Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151797 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yosa Sabarina Rosihaza
"

Seiring dengan meningkatnya populasi umat Islam di Indonesia, semakin besar peluang untuk mengembangkan kewirausahaan sosial Islami. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat berwirausaha sosial Islami pada masyarakat muslim Indonesia, dengan melihat bagaimana empathy, moral obligation, self-efficacy, dan perceived social support mempengaruhi niat berwirausaha sosial berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Peneliti mengolah data dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) pada SmartPLS 4.0, di mana pengambilan datanya menggunakan teknik self-administrated questionnaire kepada responden dengan kriteria WNI beragama Islam, dan berusia 17 - 64 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa moral obligation, self-efficacy, dan perceived social support berpengaruh positif secara signifikan terhadap niat berwirausaha sosial Islami pada masyarakat muslim Indonesia, sehingga hasil tersebut dapat dijadikan referensi bagi para pembuat kebijakan atau akademisi untuk meningkatkan aktivitas kewirausahaan Islam dan mempromosikan niat kewirausahaan Islam di masyarakat.   


Along with the increasing Muslim population in Indonesia, the greater the opportunity to develop Islamic social entrepreneurship. This research was conducted to find out the factors that influence Islamic social entrepreneurship intentions in Indonesian Muslim communities, by looking at how empathy, moral obligation, self-efficacy, and perceived social support affect social entrepreneurial intentions based on Islamic principles. The researcher processed the data using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method in Smart PLS 4.0 where the data was collected using a self-administrated questionnaire technique to respondents with criteria of Indonesian citizen, Muslim, and aged 17 - 64 years. The results showed that moral obligation, self-efficacy, and perceived social support had a significantly positive effect towards the intention of social Islamic entrepreneurial intentions in Indonesian Muslim communities so that these results can be used as a reference for policy makers or academics to increasing Islamic entrepreneurial activity and promote Islamic entrepreneurial intentions in society."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reza Kurniadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan theory of planned behavior dalam mengukur intensi yang dimiliki individu untuk membeli produk kosmetik halal dengan menambahkan variabel habit yang ada pada theory of interpersonal behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal dan data diolah dengan menggunakan software LISREL 8.8 dan IBM SPSS Statistics edisi 26. Sampel yang digunakan adalah 264 masyarakat yang merupakan generasi milenial dan menggunakan kosmetik halal dalam kegiatan sehari-hari. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa theory of planned behavior dapat mempengaruhi intensi yang dimiliki individu dalam membeli produk kosmetik halal dan theory of interpersonal behavior mampu mempengaruhi perilaku pembelian konsumen terhadap produk kosmetik halal, sedangkan variabel religiusitas tidak mampu mempengaruhi sikap yang dimiliki individu.

This study aims to determine the use of planned behavior theory in measuring the intention of individuals to buy halal cosmetic products by adding habit variables that exist in the theory of interpersonal behavior. This study uses a causal approach and LISREL 8.8 software and IBM SPSS Statistics 26 edition for the data process. The samples used are 264 individuals who are millennial generation and use halal cosmetics in their daily activities. This study found that the theory of planned behavior can affect the intention of individuals in buying halal cosmetic products and theory of interpersonal behavior can influence consumer buying behavior towards halal cosmetic products. Meanwhile, the variable of religioisity was not able to influence the attitudes of individuals."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shifa Yuswita Putri
"Jumlah konsumsi umat Muslim dunia terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi Muslim dunia. Meningkatnya tingkat konsumsi Muslim di dunia turut serta mendorong pertumbuhan industri halal. Salah satu sektor industri halal yang dikembangkan menjadi pasar baru yang menjanjikan adalah sektor pariwisata halal. Negara dengan penduduk mayoritas Muslim dan non-Muslim mulai memanfaatkan peluang dari pasar wisatawan Muslim, termasuk Jepang dan Korea Selatan. Negaranegara dengan populasi Muslim minoritas, seperti Jepang dan Korea Selatan, mungkin memiliki keunggulan kompetitif yang kurang kuat dalam pengembangan pariwisata halal. Namun realitanya, banyak wisatawan Muslim, khususnya wisatawan Muslim Indonesia, yang melakukan kunjungan ke kedua negara tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan studi komparasi antara niat berkunjung generasi Z Muslim Indonesia ke negara Jepang dan Korea Selatan sebagai negara yang berada di Asia Tenggara dengan total populasi Muslim yang minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Halal Awareness, Destination Image, Destination Trust, dan Travel Motivation terhadap Visiting Intention serta melihat pengaruh Religiosity sebagai variabel anteseden. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif dengan single cross-sectional design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu, Warga Negara Indonesia, beragama Muslim, berusia 14-26 tahun, dan tertarik dengan Jepang dan atau Korea Selatan. Diperoleh 296 sampel untuk negara Jepang dan 267 sampel untuk Korea Selatan. Data pada penelitian ini diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil pada penelitian menunjukkan Destination Image, Destination Trust, dan Travel Motivation berpengaruh terhadap Visiting Intention generasi Z Muslim Indonesia ke Jepang dan Korea Selatan. Religiosity mempengaruhi Halal Awareness, Destination Image, dan Travel Motivation ke Jepang dan untuk Korea Selatan Religiosity mempengaruhi Halal Awareness dan Destination Image. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi pelaku industri pariwisata di Jepang dan Korea Selatan untuk memaksimalkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan Muslim.

