Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 97977 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Laksmi Ayudyanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan menganalisis kendala dari pelaksanaan SPIP pada Satuan Kerja X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal pada Satuan Kerja X belum efektif dan memerlukan penguatan. Unsur yang masih memerlukan penguatan adalah lingkungan pengendalian, penilaian risiko, dan pemantauan. Sedangkan untuk unsur kegiatan pengendalian dan informasi dan komunikasi sudah efektif. Pada lingkungan pengendalian, sub unsur yang masih memerlukan penguatan ialah komitmen terhadap kompetensi, struktur organisasi, pendelegasian wewenang, dan kebijakan serta praktik pembinaan SDM. Pada unsur penilaian risiko, identifikasi risiko dan analisis risiko masih memerlukan penguatan. Dan pada unsur pemantauan, sub unsur yang masih memerlukan penguatan ialah pemantauan berkelanjutan dan evaluasi terpisah. Saran perbaikan yang bisa ditempuh agar SPIP menjadi efektif ialah dengan pembuatan kebijakan dan mensosialisasikan ke seluruh pegawai, melaksanakan manajemen SDM, melaksanakan penilaian mandiri, melakukan evaluasi terkait dengan pengendalian internal secara berkala serta mendokumentasikan hasil dari evaluasi tersebut dan menumbuhkan kesadaran terkait pengendalian internal pada seluruh pegawai di Satuan Kerja X.

This study aims to analyze the effectiveness of the Government's Internal Control System (SPIP) and to analyze the constraints of SPIP implementation on Work Unit X. This research uses a quantitative descriptive method assisted with qualitative data. The results of the study indicate that internal control in Work Unit X is not yet effective and requires strengthening. Elements that still require strengthening are the control environment, risk assessment, and monitoring. As for the elements of control and information and communication activities have been effective. In the control environment, the sub-elements that still need strengthening are commitment to competence, organizational structure, delegation of authority, and HR development policies and practices. The elements of risk assessment, risk identification and risk analysis still need strengthening. And in the monitoring element, the sub-elements that still need strengthening are continuous monitoring and separate evaluation. Suggestions for improvements that can be taken so that the SPIP becomes effective are by making policies and socializing them to all employees, implementing HR management, carrying out self-assessments, conducting regular evaluations related to internal control and documenting the results of these evaluations and raising awareness regarding internal control for all employees. in Work Unit X."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananta Adi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memberikan rekomendasi atas peningkatan efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus persediaan di PT TMT. PT TMT adalah perusahaan keluarga yang beroperasi di sektor manufaktur khususnya dalam bidang elevator dan escalator, maka dari itu persediaan menjadi sumber pendapatan utama perusahaan. Sebagai perusahaan keluarga, PT TMT memiliki keterbatasan sumber daya dan infrastruktur sehingga hal ini dapat menghambat penerapan sistem pengendalian internal yang efektif.  Penelitian ini mengadopsi metode pendekatan kualitatif yang mengacu pada kerangka kerja Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan melakukan analisis terhadap dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) PT TMT. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa PT TMT masih memiliki kelemahan pengendalian internal terkait dengan kelima komponen kerangka pengendalian internal COSO. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi pengendalian internal di PT TMT dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kelemahan dalam pengendalian internal perusahaan tersebut.

