Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29019 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simanungkalit, Tiarma
"Proporsi pembelanjaan teknologi yang beralih ke cloud setelah krisis global pandemi COVID-19 diperkirakan pada tahun 2024 nanti akan makin meningkat mencapai 14,2% dari total belanja teknologi global, bertambah 9,1% dibandingkan tahun 2020 lalu. Software as a Service (SaaS) menjadi segmen pasar terbesar dalam layanan public cloud dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 117,8 miliar USD pada tahun 2021 menurut survei yang dilakukan Gartner pada tahun 2020. Penelitian ini mengambil studi kasus implementasi aplikasi Digital HR SaaS cloud computing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan konsultasi global PT XYZ di salah satu klien. Proyek implementasi SaaS di klien PT XYZ tidak tercapai 100% sesuai rencana jadwal implementasi karena adanya kemunduran selama satu bulan dari rencana yang telah ditetapkan yang akhirnya menyebabkan peningkatan total biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi implementasi aplikasi SaaS dan membuat panduan untuk implementasinya di suatu perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip dari Essence Framework. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research (DSR). Perencanaan dan pengembangan metodologi implementasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion (FGD) terhadap tim implementasi PT XYZ dan juga expert judgement dengan melakukan wawancara terhadap lima ahli untuk mendapatkan umpan balik dari segi eksternal organisasi. Analisis penelitian ini menghasilkan daftar lima belas praktik yang dapat dipilih dalam metodologi implementasi SaaS yang dapat dijadikan acuan terhadap klien PT XYZ, yaitu (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. Praktik-praktik ini dihasilkan dari FGD dengan tim implementasi PT XYZ berdasarkan metode terpilih dari hasil studi literatur. Metode Agile untuk transformasi yang besar dan kompleks seperti SaaS berdasarkan studi literatur adalah Scrum, Lean dan Extreme Programming. Metode Scaled Agile Framework (SAFe) juga dimasukkan dalam metode terpilih karena SAFe merupakan metode scaling paling populer berdasarkan hasil survei VersionOne tahun 2020.

Global technology spending for cloud computing is expected to increase further after the COVID-19 pandemic crisis. Year 2024 spending has reached to 14.2% of total global technology spending, an increase of 9.1% from year 2020 spending. Software as a Service (SaaS) is the largest market segment in public cloud services. According to Gartner survey in 2020, the SaaS spending figure is expected to grow to 117.8 billion USD by 2021. This research was based on a case study of Digital HR SaaS cloud computing implementation done by one of the biggest global consulting firm in one of its clients. The implementation was delayed for one month thus failed to achieve its 100% target implementation timeline and led to an increase of the overall project cost. This research aimed to develop implementation methodology for SaaS application and to create guidance of its implementation in an organisation based on the principles of The Essence Framework. This research used Design Science Research (DSR) approach. Planning and development of the implementation methodology was carried out using Focus Group Discussion (FGD) with implementation team in PT XYZ and conducting expert judgment by interviewing five experts to get feedback from external point of view. The analysis of this research resulted in list of fifteen practices that can be selected for the SaaS implementation methodology to be used as reference for PT XYZ clients, namely (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. These practices are chosen through FGD with implementation team in PT XYZ based on Agile methods defined from the literature review for large transformation as SaaS, namely Scrum, Lean and Extreme Programming. In addition, Scaled Agile Framework (SAFe) method is also included as it is the most popular scaling method based on VersionOne survey in 2020. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ghilman Fatih
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka kesesuaian suatu institusi pemerintah di Indonesia dalam mengadopsi cloud computing. Pengembangan kerangka tersebut dibagi menjadi dua yaitu: 1) kerangka untuk menentukan perlu tidaknya sebuah organisasi mengadopsi cloud, dan 2) kerangka untuk menentukan tipe cloud deployment yang sesuai. Kerangka pertama dikembangkan dengan memodifikasi model Misra Mondal yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan pakar di bidang adopsi cloud untuk institusi pemerintah. Kerangka kedua dikembangkan dengan menggunakan gabungan antara BCOR, Entropi dan TOPSIS, yang validasi modelnya dilakukan dengan mengirimkan kuesioner kepada pelaku TI di pemerintahan. Selain itu, sebuah studi juga dilakukan ke Dinas Komunikasi dan Informatika kota Depok untuk menguji aplikasi dari kerangka yang sudah dikembangkan.