Kata kunci : Pariwisata Halal, Visiting Intention, Religiosity, Jepang, Korea Selatan.


Total consumption of world Muslims continues to increase in line with the increase in the world Muslim population. The increasing level of Muslim consumption in the world has contributed to the growth of the halal industry. One of the halal industry sectors that has been developed into a promising new market is the halal tourism sector. Countries with both Muslim and non-Muslim majority populations are starting to take advantage of opportunities from the Muslim tourist market, including Japan and South Korea. Countries with minority Muslim populations, such as Japan and South Korea, may have a less strong competitive advantage in the development of halal tourism. However, in reality, many Muslim tourists, especially Indonesian Muslim tourists, have visited the two countries. In this research, a comparative study has been carried out between the intention of visiting the Z generation of Indonesian Muslims to Japan and South Korea as countries in Southeast Asia with a total minority Muslim population.This study aims to determine the effect of Halal Awareness, Destination Image, Destination Trust, and Travel Motivation on Visiting Intention and see the effect of Religiosity as an antecedent variable. The research design used is descriptive conclusive with a single cross-sectional design. The method used in this study was purposive sampling with sample criteria namely, Indonesian citizens, Muslim, aged 14-26 years, and interested in Japan and or South Korea. Obtained 296 samples for Japan and 267 samples for South Korea. The data in this study were processed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 3.0 software. The results of the study show that Destination Image, Destination Trust, and Travel Motivation have an effect on the Visiting Intention of generation Z of Indonesian Muslims to Japan and South Korea. Religiosity affects Halal Awareness, Destination Image, and Travel Motivation to Japan and for South Korea Religiosity affects Halal Awareness and Destination Image. The results of this study can be used as a reference for tourism industry players in Japan and South Korea to maximize the factors that can increase interest in visiting Muslim tourists."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maskur Seto Samiaji
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa intensi masyarakat muslim di Indonesia dalam menggunakan bank syariah. Penelitian disusun menggunakan pendekatan integratif, dimana Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) diintegrasikan dengan menambahkan variabel religiusitas untuk melihat pengaruhnya terhadap intensi masyarakat muslim di Indonesia dalam menggunakan Bank Syariah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan), perceived usefulness (persepsi akan manfaat), attitude (sikap), subjective norm (norma subjektif), perceived behavioral control (kontrol atas perilaku), dan Religiosity (religiusitas). Data penelitian yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pada periode Maret – Juli 2021. Responden terdiri dari masyarakat muslim Indonesia yang merupakan nasabah bank syariah dengan jumlah 500 responden yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude. Kemudian, attitude, subjective norms, perceived behavioral control, dan religiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi. Hal ini berarti bahwa intensi masyarakat muslim di Indonesia dapat dipengaruhi oleh variabel penelitian yang diajukan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan kepada pelaku industri dan regulator untuk meningkatkan pertumbuhan dan pangsa pasar perbankan syariah.