This research aims to analyze and provide recommendations for improving the effectiveness of the internal control system in the inventory cycle at PT TMT. PT TMT is a family-owned company operating in the manufacturing sector, especially in the elevator and escalator industry, making inventory a major source of revenue for the company. As a family-owned company, PT TMT faces limitations in resources and infrastructure which can hinder the implementation of an effective internal control system. This study adopts a qualitative approach that refers to the framework of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Data collection techniques include interviews, direct observations, and analysis of PT TMT's Standard Operating Procedures (SOP) documents. Based on the research findings, it was found that PT TMT still has weaknesses in internal control related to all five components of the COSO internal control framework. This research is expected to provide accurate information about the internal control conditions at PT TMT and provide recommendations to address the weaknesses in the company's internal control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurpratiwi Hakim
"Laporan Magang ini bertujuan membahas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan pada salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan gambaran siklus pendapatan pada perusahaan telekomunikasi khususnya untuk pelanggan B2B Business to Business. Siklus tersebut dimulai dari penawaran jasa hingga menerima pembayaran dari pelanggan. Selanjutnya siklus pengendalian internal perusahaan akan dibandingkan dengan lima komponen kerangka pengendalian internal yang diterbitkan oleh COSO untuk mencari penyebab munculnya isu pada siklus pendapatan. Laporan magang ini menyimpulkan bahwa gagalnya perusahaan dalam memantau keefektifan pengendalian internal pada setiap aktivitas bisnis, menyebabkan tidak terpenuhinya prinsip-prinsip yang ada pada kelima komponen pengendalian internal.

This internship report aims to discuss the internal control system in the revenue cycle of a telecommunication service provider in Indonesia. The discussion begins with an overview of revenue cycle of telecommunication companies, specifically for B2B Business to Business customer. The cycle starts from offering service activities to receiving payment from customers. Furthermore, the company's internal control system will be compared with the five components of internal control framework issued by COSO to looking for the problem at current revenue cycle. This report conclude that the failure of the monitoring activities to ensure internal controls operates effectively, leads to non compliance with the principles contained in the five internal control components. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
M. Riza Alfajri
"ABSTRAK
Satuan Pengawasan Intern (SPI) merupakan komponen penting dalam menunjang dan memperkuat penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern, sehingga dapat mewujudkan University Governance. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa Universitas Jambi sebaiknya menerapkan penilaian dan pengendalian terhadap risiko dalam pencapaian tujuan, khususnya di bidang non akademik sesuai dengan fungsi dan peran SPI dalam Tata Kelola Universitas Jambi. Selain itu, untuk dapat mengoptimalkan dan mengefektifkan peran SPI dalam pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern, maka SPI perlu menginformasikan dan mengkomunikasikan pelaporan hasil kerja SPI ke semua pimpinan, personil SPI memiliki pemahaman dan kompetensi yang memadai, serta peningkatan dukungan yang kuat dari pimpinan Universitas Jambi.

ABSTRACT
Internal Audit Unit (SPI) is an important component to support and strengthen the implementation of Internal Control System to realize the University Governance. This research is qualitative descriptive interpretive. The results suggests that the University of Jambi should apply the assessment and control of risks in the achievement of goals, especially in non-academic areas according to the SPI's role and function in the governance of Jambi University. In addition, to effectiveness the roles of SPI are give the report of Internal Control results to all management, SPI’s personnil have adequate competence and understanding, and increase in strong support from the top management."
2013
T34620
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Baraba
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah SKAI Bank X telah menyusun dan mengimplementasikan BSC seperti diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton (1996) yang kemudian dimodifikasi oleh Frigo (2002) untuk diterapkan pada SKAI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa SKAI Bank X telah menerapkan BSC dan telah memiliki infrastruktur yang memadai sebagai prasyarat untuk penerapan BSC namun demikian dalam penetapan peta strategi dan target ukuran kinerja (KPI) masih diperlukan penajaman, perubahan dan penambahan.

This research aimed to examine whether Bank X Internal Audit Unit has developed and implemented BSC as introduced by Kaplan and Norton (1996) which was the modified by Frigo (2002) to implement in Internal Audit unit. This research concluded that internal audit unit Bank X has implemented a balanced scorecard as a means to measure performance of the internal audit unit and has adequacy infrastructures as a basis to implement it but need more imrovement in defining strategy map and KPI."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27731
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Caesarini
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Komisi Pemilihan Umum Pusat dan memberikan saran-saran perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil kuesioner, wawancara, observasi, dan LHP BPK disimpulkan bahwa pelaksanaan SPIP di KPU Pusat belum efektif. Unsur SPIP sesuai PP 60/2008 yang belum efektif dan perlu diperbaiki adalah Penilaian Risiko dan Pemantauan. Sedangkan unsur yang telah memadai dan perlu terus ditingkatkan adalah Lingkungan Pengendalian dan Kegiatan Pengendalian, serta Informasi dan Komunikasi. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penerapan SPIP di KPU Pusat adalah Sosialisasi SPIP, penerapan analisa risiko dan peningkatan sistem pemantauan.

