Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55189 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vanessa Tandy
"Cerita mengenai penyiksaan terhadap Aurore Gagnon dikenal sebagai tragedi nasional di Kanada yang menampilkan nilai sosial budaya yang ada pada masanya di awal abad ke-20. Pada tahun 2005, muncul film dengan judul Aurore yang disutradarai oleh Luc Dionne. Terdapat karakter sentral dalam film ini, yaitu Pastor Antoine Leduc yang merupakan pemimpin agama di Québec yang dikenal sangat patuh pada nilai-nilai Gereja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah permasalahan antara tokoh Pastor Antoine Leduc dengan masyarakat kota Fortierville yang dapat ditafsirkan sebagai sebuah ironi. Pada bagian analisis naratif digunakan teori naratif A.J Greimas (1966) dan Tzvetan Todorov (1969) untuk membagi peristiwa dan alur, serta aspek pemaknaan warna oleh Bellantoni (2011). Pada bagian tematis, digunakan teori mengenai ironi oleh D.C Muecke (1972) dan psikoanalisis oleh Freud (1885). Hasil analisis menunjukkan bahwa Pastor Antoine Leduc menyalahgunakan kekuasaan yang ia miliki sebagai tokoh agama, yang menunjukkan adanya ironi situasional yang kemudian menyebabkan ironi tragis dan dramatis. Ironi yang ada tercipta berakar pada kegagalan pada kepribadian Pastor Antoine menyeimbangkan struktur psikisnya akibat dominasi Id berupa keinginan utamanya untuk pergi ke Vatikan.
.....The story of the torture of Aurore Gagnon is known as a national tragedy in Canada that displays the socio-cultural values of its time in the early 20th century. In 2005, there was a movie called Aurore directed by Luc Dionne. There is a central character in this movie, Father Antoine Leduc, who is a religious leader in Québec, a city known to be very obedient to the values of the Church. This study aims to examine the problems between the character of Father Antoine Leduc and the people of Fortierville that can be interpreted as irony. In the narrative analysis section, the narrative theories of A.J Greimas (1966) and Tzvetan Todorov (1969) are used to divide events and plot, as well as aspects of color meaning by Bellantoni (2011). In the thematic part, the theories of irony by D.C Muecke (1972) and psychoanalysis by Freud (1885) were used. The analysis shows that Father Antoine Leduc abuses the power he has as a religious figure, which shows the existence of situational irony which then causes tragic and dramatic irony. The irony created is rooted in the failure of Father Antoine's personality to balance his psychic structure due to the dominance of the Id in the form of his ultimate desire to go to the Vatican."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Nurhayati
"Fenomena kehidupan dalam era poshuman menunjukkan adanya keterjedaan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemajuan jaman yang dipenuhi oleh teknologi canggih sehingga manusia hidup dalam keterasingan. Terdapat ketidakmampuan manusia untuk menjalin hubungan yang baik terhadap sesama, sehingga dengan kondisi ini manusia berada dalam bentuk keterputusan hubungan atau diskoneksitas. Mengambil film Zoe sebagai korpus utama penelitian, film mengindikasikan terdapatnya kondisi diskoneksitas manusia melalui penciptaan teknologi kecerdasan buatan. Namun terdapat kondisi ironi ketika penggunaan teknologi kecerdasan buatan tidak sejalan dengan tujuan awal penciptaan, sehingga pada akhirnya terdapat kondisi katastropik yang terjadi dalam kehidupan manusia. Menggunakan teori sinema dari Bordwell, Thompson, dan Smith penelitian akan berfokus pada unsur naratif dan sinematografi yang mampu untuk mengungkapkan kondisi diskoneksitas manusia yang terlihat dalam film. Teori poshuman dari Katherine Hayles juga diperlukan untuk dijadikan rujukan dalam melihat kondisi poshuman dalam film. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini ialah film mengambil posisi sebagai media kritik terhadap eksistensi manusia yang tidak lagi mampu untuk terlibat pada unsur humanitasnya, film juga menggugat kesadaran manusia yang semakin hilang tergerus oleh jaman. Lebih dalam, film menampilkan teknologi sebagai hal yang paradoks, yakni teknologi hadir sebagai penolong manusia, namun juga sebagai penjeda manusia.

