Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16039 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soleh Purwo Nugroho
"Tesis ini membahas tentang penelitian yang dilakukan pada kestabilan terbang hexacopter. Kestabilan terbang hexacopter ditentukan oleh enam motor propeller yang mempunyai daya angkat yang sama sepanjang rentang waktu .Apabila keenam motor berbeda daya angkatnya maka hexacopter tidak stabil dalam melakukan take-off, hover, maneuver dan landing. Sulit untuk dikendalikan dan bisa mengakibatkan tidak bisa take-off..Untuk itu perlu diusahakan agar keenam motor propeller mempunyai RPM yang sama. Salah satu metode yang digunakan adalag dengan memberikan gain pada sinyal PWM yang akan diberikan ke ESC. Kemudian ESC akan memutar keenam  motor dengan RPM yang  sama. Sehingga hexacopter akan terbang dengan stabil. Dalam penelitian kali ini penulis menggunakan motor BLDC tanpa propeller Dari hasil penelitian diharapkan untuk diambil data terbang dan dari data tersebut akan dirancang system autonomousnya

This thesis discusses the research conducted on the flight stability of the hexacopter. The stability of the hexacopter flight is determined by six propeller motors that have the same lifting power throughout the time span. If the six motors have different lifting power, the hexacopter is unstable in taking-off, hovering, maneuvering and landing. It is difficult to control and can result in not being able to take-off. For this reason, it is necessary to ensure that all six propeller motors have the same RPM. One of the methods used is to give gain to the PWM signal which will be given to the ESC. Then the ESC will rotate the six motors with the same RPM. So the hexacopter will fly stably. In this study, the author uses a BLDC motor without a propeller. From the results of the study, it is expected to take flight data and from this data an autonomous system will be designed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Afandi
"Propeller merupakan alat gerak kapal yang utama saat ini,Layar yang selama berabad-abad menemani manusia dalam pelayaran sudah banyak ditinggalkan.Pemakaian Propeller yang semakin meningkat dibanding layar disebabkan oleh industrialisasi dan globalisasi yang mendorong segala sesuatunya untuk lebih cepat mengharuskan industri perkapalan untuk semakin cepat dan efisien. Efisiensi dan kecepatan mutlak diperlukan dalam era industri seperti saat ini, untuk merebut pasar dan meningkatkan daya saing. Untuk itu otomatisasi adalah salah satu jawaban untuk meningkatkan efisiensi. Salah Satu upaya otomatisasi tersebut adalah dengan menggunakan program aplikasi komputer,komputerisasi selain meningkatkan kecepatan dan efisiensi juga memperkecil kesalahan akibat human error. Namun aplikasi komputer juga luput dari kesalahan-kesalahan baik dikarenakan kesalahan dalam penggunaan,kesalahan sistem sampai pada kesalahan pada saat program dibuat misalnya kesalahan bahasa pemograman maupun kesalahan menerjemahkan rumus ke dalam bahasa pemograman. Diperlukan Penelitian lanjutan untuk menentukan ketepatan aplikasi beserta keterbatasan-keterbatasan aplikasi tersebut.

Propeller is a need for movement for a ship recently, a sail which have been man companion for centuries now had been left behind.Need of propeller increase than a sail is caused by industrilization and globalization which demand everything to be fast, has boost naval industri to be more quick and efficient. Efficiency and speed are desperately need for industrilization era today.It is needed to catching market and to grow competition ability,For that reason automatization will be one of the answer to improve efficiency. One of the thing to do for automatization is using computer application , Computerization while increse speed and eficiency have reduce mistakes by human too. Although that computer cannot avoid some error,it can be caused by few thing such as: misused apllication(human error),system error etc and can be cause by error when the application was made for example a mistake on writing program and mistake of compiling formula to programing language. It?s required advanced examination to an application to describe about precisioness and boundary of an application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edo Yunardo
"Pada saat ini, sering dijumpai bahwa biaya yang dikeluarkan nelayan untuk melaut sangat besar. Jika dirunut, permasalahan ini bermula dari kesalahan dalam memilih propeller. Kebanyakan nelayan memakai propeller dalam bentuk dan dimensi yang belum tentu cocok dengan karakteristik kapal. Berbedanya karakteristik masing-masing kapal mengakibatkan propeller yang digunakan pada masing masing kapal juga harus memiliki karakteristik yang menyesuaikan diri dengan kapal.
Skripsi ini membahas perancangan baling-baling untuk kapal ikan 30 GT dengan menggunakan metode BP Delta. Tujuannya adalah agar karakteristik baling-baling dapat sesuai dengan karakteristik kapal. Perancangan baling-baling untuk kapal ikan 30 GT, menghasilkan model baling-baling berdaun 4 dengan diameter 0.73 meter, diameter hub 0.146 meter, blade area ratio 0.78, pitch ratio 0.91, dan efisiensi 47.75%.

