Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 148004 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Izaz Hafizh Shabhi
"Laporan magang ini fokus membahas mengenai perancangan bagan alir akun belanja operasional yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari sistem dan prosedur (SISDUR) akuntansi yang sedang dilakukan pembaharuan. Bahan materi yang digunakan dalam melakukan perancangan didapatkan penulis selama melaksanakan kegiatan magang di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta. Fokus tujuan dari laporan ini yaitu untuk menampilkan rancangan bagan alir yang telah penulis buat, serta evaluasi kesesuaian pembahasan akun belanja operasional dalam draf SISDUR dengan peraturan standar akuntansi pemerintah dan kebijakan akuntansi yang berlaku. Penulis menyajikan tinjauan litetatur mengenai dasar pembuatan APBD, basis akuntansi yang digunakan, jenis serta aturan terkait belanja operasi yang ada dalam aturan-aturan yang berlaku, dan penggunaan simbol-simbol dalam bagan alir yang juga sudah mengikuti panduan yang berlaku umum. Berdasarkan evaluasi yang telah penulis lakukan, pembuatan draf SISDUR saat ini sudah mengikuti kaidah-kaidah aturan akuntansi pemerintahan yang berlaku. Selain itu, laporan ini juga membahas mengenai refleksi diri terhadap seluruh rangkaian kegiatan magang yang telah dijalani di BPKD DKI Jakarta.

This internship report focuses on the design of a flowchart for operational budget accounts within the framework of the Jakarta Provincial Government, specifically addressing the ongoing accounting system and procedures (SISDUR) undergoing revision. The material for the design was gathered by the author during the internship at the Regional Financial Management Agency (BPKD) of DKI Jakarta. The primary objective of this report is to present the designed flowchart created by the author and to evaluate the alignment of the discussion on operational budget accounts in the SISDUR draft with government accounting standards and applicable accounting policies. The author provides a literature review on the fundamentals of budgetary preparation, the accounting basis employed, the types and rules governing operational budget within relevant regulations, and the use of symbols in the flowchart, following established guidelines. Based on the evaluation conducted, the current drafting of SISDUR adheres to the principles of prevailing government accounting regulations. Additionally, this report reflects on the entirety of the internship activities undertaken by the author at BPKD DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriella Angeline
"Laporan magang ini membahas evaluasi perlakuan akuntansi atas akun aset karya seni yang dimiliki PT ORR berdasarkan hasil diskusi bersama KAP ABC. PT ORR adalah sebuah perusahaan real estate dan perkantoran di Indonesia, yang pada tahun buku 2023 merancang kebijakan untuk perlakuan akuntansi atas aset karya seninya. Perancangan kebijakan dilakukan oleh PT ORR dengan saran yang diberikan oleh KAP ABC, serta disetujui oleh KAP ABC. Dalam laporan magang ini, evaluasi dilakukan berdasarkan teori yang mencakup Standar Audit (SA) dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Perlakuan akuntansi yang dievaluasi mencakup penggunaan PSAK 208 (2024) mengenai Kebijakan Akuntansi, Perubahan Estimasi Akuntansi dan Kesalahan, implementasi PSAK 216 (2024) mengenai Aset Tetap dan PSAK 236 (2024) mengenai Penurunan Nilai Aset, serta penggunaan PSAK 201 (2024) mengenai Penyajian Laporan Keuangan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, kebijakan untuk perlakuan akuntansi atas akun aset karya seni PT ORR sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah bagi manajemen untuk dapat merincikan kembali kebijakan yang dirancang mengenai kebijakan penurunan nilai aset karya seni. Dalam laporan magang ini, penulis juga membahas mengenai refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dijalani di KAP ABC.

