Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182566 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Sasmiyati
"Keputusan triage sangat penting dalam menentukan kesegeraan pemberian pertolongan kepada pasien yang datang ke IGD. Kesalahan pengambilan keputusan triage berdampak pada risiko keselamatan pasien. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi ketepatan pelaksanaan triase adalah beban kerja mental. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran dan hubungan beban kerja mental perawat dengan ketepatan triage di RS X. Penelitian dilakukan dengan 47 sampel, diambil menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil analisis didapatkan gambaran karakteristik perawat rata-rata berusia 35.04 tahun dengan masa kerja 12.63 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan DIII serta memiliki jenjang karier PK 3 dan tidak ada hubungan antara beban kerja mental perawat dengan ketepatan triage di RS X (p = 0.352, ? > 0.05). Penelitian ini merekomendasikan upaya peningkatan kemampuan triage perlu dilakukan dengan memberi kesempatan perawat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yaitu melanjutkan pendidikan menjadi Sarjana Keperawatan (Ners).

Triage decisions are very important in determining the immediate provision of assistance to patients who come to the emergency room. Errors in triage decision making have an impact on patient safety risks. One of the external factors that can affect the accuracy of triage is the mental workload. This research is a quantitative study with a cross-sectional approach that aims to identify the description and relationship between the mental workload of nurses and the accuracy of triage at X Hospital. The study was conducted with 47 samples, taken using inclusion and exclusion criteria. The results of the analysis show that the average age of nurses is 35.04 years with a working period of 12.63 years, most of them are female with a DIII education level and have a PK 3 career path and there is no relationship between the mental workload of nurses and the accuracy of triage at X Hospital (p = 0.352, ? > 0.05). This research recommends that efforts to increase triage skills need to be carried out by giving nurses the opportunity to develop knowledge, namely continuing their education to become Bachelors of Nursing (Ners)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatriani
"Latar Belakang: Ketepatan triase pasien trauma di IGD sangat menentukan keberhasilan pelayanan yang diberikan dan menggambarkan kualitas pelayanan di RS tersebut. Tujuan: Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan triase pasien kode trauma di instalasi gawat darurat. Metode: Penelitian kohort retrospektif ini menggunakan total sampling terhadap 22 perawat triase yang melakukan aktivasi kode trauma pada pasien trauma kategori merah di IGD. Hasil: 22 responden menunjukkan bahwa sebagian besar responden (63,6%) berusia kurang dari 33 tahun, secara rata berjenis kelamin laki-laki dan perempuuan (50,0%), sebagian besar responden (68,2%) memiliki tingkat pendidikan DIII, sebagian besar responden (63,6%) memiliki lama bekerja kurang dari 11 tahun, dan sebagian besar responden (54,5%) memiliki ketepatan dalam melakukan triase. Terdapat hubungan yang singnifikan antara lama bekerja dengan ketepatan triase (p 0,002; α 0,05), nilai OR=0,28 yang bermakna bahwa perawat dengan lama bekerja lebih dari sebelas tahun lebih berpeluang 0,28 kali untuk melakukan triase yang tepat. Tidak ada hubungan yang singnifikan atara tingkat pendidikan dengan ketepatan triase (p 0,381; α 0,05), dengan 7 (46,7%) perawat berpendidikan diploma dan 5 (71,4%) perawat dengan Pendidikan ners melakukan triase dengan tepat. Tidak ada hubungan yang singnifikan antara jenis kelamin dengan ketepatan triase (p 0,669; α 0,05), dengan 5 (45,5%) perawat perempuan dan 7 (63,6%) perawat laki-laki melakukan triase dengan tepat. Tidak ada hubungan yang singnifikan antara usia dengan ketepatan triase (p 0,204; α 0,05), dengan 6 (42,9%) perawat usia 33 tahun kebawah dan 6 (75%) perawat usia lebih dari 33 tahun melakukan triase dengan tepat.

