Ditemukan 149904 dokumen yang sesuai dengan query
Tsani Nahdliyah
"Pariwisata halal merupakan salah satu jenis pariwisata yang telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan di Indonesia. Pariwisata halal memperhatikan peraturan keislaman dalam layanan dan produk yang tersedia pada lokasi pariwisata. Saat ini wisatawan telah mengubah kebiasaannya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung perjalanan pariwisatanya. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan fungsionalitas pengguna, mengusulkan rancangan desain prototipe, dan melakukan konfirmasi menggunakan model dari teori Task-Technology Fit (TTF) yang diimplementasikan dalam konteks aplikasi pariwisata halal sebagai pendukung perencanaan perjalanan. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi Design Science Research (DSR) dan melakukan evaluasi terhadap faktor yang mempengaruhi niat menggunakan aplikasi berbasis mobile yang mendukung perencanaan perjalanan pariwisata halal. Evaluasi tersebut dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Rancangan prototipe pada penelitian ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan fungsionalitas pengguna. Prototipe dievaluasi fungsionalitasnya dengan menggunakan usability testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS) yang hasilnya menunjukkan bahwa prototipe dapat mudah dipahami, efektif, dan efisien dengan nilai rata-rata SUS sebesar 79. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa faktor yang memiliki pengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi diantaranya task characteristic, technology characteristic, task-technology fit, dan atribut pariwisata halal dan kesesuaian informasi kehalalan juga berpengaruh positif terhadap niat penggunaan aplikasi.
Halal tourism is one type of tourism that has contributed to growth in Indonesia. Halal tourism is different from tourism in general, where halal tourism pays attention to Islamic regulations in the services and products available at tourism locations. Currently, tourists have changed their habits by utilizing information technology to support their tourism trips. This study will analyze user functionality requirements, propose a prototype design design, and confirm using a model from the Task-Technology Fit (TTF) theory which is implemented in the context of halal tourism applications as a support for travel planning. This research was conducted using the Design Science Research (DSR) methodology and evaluated the factors that influence the intention to use a mobile-based application that supports halal tourism travel planning. The evaluation was carried out using qualitative and quantitative methods. The prototype design in this study was made based on the analysis of user functionality requirements. The prototype was evaluated for its functionality using usability testing and a System Usability Scale (SUS) questionnaire, the results of which showed that the prototype was easy to understand, effective, and efficient with average score of SUS are 79. The results of this study also conclude that the factors that have a positive influence on the intention to use the application include task characteristic, technology characteristic, task-technology fit, and attributes of halal tourism and the suitability of halal information also has a positive effect on the intention to use the application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ambarita, Jonni
"Surat Elektronik TNI AD (e_militer) adalah sistem informasi surat menyurat berbasis web yang dikelola oleh Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad) sejak tahun 2009. Surat Elektronik TNI AD (e_militer) disediakan untuk seluruh jajaran Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) TNI AD. Akan tetapi dari seluruh Satminkal yang terdaftar dalam e_militer surat menyurat, masih jauh dari harapan penggunaanya yaitu diharapkan jumlah log e_militer mendekati jumlah surat Satminkal. Untuk itu melalui penelitian ini peneliti akan mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi personel Satminkal dalam menggunakan e_militer. Peneliti menjawab permasalahan yang ada dengan menggunakan teori pemodelan yang mengintegrasikan Unifield Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) dan Task Technology Fit (TTF), dan untuk teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil uji hipotesis penelitian ini memperlihatkan konstruk Effort Expectancy, Interaction Influence, Facilitating Conditions, Behavioral Intention, Technology Characteristics, Task Characteristics, Task Technology Fit, Performance Impact, dan User Behaviour mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan e_militer oleh personel Satminkal TNI AD.