Hasil studi kasus yang dilakukan di Dinas Kominfo kota Depok menunjukkan institusi ini sudah cocok jika melakukan adopsi cloud computing. Selain itu, hasil dari penelitian pengembangan kerangka tipe cloud deployment menunjukkan bahwa faktor yang paling dianggap penting oleh pelaku TI di pemerintah adalah keamanan data. Dan juga, tipe deployment yang paling sesuai diimplementasikan di sana adalah private cloud.

The purpose of this study is to develop framework of Indonesian government institutions' suitability in adopting cloud technology. The proposed framework comprises the following: 1) a framework for determining an organization necessity to adopt the cloud, and 2) a framework for determining the appropriate type of cloud deployment. The first framework was developed by modifying the Misra Mondal?s model, which was done by conducting interviews with experts in the areas of cloud adoption for government institutions. The second framework was developed using a combination of BCOR, Entropy and TOPSIS, in which the validation of the model was done by distributing questionnaires to the IT specialist in government institution. In addition, a study was also conducted to department of Communication and Information in Depok city to test the application of the framework that has been developed.
The results of a case study conducted in the department of Communication and Information in Depok City showed this institution is highly suitable to adopt cloud computing. In addition, the result of this study indicates that the factors considered important by most IT specialist in government institution is data protection. Moreover, private cloud is considered as the most appropriate cloud deployment model to be implemented.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyani Mustikarini
"Skripsi ini berisi mengenai konsep dasar, perancangan dan implementasi enkripsi data dengan RSA yang diterapkan pada private cloud Infrastucture as a Service (IaaS). Tujuan dari skripsi ini menganalisa keamanan pengiriman data dan waktu dari implementasi kriptografi RSA pada sistem Eucalyptus private cloud. Pengiriman data pada sistem virtualisasi private cloud membutuhkan enkripsi untuk mengantisipasi serangan dari man-in-the-middle sehingga penyerang tidak mengetahui isi data dengan mudah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu eksekusi program RSA dipengaruhi oleh ukuran data dan nilai kunci RSA yang dibangkitkan. Peningkatan ukuran data akan mempengaruhi peningkatan waktu eksekusi program RSA. Peningkatan waktu eksekusi untuk format .txt sebesar 31,44%, untuk format .doc sebesar 24,83% dan untuk format .pdf sebesar 24,85%. Nilai d untuk kunci privat RSA yang besar akan sangat mempengaruhi waktu eksekusi karena membutuhkan waktu dekripsi yang lebih lama.
Sedangkan nilai e yang besar untuk kunci publik RSA tidak terlalu signifikan mempengaruhi waktu enkripsi menjadi lebih lama namun tetap berkontribusi terhadap waktu eksekusi RSA. Keamanan pengiriman data pada sistem private cloud dibutuhkan terutama dengan RSA 2048 bit dan sistem padding, namun pada skripsi ini hanya digunakan enkripsi plain RSA.

This thesis contains about fundamental concept, the design and the implementation of data encryption using RSA which is applied on private cloud Infrastucture as a Service (IaaS). The purposes of this thesis are to analyze the the data transfer security and the time of RSA cryptography appliance on Eucalyptus private cloud system. Secret data transfer on private cloud virtualization requires encryption in order to anticipated the attack from man-in-the-middle so that the attacker won?t know the contents of data easily.
The result of this research prove that RSA execution time influented by the size of data and the value of the generated RSA keys. Data size increment will influence the execution times of RSA. The increment time for .txt is 31,44%, increment time for .doc is 24,83%, and increment time for .pdf is 24,85%. Large values of d for RSA private key greatly affect the execution time because need a longer decryption time.