This research aims to analyze the effectiveness of Government Internal Control System SPIP in KPU using descriptive qualitative approach. Based on the results of questionnaires, interviews, observation, and LHP BPK, SPIP implementation in the KPU are not effective. SPIP element in PP 60 2008, that are not effective and need improvement are Risk Assessment and Monitoring. Elements that already effective but need improvement are Control Environment, Control Activities, and Information Communication. Socialization, risk analysis and improvement of monitoring system need to be done by KPU to improve SPIP implementation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wibowo Aji Utomo
"Tesis ini membahas implementasi sistem pengendalian intern pemerintah di Sekretariat Wakil Presiden. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi sistem pengendalian intern pemerintah pada Sekretariat Wakil Presiden berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang sistem pengendalian intern pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis kualitatif deskriptif yang diperkuat dengan kuesioner diperoleh kesimpulan bahwa secara umum Sekretariat Wakil Presiden telah melaksanakan seluruh unsur-unsur SPIP, serta strategi yang dipilih dan diterapkan Sekretariat Wakil Presiden dalam implementasi SPIP telah membawakan pencapaian yang secara umum baik namun belum mencapai hasil yang efektif.
Hasil penelitian merekomendasikan perlu dilakukan perbaikan unsur penilaian risiko dengan pemetaan risiko yang komprehensif, dengan melibatkan BPKP sebagai pembina implementasi SPIP di Setwapres; perlu dilakukan komunikasi terhadap area-area kristis, yang kritis terhadap perubahan peta risiko; perlu dilakukan kegiatan penyerapan pandangan atas permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan koordinasi antar unit di Setwapres, khususnya berkaitan dengan tumpang tindih tugas pokok dan fungsi; perlu assesment dalam struktur organisasi; perlu penyusunan pola mutasi dan promosi serta pola karir pejabat dan pegawai di Setwapres yang dilakukan secara transparan; perlu diciptakan suatu metode untuk mengetahui kepuasan stakeholder Setwapres; menciptakan sistem kerja reward tinggi yang linier dengan output kinerja; serta perlu adanya peningkatan kapasitas APIP secara reguler untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas APIP dalam mengawal implementasi SPIP di Setwapres.

This thesis is focused on evaluating the implementation of the internal control system within the Secretariat of the Vice President based on Government Regulation No. 60 of 2008 regarding internal control systems of government. The method applied in this research is qualitative descriptive. Based on the results of qualitative descriptive analysis reinforced with questionnaires, it is concluded that generally the Secretariat of the Vice President has been implementing all elements of internal control system (SPIP). Strategies developed and applied by the secretariat in implementing SPIP have resulted in generally good performance, but not effective one yet.
The results of this study leave with some recommendations. First, the secretariat needs to improve its elements of risk assessment with comprehensive risk mapping by involving Development Finance Comptroller (BPKP) serving as umbrella organization for SPIP implementation. Second, it needs comprehensive communication within critical areas, particularly on risk mapping. Third, brainstorming on issues involved in the coordination among units in the secretariat is essential, particularly with respect to overlapping duties and functions. Fourth, the secretariat needs to evaluate its organizational structure. Fifth, it is vital for the secretariat to develop a transparent internal civil service's career development, especially on promotion and transfer. Sixth, a method to identify the secretariat?s stakeholders should be developed. Seventh, a working system with high rewards for best performance should be developed. Eighth, there should be capacity building for Government Internal Oversight Body (APIP) officials held regularly to improve their understanding and performance in enforcing the implementation of SPIP in the secretariat
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeremia Michael Daely
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas prosedur audit pada pendapatan PT XYZ dengan keputusan auditor untuk mengandalkan efektivitas pengendalian internal perusahaan. Prosedur audit pada pendapatan ini dilakukan sebagai bagian dari penugasan untuk laporan keuangan PT DEF untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015. Laporan magang ini bersifat deskriptif, yang akan menjelaskan mengenai program magang yang dilakukan di KAP RSM pada bulan Januari – April 2016. Setelah dilakukan analisis mengenai prosedur audit yang dilakukan, disimpulkan bahwa prosedur audit pada pendapatan PT XYZ telah sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia.

