Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140859 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Si Agung Candra Arum Sari Dewi
"Pasca pandemi COVID-19 pariwisata Bali mulai bangkit namun belum sepenuhnya pulih. Pada masa transisi pandemi COVID-19  menuju endemi, Bali menjadi sorotan di media sosial terkait dengan perbedaan pelayanan yang diterima oleh wisatawan domestik. Selain itu, penyebaran informasi oleh wisatawan terkait dengan perubahan kondisi wisata di Bali saat memasuki masa endemi akan berdampak bagi citra destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM, persepsi risiko, dan citra destinasi terhadap niat berkunjung. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 246 wisatawan domestik. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM dan citra destinasi memiliki pengaruh yang positif terhadap niat berkunjung. Persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif terhadap niat berkunjung. Pengaruh negatif mengartikan bahwa semakin meningkatnya persepsi risko maka nilai pada niat berkunjung akan menurun.  Melalui analisis jalur diketahui bahwa eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wisatawan domestik mengandalkan eWOM untuk mencari tahu mengenai destinasi wisata yang ingin mereka kunjungi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah, pemangku kepentingan, dan destination marketing organization memanfaatkan eWOM dalam membangun citra destinasi dan membangkitkan kembali niat berkunjung wisatawan pasca pandemi COVID-19.

After the COVID-19 pandemic, Bali tourism began to revive but has not fully recovered. During the transition from the COVID-19 pandemic to the endemic, Bali was in the spotlight on social media due to the differences in services received by domestic tourists. In addition, the dissemination of information by tourists related to changes in tourism conditions in Bali when entering an endemic period can impact the image of a Bali destination. This study aims to determine the effect of eWOM, risk perception, and destination image on visiting intentions. This study also uses path analysis to determine the indirect effect of eWOM and perceived risk on visiting intentions through destination image. This study uses a quantitative method with a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. The samples collected were 246 domestic tourists. This study found that eWOM and destination image positively influence visiting intentions. Perceived risk has a negative influence on the visit intention. The negative effect means that the higher the risk perception, the value of the intention to visit will decrease. Path analysis shows that eWOM and perceived risk of visiting intentions through destination image have a significant effect. The results of this study indicate that domestic tourists rely on eWOM to find out about the tourist destinations they want to visit. Therefore, the government, stakeholders, and destination marketing organizations must utilize eWOM to build the destination image and revive the intention to visit tourists after the COVID-19 pandemic."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Peranginangin, Gerha Jayamala
"ABSTRAK
Nama : Gerha JayamalaProgram Studi : Magister Manajemen Judul : Pengaruh Electronic Word-of-Mouth eWOM terhadap Brand Attitude dan Purchase Intention pada Beauty Box IndonesiaPembimbing : Daniel T.H Aruan Berubahnya pola perilaku konsumen dalam mencari informasi tentang sebuah produk sebelum memutuskan untuk membeli membuat berbagai perusahaan merubah keputusan pemasaran strategisnya dan berfokus kepada pemasaran digital. Electronic word-of-mouth eWOM merupakan salah satu bentuk hasil pemasaran digital yang mampu memberikan pengaruh besar pada sikap konsumen terhadap suatu merek dan keputusan membeli konsumen. Tesis ini bertujuan untuk melihat apakah eWOM memiliki pengaruh pada brand attitude dan keinginan membeli pada konsumen Beauty Box Indonesia. Penelitian ini memiliki 3 tiga variabel yaitu eWOM, brand attitude, dan purchase intention. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa eWOM memiliki pengaruh siginifikan terhadap brand attitude dan eWOM berpengaruh pada purchase intention melalui brand attitude.

ABSTRACT
Name Gerha JayamalaStudy Program Master of ManagementTitle The Effect of Electronic Word of Mouth eWOM on Brand Attitude and Purchase Intention Case Study Beauty Box Indonesia Counselor Daniel T.H Aruan The change of consumer behavior in finding information about one product before deciding to purchase affect the strategic marketing decisions of many companies and driving them to focus in digital marketing. Electronic word of mouth eWOM is one of the results of digital marketing that capable in influencing the consumer rsquo s attitude towards the brand and their purchase decision. The purpose of this research is to examine how eWOM affects brand attitude and purchase intention of Beauty Box Indonesia rsquo s customer. This research has 3 three variables which are eWOM, brand attitude, and purchase intention. This quantitative research use questionnaire as the research instrument and analyzed by using PLS SEM. Based on the result of the research analysis, eWOM has significant effect on brand attitude and eWOM affect purchase intention through brand attitude as the mediating variable. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Purwaningrum
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena penting di dunia pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat pembelian pada smartphone samsung juga pengaruh citra merek terhadap niat pembelian smartphone samsung. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang sedang mencari smartphone dan menyukai browsing di internet. Model penelitian menggunakan 3 hipotesis dan diuji dengan metode analisis structural equation model (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap citra merek smartphone samsung namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung. Sedangkan pada jurnal penelitian acuan menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek dan berpengaruh positif yang kuat terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung.

