Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131334 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rais Rassudar
"Dalam perancangan dan pengembangan kendaraan surya lomba, desain body dan struktur ditujukan untuk mendapatkan bobot yang ringan tetapi kuat dan kokoh serta mempunyai tingkat keamanan yang baik. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik dan pembuatan prototipe. Pada tahap seleksi konsep, dipilih jenis monocoque dengan menggunakan bahan carbon fiber agar didapat integrasi body dan struktur yang praktis namun kokoh dan ringan serta sesuai dengan regulasi World Solar Challenge. Selanjutnya dianalisa perilaku mekanik akibat pembebanan impact dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan body dan struktur yang kuat namun ringan dengan pertimbangan kondisi impak pada saat terjadinya benturan yang dapat membahayakan pengemudi. Simulasi pembebanan dilakukan dengan bantuan piranti lunak berbasis metode elemen hingga agar dapat diketahui respon struktur yang terjadi.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles is a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to develop lightweight body of solar electric vehicles especially for racing car. In solar racing car design and development, body-chassis is concentrated to minimize weight and maximize strength and safety. But the trade-off is, on every extra pound will require more energy to displaced down the road. The loading condition simulated using FF.M based software. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a lightweight body with reliability and safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16905
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Supriyadi
"Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan ergonomi kursi pengemudi kendaran surya dengan segala fasilitasnya sehingga diperoleh keamanan, kenyamanan, keselamatan serta efisiensi operasi si pengernudi. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi desain manakin mekanik dan pembuatan prototype hingga pengujiannya. Akan terlebih dahulu dikembangkan prototype yang diharapkan dapat mewakili dalam mengimplementasikan sistem ergonominya.

This research to determine position of ergonomic seat planning driver of solar energy of all facility to comfortable, safety, and efficiency operation the driver. Development which is cover concept, computing of desain mechanic manaquin and the making of test prototype development of this may represent the requirement for development."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16904
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Triana
"Seiring dengan meningkatnya populasi, maka kebutuhan akan sarana transportasi juga semakin meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan kendaraan yang lebih efisien yaitu bisa bergerak cepat dan ramah lingkungan. Kendaraan surya merupakan alternatif sarana transportasi yang cukup popular saat ini. Berangkat dari permasalahan yang ada dan keinginan untuk mengikuti World Solar Challenge, maka penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan pengembangan sistem penggerak yang cocok untuk kendaraan surya, khususnya Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, yang merupakan bagian dari keseluruhan kendaraan surya. Dimana motor listrik merubah energi listrik yang di dapat dari sumber tenaga menjadi energi mekanik yang dionkan untuk menggerakan kendaraan. Pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik, pembuatan prototype, dan pengujian. Sehingga bisa dihasilkan suatu penggerak yang efisien, ringan, cukup handal, dan dapat berfungsi dengan baik.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles are a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to design and develop power train which is suitable for solar electric vehicles, especially a new hub mounted Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, as part of solar electric vehicles. The electric motor converts the electrical energy from power supply to mechanical energy used to propel the vehicles. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a power train which efficient, lightweight, reliability and works properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16154
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Humiras Hardi
"Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem suspensi kendaraan tenaga surya yang ringan, kuat, serta dapat memberikan kestabilan dan keamanan kepada pengemudinya dengan menganalisa amplitude dan frekuensi getaran. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi mekanik dan pembuatan prototype sampai pada pengujiannya.

The aim from this research is to develop suspension mechanism, for solar car. The priority from this thesis is to develop suspension mechanism with good strength, light, stabile and comfort for the driver with analysis amplitude and frequency of vibration. The development will start from concept design mechanical computing and prototype."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Iryawan Kartika
"Perancangan dan pengembangan geometri bodi kendaraan surya lomba tidak hanya berfokus kepada bentuk geometri yang seaerodinamis mungkin, tetapi juga harus mempertimbangkan faktor regulasi lomba, integrasi dengan subsistem lain dalam kendaraan surya dan komersialisasi. Melalui serangkaian seleksi konsep bentuk dasar dipilih bentuk airfoil NACA 66 yang di-camber 2.7%, yang merupakan trade-offs terbaik antara efesiensi aerodinamik, efektifitas pengumpulan energi matahari, penempatan pengemudi, kemudahan pembuatan dan penyediaan areal logo sponsor. Kendala dalam pengujian terowongan angin pada kecepatan kritis yang diinginkan diatasi dengan penggunaan metode simulasi CFD yang dapat memberikan prediksi kesalahan perhitungan terhadap pengujian ekperimental sebesar 2-4%. Dari hasil perancangan dan analisa didapat rancangan geometri prototipe kendaraan surya yang kompetitif dengan ACD = 0.1237 pada v = 90 km/jam dan dengan kestabilan terhadap angin samping sampai sudut serang 40°.

