Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150915 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Heri Prastian
"Ada berbagai pilihan alat angkut material batubara disesuaikan dengan target produksi, kondisi kerja dan pertimbangan biaya produksi. Banyak pertimbangan bagi perusahaan kontraktor batubara yang fokus pekerjaannya adalah pengangkutan batubara. Pilihan alat angkut batubara khususnya dari stockpile crusher menuju ke port adalah menggunakan dump truck. Tipe dump truck yang dapat digunakan adalah Rigid Dump Truck, Single Trailer Truck, dan Double Trailer Truck. Dalam penelitian kegiatan praktek keinsinyuran ini berfokus untuk membandingkan antara Rigid Dump Truck dan Single Trailer Truck untuk aplikasi pengangkutan batubara dilihat dari aspek Keselamatan, Produktivitas, Dan Efisiensi Biaya.

There are various choices of coal material conveyance that are adjusted to production targets, working conditions and production cost considerations. There are many considerations for coal contractor companies whose work focus is coal transportation. The choice of means of transporting coal, especially from the stockpile crusher to the port, is to use a dump truck. The types of dump trucks that can be used are Rigid Dump Trucks, Single Trailer Trucks, and Double Trailer Trucks. In this engineering practice research activity focuses on comparing Rigid Dump Trucks and Single Trailer Trucks for coal hauling applications from the aspects of Safety, Productivity and Cost Efficiency."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammaduzzainal Baidlawi
"Accident rates in hauling road are higher than ROM and Workshop area which mostly caused by unsafe act. Therefor, drivers who working in coal hauling road are classified into a risky job. The purpose if this study is to measure drivers perception of traffic safety in hauling road. Drivers perception is measured using questionaire based on health belief model theory. The result of this study shows that proportion of drivers who have bad perception are higher than proportion of drivers who have good percetion. Based on the result, it is necessary to improve drivers perception of traffic safety in hauling road.

Angka kecelakaan di area jalur angkutan batu bara lebih tinggi dibandingkan dengan area ROM dan Workshop dimana sebagian besar penyebabnya berupa tindakan yang berbahaya. Oleh karena itu, driver yang bekerja melewati jalur angkutan batu bara tergolong ke dalam pekerjaan yang berisiko. Tujuan penelitian ini adalah mengukur persepsi driver terhadap keselamatan lalu lintas jalur angkutan batu bara. Persepsi driver diukur menggunakan kuesioner yang didasarkan pada teori health belief model. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa proporsi driver yang memiliki persepsi kurang baik lebih banyak dibandingkan dengan driver yang memiliki persepsi baik. Berdasarkan hasil tersebut perlu dilakukan tindakan untuk meningkatkan persepsi driver terhadap keselamatan lalu lintas jalur angkutan batu bara."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S52638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anang Prayudi
"Kerja gilir memberikan keuntungan dalam mendukung produktivitas perusahaan. Namun disisi lain, kerja gilir juga dapat mengakibatkan kelelahan dan gangguan tingkat kewaspadaan sopir truk hauling yang bekerja gilir. Resiko terjadinya kecelakaan kerja akan semakin meningkat bila terjadi gangguan pada tingkat kewaspadaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kewaspadaan sopir truk hauling kerja gilir dan faktor yang mempengaruhinya, serta hubungan pola kerja gilir dengan gangguan tingkat kewaspadaan.
Metode penelitian adalah studi "comparative cross sectional' dengan mengambil seluruh sopir truk hauiing di perusahaan sebanyak 145 orang sebagai responden. Data penelitian didapatkan nielalui kuesioner, serta pengukuran tes Kraepelin yang dilakukan setelah shift kerja pada kelompok sopir shift Siang dan malam.
Hasil penelitian dianalisis dengan SPSS 11.5. Didapatkan prevalensi tingkat kewaspadaan buruk pada 56.6% sopir truk hauling. Faktor yang paling kuat herhubungan dengan tingkat kewaspadaan buruk adalah lama kerja (p=0.45), dengan OR 2.9. Sedangkan faktor lain yang mempunyai hubungan tidak bermakna tetapi mendekati secara berurutan adalah training (p=0.06 dan OR=0.47), berat badan (p=0.10 dan OR=1.9), jumlah anak (p=0.14 dan OR=1.9 ) dan umur anak terkecil (p=0.19 dan OR=0.53).
Dalam hubungan dengan faktor lama kerja, maka tingkat kewas )adaan berkaitan dengan "general performance" dimana proses adaptasi memegang peranan penting. Semakin lama bekerja maka sopir semakin beradapatasi sehingga tingkat kewaspadaan semakin baik.
Faktor training dengan nilai OR= 0.47 dengan IK < 1 menunjukkan bahwa training yang jarang menjadi faktor yang protektif untuk terjadinya tingkat kewaspadaan buruk. Hal ini menjadi kontradiktif dan perlu evaluasi lebih lanjut terutania berkaitan dengan materi, cara 1 metode pemberian training dan waktu training serta kompetensi trainernya.
Faktor berat berlebih dan kegemukan menjadikan pekerja mengeluarkan tenaga berlebih untuk melakukan aktilhas sehingga mudah terjadi kelelahan yang pada akhimya menyebabkan kantuk dan penurunan kewaspadaan.
Jumlah anak dan umur anak terkecil mempengaruhi tingkat kewaspadaan karena faktor pengasuhan yang membutuhkan perhatian lebih dari orang tua sehingga mengganggu jadwal istirahat pekerja.
Dalam penelitian ini tidak dapat dibuktikan adanya pengadaan berrnakna dari tingkat kewaspadaan sopir truk hauling terhadap pola kerja shift (shift siang dan shift malam).