Background: The accuracy of triage of trauma patients in the emergency department will determine the success of the services provided and describe the quality of services at the hospital. Objective: To identify the factors that influence the accuracy of triage of trauma code patients in the emergency department. Methods: This retrospective cohort study used a total sampling of 22 triage nurses who activated the trauma code in trauma patients with red category in the emergency department. Results: 22 respondents showed that most of the respondents (63.6%) were less than 33 years old, on average male and female (50.0%), most of the respondents (68.2%) had a DIII education level. most respondents (63.6%) have worked less than 11 years, and most respondents (54.5%) have accuracy in triage. There is a significant relationship between length of service and accuracy of triage (p 0.002; 0.05), OR = 0.28 which means that nurses with more than eleven years of service are 0.28 times more likely to perform appropriate triage. There was no significant relationship between education level and triage accuracy (p 0.381; 0.05), with 7 (46.7%) nurses with diploma education and 5 (71.4%) nurses with nursing education performing triage correctly. There was no significant relationship between gender and triage "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Alfisah
"Supervisi dokumentasi keperawatan merupakan suatu upaya dalam meningkatkan mutu dan pelayanan asuhan keperawatan baik di rawat inap maupun di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kualitas dokumentasi keperawatan dilakukan pada seluruh perawat di Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi kepala ruangan dengan kualitas dokumentasi triase dan penerapan pengkajian awal pasien di Instalasi Gawat Drurat (IGD). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain crosssectional. Sampel di ambil secara acak berjumlah 107 perawat pelaksana yang tersebar di empat Rumah Sakit. Instrumen yang digunakan berupa kuesionersupervisi dokumentasi, kuesioner pengetahuan pendokumentasian diIGD dan lembar observasi penerapan pengkajian awal. Hasil penelitian tidak ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi dengan kualitas dokumentasi (p>0,05). Sedangkan ada hubungan antara karakteristik (jenis kelamin) dengan kualitas dokumentas (p<0,05). Rekomendasi yaitu manajemen perlu menata ulang kembali tingkat pendidikan perawat dengan jenjang karir perawat klinis dalam upaya meningkatkan pelayanan keperawatan melalui kualitas dokumentasi di Instalasi Gawat Darurat.

Supervision of documentation is an effort to improve the quality and care services both in the inpatient and in the Emergency Room (IGD). The quality of documentation is carried out on all nurses in the hospital. The purpose of this study was to determine the relationship between the implementation of the supervision of the head of the room with the quality of triage documentation and the application of the initial assessment of patients in the Emergency Room (IGD). The research method uses a quantitative approach with a cross sectional design. Samples were taken randomly from 107 nurses spread over four hospitals. The results of the study there was no significant relationship between the implementation of supervision with the quality of documentation (p>0.05). Meanwhile, the relationship between characteristics (gender) and document quality (p<0.05). The recommendation is that the management needsto rearrange the level of education of nurses by increasing the career of nursesin an effort to improve services through documentation in the Emergency Room."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azis Fahruji
