Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53070 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Martyna Theodora
"Pembinaan yang dilakukan adalah pembinaan terhadap UMKM Sofisticake dimana UMKM Sofisticake bergerak di industri roti dan kue. Sofisticake merupakan usaha mikro yang beroperasional di Depok. Target Sofisticake adalah meningkatkan pertumbuhan penjualan dan keuntungan. Penilaian dilakukan berdasarkan analisa marketing  yaitu analisa internal dan eksternal, analisa marketing mix dan analisa ansoff. Solusi yang ditawarkan adalah membentuk strategi ekspansi melalui strategi agen. Proses business coaching dilakukan selama 1.5 bulan dan diharapkan dapat memberi ruang UKM untuk memperbesar kapasitas. Metode pengumpulan data  dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan bisnis coaching dilakukan sebagai aktivitas harian UMKM bersama

The guidance that is providing guidance to SMEs Sofisticake where Sofisticake SMEs engaged in bread and cakes industry . Sofisticake is a micro-enterprises operating in Depok . Target Sofisticake is to expand its sales volume and  margin. Assessment is based on the analysis of marketing , Through internal and external analysis , marketing mix analysis and Ansoff Analysis . The solution offered is to establish an expansion strategy through strategies agent . Business coaching process is carried out for 1.5 months and is expected to enlarge the capacity of SMEs . Data collection methods through a qualitative approach . Business coaching is done through daily activities of SMEs together with coach ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Akbari
"Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan bentuk utama dari kegiatan bisnis di Indonesia dimana UMKM secara kolektif mewakili 99% dari jumlah total bisnis dan 57% dari PDB Indonesia (OECD, 2012). Namun hasil penelitian pada 437 usaha kecil dan menengah di Indonesia memperlihatkan bahwa 36 persen usaha kecil dan menengah masih menggunakan metode luring atau offline dan 58 persen pengusaha mikro masih menjalankan bisnisnya dengan metode luring (Deloitte, 2015).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor teknologi, organisasi, dan individual terhadap tingkat adopsi e-commerce pada usaha mikro, kecil, dan menengah di Jabodetabek serta pengaruh adopsi tersebut terhadap kinerja umkm. Berdasarkan penelitian pada 232 usaha mikro, kecil, dan menengah di Jabodetabek yang telah mengadopsi e-commerce, peneliti menemukan bahwa perceived benefit, kompatibilitas, kesiapan teknologi, kompetisi, tekanan dari supplier/vendor, dukungan eksternal, pengetahuan IT pemilik usaha, dan tingkat kemampuan IT pemilik usaha berpengaruh secara positif terhadap tingkat adopsi sedangkan biaya berpengaruh negatif terhadap tingkat adopsi.

Small and medium enterprise is the main form of business in Indonesia which collectively represents 99% of businesses and 57% of Gross Domestic Product of Indonesia (OECD, 2012). But the fact is, SMEs shows low adoption in e-commerce technology. Research shows that of 437 SMEs in Indonesia, 36% are still using offline method and 58% of small enterprise are still using offline (Deloitte, 2015).
The purpose of this study is to determine the factors that influence such low adoption of e-commerce in SMEs in Jabodetabek and the impact to their performance. This study shows that of 232 SMEs in Jabodetabek, perceived benefit, compatibility, technological readiness, competition, supplier/vendor pressure, external support, CEO IT knowledge, and CEO IT ability have significant influence and positive correlation to adoption level. While cost also have significant influence and negative correlation to adoption level of e-commerce in SMEs.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Supriyanto
"Thesis ini membahas business coaching yang dilakukan penulis dengan Karin Kukis, UMKM yang khusus memproduksi kue kering dan melakukan penjualan hanya dengan melalui jalur facebook. Tujuan dari thesis ini adalah membantu pertumbuhan bisnis Karin Kukis dengan merumuskan model bisnis yang berkelanjutan, untuk membantu produk menembus pasar yang lebih luas dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Rekomendasi untuk karin kukis adalah melakukan perhitungan titik impas, melakukan pencatatan harian, meningkatkan identitas merek dengan melakukan perubahan pada logo, meningkatkan kemampuan dalam photografi, pembuatan website yang nantinya menjadi toko online sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan konsumennya, dan berupaya optimal dalam hal perbaikan kemasan, sebab tanpa perbaikan kemasan maka produk tidak bisa dikirim lebih jauh dari Jakarta. Kesimpulan dari pembinaan dengan Karin Kukis telah dihasilkan perhitungan titik impas dan pencatatan harian yang telah disepakati, telah dibuatkan website dan ada masukan juga tentang perbaikan posisi kue dalam kemasan untuk menghindari kerusakan. Tidak semua dapat dijalankan karena keterbatasan waktu si pemilik usaha dalam persiapannya menghadapi lebaran tahun 2016.

