Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55043 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putu Rania Pavita
"Perkembangan internet menjadi ruang publik yang lebih demokratis dan inklusif membuka jalan bagi komunitas-komunitas subkultural untuk semakin berkembang. Salah satunya adalah fandom, yang mana praktik utamanya merupakan penciptaan fanwork layaknya fanfiction atau fiksi buatan penggemar, yaitu sebuah narasi yang menggabungkan kreativitas penulisnya serta sumber materi asli dari teks yang diangkat menjadi fanfiction sebagai alur cerita. Fanfiction sendiri digadang-gadang sebagai ruang produksi feminis karena demografi partisipannya didominasi oleh perempuan serta individu queer—dua populasi yang kerap tertindas dibawah hegemoni heteronormativitas dalam realitas sehari-hari. Salah satu genre paling populer dari fanfiction adalah Slash; fanfiction yang menggambarkan kedua karakter dari suatu media menjalani hubungan homoseksual, terlepas dari fakta bahwa karakter tersebut adalah heteroseksual dalam media tersebut ataupun tidak. Berangkat dari fenomena ini, peneliti pun melihat adanya indikasi bahwa fiksi slash turut berfungsi sebagai media bagi penulis yang mengidentifikasi diri mereka sebagai queer untuk menampilkan perlawanan mereka terhadap hegemoni heteronormativitas. Menggunakan konsep Hegemoni Budaya dan Kontra-Hegemoni sebagai pendekatan, peneliti menemukan bahwa kontra-hegemoni terhadap heteronormativitas ditampilkan dalam fiksi slash dengan penggambaran realitas yang bertolak belakang oleh individu queer, serta sebagai bentuk eskapisme dari realitas yang kerap mensubordinasi mereka. Penulis membentuk sebuah komunitas queer sebagai ruang aman bagi identitas queer mereka sekaligus untuk mengeksplorasi identitas gender maupun seksual dalam suatu teks media, yang mana dapat dituangkan menjadi bentuk fiksi slash yang diunggah dalam situs Archive of Our Own selaku saluran yang aman bagi penulis queer.

The progression of the internet into a more democratic and inclusive public space paved the way for subcultural communities to thrive. One of them includes fandom, which main practice’s is the creation of fanwork such as fanfiction or fan-created fictional works, namely a narrative that combines the creativity of the author and the original source material from the text which is utilized as the basis of its storyline. Fanfiction itself is touted as a feminist production space due to women and queer individuals dominating it’s demography—none other than the most oppressed population under the hegemony of heteronormativity. One of the most popular genres of fanfiction is Slash; a fanfiction that depicts two characters from a particular medium being in a homosexual relationship regardless of the fact whether the characters are heterosexual in source material or not. Departing from this phenomenon, the researcher finds indications of slash fiction being a medium where the resistance of the writers’ towards heteronormativity is located, especially for those who identify themselves as queer. Using the concept of Cultural Hegemony and Counter-Hegemony as an approach, the researcher found that counter- hegemony towards heteronormativity is shown in slash fiction by depicting reality as the complete opposite of that in our everyday by queer individuals, as well as as a form of escapism from it which often subordinates them. Writers form a queer community as a safe space for their queer identity as well as to explore gender and sexual identity in a popular media texts, which can be transformed into a slash fiction which is uploaded on the Archive of Our Own website as a safe channel for queer writers."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stella Steshka Shakanti Padmasari
"Beberapa sarjana telah mengkaji bagaimana komunitas fiksi penggemar (fanfiction) dibangun oleh interaksi anggota (Gyhagen, 2022). Teknologi mempengaruhi komunikasi; yang juga mempengaruhi dinamika masyarakat, yang berhubungan pula dengan teknologi-teknologi baru–termasuk media digital (West & Turner, 2010). Media digital memungkinkan proses produksi, distribusi dan konsumsi konten dan interaksi pengguna dilakukan secara secara daring (Black, 2006). Dengan mengkaji komunitas penggemar Archive of Our Own, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana fitur-fitur yang dimiliki oleh Archive of Our Own mengakomodasi praktik penggemar seperti produksi, distribusi, dan konsumsi fiksi penggemar. Dengan menggunakan teori ekologi media (Griffin, 2012; Strate, 2004), penulis berargumen bahwa Archive of Our Own adalah sebuah media yang mampu untuk menopang aktivitas-aktivitas komunitas penggemar. Penelitian ini menemukan bahwa selain menjadi wadah dan akomodasi bagi kegiatan komunitas, Archive of Our Own juga mampu untuk melakukan interaksi dengan media lain untuk melakukan berbagai kegiatan yang sama.