This study was conducted to analyze the intentions of the Muslim community regarding to their using of the Islamic (Sharia) banks in Indonesia. The study was structured by an integrative approach, where the Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB) were integrated by adding the religiosity variable to see its effect on the intentions of the Muslim community in Indonesia to use Islamic banks. The variables used in this study include perceived ease of use, perception of benefits, attitude, subjective norms, control over behavior, and religiosity. The research data used is primary data collected using a questionnaire in the period of March – July 2021. The respondents consist of the Indonesian Muslim community who are also sharia bank customers with a total of 500 respondents spread across 34 provinces throughout Indonesia. Furthermore, data analysis was performed using the Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The results showed that perceived ease of use and perceived usefulness had a positive and significant effect on attitude. Then, attitude, subjective norms, perceived behavioral control, and religiosity have a positive and significant effect on intentions. This means that the intentions of the Muslim community in Indonesia can be influenced by the proposed research variables. The results of this study are expected to provide input to industry players and regulators to increase the growth and market share of Islamic banking.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sumayyah Amalina Nasr
"Agama Islam telah mengajarkan umatnya untuk memerhatikan keadaan sesama, termasuk lingkungan. Semakin tinggi dan beragamnya permasalahan lingkungan membuat perspektif konsumen terkait kegiatan konsumsi menjadi berbeda. Hal ini mengubah konsumen untuk memiliki perilaku yang sadar lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penentu perilaku eco-conscious konsumen muslim Indonesia dengan menggunakan Theory of Planned Behavior serta menganalisis teori yang telah terbukti untuk menyelidiki apakah attitude toward green products, subjective norm, dan perceived behavioral control dapat mendorong eco-conscious behavior konsumen muslim di Indonesia dengan menggabungkan intrinsic religious orientation, green trust, dan environmental concern sebagai variabel tambahan. Kemudian, penelitian ini juga menganalisis pengaruh variabel intrinsic religious orientation, green trust, dan environmental concern secara langsung terhadap eco-conscious behavior konsumen muslim dan menganalisis efek moderasi intrinsic religious orientation pada hubungan green trust terhadap attitude toward green products. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mendukung perilaku eco-conscious konsumen muslim Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intrinsic religious orientation memengaruhi eco-conscious behavior konsumen muslim di Indonesia baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui mediasi attitude toward green products. Begitupula dengan environmental concern yang memengaruhi eco-conscious behavior konsumen muslim di Indonesia baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui mediasi subjective norm dan perceived behavioral control. Sedangkan, green trust hanya memengaruhi eco-conscious behavior konsumen muslim di Indonesia apabila melalui mediasi attitude toward green products dan tidak memiliki pengaruh secara langsung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ditemukannya efek moderasi intrinsic religious orientation pada hubungan green trust terhadap attitude toward green products.

Islam has taught its followers to be mindful of others, including to the environment. The increasing and more diverse environmental problems can change the consumer's perspective towards consumption. This shapes consumers to have ecologically conscious behavior. The purpose of this study is to analyze the determinants of eco-conscious behavior of Indonesian Muslim consumers by using the Theory of Planned Behavior, and also analyze a theory that has been proven to investigate whether attitude toward green products, subjective norms, and perceived behavioral control can encourage eco-conscious consumer behaviour for Indonesian Muslim consumers with several additional variables, namely intrinsic religious orientation, green trust, and environmental concern. This study also analyze the influence of intrinsic religious orientation, green trust, and environmental concern to eco-conscious behavior of Indonesian Muslim directly, and moderating effect of intrinsic religious orientation on the relationship of green trust to attitude toward green products. The analysis used for this research is Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS software to analyze any factors that support the eco-conscious behavior of Indonesian Muslim consumers. The result showed that intrinsic religious orientation influence eco-conscious behavior of Indonesian Muslim directly and indirectly through attitude toward green products as mediator. It same goes with environmental concern that influence eco-conscious behavior of Indonesian Muslim directly and indirectly through subjective norm and perceived behavioral control as mediator. However, green trust influence eco-conscious behavior of Indonesian Muslim directly only and there was no mediator effect through attitude toward green products. The result also showed that there was no moderating effect of intrinsic religious orientation on the relationship of green trust to attitude toward green products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Thoriq
"Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, hal tersebut menjadikan Islam sebagai agama yang dianut mayoritas penduduk di Indonesia memiliki kedudukan besar dalam memengaruhi perilaku umat Islam di Indonesia. Kenyataan bahwa rasio jumlah pengusaha di Indonesia masih rendah menjadikan umat Islam secara tidak langsung juga terdampak dan sekaligus mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Fenomena tersebut menjadi penggerak studi ini, selanjutnya studi ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Islamic values dan Islamic practices terhadap intensi berwirausaha dengan mediasi sikap terhadap kewirausahaan. Survey dilakukan kepada 211 muslim yang memiliki niat berkarir sebagai wirausahawan / pengusaha / entrepreneur. Studi menemukan bahwa Islamic values signifikan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha, baik dengan mediasi sikap terhadap kewirausahaan ataupun tanpa peran mediasi. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan memberikan manfaat yang dapat digunakan oleh pihak yang terkait pendidikan agama dan kewirausahaan, berupa gambaran nilai-nilai Islam yang dapat menumbuhkan sikap dan intensi berwirausaha seorang muslim. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan membatasi generasi atau kelompok umur responden, agar hasil yang didapatkan bisa lebih menjawab permasalahan penelitian yang lebih spesifik.