This thesis discusses business coaching conducted by the author with Karin Kukis, SME?s which specialized in producing pastries and selling only through Facebook. The purpose of this study is to help Karin Kukis business to growth by formulating a sustainable business model, to help the product penetrate a wider market and provide more value to customers. Recommendations for Karin Kukis are make improvement in the internal business process by calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, improve their brand identity by making changes to the logo, improve their skills in photography, making the website which will be online store and became one of the means to communicate with its customers, and seeks optimal in terms of improved packaging, because without the packaging improvements product could not be delivered further from Jakarta. The conclusion of the coaching with Karin Kukis is to make a calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, create a website and there is also input in the cookies configuration in the jar to prevent the damage. Not all can be run due to time constraints of the business owners in preparation to face the Eid 2016.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Gabriel Mercy Tovano
"ABSTRAK
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penerapan sejumlah aktivitas dalam green supply chain management (GSCM), terhadap operational performance dan supply chain performance pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di JABODETABEK. Responden dari penelitian ini melibatkan 70 responden yang merupakan pemilik dan manajer dari UKM dengan bidang usaha umum yang berlokasi di JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 3. Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif dari aktivitas reverse logistics dan green manufacturing terhadap operational performance dan terdapat pengaruh positif dari operational performance terhadap supply chain performance. Selain itu hasil analisis turut menunjukkan adanya pengaruh langsung dari reverse logistics dan green manufacturing terhadap supply chain performance. Hasil ini menunjukkan perlu adanya perencanaan dan pemilihan atas aktivitas yang tepat dalam penerapan GSCM pada UKM di JABODETABEK, melalui penerapan aktivitas GSCM yang tepat pada kegiatan UKM dapat mempengaruhi secara positif performa dari operasional UKM, bahkan turut mempengaruhi secara langsung performa dari rantai pasokan UKM.

ABSTRACT
This thesis examines the effect of implementing a number of activities in green supply chain management (GSCM), on operational performance and supply chain performance in Small and Medium Enterprises (SMEs) in JABODETABEK. Respondents from this study involved 70 respondents who were owners and managers of SMEs with general business fields located in JABODETABEK. This research uses data analysis method in the form of Partial Least Square (PLS) with SmartPLS version 3. The results obtained are there are positive effects of the activities of reverse logistics and green manufacturing on operational performance and there is a positive effect of operational performance on supply chain performance. In addition, the results of the analysis also showed the direct influence of reverse logistics and green manufacturing on supply chain performance. These results indicate the need for planning and selection of appropriate activities in GSCM implementation for SMEs in JABODETABEK, through the application of appropriate GSCM activities in SME activities that can positively influence the performance of SME operations, and even directly influence the performance of SME supply chains.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vina Amanda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong para pelaku UMKM di Indonesia untuk menjadi Halalpreneurs. Penelitian ini menganalisis faktor attitude yang terdiri atas awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and innovation, honesty and integrity, dan perceived desirability, faktor subjective norm terdiri atas family support dan peers influence, faktor perceived behavioral control terdiri atas perceived feasibility dan perceived governmental support, dan faktor religiosity terhadap kecenderungan para pelaku UMKM untuk menjadi halalpreneurs. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 450 responden muslim yang merupakan pelaku UMKM di bidang kuliner, kosmetik, obat-obatan, dan bidang usaha lainnya yang memerlukan sertifikasi halal untuk menjamin kehalalan produknya di Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini adalah intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, dan perceived governmental support signifikan positif berpengaruh terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peers influence, dan religiosity tidak signifikan mempengaruhi halalpreneurial propensity para pelaku UMKM di Indonesia.