This internship report discusses the evaluation of the accounting treatment for the artistic asset accounts owned by PT ORR, based on the discussion result with KAP ABC. PT ORR is a real estate and office space company in Indonesia, which, in the 2023 fiscal year, developed a policy for the accounting treatment of its artistic assets. This policy was designed by PT ORR with advice provided by KAP ABC and was subsequently approved by KAP ABC. In this internship report, the evaluation is based on theories encompassing Audit Standards (SA) and Statements of Financial Accounting Standards (PSAK). The accounting treatments evaluated include the application of PSAK 208 (2024) regarding Accounting Policies, Changes in Accounting Estimates, and Errors, the implementation of PSAK 216 (2024) regarding Fixed Assets and PSAK 236 (2024) concerning Impairment of Assets, and PSAK 201 (2024) regarding Presentation of Financial Statements. Based on the evaluation, the policy for the accounting treatment of PT ORR's artistic asset accounts is in accordance with the applicable standards. The recommendation is for management to detail further the designed policy concerning the impairment of artistic assets. Additionally, this report includes the author's self-reflection on the internship experience at KAP ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Al Jihra Sobhana
"Reformasi administrasi di Indonesia memicu serangkaian perubahan, salah satunya adalah penerapan sistem anggaran berbasis kinerja (Performance-based budgeting). Reformasi ini bertujuan menciptakan pengelolaan anggaran yang integritas, transparan, efisien, dan akuntabel untuk melayani kepentingan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai salah satu daerah yang berhasil mengimplementasikan sistem anggaran berbasis kinerja di tingkat daerah. Tujuan penelitian adalah menganalisis proses reformasi. faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi sistem anggaran tersebut, serta pembelajaran yang dapat diambil dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan proses reformasi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah post-positivist, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi literatur, dengan analisis yang bersifat kualitatif. Terdapat 5 narasumber yang terdiri dari 4 pejabat di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta dan 1 perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem anggaran berbasis kinerja melalui beberapa persiapan dan perbaikan hingga berhasil meraih catatan baik yang telah dicapai. Kondisi internal organisasi yang dianalisis menggunakan kerangka 7s Mckinsey juga telah menunjukan setiap arahan yang diberikan oleh pemerintah pusat dikembangkan dan dilaksanakan secara optimal sehingga mendorong pelaksanaan reformasi sistem anggaran. Sebagai pembelajaran dalam melakukan reformasi, seluruh elemen organisasi saling berhubungan dan dapat mempengaruhi keberhasilan organisasi dalam melakukan reformasi.

Administrative reforms in Indonesia have triggered a series of changes, one of which is the implementation of performance-based budgeting. This reform aims to create budget management that is characterized by integrity, transparency, efficiency, and accountability to serve the public interest. This study focuses on the Provincial Government of DKI Jakarta, as one of the regions that has successfully implemented a performance-based budgeting system at the regional level. The objective of the research is to analyze the reform process, the factors influencing the successful implementation of the budgeting system, and the lessons that can be learned from the reform process undertaken by the Provincial Government of DKI Jakarta. The approach used in the research is post-positivist, with data collection techniques through in-depth interviews and literature studies, with qualitative analysis. There were five informants, consisting of four officials from the Regional Financial Management Agency (BPKD) of DKI Jakarta and one representative from the Ministry of Administrative and Bureaucratic Reform (KemenPAN RB). The results of the study indicate that the implementation of the performance-based budgeting system went through several preparations and improvements until it achieved commendable records. The internal conditions of the organization, analyzed using the McKinsey 7S framework, also showed that every directive from the central government was developed and implemented optimally, thereby driving the budget system reform. As a lesson in undertaking reforms, all elements of the organization are interconnected and can influence the organization's success in carrying out reforms."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juremi
"Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta : Analisis Output-Input. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa alokasi belanja Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta belum sepenuhnya dialokasikan ke sektor-sektor unggulan daerah, sehingga diperlukan penajaman alokasi belanja anggaran. Pengalokasian belanja APBD yang tepat sasaran diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Input-Output (I-O) yang diawali dengan identifikasi sektor-sektor unggulan daerah. Selanjutnya dilakukan identifikasi dan analisis angka pengganda, dampak belanja APBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2006 - 2010, dampak APBD simulasi dan perbandingan dampak belanja APBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2006 - 2010 dengan dampak APBD simulasi.
Berdasarkan tabel input output provinsi DKI Jakarta tahun 2006 dengan menggunakan klasifikasi 9 sektor, yang menjadi sektor-sektor unggulan daerah Provinsi DKI Jakarta adalah sektor industri pengolahan dan sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan. Dari analisis angka pengganda output, angka pengganda pendapatan dan angka pengganda kesempatan kerja kedua sektor tersebut juga memiliki nilai di atas ratarata, sehingga dapat dikatakan bahwa kedua sektor tersebut merupakan sektor pemicu pertumbuhan, pemacu pendapatan sekaligus penyerap tenaga kerja.
Dengan melakukan perbandingan analisis dampak belanja APBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2006 - 2010 dan analisis dampak APBD simulasi diperoleh hasil bahwa efek penajaman alokasi belanja APBD dengan cara memberi tambahan alokasi belanja ke sektor - sektor unggulan daerah maka diperoleh hasil bahwa terjadi penambahan output perekonomian dan penambahan kesempatan kerja.

