Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ingrid Bakti
"Salah satu kelemahan yang dihadapi saat bekerja dengan mesin angkatan laut adalah korosi, yang selanjutnya menyebabkan kerusakan parah pada kapal. Oleh karena itu, diperlukan proteksi khusus bagi kapal angkatan laut untuk mencegah terjadinya korosi tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk melokalisasi kerusakan multiple coating yang terjadi pada lambung kapal menggunakan model kapal generik yang dikombinasikan dengan jaringan syaraf tiruan (JST). Simulasi numerik menggunakan perangkat lunak FEM COMSOL Multiphysics dilakukan untuk menghitung tanda tangan potensial listrik bawah air (UEP) yang sesuai. Kerusakan lapisan yang disebutkan di atas didefinisikan di permukaan lambung secara acak dan arus yang dipengaruhi oleh sistem perlindungan katodik arus terkesan (ICCP) serta tanda tangan UEP digunakan sebagai parameter input untuk melatih ANN untuk lebih melokalisasi kerusakan lapisan. Kerusakan lapisan ganda dilacak secara terpisah karena sangat kecil kemungkinan kerusakan lapisan tersebut terjadi secara bersamaan ketika kapal berada dalam kondisi perairan terbuka.
Akurasi prediksi dievaluasi oleh JST terlatih dan diuji lebih lanjut untuk model kapal sektoral masing-masing menggunakan 8 dan 12 sektor. Dengan metode deep learning ini didapatkan akurasi sekitar 80% untuk kerusakan lapisan pertama, namun akurasi untuk lokalisasi kerusakan lapisan kedua hanya mencapai 40% dengan model kapal generik mempertimbangkan 12 sektor. Namun, karena implementasi kerusakan kedua di kapal 12 sektor sulit diprediksi oleh JST, tidak masuk akal untuk merealisasikan sektor tambahan.

One of the disadvantages that is faced when working with naval machinery is corrosion which further causes severe damage to the ship. Therefore, specific protection is needed in the naval vessel in order to prevent said corrosion. This thesis aims to localize multiple coating damages that occur in the ship hull using a generic ship model. The numerical simulation using the FEM software COMSOL Multiphysics is performed to calculate corresponding underwater electric potential (UEP) signature. The aforementioned coating damages are defined in the ship hull surface in a random manner and the impressed currents impressed by the ICCP current as well as the UEP signatures are used as input parameters to train the artificial neural network (ANN) to further localize the coating damage. The multiple coating damages are tracked separately since it is highly unlikely for said coating damages to occur simultaneously when the ship is in open water condition.
The prediction test is done by generating the ANN and is tested for the prediction accuracy in the 8 and 12-sector ship. With this deep learning method, approximately 80% of accuracy is obtained for the first coating damage, however the accuracy for the second coating damage localization only reaches 40% with the generic ship model which is divided into 12 sectors taken into consideration. However, since the implementation of the second damage in the 12-sector ship was hard for the ANN to predict, it does not make sense to realize additional sectors.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitry Ramandhany
"Korosi dan erosi rentan terjadi pada boiler yang beroperasi pada suhu tinggi, terlebih pada boiler biomassa dengan kandugan alkali klorida yang bersifat korosif. Studi ini dilakukan untuk mengetahui performa dari material terhadap ketahanan korosi dan erosi suhu tinggi di lingkungan biomassa. Peningkatan performa material dilakukan dengan melapiskan material Cr3C2-NiCr pada substrat baja karbon rendah A516. Teknik pelapisan menggunakan teknik pelapisan flame spray dan high velocity oxy fuel (HVOF). Pengujian untuk mengetahui ketahanan korosi sampel menggunakan metode uji korosi uap garam NaCl:55%KCl suhu 600 °C selama 100 jam. Pengujian erosi dilakukan pada suhu ruang dengan sudut 90° dan kecepatan erodent 32 m/s. Analisis morfologi serbuk pelapis maupun lapisan pelapis menggunakan FE-SEM dan mikroskop optik, analisis fasa yang terbentuk menggunakan XRD, ukuran partikel serbuk pelapis menggunakan PSA, sedangkan pengujian mekanik dilakukan menggunakan karakterisasi kekerasan permukaan dan pull-off test. Teknik pelapisan flame spray menghasilkan lapisan dengan porositas lebih dari 3%, sedangkan pelapisan dengan teknik HVOF menghasilkan lapisan dengan porositas kurang dari 3%. Sehingga lapisan dengan teknik HVOF memiliki ketahanan korosi dan erosi yang lebih baik dibanding lapisan dengan teknik flame spray