This study aims to determine the factors that encourage MSME entrepreneurs in Indonesia to become Halalpreneurs. This study analyzed the relationship between attitude such as awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunities, creativity and innovation, honesty and integrity, and perceived desirability, subjective norm such as family support and peers influence, perceived behavioral control such as perceived feasibility and perceived governmental support, and religiosity to the propensity of MSME entrepreneurs to become halalpreneurs. Data were collected from 450 muslim respondents who are MSME entrepreneurs in the culinary, cosmetics, pharmaceutical, and other business fields that require halal certification to ensure the halalness of their products in Indonesia. Data were analyzed using descriptive analysis and partial least squares using the SmartPLS 3.0. The results of this study are intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, perceived desirability, perceived feasibility, and perceived governmental support significantly influenced the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia. Meanwhile, awareness of halal entrepreneurship, creativity and innovation, honesty and integrity, family support, peer influence, and religiosity did not significantly influence the halalpreneurial propensity of MSME entrepreneurs in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uswatun Hasanah
"Penelitian ini membahas mengenai implementasi strategi peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro,kecil dan menengah oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Koperasi, UMKM Serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro,kecil dan menengah oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Koperasi, UMKM Serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta. Teori yang digunakan adalah manajemen strategi, capacity building, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivist dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Koperasi, UMKM serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari delapan indikator yang digunakan, hanya dua indikator yang terpenuhi sedangkan enam indikator lainnya tidak terpenuhi.

This research discusses about Implementation of Capacity Building Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises by The Center of Education and Training, Cooperative, SME and Trade, DKI Jakarta Province. The purpose of this research is to analyze implementation of capacity building strategy for Micro, Small and Medium Enterprise by The Center of Education and Training, Cooperative, SME and Trade, DKI Jakarta Province. Theories which are used to analyze in this research are strategic management, capacity building and Small Medium Enterprise. The approach used in this research is post positivist paradigm with in-depth interview, observation and document study.
The result of this research shows that the implementation of a capacity building strategy for Micro, Small and Medium Enterprises by the Centre for Education and Training, Cooperative, SME and Trade, DKI Jakarta Province has not been going well. This can be seen from eight indicators used, only two indicators were fulfilled, while six other indicators were not fulfilled.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S63017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firda Hanna Ismia
"

Perekonomian Indonesia akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang. Pertumbuhan yang pesat ini perlu dimaksimalkan dengan disertai pengembangan inovasi di sektor industri. Inovasi yang secara luas mencakup produk baru, layanan baru, atau proses baru, memiliki peran besar dalam menciptakan peluang bagi berbagai bisnis atau layanan untuk bersaing di pasar global, sehingga perlu ada cara untuk mendorong industri untuk berinovasi. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas ke database paten domain publik untuk memfasilitasi praktik bisnis yang lebih baik, mendorong inovasi, dan merampingkan proses penelitian dan pengembangan baik untuk publik maupun pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC). Proses pengembangan melibatkan pengumpulan data melalui wawancara ahli dan tinjauan literatur yang relevan dari artikel sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi yang terdiri dari database yang bersumber dari berbagai negara, dilengkapi dengan fitur untuk menghubungkan para ahli dan pelaku usaha yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi dan mendapatkan bantuan terkait dengan dokumen paten yang diperlukan. Dengan meningkatkan ketersediaan informasi paten, sistem ini dapat berkontribusi pada ekosistem inovasi yang lebih inklusif dan dinamis, yang bermanfaat bagi masyarakat secara menyeluruh.

