Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 227097 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zainal Abidin
"Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem informasi pada sebuah perusahaan untuk mengoptimalkan proses dan transaksi bisnis. Salah satu aplikasi yang menggunakan sistem ERP adalah System Applications and Products (SAP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel yang menunjukkan apakah sistem telah beroperasi dengan layak sehingga dapat menunjang kinerja sistem secara maksimal. Variabel yang digunakan adalah Perceived Quality, Perceived Value, Brand Preference, dan Customer Satisfaction. Metode analisis data yang digunakan adalah model persamaan struktural atau Structural Equation Model- Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 Studi kasus yang digunakan pada penelitian ini adalah PT Hutama Karya Proyek Divisi Sipil Umum sebagai perusahaan jasa konstruksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner pada 68 responden, yaitu user atau pengguna aplikasi SAP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived Quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction, Perceived Value, dan Brand Preference. Perceived value memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Preference dan Customer Satisfaction. Brand Preference memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction.

Enterprise Resource Planning (ERP) is an information system in a company to optimize business processes and transactions. System Applications and Products (SAP) is one application that uses ERP system applications. The purpose of this study is to determine the effect of each variable indicating whether the system has been operating properly so that it can support maximum system performance. The research variables are brand preference, perceived quality, perceived value, and customer satisfaction. The data analysis method used a structural equation model or Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) using the SmartPLS 3.0 application. The case study used in this research is PT Hutama Karya Project, General Civil Division, a construction service company. Data collection was carried out using questionnaires to 68 respondents, who are users of the SAP application. The results show that the variable Perceived Quality positively and significantly impacts Customer Satisfaction, Perceived Value, and Brand Preference. Perceived value has a positive and significant influence on Brand Preference and Customer Satisfaction. Brand Preference has a positive and significant influence on Customer Satisfaction."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debby Erwina
"Kompetisi dan tantangan pada industri penerbangan semakin ketat, salah satunya akibat semakin banyaknya bermunculan maskapai dengan konsep Low Cost Carrier (LCC) dan kebijakan Open Sky Policy ASEAN pada 2015. Oleh karena itu, tentu sangat perlu bagi maskapai untuk mempelajari hal-hal yang mempengaruhi pelanggannya dalam melakukan pembelian. Melalui metode SEM (Structural Equation Modeling), penelitian ini membahas pengaruh Perceived Quality, dengan variabel mediasi Perceived Equity, Perceived Value, Customer Satisfaction, Expected Switching Cost, & Brand Preference terhadap Repurchase Intention pelanggan maskapai Garuda Indonesia yang beroperasi dengan konsep Full Service Carrier (FSC).
Hasil penelitian ini menunjukkan Brand Preference memiliki efek positif secara langsung atas Repurchase Intention, Expected Switching Cost memiliki efek positif secara langsung terhadap Brand Preference, Customer Satisfaction tidak berpengaruh secara langsung terhadap Brand Preference namun berpengaruh terhadap Expected Switching Cost, Perceived Value tidak berpengaruh terhadap Brand Preference namun berpengaruh terhadap Customer Satisafaction, Perceived Equity tidak berpengaruh baik terhadap Customer Satisfaction maupun Perceived Value, sedangkan Perceived Quality Service memiliki pengaruh positif langsung terhadap Perceived Equity Service dan Perceived Value.

Competition and challenges in the aviation industry is getting tighter, due to the increasing number of airlines with the concept of Low Cost Carrier (LCC) and the Open Sky Policy in 2015. Therefore, it is certainly very necessary for the airlines to learn the things that influence customers in their purchasing decision. Through the method of SEM (Structural Equation Modeling), this study discusses about the influence of Perceived Quality, with mediating variables of Perceived Equity, Perceived Value, Customer Satisfaction, Switching Expected Cost, & Brand Preference towards Repurchase Intention from Garuda Indonesia airline customers that operate with the concept of Full Service Carrier (FSC).
The results of this study showed that Brand Preference has a direct positive effect on the Repurchase Intention, Expected Switching Cost has a direct positive effect on Brand Preference, Customer Satisfaction has no direct influence on Brand Preference but have influence to the Expected Switching Cost, Perceived Value has no effect on Brand Preference but have influence to Customer satisfaction, Perceived Equity has no effect either on Customer Satisfaction or Perceived Value, while Perceived Quality Service has a direct positive effect on Perceived Equity Services and Perceived Value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T38597
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dila Lustri Resfani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen dan positioning produk dari franchise atau waralaba es teh instan, merek Es Teh Poci, terhadap beberapa merek lainnya yang menyediakan produk serupa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan total sampel konsumen Es Teh Poci yakni sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, Importance-Performance Analysis, Semantic Differential, dan Multidimensional Scaling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesaing utama Es Teh Poci adalah GoodTea, Teh 2Tang, dan Tong Tji. Sedangkan Tastea cukup terdiferensiasi dari Es Teh Poci karena posisinya berada cukup jauh.