However, the large value of e for public keys isn?t influence the encryption time significantly but still contributes the execution time. The security of data transfer on private cloud system is needed especially using RSA 2048 bit and padding system appliance,however this thesis only implement plain RSA encryption.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43449
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adriel Gian Ananta
"Aplikasi berbasis cloud kolaboratif dengan model bisnis software-as-a-service seperti Google Docs, Slack, Figma, dan Trello memungkinkan orang-orang untuk berkolaborasi melalui internet secara langsung. Aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan arsitektur client-server dan menyimpan aplikasi dan data yang dihasilkan dari pemakaian aplikasi pada server. Dengan model ini, pengguna hanya mendapatkan hak untuk menggunakan aplikasi. Jika layanan diberhentikan, pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi dan mungkin tidak dapat memodifikasi atau mengakses data yang dihasilkan dari pemakaian sebelumnya. Konsep local-first software yang mengutamakan penyimpanan dan kepemilikkan data pada perangkat lokal mencoba menjawab permasalahan ini. Telah dikembangkan beberapa purwarupa yang mengevaluasi teknologi CRDTs dan peer-topeer yang diproposikan untuk merealisasikan konsep local-first software. Hasil pemakaian dari PushPin yang merupakan aplikasi kanvas mixed media menunjukkan bahwa CRDTs dan peer-to-peer dapat bekerja dengan baik. Sementara itu, Tldraw-P2P yang merupakan aplikasi real-time collaborative whiteboard membandingkan latensi dari pemakaian arsitektur peer-to-peer dengan client-server. Kedua aplikasi tersebut belum menguji aspek multi-device dari local-first software dimana sebuah aplikasi dapat melakukan sinkronisasi data dari berbagai macam perangkat sehingga dapat digunakan dalam keadaan mobile dan statis. Perangkat dengan form factor tablet dan smartphone cocok untuk digunakan secara mobile karena desain fisiknya. Namun kelayakan kedua form factor tersebut harus dievaluasi terlebih dahulu untuk mengetahui form-factor apa yang paling cocok untuk memenuhi aspek multi-device dari konsep local-first software.

Collaborative cloud-based applications with software-as-a-service business model like Google Docs, Slack, Figma, and Trello enable people to collaborate through the internet in real-time. These applications use client-server architecture and host the application and data generated by user through using the application on the server. With this model, user is only given the right to use the application. If the service is stopped, then the user may no longer be able to modify or access the data generated from past usage. Local-first software, a concept that advocates for data ownership by storing data on local devices, tries to solve this problem. There have been developed some prototypes that evaluated CRDTs and peer-to-peer technologies, which are used as the foundational technologies to realise the local-first software concept. Usage of PushPin, a mixed media canvas application, shows that CRDTs and peer-to-peer work. On the other hand, Tldraw-P2P, a real-time collaborative whiteboard application, shows the latency difference between peer-to-peer and client-server architecture. Both applications have not evaluated the multi-device aspect of local-first software where an application is able to synchronize data from any kind of device so that it can be used on mobile and static condition. Devices with tablet and smartphone form factors fit to be used on mobile condition because of their physical design. These form factors must be evaluated first in order to find out which form factor is most suitable to fulfil multi-device aspect of local-first software."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qinthara Andini Hananto
"Dalam era revolusi industri 4.0, integrasi teknologi menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas di sektor manufaktur. Dalam konteks ini, penggunaan Cloud Computing, Internet of Things (IoT), dan Machine Learning (ML) memainkan peran penting. IoT dan Cloud Computing digunakan untuk mengelola proses pengumpulan dan pengolahan data, terutama dari sensor mesin. Data ini kemudian dapat digunakan untuk pelatihan model ML, khususnya dalam kasus Predictive Maintenance. Predictive Maintenance bertujuan untuk memprediksi kapan suatu mesin memerlukan perawatan. Dalam penelitian sebelumnya, pendekatan masalah hanya memilih satu metode (klasifikasi atau regresi). Oleh karena itu, penelitian ini menciptakan metode Predictive Maintenance yang menggabungkan keduanya. Model yang dikembangkan menggunakan dua jenis pendekatan: Random Forest Tree untuk klasifikasi dan LSTM (Long Short-Term Memory) dengan Fully Connected layer untuk prediksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model yang menggunakan LSTM untuk klasifikasi dan regresi mencapai akurasi 100%. Diikuti dengan hasil recall, precission, dan F-1 score yang mencapai 1.00. Oleh karena itu, LSTM dapat dianggap sebagai algoritma terbaik untuk Predictive Maintenance dalam industri manufaktur.

