Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130366 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eko Kuswardono Budiardjo
"Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menjalankan misi untuk mengumpulkan dana abadi dan membangun kesenjangan telekomunikasi/internet di wilayah terluar, tertinggal, terdepan (3T) melalui program Universal Service Obligation (USO), sebagai dana yang disihkan dari pendapatan setiap penyedia operator telekomunikasi. Dalam menjalankan misi ini, BAKTI menjalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia melalui UKK Hudev dalam upaya membangun platform aplikasi tata kelola desa (PTKD-NG), sebagai bagian tak terpisahkan dari pendayagunaan internet di wilayah 3T. Praktik keinsinyuran pada kegiatan perencanaan dan perancangan PTKD-NG menghasilkan arsitektur PTKD-NG, klasterisasi desa sesuai tingkat kesiapan adopsi teknologi, strategi & program rekayasa sosial, dan peta jalan pembangunan & implementasi PTKD-NG. Praktik ini dijalankan dengan memperhatikan Profesionalisme, Keselamatan, Kesehatan, Keamanan kerja & Lingkungan (K3L), Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (KEEI) pada setiap tahapan kegiatan. Platform baru ini merupakan pembaharuan dari generasi sebelumnya. Hal ini diupayakan guna menyelaraskan dengan perkembangan sistem administrasi desa dan perkembangan teknologi digital. Kompetensi keinsinyuran PII yang dilaksanakan mencakup (a) aspek profesionalisme nomor W.2.2.1–6; (b) aspek K3L nomor W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; dan (c) aspek KEEI nomor W.1.1.4., W.1.2.3–8.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), has the mission to manage the endowment fund to fill the telecommunication/internet gap in the area for those in frontier, outermost and least developed regions often referred to as 3T (terdepan, terluar, tertinggal) regions. This fund has been collected from telecommunication operators via Universal Service Obligation (USO) program. One of their efforts for the mission is establishing cooperation with Universitas Indonesia via UKK Hudev Unit. The goal of this collaboration is to plan, design, construct, and deploy PTKD-NG platform. It is expected that this effort will improve internet utilization in 3T regions. The engineering practices output includes the PTKD-NG architecture, village clustering based on their readiness level, social engineering strategy & program, and development roadmap. Professionalism, K3L, KEEI has been successfully applying the engineering process. This effort aims to modernize the platform due to the industrial revolution 4.0 technology advancements and the development of village governance. Professional engineer's competency has been followed includes (a) professionalism aspect number W.2.2.1–6; (b) K3L aspect number W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; and (c) KEEI Aspect number W.1.1.4., W.1.2.3–8."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Latifah Oetarto
"Transformasi karyawan digital, seperti pada industri telekomunikasi yang mengalami peningkatan produktivitas selama pandemic COVID-19, membutuhkan aplikasi kolaborasi yang baik untuk menirukan ruang kerja yang sebenarnya. Aplikasi kolaborasi yang baik memerhatikan aspek-aspek kegunaan sehingga dapat membantu pengguna dalam mencapai tujuannya. Hal ini dapat dicapai salah satunya melalui proses perancangan yang berbasis persona pengguna dan tujuan yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi desain aplikasi kolaborasi mobile pendukung WFH bagi karyawan industri telekomunikasi berdasarkan metode Goal-Directed Design (GDD). Tahapan metode GDD yang dilakukan adalah research dan modeling menggunakan cognitive walkthrough, retrospective think aloud, wawancara, serta analisis klaster, dilanjutkan tahap requirements, framework, hingga refinement. Hasil penelitian berupa prototipe interaktif aplikasi kolaborasi dengan tampilan dan fungsi yang disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan persona pengguna.

"Digita l employee transformation, such as in the telecommunications industry which saw" "increased productivity during the COVID-19 pandemic, requires good collaboration applications to mimic real workspaces. A good collaboration application pays attention to usability aspects so that it can help users in achieving their goals. This can be achieved through a design process that is based on the user persona and the goals it has. This study was conducted to provide recommendations for the design of mobile collaboration applications supporting WFH for employees of the telecommunications industry based on the Goal-Directed Design (GDD) method. The stages of the GDD method are research and modeling using cognitive walkthrough, retrospective think aloud, interviews, and cluster analysis, followed by the requirements, framework, and refinement stages. The results of the research are interactive prototypes of collaboration applications with displays and functions that are tailored to the goals and needs of the user persona.""