Indonesia is a country with a majority Muslim population, this makes Islam a religion that is adopted by the majority of the population in Indonesia has a big position in influencing the behavior of Muslims in Indonesia. The fact that the ratio of the number of entrepreneurs in Indonesia is still low makes Muslims indirectly also affected and at the same time able to solve the problem. This phenomenon is the driving force of this study, then this study is intended to determine the effect of Islamic values ​​and Islamic practices on entrepreneurial intentions by mediating attitudes towards entrepreneurship. The survey was conducted on 211 Muslims who have career intentions as entrepreneurs / entrepreneurs / entrepreneurs. The study found that Islamic values ​​significantly had a positive effect on entrepreneurial intentions, both by mediating attitudes towards entrepreneurship or without the role of mediation. Furthermore, this research is expected to provide benefits that can be used by parties related to religious education and entrepreneurship, in the form of an overview of Islamic values ​​that can foster attitudes and intentions of a Muslim entrepreneurship. Further research can be done by limiting the generation or age group of respondents, so that the results obtained can better answer the more specific research problems."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filzanny Rafa Faza Mutia
"Indonesia mendapat peringkat ketiga pada kategori modest fashion menurut State of the Global Islamic Economy Report. Dengan begitu, menandakan bahwa industri fashion di Indonesia yang semakin menguat dan membuat peluang pasar yang cukup baik bagi para pelaku usaha. Kebutuhan Informasi agar merek-merek local dapat bertahan dengan adanya trend modest fashion ini. Maka, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi muslim di Indonesia dalam repurchase intention terhadap brand modest fashion pada muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dan diolah dengan SmartPLS 3. Terdapat 227 responden yang berhasil dikumpulkan, ditemukan bahwa trust on brand modest fashion (TB), dan attitude toward buying modest fashion product (ATT) memberikan pengaruh pada repurchase intention on brand modest fashion (RI). Religiosity (R) memberikan pengaruh negative secara langsung pada RI tetapi memberikan pengaruh positif secara tidak langsung melalui variabel ATT. Akan tetapi, subjective norms (SN) dan perceived behavioral control (PBC) ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap RI. Namun, SN mempengaruhi RI secara tidak langsung melalui ATT.