In the era of the 4th industrial revolution, technology integration is key to improving productivity in the manufacturing sector. In this context, the use of Cloud Computing, Internet of Things (IoT), and Machine Learning (ML) plays a crucial role. IoT and Cloud Computing are used to manage the process of data collection and processing, especially from machine sensors. This data can then be used for ML model training, particularly in the case of Predictive Maintenance. Predictive Maintenance aims to predict when a machine requires maintenance. In previous research, the problem approach often involved choosing only one method (classification or regression). Therefore, this study created a Predictive Maintenance method that combines both approaches. The developed model uses two types of approaches: Random Forest Tree for classification and LSTM (Long Short-Term Memory) with a Fully Connected layer for prediction. Test results show that the model using LSTM for both classification and regression achieves 100% accuracy. Additionally, the recall, precision, and F-1 score results also reach 1.00. Therefore, LSTM can be considered the best algorithm for Predictive Maintenance in the manufacturing industry."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Ariansyah
"ABSTRAK<>br>
Organisasi XYZ merupakan unit TIK pusat yang melayani kebutuhan TI seluruh unit eselon 1 di lingkungan Organisasi ABC. Salah satu target Organisasi XYZ pada tahun 2015 adalah pencapaian kepuasan penguna layanan TIK sebesar 4.03 terhadap layanan cloud, layanan email dan internet dan layanan service desk. Kepuasan pengguna layanan TIK ini merupakan indikator keberhasilan Organisasi XYZ dalam memberikan layanan TIK yang prima. Akan tetapi pada tahun 2015 target pencapaian kepuasan pelanggan tidak tercapai. Salah satu penyebabnya terkait dengan layanan cloud yang mendapatkan nilai terendah. Berdasarkan pendapat pengguna hal ini disebabkan karena belum adannya evaluasi layanan cloud yang diminta oleh penyedia layanan, belum adannya kajian kebutuhan, tidak terdapat perencanaan kapasitas layanan cloud, dan sering terjadi insiden terhadap layanan kritikal yang di cloud kan. Penyebab tersebut tersebut merupakan pendapat yang belum tentu menjadi penyebab utama sehingga perlu digali lebih dalam untuk mengetahui faktor utama penyebab ketidak puasan pengguna layanan cloud server di lingkungan Organisasi ABC. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan menggunakan cara wawancara sebagai data primer dan hasil SKP, observasi sebagai data sekunder, kemudian melakukan pemetaan ke Quality Model of Cloud Service terdiri dari 6 enam faktor yaitu Usability, Security, Reliability, Tangibility, Responsiveness dan Empathy, dari hasil pemetaan tersebut kemudian dilakukan survei dengan dengan menyebarkan kuesioner yang diisi oleh pegawai yang kompeten/ahli dalam bidang layanan cloud server atau yang bertanggung jawab di organisasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunaka teknik Analytical Hierarchy Process AHP . Hasilnya diperoleh bahwa faktor utama ketidakpuasan pengguna layanan cloud server adalah terkait dengan faktor tangible, reliability, usability sedangkan subfaktor adalah profesionalism, user interface aesthetic, availability, stability, learnability, dan protection, dari hasil pemataan permasalahan tersebut kemudian disusun rekomendasi perbaikan menggunakan pendekatan COBIT 5, ITIL v3, NIST SP 800-146 dan penelitian sebelumnya

ABSTRACT<>br>
XYZ Organization is a central ICT unit that serves the IT needs of all echelon 1 units within the ABC Organization. One of the target of XYZ Organization in 2015 is the achievement of ICT service user satisfaction of 4.03 to cloud service, email and internet service and service desk. User satisfaction of ICT services is an indicator of XYZ 39 s Organization success in providing excellent ICT services. However, in 2015 the target of achieving customer satisfaction is not achieved. One of the cause factors associated with cloud services that get the lowest value. Based on the user 39 s opinion this is due to the lack of an evaluation of cloud services requested by the service provider, not