Shift work provides benefit in supporting a company's productivity. However. shift work also might cause fatigue and alertness disturbance of hauling truck drivers who work on shift. The risk of work accident would be significantly increased in line with decreasing level of alertness. The aims of this study are to know the alertness level of the hauling truck drivers who work on shift and the influencing factors, also to identify the relationship of shift work with alertness level.
The research method is comparative cross sectional study by taking 145 hauling truck drivers as the study respondents. The data of this study was obtained from questionnaire and measurement of Kraepelin test which was done after the completion of shift work of day and night drivers.
The result of this study was analyzed with SPSS 11.5. It was found that the prevalence of "bad" alertness of the hauling truck drivers was 56.6%. The strongest, related factor with bad alertness was length of work period (p=0.05) with OR=2.9. Other factors that showed no significant ration but have close relation were training (1=0.06 and OR=0.47), body weight (p=0.10 and OR=1.9), number of children (p=-0.14 and OR=1.9) and the age of the youngest child (p=0.19 and OR=0.53).
In relation with the length of work period, alertness is related with "general performance" of which the adaptation process takes significant role. Drivers adapt well with longer period of assignment in year so that the alertness level is much better.
Training factor with OR=0.47 and IK
Excessive body weight and obesity affect drivers to work with extra energy for doing the work activities. It leads to fatigue and at the end it causes sleepiness and decrease of alertness.
Number of children and the age of the youngest child influenced the alertness. It can be explained that parental care and attention is much needed for the children and it would affect resting time of the workers.
From this study, significant difference of the alertness level amongst hauling truck drivers (day shift and night shift) could not be proven.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006
T17699
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryasatya Adyatama
"ABSTRAK
Kerugian finansial akibat kecelakaan kerja terbesar pada PT Multi Tambangjaya Utama berada pada aktivitas pengangkutan batu bara yang disebut sebagai aktivitas hauling dari ROM menuju pelabuhan. Terdapat dua penyebab utama kecelekaan kerja saat aktivitas hauling, yakni, supir dump truck mengalami kelelahan kerja dan tendensi supir dump truck untuk melakukan tindakan yang memiliki risiko kecelakaan kerja tinggi. Penelitian ini menganalisis variabel fisik yang mempengaruhi kelelahan kerja supir dump truck dan terbukti usia, lama tidur, beban kerja, mempengaruhi kelelahan kerja. Penelitian ini mmenghasilkan model persamaan matematika untuk memprediksi kelelahan kerja menggunakan regresi logistik. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel kognitif pengalaman kerja, ketidakpuasan terhadap pekerjaan, dan afektivitas negatif mempengarhi supir dump truck untuk mengambil tindakan dengan risiko kecelakaan kerja tinggi. Penelitian ini menggunakan partial least square-structural equation model untuk menganalisis pengaruh variabel kognitif. Hasil penelitian ini akan menjadi landasan rekomendasi kebijakan keselamatan kerja untuk divisi health and safety PT Multi Tambangjaya Utama.