The research is motivated by the fact that the budget allocations of income and Expenditure (Budget) Jakarta is not fully allocated to the leading sectors in the regions, so that budgetary allocations needed sharpening. The allocation of budget expenditures are on target is expected to spur economic growth, employment and increasing incomes.
The method of analysis used in this study is the analysis of the Input-Output (IO), which begins with the identification of leading sectors in the regions. Further identification and analysis of the multiplier, the impact of spending budget of Jakarta in 2006 - 2010, the impact of budget simulations and comparison of the impact of spending budget of Jakarta in 2006 - 2010 with a budget impact simulation.
Based on the input output table province of Jakarta in 2006 using classification 9 sectors, the leading sectors Jakarta area is the manufacturing and the financial sector, real estate and business services. From the analysis of the output multiplier, income multiplier and employment multiplier of these sectors also have a score above the average, so it can be said that the two sectors are triggering the growth of the sector, as well as revenue boosters absorbing labor.
By doing a comparative analysis of the impact of spending budget of Jakarta in 2006 - 2010 and the budget impact analysis simulation result that the effect of sharpening the budget allocations by giving additional allocations to the leading sectors in the regions of the obtained results that the addition of output in the economy and increase opportunities employment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T31338
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veranda Fatiya Rachma
"Laporan magang ini menganalisis prosedur audit substantif yang dilakukan KAP ALX terhadap akun pendapatan PT BRL Indonesia untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2023. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan praktik prosedur audit atas akun pendapatan yang dilaksanakan oleh KAP ALX dengan teori dan standar yang berlaku. Berdasarkan hasil evaluasi, KAP ALX telah melaksanakan prosedur audit sesuai dengan teori dan standar yang berlaku. Selain evaluasi, laporan magang ini juga membahas refleksi diri dari pengalaman yang didapat selama mengikuti program magang di KAP ALX untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis, memperbaiki kekurangan, dan menyiapkan diri memasuki dunia kerja.

This internship report discusses the analysis of substantive audit procedures performed by KAP ALX on the revenue accounts of PT BRL Indonesia for the period ended December 31, 2023. The evaluation was done by comparing the audit procedure practices on revenue accounts carried out by KAP ALX with applicable theories and standards. Based on the evaluation results, KAP ALX has implemented audit procedures in accordance with applicable theories and standards. In addition to the evaluation, this internship report also discusses the author’s self-reflection on the experiences gained during the internship program at KAP ALX to enhance both technical and non-technical skills, address shortcomings, and prepare for enter the professional world."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silitonga, Serephine Hasian
"Laporan magang ini membahas dan mengevaluasi prosedur audit pengujian pengendalian dan pengujian rinci yang dilaksanakan oleh KAP SM atas akun pendapatan dan piutang usaha PT JM, perusahaan yang memproduksi makanan. Masing-masing pengujian juga dikaitkan dengan asersi yang teruji. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit pengujian pengendalian dan pengujian rinci atas pendapatan dan piutang usaha telah sesuai dengan teori serta standar yang berlaku. Dalam laporan ini juga dibahas refleksi diri Penulis atas pengalaman yang didapatkan selama menjalani magang, yaitu pengalaman mengikuti pelatihan, melaksanakan prosedur audit, tidak mendapatkan tugas, dan pengalaman bekerja dari rumah. Refleksi diri tersebut menghasilkan tindak lanjut bahwa Penulis akan mengambil jalur auditor setelah lulus dari perguruan tinggi serta komitmen untuk meningkatkan kemampuan regulasi diri.