Corrosion and erosion are prone when boilers operate at high temperatures. Moreover, in the biomass boiler with the alkali chlorides contain corrosive substance. In this present study, materials were investigated in order to understand the corrosion and erosion resistance in the biomass environment. In order to increase the performance of the material, coating technologies were applied for Cr3C2-NiCr on carbon steel A516 substrate. Flame spray and high velocity oxy fuel (HVOF) techniques were used in this study. The corrosion test was conducted using the NaCl:55%KCl salt vapor corrosion method at 600 °C for 100 hours. Meanwhile, an erosion test was conducted at impinging angle of 90 °C with an erodent velocity of 32 m/s. Morphologies for powder coatings and coatings were analyzed using an optical microscope and FE-SEM. Phase identification was observed using XRD. PSA was used to investigate powder particle size. Meanwhile, the mechanical properties of materials were characterized using surface hardness and pull off test. The flame spray technique exhibited a coating with a porosity value of more than 3%, whereas the HVOF technique showed a coating porosity value of less than 3%. This condition caused coatings that used the HVOF technique to have better corrosion and erosion performance than flame spray technique."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Nick Holson M
"Satu set baja JIS G4404 SKD61 di carbonitriding dengan tujuan meningkatkan karakteristik mekanik maupun ketahanan korosi. Proses Carbonitriding dilakukan di dalam furnace dengan suhu 750°C, 850°C, 950°C selama 120, 240, dan 360 menit untuk mengevaluasi pengaruh waktu selama perlakuan Carbonitriding terhadap kualitas lapisan carbonitriding. Evolusi mikrostruktur dari senyawa dan lapisan difusi dipelajari dengan memindai analisis difraksi mikroskop elektron. Dari karakterisasi mekanis, peningkatan kekerasan mikro diamati terutama secara kontinyu dengan berbagai parameter komposisi powder nitrogen dan karbon untuk menemukan kekerasan mikro yang lebih baik serta ketahanan korosi pada temperature tinggi. Pengujian korosi dengan metode EIS menunjukan bahwa mekanisme Carbonitriding dengan berbagai variasi parameters agar terbentuk pasif layer yang dapat menghambat laju korosi permukaan baja JIS 4404 memperlihatkan hasil yang berbeda beda. Metode penelitian ini mendapatkan hasil yang paling baik adalah metode sample C4N yang menghasilkan laju korosi 0,04 mm/year sedangkan hasil yang paling buruk adalah C2N2 yang menghasilkan laju korosi 0,9 mm/year. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa white layer compound yang terbentuk dari hasil carbonitriding membuat nilai laju korosi menjadi excellent yang dapat dibandingkan dengan laju korosi dalam mpy dengan beberapa satuan metris dimana laju korosi 0,02 < 0,1 mm/year.

A set of JIS G4404 SKD61 steels were Carbonitriding with the aim of improving their performance as matrices and pins. The Carbonitriding process was performed in furnace at 750°C, 850°C,950°C for 120, 240, and 360 minutes in order to evaluate the effect of time during the Carbonitriding treatment on the quality of the Carbonitriding layer. Microstructural evolution of the compound and diffusion layers were studied by scanning electron microscopy diffraction analysis. From mechanical characterization, improving micro hardness was observed mainly a continuous with variety parameters nitrogen and carbon compositions In order to find better micro hardness and find the best corrosion resistant in hight temperature corrosion term. Corrosion testing using the EIS method shows that the carbonitriding mechanism with various parameters to form a passive layer which can reduce the corrosion rate of the JIS 4404 steel surface shows different results. This research method gets the best results is the sample method C4N which produces a corrosion rate of 0.04 mm / year while the worst result is C2N2 which produces a corrosion rate of 0.9 mm / year. The results showed that the white layer compound formed from the results of carbonitriding made the corrosion rate excellent, which could be compared with the corrosion rate in mpy with several metric units where the corrosion rate was 0.02 <0.1 mm / year."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Irawan