"Pendahuluan: Pasien yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi pasien akhir kehidupan lebih sering terjadi di ruang intensif dibandingkan dengan pasien yang dirawat diruang rawat biasa karena, jika terjadi end of life akan di pindahkan ke ruang critical care. Banyaknya pasien end of life care (EoLC) diperlukan pelaksanaan supervisi pada pendokumentasian EoLC, agar kualitas pelayanan meningkat. Tujuan: Mengidentifikasi hubungan pelaksanaan supervisi terhadap pendokumentasian EoLC di ruang rawat inap. Metode: Menggunakan desain cross sectional dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat pada RS di Jakarta Selatan dengan n=212. Hasil: Rerata berumur 35,68 ± 7,232 tahun, masa kerja 12,12 ± 7,623 tahun, perempuan 78,3%, DIII Keperawatan 64,2%, perawat pelaksana 95,8%, PNS 63,2%, PK2 44,8% dan pernah mengikuti pelatihan 55,7%. Rerata pelaksanaan supervisi 51,20%, dimensi teknik 68,30%, prinsip 66,73%, model 64,47% dan kegiatan rutin 51,82% dan pendokumentasian EoLC 74,17%. Terdapat hubungan yang signifikan pelaksanaan supervisi (teknik, prinsip, kegiatan rutin dan model supervisi) dengan pendokumentasian EoLC. Dimensi pelaksanaan supervisi dominan korelasinya adalah model supervisi dengan kekuatan sedang dan arah positif. Terdapat tiga variabel: jenis kelamin, jabatan dan model supervisi dapat meningkatkan pendokumentasian EoLC sebesar 27,8% (R² = 0,278), sedangkan sisanya dapat ditingkatkan oleh variabel lain. Persamaan pendokumentasian EoLC = 75,479 + 3,763 Jenis kelamin - 8,366 Jabatan + 2,108 Model Supervisi. Rekomendasi: Bidang keperawatan membuat program SPO pelaksanaan supervisi dan pendokumentasian EoLC agar menciptakan efektifitas layanan keperawatan yang berdampak pada kualitas dan keselamatan pasien

Introduction: Patients who are hospitalized with end-of-life conditions are more likely to occur in the intensive care unit than patients who are treated in normal wards because, if end of life occurs, they will be transferred to the critical care room. The high number of end of life care (EoLC) patients required the supervision of EoLC documentation, so that the quality of service is improved. Objective: To identify the relationship between the implementation of supervision on EoLC documentation in the inpatient room. Methods: Using a cross sectional design with univariate, bivariate and multivariate analysis in hospitals in South Jakarta with n = 212. Results: Mean age 35.68 ± 7,232 years, work period 12.12 ± 7.623 years, female 78.3%, DIII Nursing 64.2%, nurses 95.8%, civil servants 63.2%, PK2 44.8 % and have attended 55.7% training. The average implementation of supervision is 51.20%, technical dimensions are 68.30%, principles are 66.73%, models are 64.47% and routine activities are 51.82% and EoLC documentation is 74.17%. There is a significant relationship between the implementation of supervision (techniques, principles, routine activities and supervision models) with EoLC documentation. The dominant dimension of supervision is the supervision model with medium strength and positive direction. There are three variables: gender, position and supervision model can increase EoLC documentation by 27.8% (R² = 0.278), while the rest can be improved by other variables. EoLC documentation equation = 75,479 + 3,763 Gender - 8,366 Position + 2,108 Supervision Model. Recommendation: The nursing sector creates an SPO program for the implementation of EoLC supervision and documentation in order to create the effectiveness of nursing services that have an impact on patient quality and safety."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Arista Sari
"Penilaian kinerja merupakan proses kontrol kinerja karyawan yang dievaluasi berdasarkan standar tertentu.Tujuan untuk menganalisa hubungan kepuasan kerja dan sosiodemografi terhadap kepuasan kerja perawat puskesmas. Metode rancangan penelitian yang digunakanadalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 594 perawat di 84 Puskesmas Wilayah Jakarta Timur. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner google form. Analisis hubungan dengan mengunakan uji Chi-square dan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perawat dengan kepuasan kerja sebesar 58,2% dan perawat yang memiliki kinerja yang baik sebesar 57,6%. Variabel tingkat pendidikan (ρ=0,029), kepuasan kerja (ρ=0,019), memiliki pengaruh terhadap kinerja perawat.