The phenomenon of life in the posthuman era shows that there is a gap between one human and another. This is due to the advancement of the era which is filled with advanced technology so that humans live in isolation. There is an inability of humans to establish good relationships with others so that with this condition humans are in the form of disconnection. Taking Zoe film as the main corpus of research, the film indicates that there is a condition of human disconnection through the creation of artificial intelligence technology. However, there is a condition of irony when the use of artificial intelligence technology is not in line with the original purpose of creation so that in the end there are catastrophic conditions that occur in human life. Using the cinema theory of Bordwell, Thompson, and Smith, the research will focus on narrative and cinematographic elements that can reveal the conditions of human discontinuity seen in films. Posthuman theory from Katherine Hayles is also needed to be used as a reference in seeing the posthuman condition in the film. The conclusion obtained in this study is that the film takes a position as a medium of criticism of human existence who is no longer able to engage in the element of humanity, the film also sues human consciousness which is increasingly being eroded by the times. More deeply, the film presents technology as a paradoxical thing, namely technology is present as a human helper, but also technology also gives a disconnect from one human to another."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septifa Laelasari
"Penelitian ini membahas karakter mentalitas avos’ [авось] yang dimiliki masyarakat Rusia yang ditampilkan secara implisit melalui film Ирония Судьбы Или С Лёдким Паром [Ironi Takdir, Atau Nikmati Saunamu!] karya Eldar Aleksandrovich Ryazanov (1976). Tujuan penelitian ini untuk menemukan bentuk-bentuk karakteristik yang mencirikan mentalitas avos’ [авось] dalam film tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis eksposisi dan deskripsi-kritis. Semiotika (denotasi dan konotasi) Roland Barthes digunakan untuk menemukan tanda-tanda dalam film yang menunjukkan karakter mentalitas avos’ [авось] yang ditampilkan secara implisit. Tanda-tanda tersebut menunjukkan karakteristik mentalitas avos’ [авось] berupa tindakan tidak cenderung pada perubahan, lebih cenderung membicarakan masa lalu daripada merencanakan masa depan, tindakan spontanitas, dan tindakan mengandalkan keberuntungan dan bantuan kekuatan supranatural.

This research examines the character of the avos' [авось] mentality of Russian society that implicitly shown through the film Ирония Судьбы Или С Лёдким Паром [Irony of Fate, or Enjoy Your Bath!] by Eldar Aleksandrovich Ryazanov (1976). This research aim is to find the characteristic forms of the avos' [авось] mentality in the film. This research method used exposition and descriptive-criticism. Semiotics (denotation and connotation) Roland Barthes is used to finding signs in the film that show the character of the avos' [авось] mentality implicitly. These signs indicate the characteristic avos' [авось] mentality by the act of not prone to change, more inclined to talk about the past than planning for the future, acts of spontaneity, and acts of relying on luck and the help of supernatural powers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kaluara, Marsha Alethia
"Makalah ini dibuat untuk meneliti hubungan orangtua-anak antara tokoh Charlie dan Willy Wonka yang mengarah kepada perilaku dan kepribadian mereka. Hal ini jelas bahwa gaya dalam mengasuh anak dapat mempengaruhi perilaku sang anak. Selain itu, satu hal yang tertangkap adalah perbedaan struktur keluarga juga dapat mempengaruhi perilaku anak sampai dewasa, terutama dalam tokoh Willy Wonka. Penelitian ini menemukan bahwa urutan kelahiran, struktur keluarga dan gaya asuh anak mempengaruhi perilaku Charlie dan Willy Wonka pada waktu kecil.
Makalah ini menganalisis masalah urutan kelahiran menggunakan teori Sulloway, teori Freud tentang struktur pikiran manusia, dan teori beberapa ahli serta terdeapat studi tentang psikologis anak. Hasil dari penelitian ini adalah Charlie dan Willy Wonka memiliki kepribadian yang sama berdasarkan urutan kelahiran mereka, yaitu sebagai anak tunggal. Namun demikian, Willy Wonka memiliki masa kecil yang pahit sehingga membuatnya memiliki trauma dengan peristiwa tertentu. Hal ini membuat Willy Wonka mempunyai sifat yang lebih bermasalah daripada Charlie.