This internship report discusses and evaluates audit procedures for tests of controls and tests of details performed by KAP SM on the income and accounts receivable of PT JM, a company that produces food. Each test is also be associated with the assertion being tested. The evaluation results indicate that the audit procedures for testing controls and testing details on income and accounts receivable are in accordance with the theory and applicable standards. This report also discusses the author's self-reflection on the experience gained during the internship, namely the experience of participating in training, perform audit procedures, off duty, and experience working from home. This self-reflection resulted in a follow-up that the author will take the auditor path after graduating from college and a commitment to improve self-regulation abilities."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marcia Josely
"

Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik ANA terhadap akun Aset Tetap milik PT IVE untuk periode audit yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023. PT IVE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perkebunan yang menghasilkan kelapa sawit dan produk turunan lainnya. Evaluasi pada laporan magang ini mencakup analisis kepatuhan dan kesesuaian terhadap standar relevan yang berlaku di Indonesia, seperti PSAK dan SA. Prosedur substantif juga dilakukan untuk mencapai asersi sebagaimana dijelaskan dalam Standar Audit 315 dengan memperoleh bukti-bukti yang diatur dalam Standar Audit 500. Berdasarkan evaluasi dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa prosedur audit substantif atas akun aset tetap milik PT IVE yang dilakukan oleh KAP ANA telah sesuai dengan standar audit yang berlaku. Terakhir, laporan ini juga memuat refleksi diri penulis berdasarkan pengalaman dan evaluasi yang diperoleh dari kegiatan magang, beserta tindak lanjutnya yang harus dilakukan di masa depan.

 


This internship report discusses the evaluation of substantive audit procedures conducted by ANA Public Accounting Firm on the Fixed Asset account of PT IVE for the audit period ended on 31 December 2023. PT IVE operates in the plantation industry, producing palm oil and other derivative products. The evaluation includes analysis of compliance and accordance with the applicable relevant standards in Indonesia, such as PSAK and SA. The substantive procedures were also conducted to achieve assertions as described in Standar Audit 315 by obtaining evidence regulated on Standar Audit 500. Based on the evaluation and analysis that have been carried out, it can be concluded that the substantive audit procedures for PT IVE's fixed asset accounts carried out by KAP ANA have been in accordance with applicable audit standards. Finally, this report also contains the author's self-reflection based on the experience and evaluation obtained from the internship activity, along with follow-up actions to be done in the future.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sharan Agastya
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas prosedur pengujian audit substantif yang dilakukan KAP XYZ terhadap akun utang usaha PT ABC. PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, tepatnya industri pengolahan dan peleburan aluminium. Evaluasi dilakukan untuk melihat kesesuaian antara praktik audit dengan teori dan standar yang berlaku. Prosedur audit yang dilakukan meliputi penyusunan lead schedule, uji rekonsiliasi utang usaha, dan search for unrecorded liabilities (SURL). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KAP XYZ sudah tepat dalam menguji asersi manajemen sesuai dengan standar audit yang berlaku. Prosedur substantif yang dilakukan juga telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga memuat refleksi diri atas pengalaman yang di dapat melalui program magang di KAP XYZ beserta rencana tindak lanjut untuk memperbaiki diri.