In designing and developing solar racing car's body geometry, body that has the most aerodynamic shape is not the only determining factor. Race regulation, integration with other subsystem in the car and commercial aspect must also be taken into consideration. Through basic shape concept selection process, 2.7% cambered NACA 66 airfoil is chosen as the best trade-offs between aerodynamic efficiency, optimal solar energy collection, driver position, fabrication difficulties and availability of sponsor logo 's area. Constrain in conducting wind tunnel testing at the desired critical speed, is handled using CFD simulation method that can give calculation error to experimental result between 2-4%. Design and analysis process end up with a solar racing prototype design that has competitive figure, with ACD of just 0.1237 at v = 90 kph and stability toward side wind until 40°angle of attack."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Irawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S35751
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Agus Farhan
"Rangka merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu kendaraan, karena dapat dikatakan rangka adalah pondasi dari suatu kendaraan. Dalam perancangan, rangka kendaraan harus mampu memuat dan menahan semua ragam komponen di dalam kendaraan tersebut. Selain itujuga rangka harus di desain untuk dapat menahan dan melindungi pengemudi maupun penumpang dalam kendaraan, oleh karena itu keamanan rangka harus menjadi aspek utama dalam merancang suatu rangka kendaraan. Dengan merancang rangka, kita juga dapat menentukan jenis kendaraan apakah yang akan dibuat nantinya yaitu mengenai batas kapasitas kekuatan rangka. Rangka dasar suatu kendaraan cukup mempengaruhi jarak Center of Gravity kendaraan dengan tanah ( ground ) dimana hal ini berpengaruh pada kestabilan kendaraan pada saat kendaraan melaju ataupun berbelok yang disebabkan oleh momen yang dihasilkan oleh kendaraan itu sendiri. Untuk itu dalam perancangan rangka kendaraan, perencanaan serta perhitungan mengenai beban maksimum yang akan diterima oleh rangka kendaraan merupakan suatu keharusan karena kekuatan serta keamanan rangka harus menjadi frontline dalam perancangan ini tetapi juga tidak melupakan aspek berat dari rangka tersebut maupun dalam segi estetika sehingga nantinya dapat menghasilkan menghasilkan suatu bentuk kendaraan yang baik, stabil, ringan namun kuat dan aman. Analisa metode hingga ( Finite Element Analysis) akan digunakan untuk menganalisa kekuatan dan kekakuan rangka untuk menjamin bahwa rangka tersebut layak seperti yang di inginkan yaitu dengan mengetahui tegangan utama, tegangan geser serta tegangan Von mises yang terjadi pada rangka akibat pembebanan statik maupun dinamiknya berada dibawah batas kekuatan dari rangka tersebut.

Chassis constitute the most important part of vehicle, because it can said that chassis is foundation from vehicle. The chassis is designed to be able to contain and provide support for the various components of the vehicle. Beside that, It is also designed to hold up and protect the driver as well as the passenger and hence the safety of the chassis has to be a major aspect of the chassis design. With chassis design, we also be able to determine what kind of vehicle will be product next that is about limit of strength chassis capacity. Chassis of vehicle influence enough distance between center of gravity the vehicle with ground where in this case influence to vehicle stability at the vehicle moving rapidly or turn around that cause by moment which product by the vehicle itself. On behalf of chassis design, planning and calculation about maximum load that will accepted by the chassis constitute imperative because strength and safety chassis must be frontline in this design with the result that later it can production a good, stable, light in weight chassis yet powerful and safety. Finite Element Analysis will use to analyse strength and stiffness of chassis for guaranteed that chassis meets the proper requirements that is with find out or detect principal stress, shear stress and von mises stress which happened to chassis consequence static loading as well as dynamic loading in under limit of strength that chassis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Wisnu Wardani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem handling kendaraan tenaga surya yang meliputi sistem kemudi, dan roda yang ditujukan unluk mendapatkan hasil rancangan yang ringan, kuat, serta dapat memberikan kestabilan serta keamanan kepada pengemudi. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi mekanik dan pembuatan prototype hingga pengujiannya.

