Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159850 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
cover
cover
Cut Hafitatul Aini
"Karya Proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris I untuk Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Penulis menggunakan langkah-langkah perancangan silabus yang dikemukakan oleh Jordan (1997). Dalam perancangan silabus ini, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap silabus lama mata kuliah Bahasa Inggris I dan kurikulum Jurusan Budidaya Pertanian. Tes diagnostik penulis berikan kepada mahasiswa semester dua yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris I pada semester pertama yang selama ini dilakukan dengan menggunakan silabus yang lama. Survei selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan fakultas, pengajar, ketua prodi, ketua jurusan, dan pemelajar di Jurusan Budidaya Pertanian. Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa Inggris yang saat ini ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan kedepannya. Data yang diperoleh dari hasil survei tersebut, dianalisis guna merumuskan tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. jenis silabus yang digunakan adalah silabus berbasis keterampilan. Keterampilan yang akan digunakan adalah pada keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan hal utama yang harus dilakukan mahasiswa untuk kepentingan akademis mereka selama dalam masa perkuliahan. Silabus baru mata kuliah Bahasa Inggris I yang berbasis pada keterampilan membaca, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris I di Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh.

This project is intended to design an English syllabus for Agriculture Faculty of Malikussaleh University. The writer used the steps recommended by Jordan (1997) in designing syllabus. In designing the syllabus, the writer first analyzed the English syllabus used for English I subject and the curriculum of Agriculture Faculty. A diagnostic test was administrated to the students of the second semester in order to find out the effectiveness of the teaching and learning of English I subject in the first semester, which has been conducted using the old syllabus. Further survey was done by distributing questionnaires and conducting an interview with the head of Faculty, the teachers, the head of program study, the head of department, and the students in Agriculture department. These were done to find information about the current condition of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning English at the Faculty in the future. Data from the two surveys were then analyzed to formulate the goal of the subject, and the type of the syllabus. The type of the syllabus used is a skill based syllabus which would focus on reading skill. Being skillful in reading is necessary for student in relation to their academic needs during their study. The new skill based syllabus for English I subject hopefully can accommodate students? needs, beneficial for teaching and learning of English I subject in Agriculture Faculty of Malikussaleh University."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24427
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adijaya Yusuf
Jakarta: Project Elips, 1998
343.07 ADI t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Rumanta
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prototipe modul pada bahan ajar mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup, Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik evaluasi formatif, dengan mengembangkan satu prototipe modul bahan ajar berupa modul 2 tentang Manusia, Energi, dan Sumber Daya Alam, sebagai model dalam penulisan modul lainnya. Prototipe modul bahan ajar tersebut diuji coba dan direvisi secara bertahap, mulai dari evaluasi satu-satu dilanjutkan dengan evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi satu-satu, ditemukan adanya beberapa kekurangan, seperti gambar yang kurang jelas dengan keterangan masih menggunakan bahasa asing, tes formatif yang tidak sesuai dengan materi, serta beberapa istilah yang belum dijelaskan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan materi pada prototipe modul bahan ajar tersebut terlalu banyak, kualitas gambar kurang memadai, dan ada beberapa materi yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa prototipe modul tersebut sudah cukup baik dan dapat dimengerti responden, namun masih ada saran penggunaan istil ah yang belum jel as. Disimpul kan bahwa setelah melakukan serangkaian evaluasi dan revisi diakhiri dengan uji lapangan, prototipe modul bahan ajar Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pendidikan jarak jauh, dengan beberapa catatan perbai kan khususnya penggunaan istilah.
"
Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016
370 JPK 1:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Retnowati
"The objective of this study is to analyze the effects of the student's belief of knowledge and learning toward the students' performance. The assumptions used are: 1) Knowledge is certain 2) Knowledge is complex 3) Learning is not fast and easy 4)Knowledge capacity is not based solely on the performace variable. The subjects for the study were students majoring in Accounting of a university located in Banten. Both the descriptive analysis method and the path analysis were used in this study to analyze the data. The result indicate that the students belief on knowledge and learning affected the students' performance, both directly and indirectly, as much as 7%."
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
TEMEN 3:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Dagmarbumi Batarisuri
"Karya proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris untuk Jurusan Hubungan Intemasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (HI UNPAD). Silabus dirancang dengan menggunakan lagkah-langkah yang dikemukakan oleh Yalden (1987). Langkah-langkah tersebut diawali dengan survei guna menganalisis tujuan mata kuliah, kebutuhan dan keterampilan awal pemelajar, serta kondisi lingkungan setempat. Informasi mengenai tujuan mata kuliah diperoleh melalui wawancara dengan Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ketua Jurusan Hubungan Intemasional, dan pengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Informasi mengenai kebutuhan mahasiswa diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pengajar mata kuliah keahlian. Untuk memeroleh informasi mengenai keterampilan awal pemelajar, disebarkan kuesioner dan dilakukan tes diagnostik untuk mahasiswa semester I. Selain itu, observasi dilakukan guna memeroleh informasi mengenai situasi dalam kelas Bahasa Inggris dan keterampilan berbicara mahasiswa semester I. Data dianalisis guna merumuskan dxkripsi tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. Janis silabus yang digunakan merupakan integrasi silabus yang berdasar pada tugas, isi, dan topik. Tugas-tugas yang tercakupi dalam silabus berdasar pada kebutuhan mahasiswa, sedangkan isi terdiri dari keterampilan, kosakata, dan rata bahasa yang diperlukan dalam tugas-tugas tersebut. Topik ditentukan sesuai dengan isu yang relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi HI, Silabus yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Inggris di Jurusan HI UNPAD dan untuk memenuhi kebutuhan bahasa Inggris pemelajar.