necessarily the needs assessment, no cloud service capacity planning, and frequent incidents of critical services in the cloud. The cause is an opinion that is not necessarily the main cause factors so it needs to be explored more deeply to determine the main factors causing dissatisfaction of cloud server service users within the ABC Organization.This study collected data using interview method as primary data and SKP result, observation as secondary data, then mapping to Quality Model of Cloud Service consist of 6 six criteria that is Usability, Security, Reliability, Tangibility, Responsiveness and Empathy. Conducting survey method by spreading questionnaires filled by competent employees experts in the field of cloud server service or responsible in organization. The data obtained is then processed by using Analytical Hierarchy Process AHP technique. The result obtained that the main factor of dissatisfaction of cloud server service user is related to tangible, reliability, usability factors then sub factors profesionalism, user interface aesthetic, availability, stability, learnability sub factors, then compiled recommendation improvement using approach COBIT 5, ITIL v3, NIST SP 800 146 and previous research"
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Gary, 1958-
Amsterdam : Elsevier, 2014
004.678 2 LEE c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Fadli
"Teknologi Cloud Computing merupakan tren teknologi informasi saat ini yang memanfaatkan jaringan internet untuk penyediaan akses ke berbagai layanan TI. Teknologi ini diprediksikan akan semakin berkembang karena layanan cloud menawarkan berbagai keunggulan seperti efektivitas biaya, fleksibilitas layanan, kemudahan akses, kecepatan proses komputasi dan lain-lain. Terdapat juga faktor-faktor yang menjadi penghambat untuk adopsi cloud seperti faktor keamanan dan privasi data, lambatnya akses internet, proses migrasi yang rumit, dan lain-lain. Berbagai faktor tersebut menjadi pertimbangan organisasi untuk melihat benefit yang diperoleh jika adopsi layanan cloud dilakukan. Karya akhir ini akan mengidentifikasikan prioritas dari faktor-faktor seperti efektifitas biaya, efektivifitas keamanan, kebutuhan organisasi, koneksi internet, reliabilitas, dan kepercayaan terhadap provider dalam kaitan dengan adopsi layanan cloud computing di organisasi, serta identifikasi model layanan cloud computing yang paling sesuai untuk organisasi.
Penelitian ini mengumpulkan data dari organisasi dengan metode survey. Organisasi dipilih dengan cara purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner yang diisi oleh staf yang kompeten/ahli dengan masalah cloud computing atau bertanggungjawab terhadap infrastruktur TI di organisasi. Data primer yang dikumpulkan selanjutnya diolah dengan metode Analytic Hierarchy Process. Hasilnya adalah bahwa urutan prioritas dari faktor-faktor yang berpengaruh dalam adopsi layanan cloud computing di organisasi adalah faktor keandalan/reliability (0.237), faktor keamanan/security (0.224) dan faktor koneksi internet (0.175). Untuk model layanan cloud yang paling sesuai untuk organisasi, urutannya adalah layanan Infrastruktur (0.557), layanan Aplikasi (0.246) dan layanan Platform (0.196).

Cloud Computing technology is a recent information technology trends that utilize the Internet connections to provide access to a range of IT services. This technology is expected to further evolve as cloud services offer many advantages such as cost effectiveness, service flexibility, ease of access, swift computing process, etc. There are also some factors listed as an obstacle in cloud computing adoption such as security concern, data privacy, slow internet access, migration process, etc. These various factors will be considered by organization to analyze the benefits obtained if cloud service adoption is performed. This thesis will identify the priority of factors such as cost effectiveness, security effectiveness, organization needs, internet connection, reliability, and trust in cloud provider in influencing cloud service adoption in organizations and also identifying cloud service model that most suited with organizations.