This paper sets out to see the parent-child relationship between Charlie and Willy Wonka which leads to their personality and behaviour. It is obvious that parenting style affect children behaviour. Moreover, one case captured is different family structure can also impact a child, especially Willy Wonka, to his adulthood. This paper finds that birth order, family structure, and parenting style affect Charlie and Willy Wonka’s behaviour as children.
This paper analyses the issues using Sulloway’s birth order theory, Freud’s structural human mind theory, and some experts, as well as child psychological studies. The findings are that both Charlie and Willy Wonka have similar personality based on their birth order, which is the only child in their family. Nevertheless, Willy Wonka had a ruined childhood which affected him have a trauma with particular event, in this case, family. This made him had more disruptive behaviour than Charlie.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Randyani Alitha
"Eksploitasi gender sebagai produk dari tatanan sosial yang sudah berjalan sangat lama dan turun temurun di masyarakat telah membentuk institusi ideologis dimana perempuan menjadi sosok yang inferior jika dibandingkan dengan laki-laki. Dalam film Memoirs of a Geisha, Geisha didefinisikan sebagai penghibur perempuan Jepang yang identik dengan karakter anggun, menarik, serta memiliki keahlian dalam bidang seni tradisional Jepang. Untuk menjadi seorang Geisha yang sesuai dengan harapan masyarakat (patriarki), perempuan harus melalui beberapa proses yang memberi ruang terhadap eksploitasi yang dialami oleh perempuan. Kate Millet dalam teori Seksual Politiknya, menyatakan bahwa dalam masyarakat patriarki terdapat delapan institusi yang menjadi media untuk mengukuhkan sistem patriarki di masyarakat. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Hasil dari penelitian yang menggunakan teori Seksual Politik ini menunjukkan bahwa terdapat eksploitasi yang dialami oleh perempuan dalam prosesnya menjadi Geisha. Dari delapan bentuk eksploitasi yang dijelaskan Millet, eksploitasi perempuan dalam film Memoirs of a Geisha didukung oleh empat institusi pendukung patriarki yaitu institusi ideologi, biologi, sosiologi, dan psikologi dan kemudian terwujud dalam bentuk :manipulasi pola pikir, manipulasi perilaku, kemudian bermuara pada fenomena inferior-superiority complex.

Gender exploitation as a product of a social order that has been running for a very long time and for generations in society and has become an ideological institution where they become inferior figures when compared to men. In film Memoirs of a Geisha, Geisha are defined as Japanese female entertainers who are synonymous with graceful, friendly, attractive characters and have expertise in traditional Japanese arts. To become a Geisha in accordance with the expectations of society (patriarchy), women must go through several processes. These social and political processes then provide room for the exploitation experienced by women. Kate Millet, in her socio-political theory, stated that in a patriarchal society, there are eight institutions which become the media to strengthen the patriarchal system in society. The methodology that will be used in this research is qualitative-descriptive. The results of this research, which uses the Political Sexual approach, show that there is exploitation experienced by women in the process of becoming Geisha. Of the eight forms of exploitation described by Millet, the exploitation of women occurs supported by four institutions supporting patriarchy, namely the institutions of ideology, biology, sociology, and psychology and then manifested in the form of: mindset manipulation, behavioral manipulation, then leading to the phenomenon of inferior-superiority complex."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Chevrier, Pierre
[T.t.] Gallimard 1949
928.44 S 15
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Rizzoli, 1998
720.92 ANT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Khadija
"Artikel ini mengungkapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam novel Courrier Sud karya Antoine de Saint-Exupéry. Courrier Sud merupakan novel pertama Saint-Exupéry yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya sebagai pilot pos udara. Novel ini menceritakan seorang pilot pos udara bernama Jacques Bernis yang mengabdikan dirinya untuk pekerjaan demi kepentingan orang banyak. Heroisme dalam cerita terlihat melalui berbagai tindakan heroik yang dilakukan para tokoh, seperti pengorbanan, perjuangan, dedikasi dan profesionalisme. Unsur-unsur latar dalam cerita yang terdiri dari peristiwa-peristiwa penting yang diterangkan dalam waktu cerita dan lokasi geografis dimana cerita berlangsung, juga berperan dalam menghadirkan nilai-nilai kepahlawanan.

This article revealed heroism in Saint Exupéry's novel Courrier Sud. His first book Courrier Sud inspired by his career as an aviator of Aeropostale. This novel is about an aviator named Jacques Bernis who devoted himself to work for helping others. The values of heroism in the story can be seen through the heroic acts such as sacrifice, dedication and professionalism. The setting elements includes important moments in time and geographic location in which story takes place, also play a role in presenting their heroism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kom, A. A. R. de
Amsterdam: Em. Querido's Uitgeverij B.V, 1991
BLD 839.36 KOM t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Savard, Felix-Antoine
Montreal : Fides , 1948
PER 819.3 SAV m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>