This internship report aims to evaluate the substantive audit testing procedures carried out by KAP XYZ on PT ABC's accounts payable. PT ABC is a company operating in the mining sector, specifically the aluminum processing and smelting industry. Evaluation is carried out to see the conformity between audit practices and applicable theories and standards. The audit procedures carried out include preparing the lead schedule, reconciling accounts payable tests, and searching for unrecorded liabilities (SURL). The evaluation results show that KAP XYZ is appropriate in testing management assertions in accordance with applicable audit standards. The substantive procedures carried out are also in accordance with applicable audit theory and standards. Apart from that, this internship report also contains self-reflections on the experiences gained through the internship program at KAP XYZ along with follow-up plans to improve oneself."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khansa Krasibayya Diandra
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi audit KAP AK atas loan review pada Debitur Bank Syariah XYZ untuk Laporan Keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2023. Bank Syariah XYZ merupakan Bank umum syariah yang menyediakan produk simpanan, produk pembiayaan, perbankan elektronik serta berbagai jasa/layanan perbankan di Indonesia. Prosedur audit yang dievaluasi adalah pada tahap pengujian pengendalian dan pengujian substantif melalui pengumpulan dokumen, pengisian kertas kerja, dan penilaian kualitas pembiayaan debitur untuk menilai kolektibilitas yang diberikan oleh Bank telah sesuai dengan penilaian oleh KAP AK. Evaluasi dilakukan berdasarkan Standar Audit (SA) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 2/POJK.03/2022 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Standar Audit yang digunakan mencakup SA 200 terkait Tujuan Keseluruhan Auditor Independen dan Pelaksanaan Audit Berdasarkan Standar Audit, SA 315 terkait Pengidentifikasian dan Penilaian Risiko Kesalahan Penyajian Material melalui Pemahaman atas Entitas dan Lingkungannya, dan SA 500 terkait Bukti Audit. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengujian pengendalian dan pengujian substantif yang dilaksanakan KAP AK sudah sesuai dengan Standar Audit (SA), teori audit yang relevan, dan regulasi Otoritas Jasa Keuangan. Laporan magang ini juga menyajikan refleksi diri dari pengalaman yang diperoleh selama menjalankan magang di KAP AK

This internship report aims to evaluate KAP AK’s audit procedures for loan review on Bank Syariah XYZ’s Debtor for the Financial Statement ended December 31, 2023. Bank Syariah XYZ is a Sharia commercial bank that provides deposit products, loan products, electronic banking, and various banking services in Indonesia. The audit procedures that are evaluated consist of controls and substantive tests. The evaluation is done by collecting supporting documents, filling out working papers, and assessing the debtor’s credit quality to assess collectability given by the Bank in accordance with the assessment by KAP AK. Evaluation is carried out based on Auditing Standards (SA) and OJK Regulations Number 2/POJK.03/2022 concerning the Assessment of Islamic Commercial Bank and Islamic Business Unit Asset Quality. The SAs used include SA 200, concerning the Overall Objectives of Independent Auditors and Conducting Audits Based on Auditing Standards; SA 315, concerning Identifying and Assessing the Risk of Material Misstatement through Understanding the Entity and its Environment; and SA 500, concerning Audit Evidence. Based on the evaluation, tests of control and substantive test procedures carried out by KAP AK are in accordance with Auditing Standards (SA), relevant audit theories, and OJK regulations. This internship report also includes self-reflection from the experience gained while doing an internship at KAP AK."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadila Filza Rahmalina
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi prosedur audit terutama prosedur substantif yang dilakukan KAP MBA terhadap akun pendapatan PT FZA untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2020. Ruang lingkup laporan ini terbatas pada pendapatan komisi penjualan tiket pesawat dan reservasi kamar hotel dikarenakan PT FZA sendiri merupakan e-commerce yang bergerak di bidang online travel agency (OTA) dengan pendapatan utama dari dua komisi tersebut. Evaluasi didasarkan pada penerapan PSAK 72, untuk pengakuan pendapatan, dan International Standards on Auditing (ISA), untuk penerapan prosedur audit, sebagai acuan standar yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit KAP MBA telah dilakukan sesuai standar akuntansi dan audit yang berlaku. Kemudian, laporan magang ini juga membahas refleksi diri selama pelaksanaan magang di KAP MBA sebagai lesson learned untuk pengembangan pengetahuan dan kemampuan diri yang lebih baik kedepannya.

This internship report is prepared to evaluate the audit procedure of KAP MBA, especially the substantive procedure implementation, on PT FZA's revenue account for the period ending on December 31, 2020. The scope of the report is limited to commission revenue on flight ticket sales and hotel room reservations because PT FZA itself is an e- commerce company engaged in the online travel agency (OTA) with the main income from those two commissions. Evaluation is based on the application of PSAK 72, revenue recognition, and International Standards on Auditing (ISA), application of audit procedures, as the basis of applicable standards. The result of the evaluation shows that the audit procedures for KAP MBA are carried out in accordance with applicable accounting and auditing standards. Furthermore, this internship report also discusses self- reflection during the internship at KAP MBA as lessons learned to develop better self- knowledge and abilities in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>