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manuel Yoseph Ray
"Aplikasi mobile bidang transportasi di Indonesia semakin populer digunakan. MRT-J merupakan aplikasi mobile bidang transportasi yang membantu penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta. Meskipun aplikasi mobile MRT-J dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan layanan MRT Jakarta, terdapat beberapa masalah yang terdapat pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada aspek transportasi dan finansial dari aplikasi tersebut dan memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif. Perancangan desain antarmuka alternatif pada penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design dengan menerapkan prinsip desain interaksi Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design dan Nielsen’s Ten Usability Heuristics. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner daring, Usability Testing (UT), dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS). Data berupa keluhan dan saran dianalisis dan hasil analisis tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif yang mencakup aspek transportasi dan finansial yaitu fitur beli tiket, lihat jadwal, pembayaran dan kartuku. Setelah proses perancangan solusi selesai, solusi dievaluasi dengan UT dan SUS. Hasil evaluasi solusi kemudian dibandingkan dengan hasil evaluasi terhadap aplikasi saat ini (as-is). Diperoleh bahwa nilai dari SUS mengalami peningkatan pada aspek transportasi dan finansial. SUS pada aspek transportasi memperoleh nilai 95,75, yang sebelumnya 51,5, dan SUS pada aspek finansial memperoleh nilai 92,75, yang sebelumnya 55,25. Nilai-nilai tersebut melebihi nilai 80 yang menjadi benchmark untuk menentukan suatu produk memiliki tingkat User experience yang di atas rata-rata.

Mobile applications on the transportation sector in Indonesia are increasingly being used. MRT-J is a mobile application in the field of transportation that helps users to use MRT Jakarta. Although the MRT-J mobile application can make it easier for users to use MRT Jakarta, there are several problems with the application. This study aims to identify problems in the transportation and financial aspects of the application and provide solutions in the form of alternative interface designs. The design of alternative interface designs in this study uses the User-Centered Design method by applying the interaction design principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design and Nielsen's Ten Usability Heuristics. Research data was collected by distributing online questionnaires, Usability Testing (UT), and distributing System Usability Scale (SUS) questionnaires. Data in the form of complaints and suggestions are analysed and the results of the analysis are used to design solutions in the form of alternative interface designs that include transportation and financial aspects, namely the ticket purchase feature, view schedule, payment and my card. After the solution design process is completed, the solution is evaluated with UT and SUS. The results of the evaluation of the solution are then compared with the results of the evaluation of the current application (as-is). It was found that the value of SUS has increased in the transportation and financial aspects. SUS in the transportation aspect scored 95.75, previously 51.5, and SUS in the financial aspect scored 92.75, previously 55.25. These values exceed the value of 80 which is the benchmark to determine a product has an above average level of User experience."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspaningtyas Sanjoyo Adi
"ABSTRACT
The new student registration process begins with the process of filling out the registration form where to get it, the prospective student pays to get the form. Sanata Dharma University cooperates with the bank to develop an application to pay registration form with web service technology. The advantage of this technology is electronic service and can work 24 hours. Web service technology is a service that
allows communication between machines performed through a computer network with HTTP protocol web server. The web service application was developed and implemented by Sanata Dharma University and CIMB Niaga bank in October 2017. From the observation of January 2018 compared to January 2017, the January 2018 transaction increased by about 12% compared to January 2017. The proportion of web service transactions is around 30% of total transactions where 80% of them are conducted outside office hours. This data indicates that the knowledge of electronics services of prospective students and their parents is good enough."