"Dalam penelitian ini dilakukan beberapa metode pengukuran laju korosi dari suatu pipa penyalur dengan fluida gas didalamnya serta adanya gas CO2 dan H2S. Metode untuk mengamati laju korosi yang dilakukan yaitu dengan perbandingan laju korosi berdasarkan perhitungan dari corrosion probe terhadap laju korosi berdasarkan perhitungan kehilangan berat dari corrosion coupon, serta laju korosi yang dihitung menggunakan software corrosion modeling dengan menggunakan data dari analisa fluida. Corrosion probe yang digunakan adalah dari jenis tube loop dengan elemen carbon steel sementara itu coupon yang digunakan adalah material Carbon Steel C1018 mild steel. Metode analisa fluida gas terutama CO2 dan H2S digunakan untuk menghitung laju korosi dengan menggunakan software corrosion modeling. Metode intrusive (Coupon dan probe) yang digunakan dipasang pada pipa horizontal dengan posisi coupon dan probe tersebut di atas dari pipa tersebut (posisi jam 12). Coupon dan probe di biarkan selama beberapa hari lamanya (NACE RP0775)7] kemudian laju korosi dihitung berdasarkan kehilangan beratnya. Data dari Corrosion probe diambil dari data logger yang fungsinya sebagai penyimpan data selama probe tersebut terpasang di dalam sistem pipa penyalur. Data tersebut di unduh dan kemudian di hitung hingga mendapatkan laju korosinya. Pengambilan sample dari fluida gas yang mengalir didalamnya dilakukan untuk menghitung laju korosi dengan menggunakan metode software corrosion modeling. Kandugan gas terutama CO2 dan H2S yang merupakan bahan corrodent merupakan parameter yang akan menentukan tingkat laju korosinya. Masing-masing data yang diperoleh kemudian dianalisa dan dibandingkan dengan metode perghitungan laju korosi dari corrosion probe. Pada kondisi gas CO2 11 %V dan H2S 8 ppm menunjukkan trend yang berbeda dibandingkan laju korosi dari coupon dan corrosion modeling. Hal ini disebabkan peningkatan H2S dapat menyebabkan peningkatan difusi atom hydrogen pada elektroda probe yang akan mempengaruhi sensitivitas probe.

There are several methods is being used in this paper to calculate corrosion rate from gas transportation pipeline which has CO2 and H2S inside. These methods are to compare corrosion rate results based on calculation of weight loss by corrosion coupon, probe and corrosion modeling. Corrosion probe which is applied is tube loop type and carbon steel C1018 mild steel. Gas analysis such as CO2 and H2S are applied to calculation corrosion rate using corrosion modeling. Intrusive methods such as corrosion coupon and probe installed at 12 o'clock on horizontal pipeline. Coupon and probe exposed in several days, based on NACE RP 07757] then calculate corrosion rate based on weight loss before and after exposed. Data from corrosion probe downloaded from data logger and Corrosion rate calculated from software which is provided. Gas sampling analysis is applied to determine corrosion rate using corrosion modeling. CO2 and H2S as corrodent are parameters to determine corrosion rate. Data from coupon, probe and sampling are calculated to obtain corrosion rate, and then the results are compared to corrosion rate obtained from corrosion probe. Trending of corrosion rate obtained from corrosion probe is different from corrosion rate obtained from coupon and corrosion modeling when CO2 and H2S present 11%V and 8 ppm respectively. The difference of results due to increasingly of diffusivity hydrogen atomic into probe which affecting probe sensitivity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35875
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyadi
"Pipa penyalur minyak umumnya menggunakan material baja karbon. Salah satu masalah besar dalam penggunaan material tersebut yang berkaitan dengan korosi dan biasanya terjadi kebocoran adalah akibat adanya pengaruh konsentrasi ion klorida yang terlarut dalam media air sehingga lingkungan bersifat korosif (asam). Oleh karena itu sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut perlu diketahui besaran laju korosi material baja karbon tersebut.
Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan antara laju korosi yang diperoleh dari metode pengujian linear polarisasi resistance dan pengukuran metal loss dengan peralatan ultrasonic thickness meter. Output dari kedua metode tersebut selanjutnya diperoleh hubungan laju korosi melalui analysis of variance dengan menggunakan software.
Studi pengaruh kadar klorida dilakukan untuk mengetahui korosi internal pipa baja karbon API 5L Grade B yang digunakan sebagai pipa penyalur minyak di lapangan. Metode pengujian polarisasi resistance dilakukan dalam media larutan air formasi NaCl 1%, 2% dan 3.5%. Laju korosi internal pipa baja karbon API 5L Grade B cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi klorida dalam media larutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pipa baja karbon API 5L Grade B memiliki ketahanan korosi yang cukup pada fluida dengan konsentrasi klorida 1%, 2% dan 3.5%.