E_Militer is a web based for electronic mail that is managed by Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad). E_Militer has been installed for Indonesia Army?s Units since 2009. But of all Satminkal enrolled in correspondence e_militer, its use is still far from the expected number of log e_militer is approaching the number of letters of Satminkal. Therefore, the purpose of this study is to identify all influence factors on employees of Indonesia Army who will use e_militer. To solve the problem, research will use integrated model between UTAUT and TTF, and for analyze data will use SEM. The result of this hypothesis test shows that contruct Effort Expectancy, Interaction Influence, Facilitating Conditions, Behavioral Intention, Technology Characteristics, Task Characteristics, Task Technology Fit, Performance Impact, and User Behaviour have a significant effect on using of e_militer of Indonesia Army by employees of Indonesia Army."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Romauli, Irene Pixelyne
"Jumlah investor reksa dana di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Namun, jika dibandingkan dengan total populasi penduduk, jumlah tersebut masih terbilang sangat kecil. Digitalisasi industri investasi dalam bentuk aplikasi reksa dana diketahui dapat meningkatkan jumlah investor reksa dana di Indonesia. Namun, pengadopsian aplikasi reksa dana disebutkan sangat bergantung pada kemampuan aplikasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan investor. Untuk mengukur kemampuan tersebut, digunakan perspektif teori task-technology fit yang juga menjadi dasar tujuan penelitian ini, yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan aplikasi investasi reksa dana. Penelitian dilakukan menggunakan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) untuk mengolah data yang diperoleh dari survei daring yang diisi oleh 421 responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa task characteristic investor reksa dana adalah mengelola akun investasi, melakukan transaksi, dan memperoleh informasi. Sedangkan technology characteristic aplikasi reksa dana adalah bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, aman, dan transparan. Hasil analisis juga membuktikan bahwa faktor task characteristic dan technology characteristic memengaruhi task-technology fit; faktor task-technology fit memengaruhi perceived ease of use dan perceived usefulness; faktor perceived risk memengaruhi perceived ease of use; faktor perceived ease of use memengaruhi perceived usefulness dan behavioural intention to use; dan faktor perceived usefulness memengaruhi behavioural intention to use. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi kekosongan penelitian mengenai intrumen investasi reksa dana dari perspektif task-technology fit serta memberi implikasi praktikal bagi investor sebagai panduan dalam menganalisis aplikasi investasi reksa dana serta bagi pelaku industri reksa dana untuk mengembangkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan investor reksa dana di Indonesia.
The number of mutual fund investors in Indonesia has increased significantly every year. However, when compared to the total population, this number is still very small. Digitalization of the investment industry in the form of mutual fund applications is known to increase the number of mutual fund investors in Indonesia. However, the adoption of the mutual fund application is said to be highly dependent on the ability of the application to meet the needs of investors. To measure this ability, the perspective of task-technology fit theory is used which is also the basis for the purpose of this study, namely to analyze the factors that influence user intentions in using mutual fund applications. The study was conducted using the covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) method to process data acquired from an online survey filled out by 421 valid respondents. The results of the analysis prove that the task characteristic of a mutual fund investor is to manage investment accounts, perform transactions, and obtain information. Meanwhile, the technology characteristic of the mutual fund application is that it can be used anytime and anywhere, is safe, and transparent. The results of the analysis also prove that the task characteristic and technology characteristic factors affect task-technology fit; task-technology fit factors affect perceived ease of use and perceived usefulness; perceived risk factors affect perceived ease of use; factors perceived ease of use affect perceived usefulness and behavioral intention to use; and perceived usefulness factors affect behavioral intention to use. This research is expected to fill the gaps in research on mutual fund investment instruments from a task-technology fit perspective as well as provide practical implications for investors as a guide in analyzing mutual fund applications as well as for mutual fund industry players to develop applications that meet the needs of mutual funds investors in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Faza Ghani Irham
"Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) di Indonesia menyebabkan pemerintah memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan work from home (WFH) yang mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan data dari 457 responden yang diolah dengan metode PLS-SEM. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit (TTF), dan expectation-confirmation model (ECM). Penulis menemukan empat technology affordance yaitu communication, sharing resource, collaborative working, dan social presence. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada TTF. TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Kemudian, semua hipotesis dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya.