Indonesia is ranked third in the modest fashion category according to the State of the Global Islamic Economy Report. That way, it indicates that the fashion industry in Indonesia is getting stronger and makes a pretty good market opportunity for business people. Information is needed so that local brands can survive with this modest fashion trend. So, this study aims to look at the factors that can influence Muslims in Indonesia in repurchase intention of modest fashion brands on Muslims in Indonesia. This study uses the PLS-SEM method and is processed with SmartPLS 3. There are 227 respondents collected, it was found that trust on brand modest fashion (TB), and attitude towards buying modest fashion products (ATT) have an influence on repurchase intention on brand modest fashion (RI). Religiosity (R) exerts a negative influence directly on RI but exerts a positive influence indirectly through the ATT variable. However, subjective norms (SN) and perceived behavioural control (PBC) were found to have no significant effect on RI. However, SN affects RI indirectly through ATT."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faiz Ismail
"Mobil listrik dapat menjadi solusi untuk beberapa masalah sosial di Indonesia, seperti polusi dan peningkatan konsumsi energi dari bahan bakar fosil yang tidak dapat dipenuhi oleh produksi domestik. Hari ini, pasar global untuk kendaraan "ramah lingkungan" mengalami pertumbuhan pesat setiap tahunnya. Namun, di sebagian besar negara-negara berkembang atau negara-negara Islam, khususnya Indonesia penjualan mobil seperti itu tetap sangat rendah dan pola konsumsi yang ramah lingkungan juga kurang dieksplorasi. Makalah ini bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku terhadap kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menyelidiki apakah keinginan warga Indonesia untuk membeli mobil listrik bergantung pada pertimbangan agama dan etika. Data dikumpulkan dari 278 responden di berbagai kota di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Personal Values ​​of Self Transcendence (ST) dan Personal Values ​​of Conservation (Cv) memiliki pengaruh positif terhadap Environmental Concern (EC). Environmental Concern (EC) juga sangat berpengaruh terhadap Electric Vehicle Purchase Intention (EVPI). Sebaliknya, Nilai-nilai Islami atau islamic values (IsV)  tidak mempengaruhi kepedulian lingkungan  atau environemental concern (EC) dan Electric Vehicle Purchase Intention(EVPI).

Electric vehicles can be a solution to several social issues in Indonesia, such as pollution and the increasing energy consumption from fossil fuels that cannot be met by domestic production. Today, the global market for environmentally friendly vehicles is experiencing rapid growth every year. However, in most developing countries or Islamic countries, particularly Indonesia, the sales of such vehicles remain very low, and environmentally friendly consumption patterns are also underexplored. This paper aims to broaden the understanding of the factors influencing attitudes and behaviors towards electric vehicles in Indonesia. This research investigates whether the desire of Indonesian citizens to purchase electric vehicles depends on religious and ethical considerations. Data were collected from 278 respondents in various cities in Indonesia. The research findings indicate that Personal Values of Self Transcendence (ST) and Personal Values of Conservation (Cv) have a positive influence on Environmental Concern (EC). Environmental Concern (EC) also significantly influences Electric Vehicle Purchase Intention (EVPI). Conversely, Islamic values (IsV) do not have an impact on environmental concern (EC) and Electric Vehicle Purchase Intention (EVPI)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Iqbal Muzhaffar
"Disrupsi teknologi yang semakin pesat berdampak pada kehidupan sehari-hari melalui transformasi dan digitalisasi setiap lini industri, tak terkecuali industi perbankan. Potensi untuk lebih meningkatkan industri ini telah didukung baik dalam persiapan sistem teknologi maupun sumber daya manusianya. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan adanya layanan berbasis digital yang menjadi alat untuk mendukung mereka, lebih dari 50% masyarakat Indonesia adalah pengguna smartphone. Penelitian ini lebih spesifik meneliti masyarakat muslim di wilayah Jabodetabek, karena adanya potensi besar bagi perbankan digital untuk bisa lebih fokus menyasar pasar masyarakat muslim. Perlu halnya untuk memaksimalisasi potensi yang telah ada, dengan saling memahami karakteristik dan kebutuhan antara pengguna layanan dan pemberi layanan, yang dalam hal ini adalah masyarakat dan Intitusi Perbankan. Sehingga penelitian ini lebih fokus membahas faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk menggunakan layanan perbankan digital. Kerangka konseptual dikembangkan melalui tinjauan literatur terdahulu, dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas. Data dikumpulkan dari 242 responden muslim yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, dan telah memiliki akun pada aplikasi perbankan digital. Analisis yang digunakan dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kegunaan dan kenyamanan penggunaaan adalah faktor yang paling berpengaruh positif pada niat untuk menggunakan perbankan digital. Namun, persepsi resiko, kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, tidak menunjukan hubungan yang positif melalui mediasi sikap. Kemudian sikap dan tingkat ketakwaan menunjukan signifikansi negatifterhadap niat untuk menggunakan perbankan digital. Studi ini juga dilakukan dengan metode wawancara sebagai bahan lanjutan penelitian terhadap variabel religiusitas, yang menunjukan bahwa adanya minat responden memiliki keinginan untuk menggunakan perbankan digital syariah. Penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada perusahaan perbankan atau Intitusi terkait yang terlibat dalam proses pengembangan layanan perbankan digital di Indonesia, khususnya untuk mengetahui determinan yang mempengaruhi niat menggunakan perbankan digital. Penelitian ini memiliki keterbatasan yang masih dapat diteliti lebih lanjut dalam penelitian selanjutnya.