Oil pipeline is commonly used carbon steel. One of the big caused on using that material which related to corrosion problem and usually there is such as leakage due to effect of ion chloride concentration in water that causes corrosive environment (acid). In order to overcome this problem is necessarily to know corrosion rate of this steel.
In this study, output comparison of corrosion rate measurement methods are resistance polarization and metal loss measurement with ultrasonic. Correlation factor between both methods of corrosion rate measurement will achieved by analysis of variance from software.
The aim of this research is to study effect chloride level to internal corrosion carbon steel API 5L Grade B and carbon steel that used as oil pipeline in the field. A method used for corrosion testing is resistance polarization which was used formation water solution with NaCl 1%, 2% and 3.5%. The corrosion rate for carbon steel API 5L Grade B tend to increase accompanied with more chloride content in the medium, respectively. This research also explain that carbon steel API 5L Grade B have corrosion resistance fairly to fluid with chloride content 1%, 2% and 3.5%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fatih
"Stainless steel (SS) 304 merupakan salah satu jenis baja tahan karat austenitik yang paling umum digunakan. Salah satu tipe dari 304 adalah SS 304L dengan ketahanan korosi yang lebih tinggi. Penggunaannya yang bisa pada berbagai macam aplikasi menyebabkan baja ini sering digunakan. Sifat mekanis SS 304L sendiri memiliki keunggulan pada kekuatan dan kekerasannya yang cukup baik serta keuletannya yang baik. Dalam penggunaan di dunia industri pastinya dibutuhkan waktu pengujian atau pengambilan data yang cepat agar suatu produk berbahan dasar SS 304L tadi bisa digunakan, oleh karena itu pengujian kekerasan dilakukan. Pengujian kekerasan Vickers dilakukan pada penelitian ini dan dilakukan studi eksperimental terkait persamaan-persamaan yang sudah dirumuskan oleh peneliti dengan cara membandingkan data aktual dengan data prediksi kekuatan tarik menggunaan persamaan yang sudah ada. Penelitian dilakukan dengan melakukan validasi terhadap tiga persamaan yaitu persamaan Tabor, persamaan Odette & Yamamoto, dan persamaan Yanping Cao. Persamaan dari Tabor menjadi pilihan yang paling representatif di antara persamaan yang lain dengan persentasi kesalahan 20-60%. Penggunaan nilai n (koefisien pengerasan reganan) yang tepat pada persamaan Tabor akan menentukan nilai keakuratan prediksi.

Stainless steel (SS) 304 is one of the most commonly used types of austenitic stainless steel. One type of 304 is SS 304L with higher corrosion resistance. Its use in a variety of applications causes this steel to be often used. The mechanical properties of SS 304L itself have the advantages of good strength and hardness and good ductility. In use in the industrial world, it certainly takes time for testing or fast data collection so that a product made from SS 304L can be used, therefore a hardness test is carried out. Vickers hardness testing was carried out in this study and experimental studies were carried out regarding the equations that had been formulated by the researcher by comparing the actual data with the predicted tensile strength data using existing equations. The research was conducted by validating three equations, namely the Tabor equation, the Odette & Yamamoto equation, and the Yanping Cao equation. The Tabor equation is the most representative choice among other equations with an error percentage of 20-60%. The use of the correct value of n (strain hardening coefficient) in the Tabor equation will determine the value of the prediction accuracy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arham
"Pada penelitian ini, material pelapis komposit epoksi- ZnO disintesis dan permukaannya dimodifikasi menggunakan asam stearat. Partikel ZnO dipreparasi menggunakan metode yang murah, yaitu penghalusan dengan ball to powder ratio (BPR) 5:1, 10:1, and 15:1 kemudian dilakukan invesitgasi pada struktur kristal, sifat wettability, gugus fungsi, ukuran partikel dan sifat ketahanan korosi setelah dilakukan pencampuran pada epoksi dengan variasi komposisi 0%, 3%, 6% dan 9%. Ukuran partikel terkecil dan terbesar didapatkan pada BPR 5:1 dengan ukuran partikel sebesar 189,3 nm dan 910 nm, secara berurutan.
