Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125170 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Universitas Indonesia, 1993
TA58
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andriyana Dwi Astuti
"ABSTRAK
Studi dan kajian ini sangat penting dilakukan untuk mendesain ukuran suar header pipa dari lokasi lama ke lokasi yang baru untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh back pressure. Pembakaran gas sangat umum dilakukan dibanyak industri seperti refinery, petrochemical, dan oil and gas untuk melepaskan gas yang sudah tidak digunakan. Disetiap plant diwajibkan mempunyai sistem yang mampu membuang tekanan berlebih saat plant dimatikan, perbaikan tahunan, start up dan saat plant sedang mengalami emergency. Dengan adanya beberapa simulasi dan pengaplikasian desain suar diharapkan akan mendapatkan beberapa kajian yang mendalam karena suar gas asam ini didesain dengan memperhatikan resiko dampak dari kandungan asamnya. Metode yang digunakan menggunakan thermo hydraulic model. Untuk simulasi akan menggunakan AspenTechs Flarenet software. Simulasi akan menggunakan beberapa skenario dengan menggunakan feed dari existing dan penambahan dari feed baru. Dari beberapa simulasi yang dilakukan didapatkan beberapa rekomendasi untuk external fire plant 7 tail pipe 7-PSV-036A/B harus dinaikkan dari 3" menjadi 4", CV fail 079-PSV-001A/B mengganti type PSV dari balance ke pilot, untuk pemilihan worst case dari power failure dipilih desain pipa gabungan setelah menerima feed dari existing dan feed baru dengan ukuran 20".

ABSTRACT
This study examines the important issue to determine flare header size extension from original location to new location of flare acid to prevent damage caused by back pressure. Gas flaring is a common practice used in many industrial processes such as refinery, petrochemical, and oil-gas industry to release flue gas. It is a must-have safety requirement which is installed to reduce excess pressure when the plant is shut down for annual repair, start up or emergency circumstance. With case study and design flare packages system will get additional information because acid flare system has been designed based on the largest single risk with consideration of acid content. Methods flare design studies will be using thermo-hydraulic model. The modelling will be simulated using AspenTechs flarenet software with some scenario from existing flare acid flare system design basis for non-simultaneous relieving load and then new flare acid will receive additional load from new unit. From the result of simulation, for external fire for plant 7tail pipe 7-PSV-036A/B shall be increase from 3" become 4", CV fail scenario of 079-PSV-001A/B PSV type shall be changed from balance to pilot type, new header size determined based general power failure header selected is 20".
"
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edmond Febrincko Armay
"Fotogenerasi carrier memiliki distribusi ruang yang sangat berbeda dalam sel surya anorganik dan sel surya organik. Hal tersebut mengarah pada perbedaan mekanistik antara kedua sel. Generasi carrier terjadi pada antarmuka donor-akseptor disosiasi eksiton dalam sel surya organik, menghasilkan elektron dalam suatu lapisan dan hole pada lapisan lainnya ? kedua carrier telah terpisah sepanjang antarmuka saat fotogenerasi dalam sel surya organik. Sebaliknya, fotogenerasi kedua carrier sepanjang bulk dalam sel surya anorganik, menghasilkan elektron dan hole pada arah yang sama melalui fase yang sama; pemisahan carrier membutuhkan built-in potential sepanjang sel.
Pada riset ini dipelajari teori dasar yang diperlukan untuk membandingkan sel surya anorganik dan sel surya organik. Kemudian dibuat model-model untuk sel surya anorganik dan sel surya organik. Model sel surya anorganik berbasis pada material silikon yang tersusun dari dua lapisan, yaitu lapisan p-n dengan koefisien absorpsi yang berbeda-beda. Model sel surya organik tersusun dari tiga lapisan, yaitu PCBM (lapisan p), film antarmuka "eksitonik", dan MDMO-PPV (lapisan n); koefisien absorpsi hanya pada film antarmuka "eksitonik" dan bernilai konstan. Simulasi numerik yang membandingkan perbedaan piranti semikonduktor tersebut menghasilkan diagram tingkat energi, diagram rapat carrier, diagram space charge, diagram medan listrik, diagram generasi, dan diagram rapat arus diperlihatkan untuk mendemonstrasikan perbedaan pokok antara mekanisme fotokonversi piranti sel surya anorganik dan sel surya organik.