Along with the internet developments, electronic word of mouth had become an important phenomenon in the marketing’s world. This study focus to analyze influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention and also influence of brand image on purhase intention smartphone samsung. Respondents of this study are 167 people who are looking for smartphone and liked browsing on the internet. The tree hypoteses research model in this study are tested with Structural Equation Modelling (SEM).
The results found that electronic word of mouth effect brand image of smartphone samsung but doesn’t effect purchase intention of smartphone samsung and the brand image effect on purhase intention of smartphone samsung. While the research journal reference found that electronic word of mouth had positive effect on brand image and strong positive effect on purchase intention of smartphone samsung and brand image effect on purchase intention of smartphone samsung.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erik
"Potential user merupakan orang yang secara potensial dapat menggunakan barang atau jasa tertentu, meskipun saat ini belum menggunakan. Partisipan penelitian ini adalah potential user bus TransJakarta (N=123). Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan tipe field experiment dengan desain 2 (variasi eWOM: teks vs teks gambar) x 2 (citra merek: salience citra merek vs non-salience citra merek) faktorial between subject. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variasi eWOM terhadap intensi menggunakan bus TransJakarta (t=-9,262;p<0,05). Kelompok yang diberikan teks gambar tidak memiliki mean skor intensi menggunakan bus TransJakarta lebih tinggi dibandingkan kelompok yang diberikan teks (F(1,119)= 0,468; p>0,05). Kelompok yang diberikan salience citra merek tidak memiliki mean skor intensi menggunakan bus TransJakarta lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak diberikan salience citra merek (F(1,119)= 3,084; p>0,05). Kelompok yang diberikan salience citra merek tidak berinteraksi secara signifikan dengan eWOM teks dan eWOM teks gambar terhadap intensi menggunakan bus TransJakarta (F(1,119)= 0,287; p>0,05). Variasi eWOM mempengaruhi intensi menggunakan bus TransJakarta, tetapi tidak dimoderasi oleh citra merek. Pengelola bus Transjakarta dapat menjadikan eWOM sebagai media komunikasi untuk meningkatkan intensi menggunakan bus TransJakarta pada potential user.

Potential user is a person who can potentially use particular product or service, althougt there is currently. The participants of this study is the potential users by bus TransJakarta (N = 123). The method used is experiment with the type of field experiment with 2 (variation eWOM: vs. text caption) x 2 (the brand image: the image of the brand salience vs. non-salience brand image) between subject factorial design. Results showed that there eWOM variation effect to the intention to use Transjakarta (t = -9.262; p <0.05). There is no significant effect on the variable eWOM variation (F (1,119) = 0.468; p> 0.05), the groups that were given the text image does not have the intention to use Transjakarta, the scores higher than the group that was given the text. There is a no significant effect on the brand image variable (F (1,119) = 3.084; p> 0.05), the score of a given group of salience the brand image is not higher than the group that was not given salience brand image. There was no significant interaction effect between variation eWOM, and brand image (F (1,119) = 0.287; p> 0.05), the groups that were given salience the brand image does not interact significantly with eWOM text and captions to the intention to use Transjakarta. Variations eWOM affect the intention of using bus TransJakarta, but aren?t moderated by the brand image. Operation of bus Transjakarta can make eWOM as communication media to increase intention to use bus TransJakarta on potential users."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T45068
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Chaerunnisaa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara electronic word-of mouth, citra daerah tujuan wisata, sikap wisatawan terhadap daerah tujuan wisata,dan keinginan berwisata. Fokus dari penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang pernah atau sedang berkunjung ke daerah tujuan wisata Provinsi DIY dalam periode tahun 2012-2013. Studi lapangan terhadap 100 wisatawan nusantara menunjukkan hasil melalui Structural Equation Model bahwa electronic word-ofmouth berdampak pada terciptanya citra daerah tujuan wisata, dan selanjutnya citra daerah tujuan wisata memiliki peran dalam terbentuknya sikap wisatawan terhadap daerah tujuan wisata dan keinginan untuk berwisata.

This research aims to investigate the relationship between electronic word-ofmouth, destination image, tourist attitude toward destination, and travel intention. Particularly, It focuses on the national tourists which have visited or currently visit to DIY Province during period of 2012-2013. The field study of 100 national tourists through Structural Equation Model shows that electronic word-of-mouth affects to the destination image creation and also it shapes the tourists attitude towards destination as well as travel intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Octaviantika Benazir Kumala
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh word of mouth terhadap minat beli konsumen pada Tune Hotels Kuta-Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang berdomisili di DKI Jakarata dengan menggunakan metode nonprobability sampling serta teknik purposive.
Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan simple regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Word of mouth mempengaruhi minat beli sebesar
56.3%, dan sisanya sebesar 43.7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi volume dan dispersion mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.