Performance appraisal is a process of controlling employee performance which is evaluated based on certain standards. The aim is to analyze the relationship between job satisfaction and sociodemography on the job satisfaction of nurses in puskesmas. The research design method used in this research is analytic with a cross sectional approach. The population in this study were 594 nurses in 84 Health Centers in East Jakarta. Collecting data using a google form questionnaire. Analysis of the relationship using the Chi-square test and = 0.05. The results of this study indicate that nurses with job satisfaction are 58.2% and nurses who have good performance are 57.6%. Variabel level of education (ρ = 0.029), job satisfaction (ρ = 0.019), has an influence on the performance of nurses."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desmiarti
"ABSTRAK
Nama : DesmiartiProgram Studi : Kajian Administrasi Rumah SakitJudul : Analisis Kekosongan Obat Neuropsikiatri Daftar E-Katalog di RSJ Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta Tahun 2017Pembimbing : Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARSSistem manajemen pengelolaan obat di era Jaminan Kesehatan Nasional JKN inimelalui sistem e-katalog dan e-purchasing. Beberapa kendala sering dirasakan olehrumah sakit, mulai dari respons yang lamban, persediaan obat yang kosong atau stock outhingga keterlambatan distribusi ke rumah sakit. Persoalan obat yang kosong merupakanhal yang sangat mengganggu proses dan kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian inibertujuan mengetahui faktor-faktor eksternal dan internal pada tahap skema input danproses yang berpengaruh terhadap kekosongan obat neuropsikiatri daftar e-katalog di RSJDr. Soeharto Heerdjan Jakarta dan mencoba melakukan pengendalian melakukan metodeABC Indeks Kritis, perhitungan safety stock dan Reorder Point ROP . Metode yangdigunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara wawancara mendalam, observasi dantelaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan faktor eksternal penyebab terjadinyakekosongan obat neuropsikiatri meliputi faktor distributor dan penyedia yang berdampakpada ketersediaan obat tidak optimal, distribusi yang terhambat, lamanya proses approvaldi system. Selain itu koneksi jaringan dan server sering terganggu, Harga PerkiraanSementara HPS terlalu rendah, sistem pemenang tunggal, dan ketepatan RencanaKebutuhan Obat RKO merupakan faktor lain yang berpengaruh terhadap kekeosonganobat. Untuk faktor internal input yang paling menonjol adalah kuantitas dan kedisiplinanpetugas serta kebijakan termasuk Standar Operasional Prosedur SOP pengelolaansediaan farmasi. Tahapan proses manajemen logistik meliputi perencanaan kebutuhan,pengadaan, pengawasan dan pengendalian, belum berjalan dengan optimal antara lain;ketidaksesuaian RKO dengan realisasi pengadaan, kartu stock yang tidak terisi, stockopname hanya dua kali setahun dan terdapat selisih perhitungan antara pencatatan danfisik, juga obat kadaluarsa sebanyak 2.36 . Belum berjalannya pengendalian denganmenggunakan metode ABC, safety stock dan reorder point ROP juga merupakan faktorlain yang berhubungan dengan kekosongan obat. Hasil dari analisis ABC indeks kritisterdapat 10 item obat e-katalog yang tergolong kelompok A, terdapat 34 item e-katalogtergolong kelompok B, dan 33 item obat e-katalog tergolong kelompok C. Titikpemesanan kembali ROP untuk kelompok A mulai dari 192.702 -7.246. Terjadinyakekosongan obat neuropsikiatri e-katalog di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Jakartadisebabkan faktor internal dan eksternal yang dapat saling mempengaruhi, sehinggadibutuhkan solusi yang komprehensif untuk mengatasinya.Kata kunci:Kekosongan obat, e-katalog, e-purchasing, manajemen farmasi, Analisis ABC, ROP

ABSTRACT
Name DesmiartiStudy Program Kajian Administrasi Rumah SakitTitle Stock Out Analysis of Neuropsychiatric Drug in E Catalog Listat Jakarta Dr. Soeharto Heerdjan Mental Hospital in 2017.Counsellor Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARSThe management system of drug in era of National Health Insurance through e catalogueand e purchasing system. Some obstacles are often felt by hospitals, from slow responses,empty drug stocks or stock outs and late distribution to hospital. The problem of drugstock outs is very disturbing process and quality of hospital services. The objective of thisresearch is to know the external and internal factors at the stage of input and processscheme which influence the stock out of neuropsychiatric drug in e catalogue list atJakarta Soeharto Heerdjan Mental Hospital and controlling by using the ABC CriticalIndex method, calculate safety stock and Reorder Point ROP . The method used isqualitative research by in depth interview, observation and