The aim of this project work is to design a proposed syllabus for English course in International Relations Department Universitas Padjadjaran. The syllabus was designed using the stages proposed by Yalden (1987). The stages start with a survey to gather information on the course aims, student needs, language skills on entry and local condition_ Information on the course aims was gathered through interviews with the Dean Assistant I of Faculty of Social and Political Sciences, Head of International Relations Department and English lecturers. Information on student needs was gathered by distributing questionnaires to core subjects lecturers. To gather information on the language skills on entry, a questionnaire and a diagnostic test were given to freshman year students. Observation was also done to gather information on class situation and student speaking skills. The data was analyzed to set a description of purpose and select a type of syllabus. The type of syllabus selected integrates task-based, content-based, and topic-based syllabus. Tasks selected are based on student needs, and content consists of skills, vocabularies and structures needed in completing the tasks. Topics are chosen according to issues which are relevant to students life and International Relations study. The proposed syllabus design is expected to achieve the aims of the course and to fulfill the student needs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24405
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rizki
"Latar belakang: Pentingnya kemampuan kepemimpinan bagi seorang dokter dalam menjankan tugas memunculkan pemikiran untuk mulai menumbuhkannya secara terstruktur dalam pendidikan kedokteran. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan suatu model pendidikan kepemimpinan yang efektif. Dalam upaya merancang model pendidikan kepemimpinan ini, perlu digali harapan dosen sebagai komponen inti perancang kurikulum. Dengan mengetahui harapan dosen, institusi dapat menentukan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka keberhasilan rancangan dan implementasi model pendidikan kepemimpinan dalam kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Metode: Studi kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalarn pada 11 dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang diperoleh melalui maximum variαtion sampling; Data dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan isu dan tema yang penting. Hasil: Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menganggap kepemimpinan penting untuk diajarkan di kurikulum. Kepemimpinan 1m mencakup. ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sebagian besar dosen mengharapkan pendidikan kepemimpinan diterapkan secara terintegrasi di kurikulum. Indikator penilaian yang diharapkan dosen meliputi kemampuan komunikasi, kualítas pribadi, keterampilari interpersonal, visioner, 'kemampuan mempengaruhi, kerjasama kelompok, dan kemampuan berorganisasi. Metode penilaian yang tepat masih menjadi isu yang menjadi perhatian sebagian besar dosen, namun dosen mengharapkan adanya standar penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya. Simpulan: Harapan dosen mengenai pendidikan kepemimpinan adalah pendidikan kepemimpinan ini diberikan secara terintegrasi dengan metode belajar yang mengutamakan praktek mencakup ranah pengetahuan, keterarnpilan dan sikap dengan standar pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya.

Background: The importance of physician leadership has driven the need to systematically cultivate it as early as medical students enter medical education. In cultivating physician leadership systematically, an ideal model of physician leadership education is crucial. Teachers' expectation wiII give significant contribution in a search of such a model since they will be the core of curriculum planning team. Therefore, it is important to know teachers' expectation of physician leadership education in medical curriculum. Methods: In-depth interviews were undertaken using maximum variation sampling with 11 teachers of Faculty of Medicine, University of Mataram . The data were analysed qualitatively to identifikasi important issues and themes. ResuIts: Teachers consider leadership as an important competence for future physicians. Physician leadership. comprises knowledge, skills and attitudes. Most teachers prefer it to be delivered integratively in medical curriculum. They expect it to be delivered using multiple methods ranging from lecture to field-work. The expected outcomes include communication skills, personal quality, interpersonal skills, ViSion setting, inf1uencing skills, teamwork, and organizing skills. Teachers consider assessment of physician leadership is still needed to be clearly defined. Conclusion: Teachers' expectations of physician leadership education are integrative delivery; comprises knowledge, skills, and attitudes; delivered by multiple learning methods; and clearly defined assessment criteria."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2008
T56852
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>