This research is intended to find out product positioning of instant tea franchise, Es Teh Poci, towards some brands which provide similar product. This research used quantitative approach with survey method using in total 100 consumers of Es Teh Poci as a sampling. Analysis technique which is used are descriptive analysis, Importance-Performance Analysis, Semantic Differential, and Multidimensional Scaling. This research result shows that Es Teh Poci?s main competitors are GoodTea, The 2Tang, dan Tong Tji. Meanwhile Tastea is differentiated from Poci due to its far enough position."
Depok: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia;, ], 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Josephine Tandiono
"Penelitian ini menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan ritel farmasi modern; Watsons Indonesia. Studi ini menguji apakah pengalaman di dalam toko, program keanggotaan, dan penggunaan private label berdampak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga variabel tersebut menjadi penting dalam mempertahankan pelanggan dan menciptakan hubungan pelanggan jangka panjang. Variabel kebiasaan berbelanja ditambahkan dan diusulkan untuk melihat apakah variabel tersebut memoderasi ketiga variabel sebelumnya dalam membentuk loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan dari sampel 232 pelanggan Watsons Indonesia dan hubungan antar variabel diuji dengan model persamaan struktural. Temuan menunjukkan bahwa variabel in-store experience dan program membership di Watsons Indonesia tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, kebiasaan belanja ditemukan secara tidak signifikan memoderasi in-store experience, private label dan program membership dalam membangun loyalitas pelanggan. Sedangkan di sisi lain, penulis menemukan bahwa penggunaan produk private label berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

This study analyzes several uncommon factors that influence customer loyalty of modern pharmacy retail; Watsons Indonesia. The study tests if in-store experience, membership program, and private-label usage have a significant impact on customer loyalty. The three variables become important to retain customers and create long term customer relationship. Variable spending habit is added and proposed to see if it moderates the three variables towards customer loyalty. Data were collected from a sample of 232 Watsons Indonesia’s customers and the relationship between variables tested with structural equation model. Findings indicate that in-store experience and membership program variables in Watsons Indonesia are not proven to have significant influence toward customer loyalty. Moreover, spending habits was found insignificantly moderates in-store experience, private-label usage and membership program in building customer loyalty. While in the other hand, authors found that private label usage has a significant influence with customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Yudhistyra Agustinus
"ABSTRAK
Persaingan bisnis consumer goods melahirkan banyak produk baru yang memasuki pasar setiap tahunnya. Salah satu contohnya adalah pasta gigi dengan konsumen remaja sebagai segmentasi konsumen yang potensial. Produk baru tentunya membutuhkan iklan untuk mengenalkan produknya, terutama iklan televisi. Penelitian ini mencoba untuk mencari tahu preferensi konsumen terhadap iklan televisi pasta gigi remaja sehingga produk baru yang diiklankan bisa secepatnya mendapatkan perhatian konsumen. Metode yang digunakan adalah metode analisa konjoin. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa karakter promosional, pemain dalam iklan, stasiun televisi, dan jam tayang iklan merupakan faktor penting bagi konsumen dalam iklan televisi pasta gigi remaja dengan preferensi tersendiri bagi masing-masing faktor tersebut.