Hasil FTIR menunjukkan bahwa efek hidrofobik didapatkan setelah dilakukan modifikasi pada partikel ZnO akibat gugus fungsi alkil (C-H) dan karboksil asam stearat yang mengganti gugus fungsi hidroksil pada permukaan partikel ZnO. Pengaruh variasi komposisi dan perlakuan modifikasi permukaan mempengaruhi nilai sudut kontak air pada baja yang telah dilapis. Metode Tafel polarisasi dan EIS menunjukkan bahwa penambahan filler maupun modifikasi permukaan mampu menurukan laju korosi.
Hasil uji EIS menujukkan nilai Rct dan Rcoat yang bervariasi tetapi memiliki kecenderungan kenaikan ketika terjadi penambahan komposisi filler ZnO dan penambahan modifikasi permukaan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa komposisi 6% filler maupun perlakuan modifikasi permukaan mampu meningkatkan resistansi korosi melalu mekanisme barrier dan efek hidrofobik.
Kata kunci: Elektrokimia korosi, Komposit coating, Modifikasi Permukaan, ZnO

In this study, the epoxy-ZnO composite coating material was synthesized and the surface using stearic acid. ZnO particles were prepared using an inexpensive method, namely refining with a ball to powder ratio (BPR) of 5:1, 10:1, and 15:1 then investigated on the crystal structure, wettability properties, functional groups, particle size and resistance properties after being carried out. mixing on epoxy with various compositions of 0%, 3%, 6% and 9%. The smallest and largest sizes were found in BPR:1 with particle sizes of 189.3 nm and 910 nm, respectively.
The FTIR results showed that the hydrophobic effect was obtained after modification of the ZnO particles due to the alkyl (C-H) and carboxyl functional groups of stearic acid replacing the hydroxyl functional groups on the surface of the ZnO particles. The effect of variations in composition and surface modification treatment affects the value of the air contact angle on the coated steel. The Tafel polarization method and EIS showed that the addition of filler and surface modification was able to reduce the corrosion rate.
The results of the EIS test showed that the Rct and Rcoat values varied but had a tendency to increase when ZnO filler composition was added and surface modification was added. From this research, it can be seen that the composition of 6% filler and surface modification treatment can increase corrosion resistance through barrier mechanisms and hydrophobic effects.
Keywords: Electrochemical corrosion, Composite coating, Surface Modification, ZnO
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Versal
"Kemampuan kombinasi ekstrak temulawak Curcuma Xanthorrhiza dan bawang Dayak Eleutherine Americana sebagai inhibitor ramah lingkungan untuk baja karbon API 5L X42 pada lingkungan HCl 1M diinvestigasi dengan pengujian tafel, weight loss, polarisasi, Electrochemical Impedance Spectroscopy EIS, dan Fourier Transform Infrared Spectroscopy FTIR. Senyawa flavonoid dan antioksidan yang berperan untuk menginhibisi korosi diinvestigasi melalui pengujian FTIR. Selain itu, lapisan yang terbentuk di permukaan logam juga dipelajari dengan menggunakan metode adsorpsi Langmuir isotherm. Campuran ekstrak temulawak dan bawang Dayak merupakan inhibitor jenis campuran, dan dominan pada katodik. Efisiensi inhibisi paling tinggi didapatkan dengan persentase 80 :20 yaitu 91,78. Campuran ekstrak temulawak dan bawang Dayak dapat digunakan sebagai alternatif inhibitor ramah lingkungan untuk baja karbon API 5L X42 pada lingkungan asam.