document review. The resultsshowed that external factors causing the occurrence of drug neuropsychiatric stock outsinclude distributors and providers that have an impact on the availability of drugs is notoptimal, the distribution is inhibited, the duration of the approval process in the system.In addition, the network and server connections are often disrupted, the TemporaryEstimation Price HPS is too low, the single winning system, and the accuracy of theDrug Requirement Plan RKO are other factors affecting drug deprivation. For the mostimportant internal input factors are the quantity and discipline of officers and policiesincluding Standard Operational Procedures SOP of pharmaceutical preparation. Stagesof the logistics management process include needs planning, procurement, supervisionand control, has not run optimally, among others RKO inconsistency with realization ofprocurement, unfilled stock card, stock of hospital only 2 times a year and there isdifference of calculation between recording and physical, also drug expiration as muchas 2.36 . The absence of controls using the ABC method, safety stock and reorder point ROP is also another factor related to drug stock out. The result of ABC analysis ofcritical index there are 10 items of e catalog drugs belonging to group A, there are 34items e catalog belonging to group B, and 33 items of e catalog drugs belonging to groupC. ROP point for group A ranging from 192.702 7.246. Occurrence of e catalogneuropsychiatric void in Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta is due to internal and externalfactors that can influence each other, so that a comprehensive solution is needed toovercome them.Key words Stock out, e catalogue, e purchasing, pharmaceutical management, ABC analysis, ROP"
2018
T50298
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Resi Nurseptiani
"Waktu tunggu menjadi indikator penilaian mutu pelayanan di IGD. Waktu tunggu pasien diIGD mempengaruhi tingkat keparahan pasien dan kenyamanan pasien dalam mendapatkan pelayanan. Triase menjadi bagian proses penting dalam melakukan pemilahan pasien dan pemberian intervensi medis sesuai dengan kondisi kegawatannya sehingga dapat menurunkanangka mortalitas dan morbiditas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pasien di IGD RSUD Kramat Jati serta melihat hubungan triase terhadap waktu tunggu. Penelitian dilakukan di IGD RSUD Kramat Jati pada tanggal 15-30Mei 2017 secara kuantitatif n=230 , dan secara kualitatif dengan wawancara mendalam 4 Informan sebagai pendalaman informasi mengenai SPO Triase, Formulir Triase, dan Kebijakan Penetapan Waktu Tunggu.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yangbermakna antara warna triase dengan waktu tunggu dengan p-value sebesar 0,014.Diharapkan dalam penelitian ini dilakukan perbaikan terhadap SPO Triase, sosialisasi triasekepada petugas IGD, penyesuaian ruangan IGD sesuai standar Departemen Kesehatan.

Waiting time is part of the indicator of quality of service in Emergency Room. Waiting time patients in ER affect the severity of patients and comfort patients in treatment. Triage is part of important process for sorting patients and medical intervention based on their severity and illness so that it can reduce mortality and morbidity rate in ER.
This study attempts to analyze factors which can affect waiting time in ER at Kramat Jati Hospital and relation between triage and waiting time. Research was conducted on 15 30 May 2017 using quantitativ method n 230 and qualitative method through in depth interview 4 informants about SPO Triage, Form Triage, and policy about waiting time.
The result showed that are correlation between colors triage and waiting time with p value 0,014. Expectation from this research are improvement for SPO Triage, share information about triage for nurse and doctor at ER, and adjusment room of ER according to standard the ministry of health.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T47825
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astefany Welda
"Sejak operasionalnya sampai akhir tahun 2016, IGD RSUD Pasar Minggu mengalami peningkatan jumlah kunjungan pasien yang cukup signifikan, yaitu sebesar 5,3 kali lebih besar. Dari data kunjungan didapatkan bahwa perbandingan pasien dan perawat belum ideal, sehingga adanya keluhan beban kerja tinggi dan kurangnya jumlah perawat. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung beban kerja perawat di Instalasi Gawat Darurat IGD RSUD Pasar Minggu Jakarta dengan menggunakan time motion study yang kemudian dilakukan perhitungan kebutuhan jumlah perawat IGD dengan menggunakan metode Work Indicator Staffing Need WISN . Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan observasi terhadap perawat mahir didapatkan kebutuhan perawat yaitu 31 orang.

