"Perkembangan teknologi telah menghasilkan tren AI-Generated Content sebagai strategi
pemasaran yang diikuti oleh Indomie dengan kampanye terbarunya berjudul Cerita Rasa
Otentik untuk menciptakan pengalaman visual yang unik sebagai strategi yang bertujuan
untuk membangun relevansi dengan konsumen. Penelitian menganalisis persepsi konsumen
terhadap citra merek yang menggunakan strategi ini menggunakan metode deskriptif.
Namun, penggunaan teknologi AI justru menimbulkan persepsi negatif terhadap merek
karena konsumen memandang penggunaan AI sebagai jalan pintas yang tidak mendukung
seniman lokal sehingga terbentuk citra merek Indomie sebagai merek yang pelit dan tidak
menghargai pekerja kreatif. Hal ini juga dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap
citra keseluruhan merek seperti hilangnya kepercayaan konsumen terhadap merek Indomie
dan meningkatkan kekhawatiran mengenai tanggung jawab sosial perusahaan. Maka dari itu,
perusahaan perlu mengintegrasikan AI dengan seniman asli dan merespons dampak negatif
dengan cepat.
The development of technology has resulted in the trend of AI-Generated Content as amarketing strategy, adopted by Indomie in its latest campaign titled "Authentic FlavorStories" to create a unique visual experience as a strategy aimed at building relevance withconsumers. A study analyzes consumer perceptions of the brand image employing thisstrategy using a descriptive method. However, the use of AI technology has generatednegative perceptions of the brand, as consumers view AI usage as a shortcut that does notsupport local artists, thereby forming an image of the Indomie brand as being stingy and notvaluing creative workers. This can also have long-term impacts on the overall brand image,such as eroding consumer trust in the Indomie brand and increasing concerns about thecompany's social responsibility. Therefore, the company needs to integrate AI with localartists and promptly respond to the negative impacts."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023