the wellbeing of its citizen by administering protection for each and every one of its citizen from all backgrounds. Said protection should not only accommodate security and legal protection However, it should also incorporate health protection in the form of healthcare. Based upon this premise, a national scale program called Jaminan Kesehatan Nasional JKN was established. This then led to the forming of the JKN organization called Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS , which has been running since January 2014. Overall, citizens have benefited from the initiation ever since it started operation. Nevertheless, an opinion poll conducted by Kompas in 2015, indicates that there are 42.9 unsatisfied BPJS users, 39.1 satisfied BPJS users, while the remaining has no answers. On the grounds that two years has passed since the poll, a new research is necessary in effort to examine deeper on the citizens rsquo sentiments about this healthcare program. This research uses a content analysis approach to determine the portion of opinions relating to the user experience and sentiment in order to illustrate the user rsquo s opinion on the service quality that Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS provides. The program used in this research works based on the principle of Automated Content Analyses. The twitter reviews by BPJS users are utilized to represent opinions from different provinces. Consequently, the result of this sentiment analyses reveals that the areas related to reliability, tangibles, access to payment, and medical services are still dominated by negative responses. The result of this assessment can be intergrated in the evaluation process towards improving the quality of BPJS as one of the supporting aspects of the Indonesian citizens rsquo health."
2017
S67272
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lenny S. Budi
"Melalui hadirnya dunia digital, praktisi humas tidak dapat lagi hanya menggunakan pendekatan tradisional, tetapi perlu mengintegrasikannya dengan media sosial. Hal ini disadari oleh produsen makanan ringan di Indonesia, mereka mulai melirik fungsi inovatif media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggannya. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsi dan menjelaskan perbedaan aktivitas customer engagement yang dilakukan oleh dua brand yang berasal dari badan usaha yang berbeda ukurannya, Maicih dan Chitato, dalam dua jenis media sosial yang berbeda yaitu Facebook dan Twitter. Penelitian dengan metode content analysis ini menunjukkan bahwa customer engagement tidak ditentukan oleh ukuran usaha brand, namun oleh kuantitas dan kualitas isi media sosial yang disajikan.

After digital world rose, public relations could not only use traditional approach, but also combine it with social media. Producers of snack in Indonesia realize it and start to use social media for building relationship with their customers. This research was conducted to describe and explain the difference of customer engagement activities by two different brands with different company size, Maicih and Chitato, in two outlets of social media, Facebook and Twitter. With content analysis methods, this research showed that customer engagement is not define by the company size, but by contents’quantity and quality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S53753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Pradipta Muridan
"Komik menyampaikan informasi dan cerita menggunakan tulisan serta gambar. Kedua unsur ini penting karena dapat mempengaruhi pemahaman pembaca mengenai informasi yang hendak disampaikan. Gambar dan tulisan yang muncul dapat menampakkan berbagai macam konteks. Konteks tersebut dapat dipahami tidak hanya dari tulisan yang muncul, tetapi juga gambar-gambar yang mewakili konteks tersebut. Hal ini sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut dalam analisis wacana, terutama analisis konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja gambar dan tulisan yang menjelaskan konteks serta mendeskripsikan konteks yang disampaikan oleh tulisan dan gambar tersebut.  Sumber data penelitian ini adalah komik Gump n Hell yang dipublikasikan pada tanggal 1 Januari hingga 31 Maret di media sosial Facebook. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Data yang sudah dikumpulkan lalu dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan konteks dan acuannya. Berdasarkan penelitian ini, terlihat bahwa konteks ditemukan pada tulisan dan gambar yang ada di dalam komik. Konteks yang berasal dari tulisan terlihat setelah analisis makna kata, frase, dan klausa. Konteks yang ditemukan adalah konteks situasional, pengetahuan latar belakang, ko-teks, dan interteks. Konteks situasional lebih banyak terlihat pada gambar dibanding tulisan. Konteks pengetahuan latar belakang, ko-teks, interteks terlihat pada gambar dan tulisan. Topik-topik konteks yang diacu adalah politik, kemanusiaan, dan hiburan.

Comic conveys information and its story by using words and images. Both elements are important because they may change the interpretation of the readers about the information that the comic tries to convey. Images and words in the comic may show varieties of context. Those contexts have to be interpreted by analyzing the words together with the images. This factor makes them interesting to be studied by discourse analysis, especially context analysis. This research’s purpose is to describe the images and the words that show contexts and describe those contexts. Gump n Hell comic which is published between January 1st until 31st March 2019 is used as the sample of this research. The datas are collected by observational technique. Then, the collected data are analyzed and grouped based on their contexts and references. This research shows that contexts can be found on the words and the images from the comic. Contexts found on the words appear after the words, phrases, clauses and the sentences are analyzed. Situational context, background knowledge context, co-textual context and intertexts are found in the comics. Situational contexts mostly appeared from the images rather than the words. Background knowledge context, co-textual context and intertexts appeared from both the images and the words. The contexts, grouped based on their topics, are politics, humanitites, and entertainments.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Simatupang, Andi Sunarjo
"Tesis ini bertujuan menjelaskan kecenderungan isi debat dan fungsional debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 putaran pertama. Putaran pertama ini terdiri dari 3 seri debat yang dilakukan masing-masing pada tanggal 13 Januari untuk seri yang pertama, kemudian seri kedua 27 Januari dan terakhir pada tanggal 10 Februari 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsional dalam wacana kampanye politik Functional Theory of Political Campaign Discourse yang dikembangkan oleh seorang professor ilmu kmunikasi dari Amerika, William L. Benoit. Hasil penelitian ini akan menunjukkan kecenderungan masing-masing kandidat apakah lebih fokus dalam fungsi acclaim, attack atau malah defense. Teori ini juga akan menunjukkan kecenderungan topik yang digunakan oleh masing-masing kandidat apakah lebih mengedepankan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan policy atau berkaitan dengan karakter character .Kata Kunci: Analisis Isi; Komunikasi Politik; debat; functional theory; Benoit

This thesis aims to explain the tendency of functional and debate content on DKI Gubernatorial Election 2017. There are 3 series of debate on the first round. The first debate was on January 13th, the second on 27th and last was on February 10th 2017. This is quantitative descriptive research. The theory used in this research is the functional theory of political campaign discourse developed by a professor of communication science from America, William l. Benoit. The results of this study will show the tendency of each candidate whether more focused in the function acclaim, attack or even defense. This theory will also indicate the tendency of the topics used by each candidate whether to prioritize matters relating to the policy or related to the character.Keywords Content Analysis Political Communication Debate Functional Theory Benoit"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T49510
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>