Today, it is often found that the cost for fishermen to go to the sea is too expensive. If traced, this problem takes root from a mistake in choosing the propeller for the their ship. Most fishermen use same propeller for any ship. Ships have different characteristics, it lead that the propeller used on each vessel must also have characteristics that is suitable to the ship.
This final project discusses about designing propeller for 30 GT fishing vessel by using BP Delta method. The aim is to design a propeller that is compatible with the characteristic of the ship. The process of designing propeller for 30 GT fishing vessel generated a model of propeller with characteristic : 4-leafed blades with 0.73 meters diameter, hubdiameter of 0.146 meter, blade area ratio of 0.78, pitch ratio of 0.91, and efficiency 47.75%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soleh Purwo Nugroho
"Tesis ini membahas tentang penelitian yang dilakukan pada kestabilan terbang hexacopter. Kestabilan terbang hexacopter ditentukan oleh enam motor propeller yang mempunyai daya angkat yang sama sepanjang rentang waktu. Apabila keenam motor berbeda daya angkatnya maka hexacopter tidak stabil dalam melakukan take-off, hover, maneuver dan landing. Sulit untuk dikendalikan dan bisa mengakibatkan tidak bisa take-off..Untuk itu perlu diusahakan agar keenam motor propeller mempunyai RPM yang sama. Salah satu metode yang digunakan adalag dengan memberikan gain pada sinyal PWM yang akan diberikan ke ESC. Kemudian ESC akan memutar keenam  motor dengan RPM yang  sama. Sehingga hexacopter akan terbang dengan stabil. Dalam penelitian kali ini penulis menggunakan motor BLDC tanpa propeller Dari hasil penelitian diharapkan untuk diambil data terbang dan dari data tersebut akan dirancang system autonomousnya.

This thesis discusses the research conducted on the flight stability of the hexacopter. The stability of the hexacopter flight is determined by six propeller motors that have the same lifting power throughout the time span. If the six motors have different lifting power, the hexacopter is unstable in taking-off, hovering, maneuvering and landing. It is difficult to control and can result in not being able to take-off. For this reason, it is necessary to ensure that all six propeller motors have the same RPM. One of the methods used is to give gain to the PWM signal which will be given to the ESC. Then the ESC will rotate the six motors with the same RPM. So the hexacopter will fly stably. In this study, the author uses a BLDC motor without a propeller. From the results of the study, it is expected to take flight data and from this data an autonomous system will be designed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aga Alanda
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50976
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Satya Nugraha
"Ketatnya persaingan di bidang konstruksi pada proyek infrastruktur di Indonesia memberikan tantangan pada perusahaan jasa konstruksi, khususnya pada industri infrastruktur Pembangkit Listrik. Untuk meningkatkan daya saing perusahaan jasa konstruksi diperlukan jaminan kepuasan pelanggan yang harus diciptakan, antara lain: produk yang dihasilkan harus sesuai dengan persyaratan, pekerjaan yang dilakukan selesai tepat waktu, biaya yang dikeluarkan relatif murah dan jaminan terhadap K3LH dapat terealisasi. Dalam menciptakan kepuasan pelanggan diperlukan konsep Budaya Mutu yang harus diterapkan. Dengan menggunakan metode Deming Cycle dalam membangun budaya mutu diharapkan perusahaan jasa konstruksi pembangkit listrik dapat meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membangun budaya mutu pada perusahaan jasa konstruksi pembangkit listrik, Data didapat melalui analisa arsip, wawancara dan survey kuisioner. Pengolahan data menyimpulkan aktivitas yang diperlukan dalam membangun budaya mutu pada fungsi-fungsi organisasi yang berbasis risiko di perusahaan jasa konstruksi pembangkit listrik sebagai cara untuk meningkatkan daya saing. Hasil penelitian ini adalah konsep membangun budaya mutu berbasis PDCA pada Sistem Manajemen Mutu di perusahaan pembangkit listrik.

The tight competition in the construction sector in Indonesia's infrastructure projects presents a challenge to construction service companies, especially in the power plant infrastructure industry. To improve the competitiveness of construction service companies, customer satisfaction guarantees must be created, as follows: 1) Products must be in accordance with the requirements, the project done is completed on time, the costs incurred are relatively cheap and collateral for Health, Safety and Environment (HSE) should be realized. In creating customer satisfaction, the concept of Quality Culture needs to be applied. By using the Deming Cycle method in building a quality culture, it is expected that power plant construction service companies can increase competitiveness. This study aims to determine the effect of developing a quality culture on power plant construction service companies, data obtained through archival analysis, interviews and questionnaire surveys. Data processing concludes the activities needed on developing a quality culture for risk-based organizational functions in power plant construction service companies as a way to increase competitiveness. The results of this study are the concept of building a PDCA-based quality culture in the Quality Management System in a power plant construction services company."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53360
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandi Bonafia
"Serabut kelapa sudah banyak digunakan untuk bahan industri. Dalam penelitian
ini serabut kelapa digunakan sebagai bahan tambah pada campuran beton semen
untuk stabilisasi lapis pondasi bawah (sub-base) pada konstruksi jalan. Namun
serabut kelapa yang digunakan dalam penelitian ini adalah serabut kelapa sisa
bahan industri. Penambahan serabut kelapa ini dengan persentase 2,5%, 5%,
7,5%, 10% terhadap berat semen dan panjang serat 2,5 cm. Pengujian penelitian
ini meliputi: kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur. Komposisi bahan pengikat
semen 97,5% + serabut kelapa 2,5% dalam pengujian kuat tekan memiliki nilai
lebih besar 17,68% (fc’ 130,687 kg/cm2) dibanding komposisi bahan pengikat
semen 100% (fc’ 107,569 kg/cm2), dan dalam pengujian kuat lentur memiliki nilai
lebih besar 8,81% (15,90 kN) dibanding komposisi bahan pengikat semen 100%
(14,5 kN). Campuran serabut panjang 2,5 cm dengan kadar serabut 2,5% terhadap
berat semen dapat meningkatkan kuat tekan dan kuat lentur tetapi terjadi
penurunan untuk kuat tarik belah.