ABSTRACT
The objective of this research is to analyze the effect of word of mouth on Consumer Purchase Intention at Tune Hotels Kuta-Bali. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 consumers who are domiciled in DKI Jakarta, collected using non-probability sampling and purposive technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research indicate that word of mouth have a significant effect on consumer purchase intention. Word of mouth effect consumer purchase intention equal to 56.3%, and the residue equal to 43.7% effected by some other factor. The analysis result indicated that volume and dispersion factors have a significant effect on consumen purchase intention.
"
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.

Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.

This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumers’ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fahima Irfani Rodhiya
"eWOM telah diketahui mampu memengaruhi intensi membeli atau intensi menggunakan suatu produk (Ladhari & Michaud, 2015; Mauri & Minazzi, 2013; Park & Kim, 2008; Park & Lee, 2009; Qu, 2015; Zhang, Ye, Law, & Li, 2010) dan diduga efeknya akan berbeda tergantung pada tipenya, positif atau negatif (Ladhari & Michaud, 2015; Mauri & Minazzi, 2013), serta tergantung pada elemennya, teks atau visual (Hoffman & Daugherty, 2013; Lin, Lu, & Wu, 2012) sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu cara mengubah potential user bus TransJakarta menjadi user bus TransJakarta dengan melihat pengaruh variasi elemen eWOM positif terhadap intensi, khususnya intensi menggunakan bus TransJakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian randomized two-groups design (pretest & posttest). eWOM yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk ulasan online yang diberikan pada partisipan (n=62) selama 7 hari melalui aplikasi instant messaging LINE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM positif, baik berupa teks maupun teks-gambar, dapat meningkatkan intensi menggunakan bus TransJakarta (t(61) = 7.729; p < .01). Akan tetapi, peningkatan skor intensi menggunakan bus TransJakarta tidak berbeda secara signifikan pada kelompok yang diberi eWOM berupa teks dan eWOM berupa teks-gambar (t(60) = .582, p > .01). Selanjutnya, penelitian ini juga mendiskusikan temuan penelitian, saran untuk penelitian selanjutnya, serta implikasi praktis dari penelitian.

eWOM is known for its effect on purchase intention or intention to use a product (Ladhari & Michaud, 2015; Mauri & Minazzi, 2013; Park & Kim, 2008; Park & Lee, 2009; Qu, 2015; Zhang, Ye, Law, & Li, 2010) and it is assumed that the effect will be difference according to its type, positive or negative (Ladhari & Michaud, 2015; Mauri & Minazzi, 2013), and depends on its elements, text or visual (Hoffman & Daugherty, 2013; Lin, Lu, & Wu, 2012). Therefore, the purpose of this study was to seek how potential user of TransJakarta can be the actual user of TransJakarta by examining the effect of positive eWOM element variation on intention, specifically on intention to use TransJakarta bus. This study was an experimental study with randomized two-groups design (pretest & posttest). eWOM used in this study were online reviews about TransJakarta that was given to the participants (n=62) for seven days with the used of instant messaging application LINE. The findings of this study showed that positive eWOM, either text-only or with visual information increased the intention to use TransJakarta bus (t(61) = 7.729; p < .01). However, the increasing scores of the two experiment groups, the group that got text-only online review and the group that got text-with-visual-information online review, were not significantly different (t(60) = .582, p > .01). These findings led to discussions and suggestions for further research, as well as the practical implications, that are included in this paper.;eWOM is known for its effect on purchase intention or intention to use a product (Ladhari & Michaud, 2015."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62543
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Quisha Azzy Azzahra
"Fandom atau penggemar kini sudah memiliki daya beli yang kuat dalam pasar. Croffle merupakan makanan yang menjadi tren pada tahun 2020 hingga 2021 yang pada awalnya diangkat oleh beberapa artis Korea melalui platform media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh fan economy melalui electronic word-of-mouth terhadap purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada 60 responden yang merupakan penggemar Korea berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Jakarta dengan menyebarkan kuesioner daring. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fan economy melalui electronic word-of-mouth memengaruhi purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Fandom terbukti dapat memengaruhi minat beli konsumen melalui electronic word-of-mouth di Instagram. Namun, terdapat limitasi dalam penelitian ini terkait metode dan lingkup penelitian yang bisa dikembangkan dalam penelitian selanjutnya.

Fandom or fans now have a strong purchasing power in the market. Croffle is a food that is becoming a trend from 2020 to 2021 which was originally raised by several Korean artists through social media platforms. This study aims to find out the influence of the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth on the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. This research was conducted on 60 respondents who are Korean fans aged 18-35 years who live in Jakarta by distributing online questionnaires. The main results in this study indicate that the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth affects the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. Fandom is proven to be able to influence consumer buying interest through electronic word-of-mouth on Instagram. However, there are limitations in this study related to the method and scope of research that can be developed in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>