ABSTRACT
The biggest financial loss due to workplace accidents at PT Multi Tambangjaya Utama is while hauling drivers are transporting coal from ROM to port which is called as hauling activities. There are two main causes of workplace accidents during hauling activities, dump truck drivers feel fatigue while driving and the tendency of dump truck drivers to take an unsafe action. This study analyzes the physical variables that affect the fatigue level of dump truck driver and proven that age, sleep duration, and workload, are significantly influence drivers fatigue level. This study develop a mathematical equation model to predict work fatigue using logistic regression. This study also proves that the cognitive variables of work experience, job dissatisfaction, and negative affectivity significantly influence dump truck drivers decision process to take an unsafe action. This study uses partial least square-structural equation model to analyze the influence of cognitive variables. The results of this study will be the basis of recommendations for work safety policies for the health and safety division of PT Multi Tambangjaya Utama."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lazuardi Nurul Fattia
"ABSTRAK
Permasalahan lamanya waktu siklus truck saat melakukan produksi pada area tambang terbuka memiliki kontribusi besar sebanyak hampir 50% dari total biaya pengoperasian tambang. Penurunan lamanya waktu siklus perlu dilakukan sebagai bentuk efisiensi biaya. Besarnya waktu siklus truck mengakibatkan rendahnya nilai matching factors pada pengadaan truck dan loader di area tambang serta terjadinya peningkatan jumlah antrian truck pada loader karena variasi kedatangan truck yang semakin tinggi. Simulasi diskrit digunakan untuk melihat kondisi sistem saat ini dan menguji skenario-skenario perubahan untuk meningkatkan nilai matching factors dan menurunkan jumlah antrian truck pada loader. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario dengan menambah jumlah truck dan mengurangi waktu siklus memberikan hasil yang lebih baik dimana nilai matching factors meningkat menjadi 0.37 dari 0.32 dan jumlah antrian truck menurun dari 8 truck yang mengantri jadi 6 truck. Efek bunching dapat dikendalikan dengan menyeragamkan waktu perjalanan truck dengan mengontrol kecepatan dan jarak aman antar truck"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Rizqi Fitriansyah
"Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi bandara international pada tahun 2014. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan perencanaan pembangunan berbagai sektor, salah satunya adalah hanggar. Beberapa alternatif struktur baja sebagai pilihan jenis struktur atas yang bisa dipakai diantaranya yaitu struktur baja jenis flexible frame, rigid frame dengan perletakan jepit, serta rigid frame dengan perletakan sendi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis perbandingan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk ketiga jenis struktur tersebut. Dari hasil penelitian didapat bahwa struktur dengan jenis flexible frame merupakan alternatif dengan biaya terendah.

Province Government of South Kalimantan targets Syamsudin Noor Airport Banjarmasin to be international airport in 2014. To achieve this, required the development planning on many sectors, one of them is the hangar. Several alternatives steel structure as the preferred type of structure on which can be used include the steel structure type flexible frame, rigid frame with placement flops, as well as the rigid frame with placement joints. In this study conducted a comparative analysis of Budget Plan for the three types of structures. The result is that the structure of the type of flexible frame is an alternative with the lowest cost."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhito Rusmanggala
"Penelitian bertujuan untuk membentuk portofolio optimal dari dua buah model pembentukan portofolio optimal, yakni Markowitz Model (1952) dan Single Index Model (1959) dari saham-saham yang tergabung di dalam Indeks Kompas 100 periode 2008-2013. Lebih lanjut, hasil kedua portofolio yang telah dibentuk disandingkan untuk dilihat lebih jauh portofolio mana yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portofolio optimal yang dibentuk berdasarkan Single Index Model mampu memberikan tingkat pengembalian yang lebih baik disertai dengan kinerja portofolio yang juga lebih baik daripada portofolio yang dibentuk berdasarkan Markowitz Model.