Some scholars have studied how the fanfiction community was built by interactions between members (Gyhagen, 2022). Technology affects communication and also affects society, which further affects newer technologies, including the digital media (West & Turner, 2010). Digital media enables users to produce, distribute, and consume contents online (Black, 2006). By studying Archive of Our Own, this research intends to analyse how Archive of Our Own’s features accommodate fan communities’ activities such as the production, distribution, and consumption of fanfiction. By using the media ecology theory (Griffin, 2012; Strate, 2004), the writer argued that Archive of Our Own is a media capable of sustaining fan communities’ activities. This research found that aside from being a vessel and accommodation for community activities, Archive of Our Own is also capable of interacting with other media for doing the same activities."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Qoryna Noer Seyma El Farabi
"Tesis ini membahas mengenai konstruksi identitas pembaca perempuan slash fiction, dengan menggunakan psikoanalisis Lacan. Perkembangan K-Pop di Indonesia telah menciptakan berbagai media kreatifitas baru yang dibuat oleh penggemar, salah satunya adalah slash fiction. Slash fiction adalah cerita unik yang dibuat oleh penggemar, yang dalam ceritanya kedua tokoh idola memiliki hubungan sesama jenis atau homoseksual. Pembaca perempuan yang mengonsumsi slash fiction, namun pembaca perempuan tidak semuanya memiliki orientasi seksual menyimpang. Di Indonesia sendiri, homoseksual adalah hal tabu yang belum diterima masyarakat, dan membahasnya adalah sesuatu yang tabu. Teks slash fiction hadir untuk memenuhi hasrat tidak disadari dari penggemar akan idola mereka. Dengan menggunakan konstruksi identitas Lacan, penelitian ini mencoba mengkaji bagaimana identitas seorang penggemar jika dilihat dari perspektif Lacan, dan slash fiction sebagai pemenuhan hasrat dan fantasi penggemar tentang kehidupan ideal bagi mereka, dan bagaimana slash fiction membantu pembaca untuk lari dari aturan simbolik yang mengikat mereka. Dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysisi (IPA) untuk melihat konstruksi identitas pembaca perempuan slash fiction. Alat pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan tiga orang informan. Setelah data terkumpul, peneliti kemudian menganalisis menggunakan psikoanalisis Lacan terkait konstruksi identitas. Hasil dari penelitian ini adakah identitas tidak hanya ditentukan oleh sesuatu yang informan sadari, atau sesuatu yang simbolik, tetapi identitas juga diatur oleh keinginan fantasi, yang dihasilkan dari the Real. . Identitas didasarkan pada gambar ideal yang dilihat oleh seseorang tentang dunia luarnya, dan hal tersebut mendorong seseorang untuk terus mendekati diri ideal menurutnya. Identitas seseorang pada dasarnya tidak akan pernah utuh, dan proses konstruksinya adalah proses yang disadari. Meskipun begitu, the symbolic tetap memberikan identitas dan pengertian bagi informan tentang mana yang positif atau baik, serta sesuai dengan nilai-nilai yang dipercaya selama ini, dan identitas mana yang negatif, atau tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dipercaya.