The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic in Indonesia caused theIndonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain communication. This study aims to explain the factors influencing post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses qualitative and quantitative approaches. Qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conferencing applications. Quantitative approach was carried out using data from 457 respondents processed with the PLS-SEM method. This study combines technology affordance theory, task-technology fit (TTF), and expectation-confirmation model (ECM). Four technology affordances were found, namely communication, sharing resource, collaborative working, and social presence. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived TTF. TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study found that all hypotheses in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for application providers to decide features to develop and for companies that use them to decide which application to use"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dhena Kamalia Fu'adi
"Implementasi fitur Augmented Reality (AR) try-on pada mobile commerce telah banyak dilakukan, seperti pada produk pakaian, aksesoris, dan kecantikan. Produk lain yang juga telah dikembangakan dengan AR try-on adalah furniture. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memvisualisasikan produk tiga dimensi pada lingkungan nyata tempat pengguna berada. Namun, pada implementasi produk furniture saat ini, pengguna hanya dapat mencoba produk yang tersedia, sementara itu banyak konsumen yang membutuhkan fitur tambahan untuk dapat melakukan kustomisasi barang sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Penelitian ini akan membahas mengenai implementasi fitur kustomisasi produk dengan AR pada m-commerce dan melihat pengaruh dari fitur tersebut terhadap niat beli pengguna (purchase intention). Implementasi kustomisasi produk dengan AR dilakukan dengan memberikan pilihan kepada pengguna terhadap produk-produk yang tersedia, sambil pengguna mencoba produk tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh fitur dengan menggunakan teori Task-Technology Fit (TTF). Karena keterbatasan device yang dimiliki penulis, maka fitur kustomisasi produk dengan AR ini dibangun dengan menggunakan WebXR model-viewer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitur mencoba produk dapat meningkatkan niat beli pengguna, namun fitur kustomisasi tidak. Implementasi AR ini dapat dibangun dengan menerapkan beberapa karakteristik, yaitu interactivity, vividness, informativeness, dan visual aesthetic. Selain itu, teori TTF juga menunjukkan bahwa jika teknologi yang diterapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen pada mobile commerce, maka dapat meningkatkan keyakinan pengguna dalam menentukan pilihannya, dimana juga dapat mempengaruhi niat pengguna berbelanja.
There have been many implementations of Augmented Reality (AR) try-on features in mobile commerce, such as in clothing, accessories, and beauty products. Another product that also has been developed with AR try-on is furniture. With this feature, users can visualize three-dimensional products in their real environment where the user is located. However, in the current implementation of furniture products, users can only try the available products, meanwhile many consumers need additional features to be able to customize goods so that they can be adjusted to their needs. This study will discuss the implementation of product customization features with AR in m-commerce and see the effect of these features on purchase intentions. The implementation of product customization with AR is done by giving the user a choice of the available products, while the user tries the product. This research was identifying the effect of features using Task-Technology Fit (TTF) theory. Due to the limitations of the author's device, the product customization feature with AR was built using the WebXR model-viewer. The results of this study indicate that the try product with AR can increase users' purchase intentions, but the customization feature does not. This AR implementation can be built by applying several characteristics, namely interactivity, vividness, informativeness, and visual aesthetics. In addition, the TTF theory also shows that if the technology applied can meet consumer needs in mobile commerce, it can increase user confidence in making their choices, which can also affect users' shopping intentions."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Astrid Chaerida
"Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19), yang masuk ke Indonesia di tahun 2020, menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, yaitu menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan mix-method yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance yang sesuai dengan aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Data responden penelitian ini berjumlah 457 responden. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit, dan expectation-confirmation model. Penulis menemukan technology affordance dari aplikasi video conference yaitu communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, dan social presence affordance. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada perceived task-technology fit (TTF). Kemudian, TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa semua post acceptance variable dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya.