Rapid technological disruption has an impact on everyday life through the transformation and digitization of every line of industry, including the banking industry. The potential to further improve this industry has been supported both in the preparation of the technology system and in its human resources. Indonesian people are familiar with digital-based services that are a tool to support them, more than 50% of Indonesians are smartphone users. This research is more specific in examining the Muslim community in the Jabodetabek area, because there is great potential for digital banking to be able to focus more on targeting the Muslim community market. It is necessary to maximize the existing potential, by understanding the characteristics and needs of service users and service providers, which in this case are the community and banking institutions. So this study focuses more on discussing the factors that influence the intention to use digital banking services. The conceptual framework was developed through a review of the previous literature, using an extended Technology Acceptance Model (TAM). Data was collected from 242 Muslim respondents who live in the Greater Jakarta area, and already have an account on a digital banking application. The analysis used is the SEM-PLS approach. The results showed that perceived usefulness and convenience of use were the most positive factors on the intention to use digital banking. However, perceived risk, trust, perceived ease of use, did not show a positive relationship through attitude mediation. Then the attitude and level of religioisity showed a negative significance to the intention to use digital banking. This study was also conducted using the interview method as a follow-up material for research on the religiosity variable, which shows that there is an interest in respondents who have a desire to use Islamic digital banking. This research can provide insight to banking companies or related institutions involved in the process of developing digital banking services in Indonesia, in particular to determine the determinants that affect the intention to use digital banking. This study has limitations that can still be investigated further in future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Charles Pramudana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan faktor psikologi sosial terhadap perilaku dan gerakan boikot produk pro-Israel pada masyarakat Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial sebagai alat untuk menyuarakan gerakan sosial, tetapi sedikit penelitian yang berfokus pada konteks boikot produk pro-Israel di Indonesia, terlebih yang membedakan aktivitas pembagian informasi dan penerimaan informasi di media sosial. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana aktivitas di media sosial serta faktor psikologi sosial seperti norma pribadi, sikap terhadap boikot, tekanan sosial yang dirasakan mengenai boikot, kesadaran akan konsekuensi dari tidak melakukan boikot, dan persepsi kontrol yang dimiliki dari suatu perilaku dapat memengaruhi perilaku dan gerakan boikot. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM dan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial dan berpartisipasi dalam gerakan boikot yang diisi oleh 645 responden secara valid. Sementara itu, pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara terhadap 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas membagikan informasi di media sosial memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku boikot, sementara aktivitas menerima informasi memerlukan mediasi dari faktor psikologi sosial untuk memengaruhi perilaku boikot. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa media sosial dan faktor psikologi sosial dapat memengaruhi gerakan boikot di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam menyusun konten media sosial yang bijak, pengembang aplikasi untuk mengembangkan fitur yang mendukung aksi kolektif, dan aktivis untuk menyusun strategi kampanye aksi kolektif yang lebih efektif.

This study aims to analyze the influence of social media usage and social psychological factors on the behavior and movement of boycotting pro-Israel products among Indonesian society. The background of this research is the increasing use of social media as a tool for voicing social movements, but there is limited research focusing on the context of boycotting pro-Israel products in Indonesia, especially distinguishing between information sharing and information receiving activities on social media. This study explores how activities on social media and social psychological factors such as personal norms, attitudes towards boycotts, subjective norms, awareness of the consequences, and perceived behavioral control can influence boycott behavior and movement. The methodology of this study employs a quantitative approach using PLS-SEM and a qualitative approach using content analysis. Quantitative data collection was conducted by distributing online questionnaires to Indonesians actively using social media and participating in the boycott movement, with 645 valid responses collected. Meanwhile, qualitative data collection was carried out through interviews with 30 respondents. The results show that information sharing activities on social media have a direct impact on boycott behavior, while information receiving activities require mediation from social psychological factors to influence boycott behavior. Additionally, this study indicates that social media and social psychological factors can influence boycott movements in Indonesia. This research is expected to provide practical guidance for companies in creating sensible social media content, application developers in creating features that support collective action, and activists in devising more effective collective action campaign strategies."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>