Yogyakarta: Media Teknika, 2017
620 MT 12:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Haidar Zuhdi
"Masa pandemi membuktikan pentingnya peran aplikasi komunikasi berbasis teks, audio, dan video di masyarakat. Contoh aplikasi instant messaging yang digunakan secara luas adalah Discord dan LINE. Namun, kedua aplikasi tersebut secara default belum mengadopsi protokol keamanan data yang sedang dalam proses pengiriman (in transit) secara sempurna dan menyeluruh. Contoh aplikasi yang sudah menerapkan hal tersebut adalah Signal dan WhatsApp. Kekurangan dari kedua aplikasi tersebut adalah digunakannya protokol yang tersentralisasi, di mana pesan harus berjalan melalui server-server yang dikontrol oleh satu pihak sehingga pengguna ”dipaksa” untuk memercayai dan bergantung pada server-server pusat tersebut. Dilatarbelakangi oleh permasalahan tersebut, penelitian ini memperkenalkan sebuah aplikasi Instant Messaging yang terenkripsi end-to-end menggunakan protokol XMPP dengan skema enkripsi OMEMO. Protokol XMPP adalah suatu protokol instant messaging yang dipilih karena tidak memerlukan adanya ketergantungan ke otoritas pusat manapun. Protokol XMPP dapat berjalan di atas TCP ataupun QUIC. Pada penelitian ini, aplikasi diimplementasikan sehingga mampu memulai koneksi XMPP menggunakan TCP atau QUIC. Selain itu ditambahkan juga tur voice and video call menggunakan WebRTC dan ekstensi Jingle karena kebanyakan aplikasi instant messaging memiliki tur ini. Dua aspek utama yang dievaluasi pada aplikasi hasil penelitian ini adalah latency dan resource usage. Penelitian ini menemukan bahwa performa latency pada jaringan XMPP cukup baik, tetapi terjadi peningkatan latency pada kasus ada banyak client yang saling mengirimkan pesan sekaligus pada waktu yang bersamaan. Selain itu, tidak ada perbedaan performa yang signi kan antara QUIC dan TCP pada XMPP. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi OMEMO menyebabkan performa latency lebih buruk ketimbang tanpa adanya enkripsi end-to-end, tetapi server sudah tidak dapat lagi mengetahui isi dari pesan apapun yang dikomunikasikan antara client. Hasil evaluasi pada tur voice and video call menunjukan bahwa tur ini memiliki performa latency yang memuaskan untuk aplikasi real-time. Selain itu, dilakukan juga uji perbandingan latency dari koneksi yang menggunakan relay server dengan yang tidak dan ternyata tidak terjadi perbedaan performa yang signi kan. Namun, koneksi ini akan menjadi beban bagi relay server."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kenshin Himura Mahmuddin
"Masa pandemi membuktikan pentingnya peran aplikasi komunikasi berbasis teks, audio, dan video di masyarakat. Contoh aplikasi instant messaging yang digunakan secara luas adalah Discord dan LINE. Namun, kedua aplikasi tersebut secara default belum mengadopsi protokol keamanan data yang sedang dalam proses pengiriman (in transit) secara sempurna dan menyeluruh. Contoh aplikasi yang sudah menerapkan hal tersebut adalah Signal dan WhatsApp. Kekurangan dari kedua aplikasi tersebut adalah digunakannya protokol yang tersentralisasi, di mana pesan harus berjalan melalui server-server yang dikontrol oleh satu pihak sehingga pengguna ”dipaksa” untuk memercayai dan bergantung pada server-server pusat tersebut. Dilatarbelakangi oleh permasalahan tersebut, penelitian ini memperkenalkan sebuah aplikasi Instant Messaging yang terenkripsi end-to-end menggunakan protokol XMPP dengan skema enkripsi OMEMO. Protokol XMPP adalah suatu protokol instant messaging yang dipilih karena tidak memerlukan adanya ketergantungan ke otoritas pusat manapun. Protokol XMPP dapat berjalan di atas TCP ataupun QUIC. Pada penelitian ini, aplikasi diimplementasikan sehingga mampu memulai koneksi XMPP menggunakan TCP atau QUIC. Selain itu ditambahkan juga tur voice and video call menggunakan WebRTC dan ekstensi Jingle karena kebanyakan aplikasi instant messaging memiliki tur ini. Dua aspek utama yang dievaluasi pada aplikasi hasil penelitian ini adalah latency dan resource usage. Penelitian ini menemukan bahwa performa latency pada jaringan XMPP cukup baik, tetapi terjadi peningkatan latency pada kasus ada banyak client yang saling mengirimkan pesan sekaligus pada waktu yang bersamaan. Selain itu, tidak ada perbedaan performa yang signi kan antara QUIC dan TCP pada XMPP. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi OMEMO menyebabkan performa latency lebih buruk ketimbang tanpa adanya enkripsi end-to-end, tetapi server sudah tidak dapat lagi mengetahui isi dari pesan apapun yang dikomunikasikan antara client. Hasil evaluasi pada tur voice and video call menunjukan bahwa tur ini memiliki performa latency yang memuaskan untuk aplikasi real-time. Selain itu, dilakukan juga uji perbandingan latency dari koneksi yang menggunakan relay server dengan yang tidak dan ternyata tidak terjadi perbedaan performa yang signi kan. Namun, koneksi ini akan menjadi beban bagi relay server.