The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic, which entered Indonesia in 2020, caused the Indonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of a company policy implementation of work, namely to work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain continuous communication between employees. This study aims to explain the factors that influence the post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses mix-method consisting of qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conference applications. A quantitative approach is used to test the hypothesis using the PLS-SEM method. This study collected data from 457 employees in Indonesia. This study combines technology affordance theory, tasktechnology fit, and expectation-confirmation model. This study found 4 technology affordances of video conference applications, namely communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, and social presence affordance. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived task-technology fit (TTF). Then, TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study also found that all post-acceptance variables in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for video conference application providers to decide which features to develop and for companies that use them to decide which application to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hanifah Rahmajati
"Pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19), yang masuk ke Indonesia di tahun 2020, menyebabkan pemerintah Indonesia memberlakukan program pembatasan sosial yang menyebabkan penerapan kebijakan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, yaitu menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini mengharuskan perusahaan untuk menggunakan aplikasi video conference guna menjaga keberlangsungan komunikasi antar pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference di lingkungan pekerjaan pasca pandemi. Penelitian ini menggunakan mix-method yang terdiri dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk merancang model dan mengeksplorasi technology affordance yang sesuai dengan aplikasi video conference. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan metode PLS-SEM. Data responden penelitian ini berjumlah 457 responden. Penelitian ini menggabungkan teori technology affordance, task-technology fit, dan expectation-confirmation model. Penulis menemukan technology affordance dari aplikasi video conference yaitu communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, dan social presence affordance. Hasil dari penelitian ini adalah task characteristic dan technology affordance memiliki pengaruh positif pada perceived task-technology fit (TTF). Kemudian, TTF memiliki pengaruh positif terhadap continuance intention secara langsung dan tidak langsung melalui perceived usefulness, confirmation, dan satisfaction. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa semua post acceptance variable dalam ECM terbukti. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa expected degree of working flexibility memiliki pengaruh positif pada continuance intention. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan fitur bagi penyedia aplikasi video conference dan menjadi acuan dalam memilih aplikasi video conference bagi perusahaan yang menggunakannya.
The Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) pandemic, which entered Indonesia in 2020, caused the Indonesian government to impose a social restriction program that led to the implementation of a company policy implementation of work, namely to work from home (WFH). This requires companies to use video conferencing applications to maintain continuous communication between employees. This study aims to explain the factors that influence the post-pandemic continuance intention of video conference applications in the workplace. This study uses mix-method consisting of qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach is used to build the research model and explore technology affordances of video conference applications. A quantitative approach is used to test the hypothesis using the PLS-SEM method. This study collected data from 457 employees in Indonesia. This study combines technology affordance theory, tasktechnology fit, and expectation-confirmation model. This study found 4 technology affordances of video conference applications, namely communication affordance, sharing resource affordance, collaborative working affordance, and social presence affordance. The results of this study show that task characteristic and technology affordance improve perceived task-technology fit (TTF). Then, TTF improves continuance intention directly and indirectly through perceived usefulness, confirmation, and satisfaction. This study also found that all post-acceptance variables in ECM were proven. Finally, this study proves that the expected degree of working flexibility has a positive influence on continuance intention. This study hopefully can be a reference for video conference application providers to decide which features to develop and for companies that use them to decide which application to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sununthar Vongjaturapa
"