This thesis discusses the construction of identity published by fictional slash women, using Lacan's psychoanalysis. The growth of K-Pop in Indonesia has created various new creative media which are created by fans, one of them is fiction slash. Fiction slash is an unique story which created by fans, where the two idol characters have same-sex or homosexual relationships. Even though the majority of female readers who consume slash fiction do not have everything which supports the discussion section. In Indonesia, these sorts of conversations are somewhat taboo and still have not been fully accepted by the public, even discussing them are still defined as taboo. Fiction slash text exists to fulfill the unconscious desire of their idol fans. By using Lacan's identity construction, this study attempts to examine how the identities of fans use Lacan's views, and cut fiction as a fulfillment of fans desires and fantasies about life ideal for them, and use fictional slash to help them to seek symbolic diversions which connected with them. By using the constructivist paradigm, this research qualitative study used Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) to see the construction of the slash fiction female readers identity. The tool in this research was used in-depth interviews with three informants. After collecting the data, the researchers analyzed the data using Lacan's psychoanalysis which related to identity construction. The result of this research is the identity was not only determined by something the informant is aware of, or something symbolic, but also the identity was governed by fantasy desires, as the result from the Real. The identity was based on the ideal image which is seen by someone about the outside world, and it encourages someone to continue to approach the ideal self according to her. A person's identity is basically never intact, and the construction process is a conscious process. Although, the symbolic still provides the identity and meaning for informants about which is positive or good, and in accordance with the values ​​that have been believed so far, also which identity is negative, or not in accordance with the values ​​tt are believed. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book reflects on 'the political' in queer theory and politics by revisiting two of its key categories: hegemony and heteronormativity. It explores the specific insights offered by these categories and the ways in which they augment the analysis of power and domination from a queer perspective, whilst also examining the possibilities for political analysis and strategy-building provided by theories of hegemony and heteronormativity. Moreover, in addressing these issues the book strives to rethink the understanding of the term "queer", so as to avoid narrowing queer politics to a critique of normative heterosexuality and the rigid gender binary. By looking at the interplay between hegemony and heteronormativity, this ground-breaking volume presents new possibilities of reconceptualizing 'the political' from a queer perspective. Investigating the effects of queer politics not only on subjectivities and intimate personal relations, but also on institutions, socio-cultural processes and global politics, this book will be of interest to those working in the fields of critical theory, gender and sexuality, queer theory, postcolonial studies, and feminist political theory."
London: Routledge, 2016
e20529150
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Kasih Samtesamka1
"Slash fiction bukan lagi menjadi fenomena baru di dunia fandom. Hingga saat ini, mayoritas produksi serta
konsumsinya masih didominasi oleh perempuan. Slash fiction banyak ditemukan tersebar di internet, dan Twitter
telah menjadi salah satu pilihan penggemar untuk mengakses slash fiction karena tidak membutuhkan rentang
perhatian yang tinggi. Tulisan ini merupakan studi kualitatif dengan metode netnografi dan analisis tematik untuk
mengeksplorasi bentuk textual poaching kekuasaan penggemar perempuan dalam memproduksi kembali teks
menjadi slash fiction pada fandom My Hero Academia di Twitter. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa
penggemar memiliki kuasa untuk menginterpretasikan karakter dalam narasi asli menjadi homoseksual, yang
kemudian menjadi landasan untuk menulis slash fiction. Lebih jauh lagi, kegiatan menulis slash fiction bagi
penggemar perempuan dapat berperan sebagai subversif terhadap budaya resmi yang ada serta menantang
dominasi heteronormatif karena kemampuannya untuk menciptakan dunia cerita sendiri.

Slash fiction is no longer a new phenomenon in the fandom world. Until now, women still dominate the majority
of the production and consumption of slash fiction. On the internet, Slash fiction is everywhere, and Twitter has
become one of the choices for fans to access slash fiction because it does not require a high attention span. This
paper is a qualitative study using netnographic methods and thematic analysis to explore the form of textual
poaching of female fans' power in reproducing text into slash fiction in the My Hero Academia fandom on Twitter.
The findings of this study show that fans can interpret the characters in the original narrative to be homosexual,
which then becomes the basis for writing slash fiction. Furthermore, writing slash fiction for female fans is
subversive to the existing official culture and challenge heteronormative domination because of fans' ability to create their own story world.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Kasih Samtesamka
"Slash fiction bukan lagi menjadi fenomena baru di dunia fandom. Hingga saat ini, mayoritas produksi serta konsumsinya masih didominasi oleh perempuan. Slash fiction banyak ditemukan tersebar di internet, dan Twitter telah menjadi salah satu pilihan penggemar untuk mengakses slash fiction karena tidak membutuhkan rentang perhatian yang tinggi. Tulisan ini merupakan studi kualitatif dengan metode netnografi dan analisis tematik untuk
mengeksplorasi bentuk textual poaching kekuasaan penggemar perempuan dalam memproduksi kembali teks menjadi slash fiction pada fandom My Hero Academia di Twitter. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa penggemar memiliki kuasa untuk menginterpretasikan karakter dalam narasi asli menjadi homoseksual, yang kemudian menjadi landasan untuk menulis slash fiction. Lebih jauh lagi, kegiatan menulis slash fiction bagi penggemar perempuan dapat berperan sebagai subversif terhadap budaya resmi yang ada serta menantang dominasi heteronormatif karena kemampuannya untuk menciptakan dunia cerita sendiri.