ABSTRACT
Consumer Goods business competition gives birth to many new products entering market every year. One of the example is tooth paste with teenager consumer as potential consumer segmentation. New product surely needs advertisement to introduce the product, especially television advertisement. This research tries to identify consumer preference for television advertisement so new product which being advertised can get consumer attention as soon as possible. The method being used is conjoint analysis method. From the research result, it is known that promotional character, endorser, television channel, and advertisement time are important factors for consumer in teenager tooth paste television advertisement with individual preferences for each factor."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43726
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anggita Larasati
"Industri ritel di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat setiap tahunnya. Pertumbuhan tersebut membuat tingkat kompetisi dan tantangan pada industri ini semakin tinggi. Salah satu tantangan yang harus dihadapi antara lain perubahan pola belanja masyarakat. Dalam memahami perilaku pola belanja masyarakat, pencarian pola asosiasi antar produk yang dibeli konsumen dapat dilakukan dengan menggunakan metode Market Basket Analysis. Dua algortima yang digunakan yaitu algoritma Apriori dan Speaker-listener Label Propagation Algorithm SLPA. Dari hasil aturan yang didapat berdasarkan algoritma Apriori diperoleh tiga belas aturan dan berdasarkan hasil algoritma SLPA diperoleh 41 komunitas dari kategori produk sebagai luaran akhir penelitian.

The retail industry in Indonesia has been rapidly growing each year. The growth and development of retail industry in Indonesia also causes higher level of competition and challenge within the scope of industrial environment. One of the challenges is the pattern of public spending. In order to understand this challenge, it is necessary to conduct a research about pattern between products purchased by the customers which can be done using Market Basket Analysis Method. There are two algorithms used in this research, which are Apriori algorithm and Speaker listener Label Propagation Algorithm SLPA. In the result, Apriori algorithm obtained 13 rules whilst SLPA algorithm resulted in 41 communities from the product category as the final output of the research.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69432
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nunut Amalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari variabel need for uniqueness terhadap attitude toward product, variabel attitude toward product terhadap perceived quality dan emotional value serta hubungan kedua variabel tersebut terhadap intensi menonton (purchase intention) pada film Indonesia dan film asing di bioskop. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden penelitian ini berjumlah 290 orang penonton film Indonesia dan asing dengan kunjungan terakhir ke bioskop adalah 6 bulan Model penelitian dengan lima hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa need for uniqueness berpengaruh signifikan dan positif terhadap attitude toward product pada film Indonesia dan asing. Attitude toward product juga memiliki pengaruh terhadap perceived quality dan emotional value pada film Indonesia dan film asing. Tetapi ketika perceived quality dan emotional value keduanya memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase intention film Indonesia, film asing berbeda dengan hasil perceived quality nya yang tidak signifikan.

The purpose of this study is to identify the impact and relation from some need for uniqueness to attitude toward product, then attitude toward product to perceived quality and emotional value, and both of them toward purchase intention Indonesian and foreign movie in cinema. This research uses exploratory and descriptive design research conducted in one time period (cross sectional design). Respondents of this study are 290 people who watch Indonesian or foreign movie for minimum six months. The five-hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling (SEM). The results finds that almost all variables have a significant and positive relationship for both Indonesian and foreign movie. Only one variable in foreign movie that have unsignificant result that is perceived quality toward purchase intention of foreign movie in cinema.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47508
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriah Yuniarti
"Blog belakangan ini menunjukkan potensi dalam bidang pemasaran yang cukup besar dengan adanya iklan yang berhubungan dengan travel yang ditampilkan di blog. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan akan hubungan structural antara tingkat involvement pembaca travel blogs, advertising effects (ad memory, ad attitude dan brand attitude) dari pesan di blog dan purchase intentionpembaca travel blogs terhadap travel products. Model dari purchase intentionpembaca travel blogs dibangun dan diuji secara empiris. Responden penelitian ini sebanyak 150 orang. Pengujian data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil menunjukkan bahwaad effect memiliki dampak positif terhadap purchase intention. Selain itu pembaca travel blog dengan highinvolvement lebih memungkinkan untuk membentuk kesan yang baik terhadap iklan di travel blog. Sementara itu, involvement tidak secara signifikan berpengaruh terhadap purchase intention tetapi melalui Ad effect (ad memory, ad attitude dan brand attitude). Beberapa implikasi untuk pemasar akan dibahas dan diusulkan dalam skripsi ini.