Times of the pandemic have underlined the importance of software applications based on text, audio, and video messaging in society. Among the instant messaging applications widely used in Indonesia are Discord and LINE. Those two applications by default do not implement complete and comprehensive secure communication protocols for data that are in-transit. Some other applications have already implemented such protocols, with Signal and WhatsApp being the most popular among those that implement secure communication by default. However, both Signal and WhatsApp use a centralized architecture for their protocol, where all communication relies on centralized servers controlled by a single central authority. As such, users are ”forced” to trust and rely on those central servers that they have no control over. With such concerns in mind, this research attempts to introduce an instant messaging application that is end-to-end encrypted with the XMPP protocol in addition to using OMEMO encryption scheme. XMPP is an instant messaging protocol that is selected due to its decentralized nature and the lack of need to rely on any central authority. The XMPP protocol can run on top of TCP or QUIC. For the purposes of this research, the implemented application supports XMPP connections utilizing either TCP or QUIC. On top of that, support for voice and video calls is also implemented with WebRTC and the Jingle extension as it is expected for instant messaging applications to have such a call feature. Two main aspects are evaluated in the implemented system, which are latency and resource usage. This research nds that the latency performance of the XMPP network is adequate, but an increase of latency is identi ed in cases where clients concurrently send each other messages. Furthermore, there is no signi cant performance difference between the use of XMPP on QUIC and TCP. This research also nds that the addition of OMEMO encryption compromises the latency performance of the application signi cantly, but as a result, any intermediary server or proxy can no longer read the contents of messages. The evaluation of the voice and video call features shows that the latency performance is satisfactory for a real-time application. A comparative test is also conducted between connections that utilize a relay server and those that do not, with there being no signi cant performance difference. However, this connection burdens additional load onto the relay server."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darvin
"Dalam pengembangan suatu aplikasi, sangat penting untuk memperhatikan beberapa metrik utama yang menunjang keberlangsungan aplikasi tersebut. Metrik yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah Performance, Scalability, Availability, dan Maintenance. Pada umumnya pembuatan sebuah aplikasi dimulai dengan arsitektur monolitik untuk menghindari kompleksitas dan mempercepat proses pengembangan dengan jumlah developer yang terbatas. Seiring dengan dilakukannya continuous development akan menyebabkan codebase dari aplikasi tersebut membesar dan akan sangat sulit untuk melakukan perawatan maupun penambahan sebuah fitur baru. Hal tersebut dikarenakan setiap perubahan yang dilakukan dapat mempengaruhi keseluruhan aplikasi karena pada dasarnya setiap servis ditempatkan dalam sebuah instance yang sama. Dengan melakukan migrasi dari arsitektur monolitik menuju microservice terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh seperti pengembangan secara paralel, melakukan scaling hanya pada layanan tertentu, memungkinkan penerapan pipeline, dan meningkatkan fleksibilitas aplikasi . Keuntungan tersebut dapat diperoleh dikarenakan setiap servis akan terpisah antara satu dengan yang lainnya. Namun, pelaksanaan migrasi tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena diperlukan perancangan terlebih dahulu yang didasarkan pada kebutuhan masing-masing aplikasi. Dari penerapan migrasi yang dilakukan pada aplikasi Automation Messaging System, diperoleh bahwa terdapat peningkatan performa sebesar 68.10% dalam response time dan 36.02% lebih ringan dalam CPU Utilization. Perbandingan pada metrik lainnya juga mampu memberikan keunggulan dibandingkan arsitektur monolitik, seperti kemampuan scaling yang lebih efektif, kemudahan dalam melakukan perawatan, dan penurunan biaya bulanan infrastruktur sebesar 16.26%.