Charge carriers are photogenerated with very different spatial distributions in conventional inorganic photovoltaic cells and in organic photovoltaic cells. This leads to a fundamental mechanistic difference between them. Carriers are generated primarily at the exciton-dissociating donor-acceptor interface in organic photovoltaic cells, resulting in the production of electrons in one layer and holes in the other ? the two carrier types are thus already separated across the interface upon photogeneration in organic photovoltaic cells. In contrast, both carrier types are photogenerated together throughout the bulk in inorganic photovoltaic cells, resulting in the production of electrons and holes in the same direction through the same phase; efficient carrier separation therefore requires a built-in potential across the cell.
The basic theory necessary to compare inorganic photovoltaics to organic photovoltaics is reviewed. The models for inorganic photovoltaic and organic photovoltaic are made. Inorganic photovoltaic model based on silicon material consist of two layers i.e. p-n layers with different absorption coefficients. Organic photovoltaic model based on three layers i.e. PCBM (p layer), "exitonic" interface film, and MDMO-PPV (n layer); absorption coefficient only in "exitonic" interface film and made constant. Numerical simulations that compare semiconductor devices differing yield the energy level diagrams, carrier density diagrams, space charge diagrams, electric field diagrams, generation diagrams, and current density diagrams are presented to demonstrate this fundamental distinction between the photoconversion mechanisms of inorganic photovoltaic and organic photovoltaic devices."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T25080
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azlul Fadhly Oka
"Penggunaan sel surya sebagai sumber catu daya bagi divais elektronik masih dibatasi cuaca dan pergantian siang malam. Di lain pihak, meskipun sangat menjanjikan, pemanfaatan energi dari sinyal RF (Radio Frequency) masih dibatasi rendahnya level daya yang tersedia. Penggunaan dua sumber ini sebagai sumber catu daya bagi satu divais elektronik berpotensi menghasilkan sumber catu daya yang mendukung portability, mobility dan availability.
Sistem RF energy harvesting dari sinyal RF frekuensi GSM 900 MHz menggunakan rangkaian voltage multiplier sebagai rectifier dan amplifier. Sistem charger berbasis sel surya menggunakan rangkaian voltage regulator untuk menghasilkan nilai tegangan yang stabil. Tegangan DC digunakan untuk men-charging baterai handphone.

Solar cell-based electronic applications are still limited by the availability of sunlight during the day time. While this is not a problem for RF (Radio Frequency) energy, it‟s low power availabilty in the free space is the major issue that most applications must deal with. Using these two ambient energy sources to power the same device could lead to power sources that support portability and mobility applications.
This thesis proposes a design of RF energy harvesting system from 900 MHz GSM signal with voltage multiplier circuit to rectify and amplify the input signal. The solar cell-based system with voltage regulator is required in the system to produce a stable value of DC voltage from solar cell. The produced DC voltage will be used to charge a mobile phone.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1080
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
A. Harsono Soepardjo
Depok: UI-Press, 2013
PGB 0012
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Triana
"Seiring dengan meningkatnya populasi, maka kebutuhan akan sarana transportasi juga semakin meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan kendaraan yang lebih efisien yaitu bisa bergerak cepat dan ramah lingkungan. Kendaraan surya merupakan alternatif sarana transportasi yang cukup popular saat ini. Berangkat dari permasalahan yang ada dan keinginan untuk mengikuti World Solar Challenge, maka penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan pengembangan sistem penggerak yang cocok untuk kendaraan surya, khususnya Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, yang merupakan bagian dari keseluruhan kendaraan surya. Dimana motor listrik merubah energi listrik yang di dapat dari sumber tenaga menjadi energi mekanik yang dionkan untuk menggerakan kendaraan. Pengembangan yang dilakukan meliputi desain konsep, analisa teknik, pembuatan prototype, dan pengujian. Sehingga bisa dihasilkan suatu penggerak yang efisien, ringan, cukup handal, dan dapat berfungsi dengan baik.

The transport needs is becoming increasingly and more demanding in accordance with the population growth. In order to combat this, more efficient transportation vehicles need to be developed which are faster and cleaner. Solar electric vehicles are a popular transport alternative. Starts from the problem currently and the desire World Solar Challenge participating, this research aim to design and develop power train which is suitable for solar electric vehicles, especially a new hub mounted Brushless DC Permanent Magnet (BLDC PM) Motor, as part of solar electric vehicles. The electric motor converts the electrical energy from power supply to mechanical energy used to propel the vehicles. Development covered conceptual design, engineering analysis, making of prototype and testing. With the result that could produce a power train which efficient, lightweight, reliability and works properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16154
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Humiras Hardi
"Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem suspensi kendaraan tenaga surya yang ringan, kuat, serta dapat memberikan kestabilan dan keamanan kepada pengemudinya dengan menganalisa amplitude dan frekuensi getaran. Pengembangan yang dilakukan meliputi konsep, komputasi mekanik dan pembuatan prototype sampai pada pengujiannya.

The aim from this research is to develop suspension mechanism, for solar car. The priority from this thesis is to develop suspension mechanism with good strength, light, stabile and comfort for the driver with analysis amplitude and frequency of vibration. The development will start from concept design mechanical computing and prototype."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>