ABSTRACT
This internship report discusses the audit process on PT XYZ income with auditor’s judgment to rely on the company’s internal control effectiveness. This audit procedure on income is conducted as a part of the assignment for PT DEF financial report for period ending December 31, 2015. This internship report type is descriptive, which describes the internship program on KAP RSM from January – April 2016. After analyzing the implemented audit procedure, it is concluded that the audit procedure on PT XYZ income have complied with the applied standard in Indonesia."
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Triazty Resti Ramadhani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi staf internal audit, hubungan antara internal auditor dengan eksternal auditor, dukungan atasan terhadap auditor internal, dan independensi auditor internal terhadap efektivitas audit internal pada Instansi Pemerintah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk penyebaran kuesioner yang dilakukan di 9 Kementerian/Lembaga, dan 1 Lembaga Non Kementerian di Jakarta, dengan auditor internal yang bekerja pada Instansi Pemerintah sebagai respondennya. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Penganalisaan data yang diperoleh untuk pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kompetensi staf internal audit, hubungan antara internal auditor dengan eksternal auditor, dukungan manajemen terhadap auditor internal, dan independensi auditor internal berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal pada Instansi Pemerintah.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the effect of the competence of the internal audit staff, the relationship between internal and external auditors, supervisor support for internal auditors, and the independence of internal auditors on the effectiveness of internal audit in Government Agencies in Indonesia. This study uses primary data in the form of questionnaires conducted in 9 Ministries, and 1 Institute of Non Ministry in Jakarta, with the internal auditors working in government agencies as respondents. The data obtained for this research is examined using multiple regression analysis. Results of the study found that the competence of the internal audit staff, the relationship between internal and external auditors, management support for internal auditors, and the independence of the internal auditor have positive influence on the effectiveness of internal audit in Government Agencies.
"
Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi Bisnis, 2016
S62503
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang dijalankan di Kementerian XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengoptimalkan pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diterapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa serta temuan hasil audit berupa kelebihan pembayaran dan keterlambatan pekerjaan di tahun 2020 pada Kementerian XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari melalui studi kepustakaan dan wawancara kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal pada komponen penilaian risiko dan kegiatan pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada komponen penilaian risiko, kelemahan disebabkan Kementerian XYZ belum menjalankan identifikasi dan analisis risiko. Pada komponen kegiatan pengendalian, kelemahan disebabkan kegiatan pengendalian yang ada belum berbasis risiko sehingga reviu kinerja atas instansi, pembinaan sumber daya manusia, pengendalian fisik atas aset, pemisahan fungsi, otorisasi atas transaksi dan kejadian penting, pencatatan yang akurat dan tepat waktu atas transaksi dan kejadian, dan akuntabilitas terhadap sumber daya dan pencatatannya masih belum efektif mengatasi risiko yang ada.

The purpose of this research is to evaluate the implementation of internal control system in government procurement of goods and services at XYZ Ministry and give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that low of goods and services procurement governance index and audit findings in the form of overpayments and work delays in 2020. The method of this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained from library research and interviews with respondents such as Procurement Officer, Commitment-Making Officer and internal auditor. The results showed that still found the weaknesses in risk assessment and control activity component. In risk assessment component, the weaknesses come from XYZ Ministry has not carried out risk identification and risk analysis. In control activity component, the weaknesses are caused by existing control activities are not yet based on risk, so performance review of agencies, development of human resources, physical control over assets, segregation of duties, authorization of important transactions and events, accurate and timely recording of transactions and events, and accountability for resources and records have not been effective in overcoming the existing risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>