Since its operation until the end of 2016, Pasar Minggu Hospital has experienced a significant increase in the number of patient visits, which is 5.3 times greater. From the data, it was found that the comparison of patients and nurses was not ideal, so there were high workload complaints and lack of nurses. This study aims to calculate the workload of nurses at the Emergency Department IGD of Pasar Minggu Hospital by using time motion study which then calculated the need for the number of nurses using Work Indicator Staffing Need WISN method. By using qualitative research method with observation approach to the advanced nurse, the result of nurse needs are 31 people."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T48373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darnella Puspita
"Tesis ini terfokus pada usaha untuk mencegah penurunan perceived organizational support dan kepuasan kerja melalui program Information Sharing di PT. X. Peneliti pun melakukan wawancara kepada karyawan PT. X, dimana karyawan mengeluhkan kurangnya meratanya pemberian kegiatan pengembangan khususnya pelatihan, dimana hal tersebut dapat dipersepsikan sebagai ketidakadilan organisasi dalam melakukan pemerataan kegiatan pengembangan. Adanya persepsi ketidakadilan perlu diminimalisir, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan melakukan program information sharing.
Peneliti melihat hubungan antara perceived organizational support dengan kepuasan kerja. Dari hasil analisis terhadap 37 karyawan di PT. X, ditemukan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived organizational support dengan kepuasan kerja. Ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,662 dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,001). Dari hasil penelitian juga ditemukan terdapat 8 karyawan yang memiliki perceived organizational support yang rendah dan 14 karyawan yang merasakan ketidakpuasan terhadap organisasi. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk melakukan upaya pencegahan dengan merancang program intervensi information sharing. Program information sharing dilakukan oleh atasan kepada bawahan.
Sosialisasi program dilakukan kepada pihak HRD, pihak HR pun memberikan tanggapan atas program yang peneliti ajukan. Pada dasarnya pihak HR PT. X mendukung adanya program tersebut, dimana dengan adanya program tersebut maka terdapat wadah penyampaian informasi kepada karyawan di organisasi.

This thesis focuses on efforts to prevent the degradation of perceived organizational support and job satisfaction through information sharing program in company X. Researcher conducted interviews to Company X employees, where employees complain on the disparity of development program especially training, which can be perceived as organization unfairness. Thus, injustice perceptions from employees need to minimalize through information sharing program.
Researcher observes the correlation between perceived organizational support and job satisfaction. Analysis from 37 employees in company X has resulted that there is a significant relationship between perceived organizational support and job satisfaction with the coefficient of correlation is 0.662 and the score of signification 0.000 (p<0,01). The research also found that there are 8 workers that have low perceived organizational support and 14 workers that dissatisfied with their company. Therefore, researcher decided to design an information sharing intervention program. Information sharing program will be conducted from superior to subordinate.
