Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 148753 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Nazirin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan post test only control design. Subjek penelitian sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji Anova 2 jalur. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep PPKn siswa. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi lebih baik dalam hal penggunaan model Jigsaw dan hasil belajar, dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep PPKn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada model pembelajaran ceramah untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, dan bahwa siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar yang rendah dalam penggunaan atau pemanfaatan model pembelajaran Jigsaw dan hasil belajarnya."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Improving educational quality is a continous procceses done by teachers. One of the strategy to improve the quality is to improve substance or content delivery. This study attempt to elaborate the effect of using overhead projector (OHP) media in lecturing method for Civic and Bahasa Indonesia for high school students. Experiment approach was used to answer research questions. Factorial design was selected to reveal the research outcomes. The result showed that there was significant impact of using OHP to support learning process on Civic and Bahasa Indonesia."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"This research investigated the role of inquiry and cooperative leraning strategy towards the increase of the cognitive achievent. Quasi experimental research of Pretest - postest nonequivalent control group design with factorial design 2x2x2 were implemented on the odd semester of 2006/2007 on X grade student of the state Senior High School in Metro City Lampung...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"This research investigated the rule of inquiry and ccoperative learning strategy towards the increase of the cognitive achievement."
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The objective of this research was to know: the effect of learning strategy, academic ability, as well as the interaction of learning strategy and academic ability on metacognitive ability and learning outcome. The statistic analysis used were Anacova and LSD. Learning strategy process consistency test was similarity test of regression equation. The conclusion of the research were: (1) learning strategy didn’t affect metacognitive ability, (2) learning strategy affected cognitive learning outcome, in this case multistrategy was the most constructive. (3) academic ability didn’t affect metacognition and cognitive learning outcome, (4) the interaction of learning strategy and academic ability did not affect metacognitive ability, but the best interaction was PBMP combine with Script with and academic ability, and (5) the interaction of learning strategy and academic ability did not affect cognitive learning outcome, but the best interaction was PBMP combine with TPS and low academic ability."
2009
570 JPB 1:1 (2009) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions modifikasi penemuan terbimbing ditinjau dari kemampuan verbal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) berdasarkan model pembelajaran, prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions sama baiknya dengan prestasi belajar matematika peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions modifikasi penemuan terbimbing, baik pada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal tinggi, sedang dan rendah, (2) ditinjau dari kemampuan verbal, peserta didik yang memiliki kemampuan lebih tinggi baik daripada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal sedang dan rendah, dan peserta didik yang memiliki kemampuan verbal sedang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kemampuan verbal yang rendah."
JPUT 16:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi siswa kelas X SMAN I Sungguminasa Kabupaten Gowa dalam hal 1) hasil belajae fisika 2) kemampuan penalaran formal 3)profil lingkungan pendidikan keluarga 4)apakah kemampuan penalaran formal mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar fisika 5)apakah lingkungan pendidikan keluarga mempunyai pengaruh positif yang signifkan terhadap hasil belajar fisika....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Contextual teaching and learning in cooperative learning of TGT strategy was used to increase science process skills and science learning outcome.The problems of this research was the low science process skills and learning outcome of the student...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>