This study collects data from organizations using survey methods. Organizations selected by purposive sampling in which questionnaires filled out by competent staff or cloud computing experts in organization or staff that responsible for IT infrastructure. Primary data collected then processed using Analytic Hierarchy Process. This resulting prioritization of factors that influencing adoption of cloud services in the organization which are : Reliability factor (0.237), Security factor (0.224) and Internet connection factor (0.175). In determining cloud service model that suited with organization needs, the priority order are : Infrastructure services (0.557), Application services (0.246) and Platform services (0.196).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Boma Anantasatya Adhi
"SIMPLE-O merupakan sistem penilaian esai otomatis berbasis LSA. Tesis ini membahas tentang rancang bangun arsitektur parallel yang mungkin diaplikasikan pada SIMPLE-O. Paralelisasi SIMPLE-O akan dilakukan dalam 2 tingkat, tingkat pertama dengan membuat cluster yang hemat energi, dan tingkat kedua adalah paralelisasi algoritma SVD. Paralelisasi algoritma SVD akan dilakukan pada 3 platform, yaitu: GPGPU, APU, CPU, dan dengan 3 jenis algoritma, algoritma numerik Golub-Kahan-Reinsch, algoritma eksak Hestenes-Jacobi dan prediksi nilai singular berbasis norm. Algoritma pendekatan berbasis norm pada platform GPU mampu meningkatkan kecepatan 5.8 kali lipat dari sistem awal dengan mempertahankan korelasi hasil penilaian hingga 0.928.

SIMPLE-O is an LSA based automatic essay grader. This tesis proposes several parallel computing architecture for SIMPLE-O. SIMPLE-O parallelization will be done in 2 level. First level is done by building a low power cluster and the second level is at the SVD algorithm level. Parallel SVD architecture will be implemented in 3 platform: GPGPU, APU, CPU with 3 algorithm, numeric based Golub-Kahan-Reinsch, Hestenes-Jacobi exact algorithm and singular value prediction based on norm. The proposed algorithm, Norm Based Approximation gains up to 5.8 times calculation speed of the original system while maintaining 0.928 correlation against reference algorithm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34975
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Kusnanto
"Cloud computing adalah sebuah paradigma komputasi yang berkembang dari teknologi yang ada, seperti grid computing, virtualisasi dan Internet. Cloud computing memberi ilusi sumberdaya komputasi yang tak terhingga, yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja. Meskipun cloud computing berpotensi memberikan manfaat yang besar, namun masalah keamananya masih menjadi pertanyaan, yang mana menghambat adopsinya. Persoalan keamanan pada cloud computing menjadi semakin rumit karena karakteristik cloud computing yang khas seperti kelenturan alokasi sumberdaya, dan pengguna yang jamak.
Jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus banyak diterapkan pada fasilitas cloud privat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi hambatan atas pelayanan jaringan cloud akibat serangan yang terarah (targeted attack), pada sistem jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus. Pengujian menunjukan adanya peningkatan waktu respon hingga 2863,22% akibat serangan terarah terhadap layanan web administrasi.
Penerapan pembatasan dan kendali laju data (rate control, rate limit) pada penelitian ini merupakan solusi untuk mengurangi dampak serangan terarah. Dengan langkah mitigasi ini peningkatan beban dapat dikendalikan sehingga tidak memengaruhi pelayanan. Pengujian kerentanan menunjukan layanan jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus tidak memiliki ancaman kerentanan yang berpotensi menjadi serangan keamanan.

Cloud computing is a computing paradigm that evolve from existing technology, such as grid computing, virtualization and the Internet. Cloud computing provides an illusion of unlimited computing resources, which can be accessed from anywhere, anytime. Despite the potential gains achieved from the cloud computing, the model security is still questionable which hindered adoption. The security problem becomes more complicated under the cloud model as new dimensions have entered into the problem scope related to the model architecture, multi-tenancy, elasticity, and layers dependency stack.
Eucalyptus based cloud network service widely deployed as private cloud infrastructure. Experiment on this paper focused on finding potential denial-ofservice (DoS) and the impact on ability to provide services during attack. We observe an increase on response time up to 2863,22% during targeted attack to the web-based management service.
Mitigation effort by implementing rate control and rate limit on cloud controller help on reducing average system load to an acceptable level, which prevents disruption of the service. Vulnerability testing in this research shows that Eucalyptus web-based management does not have exploitable security hole.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34855
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>