There are several important metrics needs to be considered when developing an application such as Performance, Scalability, Availability, and Maintenance aspects. In general, an application started developed using monolithic architecture to simplify and shorten the development process with limited amount of engineers. However, as we implemented the continuous development process, the source code of the application will expand as the time goes on and it will be very hard to maintain or add a new feature into it. This can happen because every code changes in monolithic application will affect the entire application as all the service registered inside are placed inside the same instance. Hence, the migration from Monolithic to Microservices is important because it provides numerous benefits, such as the separation of each service from one another, which enables parallel development possibilities. The other advantage are allowing pipeline implementation, increase technology stack flexibility, and improve scalability. These advantages can be obtained because each service is loosely-coupled or separated from one another. However, the implementation of the migration itself is not an easy task as it requires prior planning based on the specific needs of each application. Through the performed migration on the Automation Messaging System application, it was found that there was a 68.10% improvement in response time and a 36.02% less usage in CPU utilization. Furthermore, the comparison with other metrics also showed the superiority of the microservices architecture over the monolithic architecture, such as more effective scaling capabilities, ease of maintenance, and a monthly infrastructure cost reduction of 16.26%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Resmini, Andrea
Boston: Elsevier, 2011
005.1 RES p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Almasyhur
"Salah satu fungsi CCTV yaitu untuk menjaga lalu-lintas pada persimpangan jalan, yang merupakan bagian dari ATCS. Ketika semakin banyak ATCS yang terpasang di jalan, secara konvensional, semakin banyak layar yang harus dipantau pada control room. Hal ini memerlukan sumber daya manusia tambahan, misalnya untuk dapat mengontrol keseluruhan lampu merah di persimpangan jalan. Sehingga, penggunaan algoritma YOLO dapat membantu melakukan pendeteksian kepadatan lalu lintas pada suatu persimpangan secara otomatis. Namun, menjalankan proses ini di sebuah server dapat mengakibatkan performa yang buruk bila jumlah aliran video dari CCTV yang harus diproses bertambah. Penelitian ini melakukan proof of concept untuk implementasi sistem di atas secara lebih scalable. Video yang berasal dari beberapa CCTV dikirimkan ke sebuah cluster kubernetes dengan memanfaatkan arsitektur multi-core pada GPU. Proses ini menghasilkan video deteksi yang telah diberikan bounding box dari kendaraan yang berada dalam lalulintas. Selain itu, terdapat hasil dari hitungan banyak kendaraan dari masing-masing lajur yang disimpan dalam sebuah databas. Data tersebut digunakan untuk web dashboard yang digunakan untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan dan pengambilan keputusan. Uji coba yang dilakukan membuktikan bahwa sistem dapat bekerja dengan stabil dengan auto-scaling mengikuti jumlah workload, dengan rerata penggunaan CPU yaitu 490 mCore, rerata penggunaan memory sebesar 1,7 GB untuk masing-masing pod, rata-rata penggunaan GPU 1,2 GB untuk satu koneksi client, dan 2 GB untuk dua koneksi client.