Slash fiction is no longer a new phenomenon in the fandom world. Until now, women still dominate the majority of the production and consumption of slash fiction. On the internet, Slash fiction is everywhere, and Twitter has become one of the choices for fans to access slash fiction because it does not require a high attention span. This paper is a qualitative study using netnographic methods and thematic analysis to explore the form of textual poaching of female fans' power in reproducing text into slash fiction in the My Hero Academia fandom on Twitter. The findings of this study show that fans can interpret the characters in the original narrative to be homosexual, which then becomes the basis for writing slash fiction. Furthermore, writing slash fiction for female fans is subversive to the existing official culture and challenge heteronormative domination because of fans' ability to create their own story world."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ega Haikal Witomo
"ABSTRACT
Pendidikan tidak dapat terlepas dari kepentingan politik dan kekuasaan. Paulo Freire melihat pendidikan dalam dua wajah yang berlawanan. Pertama, pendidikan sebagai bentuk penindasan. Kedua, pendidikan sebagai bentuk pembebasan. Pendidikan yang menindas terjadi lantaran peserta didik diarahkan hanya untuk memiliki kesadaran naif. Kesadaran naif pada peserta didik mempermudah mekanisme hegemoni. Sedangkan pendidikan yang membebaskan mengarahkan peserta didik untuk memiliki kesadaran kritis. Kesadaran kritis pada peserta didik mampu memicu terjadinya kontra hegemoni. Kesadaran naif pada peserta didik terjadi melalui suatu sistem pendidikan gaya-bank dengan prinsip antidialog. Sedangkan kesadaran kritis pada peserta didik tumbuh melalui suatu sistem pendidikan hadap-masalah dengan prinsip dialog. Dialog menekankan relasi pendidik-peserta didik sebagai subjek yang setara. Sedangkan antidialog menekankan relasi pendidik-peserta didik sebagai subjek-objek. Paulo Freire percaya bahwa humanisasi adalah permasalahan sentral bagi manusia. Sebuah rezim berkuasa yang hendak mempertahankan kekuasaannya melakukan dehumanisasi pada masyarakat melalui mekanisme hegemoni. Filsafat pendidikan yang dikonsepkan oleh Paulo Freire merupakan upaya humanisasi. Humanisasi dalam pendidikan ditandai dengan relasi yang setara antara pendidik-peserta didik sebagai subjek. Sehingga, pendidikan hadap-masalah merupakan pendidikan yang membebaskan serta mendukung proses humanisasi dan kontra hegemoni.

ABSTRACT
Education can not be separated from political interests and power. Paulo Freire sees education in two opposite faces. First, education as a form of oppression. Second, education as a form of liberation. The oppressive education occurs because learners are directed only to have a naive consciousness. Naive consciousness in learners facilitates hegemony mechanism. While liberating education leads learners to have critical consciousness. Critical consciousness in learners can trigger the occurrence of counter hegemony. Naive conscousness of the learners occurs through a banking concept of education with the principle of antidialogue. While critical awareness in learners grows through a problem-posing education with the principle of dialogue. Dialogue emphasizes the relation of educator-learners as an equivalent subject. While antidialog emphasizes the relationship of educators-learners as subject-objects. Paulo Freire believes that humanization is a central issue for humans. A ruling regime that wants to defend its power to dehumanize the society through the mechanism of hegemony. The philosophy of education conceptualized by Paulo Freire is a humanization effort. Humanization in education is characterized by an equal relationship between educators and learners. Thus, problem-posing educiation is education that liberates and supports the process of humanization and counter hegemony."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Sabrina Rebecca
"Artikel ini menyoroti perkembangan representasi queer dan trans di televisi. Komunitas LGBTQIA+ (lesbian, gay, bisexual, transgender, queer, intersex, ally) terus didiskriminasi hingga hari ini (Americanprogress.org, 2020). Terlepas dari fakta tersebut, kini alur cerita transgender menjadi lebih umum di lanskap media saat ini, dan menggeser bentuk representasi trans yang tersedia untuk khalayak (Berberick, 2018). Menggunakan teori representasi Stuart Hall (1997) untuk menganalisis serial TV hit HBO, "Euphoria"–yang mencakup representasi positif dari karakter trans-femme (Vice, 2019), studi ini mengamati dampak representasi di media arus utama pada audiensnya. Artikel ini berpendapat bahwa representasi queer di media memiliki efek langsung pada kelompok queer di kehidupan nyata.