Coconut fibers are already widely used for industrial materials. In this study,
coconut fiber is used as a material added to the concrete mix cement for
stabilization of the sub-base layer for road construction. But coconut fibers in this
study were processed coconut fibers of the rest of the industrial process. The
addition of coconut fibers with a percentage of 2.5%, 5%, 7.5%, 10% of the
weight of cement and fiber length of 2.5 cm. Test methods in this study include:
compressive strength, split tensile strength, and flexural strength. Cement concrete
mixtures in this study is the cement composition of 97.5% + 2.5% coconut fiber.
The compressive strength of concrete cement showed greater 17.68% (fc '130.687
kg/cm2) than cement binder composition 100% (fc' 107.569 kg/cm2). and the
flexural strength testing has had a greater value 8.81% (15.90 kN) than the cement
composition 100% (14.5 kN). Coconut fibers with a length of 2.5 cm and a fiber
content of 2.5% of the weight of cement can increase the compressive strength
and flexural strength but a decrease for split tensile strength."
2013
S53785
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eta Retno Wulandari
"Keterlambatan merupakan permasalahan yang sering terjadi di dunia konstruksi. Masalah keterlambatan proyek juga terjadi pada Proyek RBB Relokasi di Bank XYZ yang mengakibatkan mundurnya waktu relokasi atau operasional cabang di lokasi baru. Menurut data proyek RBB PT. Bank XYZ tahun 2018, ada 58% proyek relokasi yang mengalami keterlambatan penyelesaian. Sedangkan tahun 2019, rasio keterlambatan meningkat menjadi 79%. Keterlambatan dapat disebabkan karena perencanaan yang tidak efektif atau pengendalian proyek yang buruk. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi dan mengembangkan prosedur sistem perencanaan dan pengendalian proyek sehingga dapat meningkatkan kinerja waktu Proyek RBB Relokasi di Bank XYZ.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kasus dan survey responden. Analisis statistik dan analisis risiko digunakan untuk mengetahui tingkat risiko pada proses perencanaan dan pengendalian yang berpengaruh pada kinerja waktu, untuk kemudian dirumuskan respon preventif dan korektif atas risiko yang paling dominan. Dari penelitian ini diketahui bahwa risiko yang paling berpengaruh pada kinerja waktu proyek RBB relokasi di Bank XYZ adalah pada perencanaan dan pengendalian proyek terkait dengan manajemen integrasi, manajemen lingkup, manajemen waktu, manajemen biaya dan manajemen komunikasi proyek. Sehingga dari rumusan aktivitas respon risiko tersebut dikembangkan suatu prosedur perencanaan dan pengendalian proyek berbasis PMBOK 2017 untuk dapat meningkatkan kinerja waktu Proyek RBB Relokasi di Bank XYZ sebagai hasil akhir penelitian ini.

Delay is a problem that often occurs in the construction project. Project delays also occur in the Relocation Project at PT. Bank XYZ which caused a delay in branch operations at the new place. According to PT Bank XYZ's project data for 2018, there were 58% of the relocation projects that delays in completion. And in 2019, the delays ratio increase to 79%. Delays can be caused by ineffective planning or poor project control. This research was conducted to find the strategy and to develop planning and project control procedures to improve the time performance of the Relocation Project at PT. Bank XYZ.
The method used in this research is case study and survey of respondents. Statistical analysis and risk analysis are used to find the level of risk in the planning and control process that affects to time performance. Then the preventive and corrective responses to the most dominant risks are formulated. From this study it is known that the most influential risk to the time performance of the RBB relocation project at XYZ Bank is in project planning and control related to integration management, scope management, time management, cost management, and project communication management. Then from the recommendations of risk response activities, planning and project control procedures were developed based on PMBOK 2017 to improve the time performance of the RBB Relocation Project at XYZ Bank as the result of this study.
"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Lembaga Pengembangan jasa konstruksi Nasional, 2011
338.47 LEM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Latief
Jakarta: UI-Press, 2011
PGB 0337
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>