This study aimed to investigate the ability of combination from Curcuma Xanthorrhiza and Eleutherine Americana extract as an environment friendly inhibitor for API 5L X42 steel in 1M HCl environment. Corrosion inhibition ability of this extract was tested using weight loss, tafel polarization, electrochemical impedance spectroscopy methods, and fourier transform infrared spectroscopy. FTIR test was used to investigate flavonoid and antioxidant compound that plays an important role to inhibit corrosion. In addition, formed layer on the metal surface was also studied using Langmuir isotherm adsorption methode. It can be concluded that combination from Curcuma Xanthorrhiza and Eleutherine Americana extract could be used as an alternative and environmental friendly inhibitor for API 5L X42 steel in acidid environment. Keywords API 5L X42 EIS FTIR green inhibitor polarization."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67628
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandra Devanny Utomo
"ABSTRAK
Baja karbon adalah jenis material baja yang cukup mudah diperoleh dan banyak digunakan sebagai komponen struktural. Namun jika digunakan di lingkungan terbuka, misal untuk infrastruktur di laut, baja karbon rentan terhadap serangan korosi atmosferik dan biofouling terutama pada kondisi lingkungan dengan polutan yang tinggi. Metode pengecatan adalah salah satu bentuk perlindungan untuk baja karbon terhadap serangan korosi di lingkungan laut. Penelitian ini menginvestigasi daya lekat dan kemampuan perlindungan korosi dari tiga sistem cat multilapis yang umum diaplikasikan pada struktur baja di laut, terdiri dari cat zinc-rich, epoxy, polyurethane dan silyl acrylate anti-fouling. Metode pengujian mencakup uji tarik cat, pengukuran EIS dan polarisasi, uji celup, uji sembur garam, serta pengamatan makro dan karakterisasi SEM/EDS, yang seluruhnya dilakukan dalam kurun waktu 4 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem cat inorganic zinc silicate epoxy mastic dan zinc-epoxy epoxy mastic polyurethane memiliki ketahanan korosi yang baik mdash;terutama di lingkungan atmosferik mdash;dengan mekanisme proteksi gabungan barrier dan galvanik. Sedangkan sistem cat epoxy primer polyurethane anti-fouling memiliki kekuatan adhesif dan ketahanan korosi yang buruk, namun efektif dalam menangkal penempelan fouling di lingkungan terendam.

ABSTRACT
Carbon steel is a type of steel that is widely available and employed as a structural component. However, if used in open air environments, for example for marine infrastructure, carbon steel is susceptible to atmospheric and biofouling corrosion especially in highly polluted environments. Painting method is one form of protection for carbon steel against corrosion attacks in the marine environment. This study investigates paint adhesion and corrosion protection performance of three multilayer paint systems commonly applied to marine steel structures, comprising zinc rich, epoxy, polyurethane and silyl acrylate anti fouling paints. The test method encompassed the pull off test, EIS and polarization measurements, immersion test, salt spray test, and macroscopic observation and SEM EDS characterization, all of which were carried out over a period of 4 months. The results exhibited that the inorganic zinc silicate epoxy mastic and zinc epoxy epoxy mastic polyurethane paint systems has good corrosion resistance mdash particularly in atmospheric environments mdash by incorporating barrier properties and galvanic protection mechanisms. While the epoxy primer polyurethane anti fouling paint system has poor adhesive strength and corrosion resistance, it is effective in preventing fouling attachment in submerged environments."
2018
T50909
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Azmi
"Teknik Metalurgi dan MaterialJudul : Studi Ketahanan Korosi Pipa Baja API 5L X42 dengan Green Inhibitor Ekstrak Bawang Dayak Eleutherine americanna Merr. dalam Lingkungan 1M HCl. Ketahanan korosi pipa baja API 5L X42 dengan inhibitor ramah lingkungan ekstrak bawang dayak Eleutherine americanna Merr. dalam lingkungan 1M HCl diinvestigasi dengan pengujian polarisasi tafel, weight loss, dan Electrochemical Impedance Spectroscopy EIS . Senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang berperan untuk menginhibisi korosi diinvestigasi melalui pengujian FTIR. Variabel yang digunakan adalah konsentrasi inhibitor, yaitu 0 ppm, 100 ppm, 250 ppm, 500 ppm, dan 1000 ppm. Ekstrak bawang dayak yang mempunyai gugus flavonoid merupakan inhibitor jenis campuran, dan dominan katodik. Efisiensi inhibisi paling tinggi didapatkan dengan konsentrasi 1000 ppm. Inhibitor ekstrak bawang dayak dapat digunakan sebagai alternatif inhibitor ramah lingkungan untuk baja API 5L X42 pada lingkungan 1M HCl.

Metallurgy and Materials EngineeringTitle Study of Corrosion Resistance of Pipeline API 5L X42 Using Green Inhibitor Bawang Dayak Eleutherine americanna Merr. in 1M HCl. This study aimed to investigate the ability of Eleutherine americanna Merr. extract as an environment friendly inhibitor for API 5L X42 in 1M HCl. Corrosion inhibition ability of this extract was tested using tafel polarization, weight loss and electrochemical impedance spectroscopy methods. FTIR test was used to investigate flavonoid and antioxidant compound that plays an important role to inhibit corrosion. In this study the concentration of Eleutherine americanna Merr. extract used was 0 ppm, 100 ppm, 250 ppm, 500 ppm, and 1000 ppm. It can be concluded that Eleutherine americanna Mer. extract can be used as an alternative and environmental friendly inhibitor for API 5L X42 in 1M HCl. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67491
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>