This article highlights the significance of queer and trans representation in television. The LGBTQIA+ community continues to be discriminated against today, and Generation Z is more exposed to media than
ever (Francis, 2022). However, transgender storylines have become more prevalent in today’s media landscape, raising fundamental considerations concerning the forms of trans representation available to audiences (Berberick, 2018). Using Stuart Hall’s (1997) representation theory to analyse HBO’s hit TV series, “Euphoria”, which includes a good representation of a trans-femme character (Vice, 2019), this article observes the impacts of such representation in mainstream media on its audiences. This article argues that queer representation in the media directly affects queer people in real life.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dominick Wulandhani
"ABSTRAK
Sebagai salah satu episode paling populer dari serial televisi fiksi ilmiah asal Inggris, San Junipero dipandang sebagai salah satu episode serial Black Mirror yang menarik untuk dianalisis, terlebih dari segi sains dan teknologi, karena adanya penggunaan teknologi virtual canggih didalamnya. Meskipun demikian, pembahasan tentang isu-isu LGBT dalam serial televisi fiksi seperti ilmiah Black Mirror masih jarang ditemukan. Dengan menggunakan metode analisis mise-en-scènes untuk menelaah aspek-aspek sinematografis seperti latar, warna, kostum, teknik kamera, serta akting, sekaligus metode analisis literatur untuk menelaah keberadaan serta karakteristik tokoh-tokoh LGBT di dalamnya, tulisan ini mencoba menelaah aspek-aspek heteronormatif yang masih bertahan di balik imej celebration of queerness yang diakui oleh para penggemar episode ini. Dari hasil analisis, nilai-nilai heteronormativitas masih tercermin di dalam episode ini karena, faktanya, kedua karakter LGBT di dalamnya masih ditampilkan secara stereotipikal. Eksistensi karakter-karakter LGBT di dalam episode ini juga ternyata sesuai dengan kritik Rich (1980) tentang latar belakang eksistensi lesbian yang berkaitan dengan heteronormativitas.

ABSTRACT
As one of the episodes from the famous sci-fi British TV series, San Junipero has become one of the most interesting episodes from Black Mirror series to be analyzed, specifically from the perspective of science and technology, for its mind-blowing VR-based invention. Nevertheless, the aspect of gender and LGBT issues has not been commonly explored in sci-fi literature like Black Mirror. Using mise-en-scène as an approach to analyze some of the cinematographic elements, (setting, color, costume, camera work and performance) as well as analyzing the queer characters, this article tries to identify the heteronormative elements that still persist under the image of a celebration of queerness the episode has received from the fans. Apparently, heteronormativity is still depicted in the episode for the fact that the queer characters are still portrayed rather stereotypically according to several studies about the representation of queer characters in the media discussed by Seifs (2013). As a heterotopia, according to Foucaults (1986), the establishment of the queer characters in San Junipero also fit Richs (1980) critique towards the lesbian existence in relation to compulsory heteronormativity that queer romance exists through melancholy. Nevertheless, not all aspects in the episode scream pure heteronormativity. Although at first glance it seems stereotypical, the queer characters appearance seem to help establishing a non-stereotypical identity in female-female relationship."
[Depok, Depok]: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
""Sex work is a subject of significant contestation across academic disciplines, as well as within legal, medical, moral, feminist, political and socio-cultural discourses. A large body of research exists, but much of this focuses on the sale of sex by women to men and ignores other performances, practices, meanings and embodiments in the contemporary sex industry. A queer agenda is important in order to challenge hetero-centric gender norms and to develop new insights into how gender, sex, power, crime, work, migration, space/​place, health and intimacy are understood in the context of commercial sexual encounters. Queer Sex Work explores what it might mean to 'be', 'do' and 'think' queer(ly) in the study and practice of commercial sex. It brings together a multiplicity of empirical case studies - including erotic dance venues, online sex working, pornography, grey sexual economies, and BSDM - and offers a variety of perspectives from academic scholars, policy practitioners, activists and sex workers themselves. In so doing, the book advances a queer politics of sex work that aims to disrupt heteronormative logics whilst also making space for different voices in academic and political debates about commercial sex. This unique and multidisciplinary volume will be indispensable for scholars and students of the global sex trade and of gender, sexuality, feminism and queer theory more broadly, as well as policymakers, activists and practitioners interested in the politics and practice of sex work in local, national and international contexts""
New York : Routledge, 2015
306.74 QUE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>