Blogs recently have demonstrated their enormous marketing potential with travel advertisements are being posted in blogs. this study aims to provide insights into the structural relationship among travel bloggers? involvement level, the advertising effect from blog messages, and travel bloggers? intention to purchase travel products. A travel blog reader?s purchase intention model was constructed and empirically tested. Research respondents are 150 people. The data were examined with Structural Equation Modelling (SEM). The result suggests ad effecs (ad memory, ad attitude and brand attitude) have the positive impact on purchase intention. It also indicated that high-involvement travel bloggers are more likely to form favorable impressions with regard to ads in travel blogs. Meanwhile, involvement is not significantly effective concerning purchase intention. Ad effect (ad memory, ad attitude and brand attitude) is the mediation for affecting purchase intention. Several implications for marketers will be discussed and suggested in this paper."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46618
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Salsabila Afifah
"Sampah produk sekali pakai merupakan masalah yang menjadi perhatian dunia saat ini. Tanpa disadari, proses pembentukan sampah sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari individu. Hal ini sangat tidak sesuai dengan peran muslim sebagai khalifah yang bertugas menjaga bumi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penumpukan sampah produk sekali pakai tersebut. Produk menstruasi ramah lingkungan merupakan salah satu produk inovasi yang muncul demi mengurangi potensi penumpukan pembungan sampah plastik sekali pakai. Dengan menggunakan extended model of theory of planned behavior, penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku intensi pembelian terhadap produk menstruasi ramah lingkungan oleh wanita muslim. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dengan kriteria wanita beragama Islam, berusia 15-49 tahun, berdomisili di Indonesia, pernah mendengar produk menstruasi ramah lingkungan dan pernah menggunakan produk menstruasi ramah lingkungan. Kuesioner disebar secara online dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 304 orang. Analisis data menggunakan metode Covariance Based-Structural Equation Modelling (CB-SEM). Hasil penelitian menunjukkan attitude towards the behavior yang dipengaruhi environmental knowledge dan environmental concern mempengaruhi purchase intention pada produk menstruasi ramah lingkungan. sedangkan intrinsic religiosity ditemukan tidak berhasil dalam mempengaruhi purchase intention.

Single-use plastic is becoming a nation concern these days. Unconsciously, our daily life is closely related to waste production. As Muslim, Allah made us as a khalifah, the protector of the earth, waste production is far expected as Muslim behavior. Governments made many effort to reduce the single-use waste build up. One of the innovation that came up to reduce the use of single-use plastic is a reusable menstrual products. Using the extended model of theory of planned behavior, this research is trying to analyze the factors that affecting muslim woman purchase intention on reusable menstrual product. Sample selected with purposive sampling with criteria of muslim woman, aged 15-49, living in Indonesia and familiar with reusable menstrual product or ever used it. Questionnaire is being distributed online and it has collected 304 respondents. This reseach method is covariance based-structural equation modelling. From this research we found that attitude towards the behavior influenced by environmental knowledge and environmental concern significantly positive affect muslim woman purchase intention on reusable menstrual product. Meanwhile, we couldn’t find intrinsic religiosity effect on muslim woman attitude and purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Billy Muhammad Fadillah
"Dalam satu dekade terakhir, pertumbuhan usaha kuliner di Indonesia sangat cepat. Warunk Upnormal muncul sebagai salah satu usaha yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi. Bagaimana Warunk Upnormal menjaga kualitas layanannya agar konsumen tetap merasa puas dan loyal? Penelitian ini meneliti pengaruh service quality, perceived value pada customer satisfaction dan loyalty yang dilakukan Warunk Upnormal di Jakarta. Menggunakan teknik non-probability sampling, kuesioner penelitian dibagikan kepada sebanyak 245 responden. Software yang digunakan untuk mengolah data adalah SPSS dan SmartPLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa service quality yang dilakukan oleh Warunk Upnormal berpengaruh postif terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction yang pada akhirnya memberikan pengaruh positif pada loyalitas pelanggan. Menarik untuk disikapi bahwa hasil dari variabel perceived value memperlemah hubungan antara service quality terhadap customer satisfaction. Implikasi manajerial dan saran untuk penelitian selanjutnya diberikan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan.

In the past decade, the growth of culinary businesses in Indonesia is very fast. Warunk Upnormal emerged as one of the businesses whose growth rates were very high. How does Warunk Upnormal maintain the quality of its services so that consumers remain satisfied and ultimately loyal? This study studies the effect of service quality, perceived value on customer satisfaction and loyalty by Warunk Upnormal in Jakarta. Using the non-probability sampling technique, questionnaire distributed to 245 respondents. This research was processed using SPSS and SmartPLS 3.0 tools. Realizing the quality of service performed by Warunk Upnormal determines positively to customer satisfaction, and customer satisfaction determines which eventually provide a positif impact toward customer loyalty. It is interesting to note here that the perceives value aparently weakning the relationship between service quality and customer satisfaction. Managerial implication and and suggestions for further research are given based on the research report."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>