ABSTRAKto evaluate how well the use of smartphones meets the requirements of patrons in an academic library setting. This study used the task-technology fit (TTF) model to explore the effectiveness of smartphones for interacting with online library systems, the need for smartphone support, and the fit of the device to tasks, as well as performance. The study used interviews and survey data to identify what are the core strengths and limitations of a smartphone construct that stimulate patrons to perform their tasks in an online library setting. Using exploratory factor analysis, preliminary findings confirmed Technology-Content, Technology-Ergonomics, Technology-Smartphone Support, Technology-Platform, and Technology-Interaction design as the core dimensions of the smartphone construct. The results of the structural model supported the overall TTF model in reflecting significant positive impact of task and technology in TTF for smartphones in a digital-library setting; it also confirmed a significant positive impact of TTF on individuals performance"
Pathum Thani: Thammasat University, 2018
607 STA 23:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Muhammad Albarrozi. MS
"Keberhasilan sebuah sistem MOOCs dinilai berdasarkan dari jumlah pengguna yang menggunakan sistem secara terus menerus. Beberapa penelitian sebelumnya mencoba menggunakan Task-Technology Fit dan tren Gamification sebagai faktor yang memengaruhi penggunaan aplikasi MOOCs. Namun, belum ada penelitian yang mengkombinasikan keduanya untuk memprediksi niat untuk terus menggunakan MOOCs. Sekolahpintar adalah sebuah platform e-learning yang termasuk dalam kategori MOOCs yang diluncurkan pada tahun 2015. Pada awal peluncurannya, sekolahpintar memiliki target untuk mendapatkan 2000 pengguna aktif dalam kurun waktu dua tahun. Berdasarkan data laporan pengguna aktif, jumlah pengguna belum mencapai target dan mengalami penurunan. Penyebabnya adalah rendahnya retensi dari pengguna. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan aplikasi Sekolahpintar menggunakan Expectation-Confirmation Model dengan penambahan variabel Task-Technology Fit (TTF) dan Gamification. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner, 257 data yang didapatkan melalui kuesioner diolah menggunakan SEM-PLS.Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa Task Characteristic dan Technology Characteristic melalui Task-Technology Fit berpengaruh terhadap Perceived Usefulness. Sistem Gamification seperti Point Rewarding dan Feedback Giving berpengaruh terhadap Satisfaction dan Perceived Enjoyment. Kemudian Perceived Usefulness, Satisfaction, dan Perceived Enjoyment secara bersamaan memengaruhi Continuance to Use.
The success of MOOCs platform can be measured by the number of users that use it continuously. Previous research has already identified that Task-Technology Fit and trend gamification as an antecedent of MOOCs platform. However, there is no evidence of how both can influence user retention together. Sekolahpintar is a MOOCs platform which was launched in 2015. Sekolahpintar targeted to have 2000 active user within two years. Based on the user report, the number of active users in sekolahpintar has not reached the target and is decreasing. The main cause is the low user retention. The purpose of this research is to examine the factors influencing continuance to use at Sekolahpintar by applying Expected-Confirmation Model integrating with Task-Technology Fit and Gamification. Data collection methods were conducted through questionnaires, 257 data obtained through questionnaires was analyzed using SEM-PLS. Hypothesis test result showing that Task Characteristic and Technology Characterisitc facilitates with Task-Technology Fit influence Perceived Usefulness. Gamification system such as Point Rewarding and Feedback Giving have a significant effect on Satisfaction and Perceived Enjoyment. This research also shows the significant effect of Perceived Usefulness, Satisfaction, and Perceived Enjoyment on Continuance to Use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Miura Sekar Nurindra
"Artikel ini membahas tentang pariwisata halal di Uni Emirat Arab (UEA). Negara UEA adalah salah satu anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang mendapat peringkat ke-5 sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia pada 2019. Sebagai negara di kawasan Timur Tengah, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, bukankah kehalalan tidak perlu dinyatakan lagi? Demikian pertanyaan yang mendasari penelitian ini. Dengan menggunakan penelitian kualitatif melalui studi pustaka, artikel ini menjelaskan konsep pariwisata halal dalam perspektif UEA, potensi pariwisata yang dikembangkan dan penerapan pariwisata halal di UEA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pariwisata halal di UEA merupakan konsep standardisasi pelayanan dan sarana dalam menarik wisatawan muslim mancanegara. Adapun potensi yang dikembangkan adalah warisan kebudayaan Islam dalam kemasan modernitas.
This article discusses halal tourism in the United Arab Emirates (UAE). The UAE is a member of the Organization of Islamic Cooperation (OIC) which is ranked 5th as the world's best halal tourism destination in 2019. As a country in the Middle East region, with the majority of the population being Muslim, doesn't halal need to be declared again? These are the questions that underlie this research. By using qualitative research through literature study, this article explains the concept of halal tourism in the UAE perspective, the tourism potential that is developed and the application of halal tourism in the UAE. The theory used in this research is the tourism development theory. The results show that the concept of halal tourism in the UAE is a concept of standardization of services and facilities in attracting foreign Muslim tourists. The potential to be developed is Islamic cultural heritage in the packaging of modernity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library