The study aimed to construct optimal portfolios using two different methods, Markowitz Model (1952) and Single Index Model (1959) from Indeks Kompas 100 stock in Indonesia Stock Exchange. This study took data from January 2008 - October 2013. Further, this study put both portfolio together to be analyzed which portfolio construction model is better. The results showed that both portfolio give a higher return than risk-free rate does. The results also showed that return and performance of Single Index Model is outperform Markowitz Model's."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S54904
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novianti Dian Pratiwiningtyas
"Sistem repairable pada pengoperasian engine umumnya merupakan system kompleks dengan interval antara kegagalan tidak mengikuti distribusi yang sama. Kondisi engine sebagai sistem repairable mengalami keausan sejalan dengan waktu yang berdampak pada penurunan performance dan peningkatan cost. Hal ini merupakan permasalahan kritis khususnya dalam penentuan waktu overhaul engine di PAMA dalam pengoperasian armada dumptruck. Mengingat penentuan waktu overhaul engine sulit karena saat ini belum tersedia panduan dari perusahaan untuk menentukan kapan suatu engine harus di-overhaul secara ekonomis, maka perlu dirancang suatu model yang dapat menentukan waktu optimum overhaul dari engine dumptruck.
Dalam rancangan ini model NHPP digunakan sebagai metode pendugaan awal intensitas failure yang menggambarkan penurunan performance engine. Jika model ini tidak memenuhi kesesuaian, maka digunakan model GRP. Hasil model terpilih dipadukan dengan biaya maintenance dan overhaul digunakan untuk menentukan waktu optimum overhaul engine. Dari analisis terhadap hasil model, dapat disimpulkan bahwa: 1) model GRP adalah model terbaik untuk repairable system dibanding model NHPP berdasarkan nilai LKV yang paling positif; 2) hasil nilai ? rata-rata > 1 yaitu 1.6510253, maka secara umum sistem sedang mengalami fase penurunan; 3) ratarata nilai To adalah 31,277 hourmeter, sedangkan 7 dumptruck lainnya nilai To belum dapat dihitung karena baru memiliki nilai ? < 1.

Repairable system in engine operations is a complex system that has interval between failure where the failure does not follow equal distribution. Engine's condition as a repairable system has worn-out by time which the impact is on reducing the performance and increasing the cost. The impact is a critical problem especially in the operating of dump truck fleet. It is difficult to estimate the time of engine overhaul because there is no guidance from the company to determine when the engine needs to be overhauled economically. Therefore, it is highly needed to design a model that is able to determine optimum overhaul time of engine dump truck.
In this design, NHPP model is used as initial estimate failure intensity method that can describe reducing of engine performance. If this model is not approriate then the GRP model is used. Result of choosing model combined with average maintenance and overhaul cost are used to determine optimum overhaul engine. The following are the research results: 1) GRP model is the best model for repairable systems than NHPP model based on LKV value that is more positive; 2) results of mean value ? > 1 is 1.6510253 therefore the system is on deterioration phase; 3) mean value of To is 31,277 hourmeter meanwhile the value of 7 other dumptrucks can't be determined yet because value ? < 1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50377
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zulkipli
"
ABSTRAK
Kehadiran alat-alat berat dalam menangani suatu proyek, khususnya. proyek-proyek yang berskala besar dalam bidang teknik sipil berperan sangat penting
dalam membantu manusia mencapai tujuannya seperti mempercepat proses
pelaksanaan, hasil kerjanya yang Iebih rapi serta karena efisiesi dan efektiiitas dalam
pelaksanaan pekerjaan, dimana para kontraktor sering dibatasi oleh dana, waktu,
peraturan atau spesifikasi serta mendapatkan keuntungan yang cukup tanpa
mengurangi kualitas dan fimgsi hasil pekerjaannya.
Sehubungan dengan hal diatas, maka judul dari penelitian ini adalah "Efisiensi
Kerja Kombinasi Excavator dan Dump Truck Pada Studi Waktu Gerakan".
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan angka efisiensi kerja maksimum (E) dari
excavator dan dump truck dengan waktu tunggu excavator atau dump truck yang
terkecil akibat pengaruh medan kerja dilapangan.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan metode analisis operasi, dengan
mengadakan observasi langsung kelapangan, dimana data yang dikampulkan
meliputi data primer yaitu mengamati gerakan dari alat yang sedang bekerja serta
mencatat waktu siklusnya, sedangkan data sekunder yang dikumpulkan meliputi
data spesifikasi alat, pengalaman operator, didapat dengan cara mengadakan wawancara langsung dengan perusahaan pemilik peralatan. Pengolahan data menggunakan metode statistik menyangkut mean (rata-rata).
"
1997
S35566
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34978
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>