 


Indonesia's economy will continue to grow for the upcoming years. This rapid growth certainly needs to be maximized accompanied by the development of innovation in the industrial sector. Innovation that broadly covers new products, new services, or new processes, has a big role in creating opportunities for different businesses or services to compete in the global market, thus, there needs to be a way to encourage the industry to innovate. This study aims to enhance accessibility to the public domain patent database, thereby facilitating improved business practices, fostering innovation, and streamlining the research and development process for both the public and micro, small and medium-sized enterprises (MSMEs). The method used in this research is System Development Life Cycle (SDLC). The design process involved the collection of data through expert interviews and a comprehensive review of relevant literature from previous articles. This resulted in information system that consists of databases sourced from multiple countries, complemented by a feature to connect experts and the public users which enables users to seek consultations and receive assistance related to the required patent documents. By increasing the availability of patent information, the system can contribute to a more inclusive and dynamic innovation ecosystem, which benefits society as a whole.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Saptia
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2020
338.642 YEN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Khalisa Nurfajri
"Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi banyak UMKM yang tidak dapat mengelola bisnisnya dengan baik. UMKM Inap at Capsule merupakan UMKM yang bergerak di industry perhotelan dan menyediakan jasa penginapan dengan konsep tempat tidur kapsul. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode business coaching, sebuah riset kualitatif, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan mengambil tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM tidak mendesain website dengan efektif dan tidak memperbarui informasi pada website sehingga banyak konten yang sudah tidak relevan. Selain itu, inkonsistensi dalam menampilkan harga kamar sangat berpotensi menyebabkan pengunjung website bingung. Masalah lain adalah tingkat awareness potential customer disekitar UMKM masih sangat rendah, serta desain eksterior dari hotel yang tidak menggambarkan hotel. Maka solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan desain website serta desain eksterior bangunan hotel untuk mendukung kegiatan pemasaran. Survei dilakukan untuk mendukung bukti hasil perbaikan. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan penilaian oleh responden pada aspek visual, informasi dan tampilan keseluruhan usulan desain website yang baru dibanding desain yang lama. Desain eksterior juga mendapat penilaian yang tinggi berdasarkan penilaian hasil kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Inap at Capsule mengelola kegiatan pemasarannya dengan mengembangkan desain website serta desain eksterior bangunan hotel.

The increasing number of MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia has had a positive contribution to Indonesias economy, but many MSMEs unable to manage their business well. Inap at Capsule is an MSME in hospitality industry, that offers hospitality services with capsule bed concept. The data were collected using business coaching methods, a qualitative research that used to mapping MSMEs condition and problem, then take a corrective action to implement solutions for improvement. The result shows that the MSME doesnt design the official website effectively and update the website regularly. Other problems are low awareness of potential customer around MSME and poor aesthetics of hotel exterior design.  The solutions offered include developing of website design and hotel exterior design of Inap at Capsule. Surveys were also conducted to support evidence of the improvement result. As the results, there was a significant increase in the respondents assessment of the visual aspects, information and overall appearance of the new website design compared to the existing ones. Hotel exterior design also got high score from respondent assessment. This study aims to help Inap at Capsule hostel to manage their marketing activities by designing new website and hotel exterior design. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Kurnia Setiawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan tenaga kerja UMKM,
modal fisik dan modal manusia terhadap perekonomian daerah. Dengan
menggunakan model General Least Square (GLS) dan data sekunder dari Badan
Pusat Statistik (BPS) tahun 2009-2012 pada 33 provinsi di Indonesia, hasil
analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan tenaga kerja UMKM berpengaruh
positif terhadap pertumbuhan PDRB per Kapita demikian juga dengan
pertumbuhan modal fisik dan pertumbuhan modal manusia. Selain itu dari dengan
menggunakan hipotesis β konvergensi dari Barro, diketahui nilai β konvergensi
menunjukkan hasil negatif. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi konvergensi
antar daerah dimana daerah yang miskin akan mengejar pertumbuhan dari daerah
yang kaya. Konvergensi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor struktural, seperti
pertumbuhan penduduk, modal fisik dan modal manusia yang ada disetiap daerah.

ABSTRACT
This study aims to analyze the role of MSMEs labor, physical capital and
human capital to the regional economic. By using a model of the General Least
Squares (GLS) and secondary data from Badan Pusat Statistik (BPS) 2009-2012
at 33 provinces in Indonesia, the results of the analysis indicate that the
employment growth of SMEs has a positive effect on the growth of GDP per
capita growth as well as physical capital and the growth of human capital. In
addition to the use of β convergence hypothesis of Barro, known β convergence
value was negative. This suggests that there has been a convergence between
regions where poor area will pursue the growth of rich areas. This convergence is
influenced by structural factors, such as population growth, physical capital and
human capital available in every region."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39245
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>