One of the functions of CCTV is to maintain traffic at crossroads, which is part of ATCS. As more and more ATCS are installed on the road, conventionally, more screens will have to be monitored in the control room. This requires additional human resources, for example, to be able to control the total number of red lights at crossroads. Thus, the use of the YOLO algorithm can help detect traffic density at an intersection automatically. However, running this process on a server can result in poor performance if the number of video streams from CCTV has to increase. This research does a proof of concept to implement the system in a more scalable way. Video from multiple CCTVs is sent to a Kubernetes cluster by leveraging the GPU's multi-core architecture. This process produces a detection video that has been assigned a bounding box from that in traffic. In addition, there are results from the count of the number of vehicles from each lane that are stored in a database. The data is used for a web dashboard that is used to make it easier for officers to monitor and make decisions. The tests were carried out to prove that the system can work stably with automatic scaling according to the number of workloads, with an average CPU usage of 490 mCore, the average memory usage of 1.7 GB for each pod, an average GPU usage of 1.2 GB for one client connection, and 2 GB for two client connections."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salvian Athallahrif Fadhil
"Aplikasi investasi merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan investasi secara online di berbagai instrumen atau aset investasi seperti saham, reksa dana, cryptocurrency, dan lainnya. Berdasarkan data dari laporan statistik pasar modal Indonesia KSEI (2022), jumlah investor di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2019. Akan tetapi, jumlah investor tersebut jika dibandingkan dengan rasio penduduk yang ada di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asean. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi customer intention pada aplikasi investasi dengan mengintegrasikan teori initial trust dan IS Success Model. Penelitian ini menggunakan metode analisis mixed-method, dengan didahului oleh proses analisis kuantitatif yang dilanjutkan dengan proses analisis kualitatif. Metode analisis kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan target responden pengguna aplikasi investasi di Indonesia. Sebanyak 489 responden berhasil didapatkan dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modelling (PLS-SEM). Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 7 narasumber. Penelitian ini menemukan bahwa perceived benevolence, perceived integrity, dan perceived ability sebagai penyusun dari initial trust. Penelitian ini juga menemukan bahwa firm reputation, structural assurance, trust propensity, system quality, information quality, dan service quality memberikan pengaruh yang signifikan terhadap initial trust pengguna. Initial trust dan perceived usefulness juga ditemukan memberikan pengaruh signifikan terhadap intensi pengguna pada aplikasi investasi. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa financial literacy tidak mempengaruhi secara signifikan intensi pengguna dalam mengadopsi aplikasi investasi. Penelitian ini berkontribusi mengenai wawasan terkait integrasi initial trust model, dimension of trust dan IS success model dalam intensi pengadopsi aplikasi investasi di Indonesia. Penelitian ini juga mampu memberikan manfaat kepada penyedia layanan aplikasi investasi dalam mengembangkan aplikasi investasi untuk menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan harapan dari pengguna dan pemerintah Indonesia dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Investment applications are platforms that allow users to invest online in various investment instruments or assets such as stocks, mutual funds, cryptocurrencies, and others. Based on data from KSEI's statistical report on the Indonesian capital market (2022), the number of investors in Indonesia has increased significantly from 2019. However, the number of investors when compared to the population ratio in Indonesia is still lower than other countries in the Asean region. Hence, this study aims to analyze the factors that influence customer intention in investment applications by integrating the initial trust model and the IS Success Model. This research uses a mixed-method analysis, preceded by a quantitative analysis process followed by a qualitative analysis process. The quantitative analysis method is carried out by distributing online questionnaires to the target respondents who are investment application users in Indonesia. A total of 489 respondents were obtained and analyzed quantitatively using the partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method. Qualitative research was conducted by conducting interviews with 7 respondents. This study found that perceived benevolence, perceived integrity, and perceived ability are constituents of initial trust. This study also found that firm reputation, structural assurance, trust propensity, system quality, information quality, and service quality have a significant influence on users' initial trust. Initial trust and perceived usefulness are also found to have a significant effect on user intentions in investment applications. In addition, this study found that financial literacy does not significantly affect the user's intention to adopt investment applications. This research contributes insights related to the integration of the initial trust model, dimension of trust and the IS success model in the intention of adopting investment applications in Indonesia. This research is also able to provide benefits to investment application service providers in developing investment applications to produce products and services that meet the expectations of users and the Indonesian government in order to encourage economic growth in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>