Human resource in company X gave a feedback after the researcher carried out a socialization on information sharing program. They basically support the program, since the existence of the program provides a forum to deliver information to employees within the organization."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T30801
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ricky Fathoni
"Pendahuluan: Pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi seluruh dunia. Pengaruh tersebut juga dirasakan oleh rumah sakit, sehingga tingkat kepuasan tenaga kesehatan menjadi sangat penting untuk dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Pada tahun 2020 dan 2021 RSUD Dr. Adjidarmo mengalami kesulitan pada masa pandemi, hal ini terlihat pada turunnya angka kunjungan pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kunjungan pasien IGD pada tahun 2019 berjumlah 19.271 pasien, sedangkan pada tahun 2020 berjumlah 13.682 pasien dan pada tahun 2021 berjumlah 11.374. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan tingkat kepuasan kerja tenaga kesehatan terhadap kinerja di RSUD Dr. Adjidarmo. Metode penelitian: Penelitian menggunakan desain potong lintang dengan metode analisis kuantitatif. Penelitian berlokasi di RSUD Dr. Adjidarmo Kec. Rangkasbitung, Kab. Lebak, Banten, dan dilakukan pada bulan Juni tahun 2022. Penelitian ini menggunakan instrumen Job Satisfaction Survei (JSS) oleh Spector tahun 1994 dengan 36 pertanyaan yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Penilaian kepuasan kerja yang dilakukan untuk menilai kepuasan kerja tahun 2021, sehingga diberikan penjelasan kepada responden bagaimana perasaannya terhadap kepuasan kerja setelah melihat penilaian hasil kinerja pada tahun 2021. Hasil dan diskusi: Kepuasan kerja secara umum dari tenaga kesehatan di RSUD Dr. Adjidarmo adalah 134,38 dengan jumlah tenaga kesehatan yang puas sejumlah 84 responden atau sebesar 35,3%. Tinggi rendahnya hasil kepuasan kerja ini kemungkinan disebabkan perbedaan tempat penelitian, jumlah dan jenis profesi responden, standar gaji tenaga kesehatan, serta waktu penelitian sebelumnya yang dilakukan sebelum kondisi pandemi COVID-19. Pada hasil analisis bivariat mencari hubungan kepuasan kerja dengan kinerja didapatkan hasil nilai p >0,05. Dengan demikian kepuasan kerja secara umum tidak berhubungan dengan hasil kinerja. Pada hasil penelitian dengan analisis multipel regresi logistik untuk menguji sejauh mana kesembilan komponen kepuasan kerja (pekerjaan itu sendiri, penghargaan dan pengakuan, promosi, gaji, supervisi, manfaat kerja, kebijakan dan prosedur, hubungan interpersonal dengan atasan, dan hubungan interpersonal dengan rekan kerja) diperiksa untuk memprediksi hasil kinerja. Didapatkan hasil nilai p >0,05 untuk seluruh komponen kepuaan kerja, dengan demikian komponen kepuasan kerja tidak berhubungan dengan hasil kinerja. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor organisasi, profesionalisme tenaga kesehatan dan sistem penilaian kinerja.

Introduction: The COVID-19 pandemic has greatly affected the whole world. This influence is also felt by the hospital, so that the level of satisfaction of health workers is very important to be maintained or even increased. In 2020 and 2021 Dr. Adjidarmo regional public hospital experienced difficulties during the pandemic, this was seen in the
decrease in the number of patient visits to the Emergency Room (ER). The number of ER patient visits in 2019 was 19,271 patients, while in 2020 the number was 13,682 patients and in 2021 the number was 11,374. The purpose of this study was to analyze the relationship between the level of health workers' goals on performance in Dr. Adjidarmo regional public hospital. Research method: This study used a cross-sectional design with quantitative analysis methods. The research is located in Dr. Adjidarmo regional public hospital, Rangkasbitung Districts, Lebak Regency, Banten Province, and conducted in June 2022. This research uses the Job Satisfaction Survey (JSS) instrument by Spector in 1994 with 36 questions translated into Indonesian. Job satisfaction assessment is carried
out to assess job satisfaction in 2021, so that an explanation is given to respondents how job satisfaction is after seeing the performance results in 2021. Results and discussion: General job satisfaction of health workers at Dr. Adjidarmo regional public hospital is 134.38 with a number of satisfied health workers as many as 84 respondents or 35.3%.
This high or low job satisfaction result may be due to differences in research locations, the number and type of respondents' professions, salary standards for health workers, and the time of previous research conducted before the COVID-19 pandemic. In the results of the bivariate analysis looking for the relationship between job satisfaction and
performance, it was found that p-value > 0.05. Thus job satisfaction in general is not related to performance results. In the results of research with multiple logistic regression analysis to examine the extent to which the nine components of job satisfaction (the wrok itself, rewards and recognition, promotions, salary, supervision, fringe benefits, policies
and procedures, interpersonal relationships with superiors, and interpersonal relationships with coworkers) examined to predict performance outcomes. The results obtained p-value
> 0.05 for all components of job satisfaction, thus the component of job satisfaction is not related to performance results. This is probably due organizational factors, professionalism of health workers and performance appraisal system.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>