The aim from this research is to develop handling mechanism for solar car, which covers steering mechanism, and wheel. The priority of this thesis will focused on the development of the handling mechanisms strength and light, effort to give more stability and comfort to the driver. The development starts from concept design, followed by the mechanic computing. The prototype was made to fit the purpose of technical test."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suhud Yudha Mahayana
"Air limbah pada suatu daerah kawasan industli merupakan salah satu sumber pencemaran lingkungan yang sangat potensial dan dapat menyebabkan turunnya kualitas air, sehingga dibutuhkan suatu sistem pengolahan yang sesuai dengan karateristik air limbah. Proses pengolahan limbah secara biologis yaitu dengan menggunakan Iumpur aktif merupakan salah satu altematif yang dapat digunakan dalam mengatasi pencemaran air limbah pada suatu kawasan industri.
Proses lumpur aktif ( activated sludge ) adalah proses penumbuhan mikroba dalam media tersuspensi. Proses ini pada dasamya merupakan proses pengolahan aerobik yang mengoksidasi material organik menjacli C02 dan HgO, NI-I4 dan sei biornassa baru. Proses ini menggunakan udara yang disalurkan melalui pompa blower ( diifused ) sehingga sel miktroba membentuk flok yang akan mengendap ditangki penjernihan. Kemampuan bakteri dalam membentuk flok menentukan dalam keberhasilan pengolahan limbah secara biologis, karena akan memudahkan pemisahan partikel dan air limbah.
Karakteristik limbah cair pada Kawasan Industri PT. Surya Cipta Swadaya di daerah Teluk Jambe Kabupaten Karawang sesuai dengan Surat eputusan Gubemur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat No 6 tanggal 13 Maret 1999, tergolong pada Golongan Baku Mum Limbah Cair Kelas [I (dna). Sistem pengolahan limbah cair dengan menggunakan sistem Lumpur aktif pada kawasan industri PT. Surya Cipta Swadaya ini mampu mengolah limbah cair sebesar 3.670 m 3 per hari. Proses pengelolahan limbah cair ini terbagi atas beberapa tahap, yaitu:
- Proses penyaringan kasar 0 Proses penyaringan halus dengan menggunakan Grit Chamber.
- Proses pencampuran limbah cair (penghomogenan) di Equalization Tank.
- Proses Penetralisasian limbah cair di Netralization Tank.
- Proses penguraian bahan organik yang terkandung didalam limbah denan sistem lumpur aktif di Aeration Tank.
- Proses pemisahan air yang telah bersih dengan lumpur aktif yang berasal dari Aeration Tank dan penambahan zat kimia pada proses desinfeksi.
- 0 Proses pengendapan lumpur alctif yang tidak digunakan lagi, yang kemudiaii dipress dengan flter press.
Unit pengolahan limbah cair ini di evaluasi dan rancang untuk mengatasi peningkatan debit limbah cair yang berada dikawasan industri PT. Surya Cipta Swadaya. Debit limbah cair ini meningkat dikarenakan bertambahnya pabrik-pabrik yang akan dibangun serta mengantisifikasi perluasan daerah kawsan industri.
Pengumpulan data-data meliputi data.-data primer, yaitu data-data yang berada dilapangan meliputi kunjungan kelokasi unit pengolahan limbah, penga.rnatan,, wawancara, pengambilan sample buangan air limbah dan pengambilan gambar-gambar yang diperlukan dan data-data sekunder yang dapat diperoleh dengan menanyakan langsung kepada karyawan yang bersangkutan Serta studi literatur-literatur yang berhubungan dengan masaiah yang akan dibahas."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S35715
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kajian jembatan rangka bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan membahas analisis program struktur dengan verifikasi silang antara hasil perhitungan komputer dan manual. Prinsip keseimbangan statika merupakan perhitungan manual sederhana yang juga digunakan untuk mengecek hasil program komputer. Model tipikal merupakan jembatan rangka bambu sistem "Howe" dengan bentang 24 m yang pernah dibangun di Colombia sekitar akhir 1990-an oleh ahli bambu internasional Joerg Stamm. Beliau adalah arsitek dalam pemodelan, pendetailan dan pelaksanaan jembatan bambu bentang sedang-panjang dengan tampilan estetis untuk melayani lalu lintas kendaraan ringan, dengan dukungan analisis struktural oleh universitas di Jerman. Setiap proyek dapat disetujui untuk dilaksanakan bila model memenuhi persvaratan perhitungan struktural. Hasil analisis mengungkapkan faktor-faktor kunci dalam keberhasilan jembatan batang bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan dengan beban kendaraan bruto dua ton. Faktor-faktor kunci meliputi: implementasi faktor keamanan terhadap variabilitas kekuatan batang yang menjamin bambu sebagai bahan alamiah yang ampuh, konektivitas baik di titik simpul sehingga batang tekan dan tarik membentuk keseimbangan gaya, kegunaan jembatan bambu untuk lalu lintas kendaraan ringan satu jalur agar menghindari puntir dan pelaksanaan padat karya yang memerlukan relasi baik antara pelaksana dan masyarakat setempat. Kajian ini diharapkan menunjang teknologi jembatan rangka bambu yang aplikatif dalam meningkatkan sarana konektivitas perdesaan dan daerah terisolir."
620 JTJ 1:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>