Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 57261 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Ade Farida
"ABSTRAK
Penelitian mengenai fungi dan peran perpustakaan sekolah dalam menunjang poses belajar mengajar yang berlokasi di perpustakaan SMP/SMU Islam Al Azhar 1 Jakarta Selatan, bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa manfaat keberadaan perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajarnya, apakah perpustakaan telah menjalankan fungsi dan perannya sesuai dengan kebutuhan siswa, serta hambatan yang dihadapi dalam pemenuhan tugas perpustakaan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat deskriptif, dengan responden siswa/i SMP/SMU Islam Al Azhar 1 anggota perpustakaan. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 40 responden. Pengumpulan data utama dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara acak kebetulan dan data penunjang dengan wawancara kepada kepala sekolah, kepala perpustakaan dan staf perpustakaan.
Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel persentase, yang kemudian dianalisa dalam bentuk penafsiran dalam bentuk kalimat yang mengandung kesinmpulan penelitian.
Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini, bahwa pengetahuan responden mengenai manfaat perpustakaan belum dibarengi dengan pemanfatannya secara optimal dalam menunjang pelajaran sekolah, sebagian besar masih tertokus pada fungsi perpustakaan sebagai media rekreasi, dengan frekwensi kunjungan yang rendah. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh sikap kurang proaktif dari perpustakaan dalam promosi dan nienciptakan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan dengan fasilitas yang memadai dan menarik.

"
1999
S14891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Maemunah
"Perpustakaan Sekolah merupakan unit kerja sebagai perangkat mutlak yang seharusnya terdapat di sekolah. Dalam kurikulum modern perpustakaan sekolah merupakan jembatan pengetahuan dalam belajar selain di kelas. Keberadaan perpustakaan sekolah di tengah sekolah luar biasa merupakan saran pendukung yang dapat mendorong siswa untuk mendapatkan pengetahuan yang sama, untuk mengenal lebih luas dunia nyata. Perkembangan peranan perpustakaan sekolah terkait dengan kebijakan dan perhatian semua pihak dari mulai kepala sekolah, guru, murid, serta hubungan kerjasama dengan institusi luar. Selanjutnya perpustakaan sekolah sendiri ditunjang dengan komponen-komponen di dalamnya seperti layanan dan kegiatan, koleksi, fasilitas, serta tenaga pengelola. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan catatan lapangan sederhana. Sekolah Luar Biasa Tunanetra Pembina Tingkat Nasional di Jakarta tepatnya di daerah Lebak Bulus Jalan Pertanian Raya merupakan sekolah yang ditunjuk pemerintah sebagai percontohan Sekolah Luar Biasa, berdasarkan hasil penelitian tahun 1984 Perpustakaan SLB A PTN memiliki kondisi perpustakaan yang baik, dari segi koleksi, layanan, fasilitas serta tenaga pengelolanya yang dapat mengelola perpustakaan dengan pengolahan koleksi yang baik. Namun ternyata hal tersebut hanya berjalan sekitar 6 tahun dari tahun 1983, selebihnya kondisi perpustakaan SLB A PTN mengalami naik dan turun, bisa dikatakan mengalami kemunduran selama kurun waktu 18 tahun. Naik turunnya kondisi tersebut sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan perpustakaan terkait dengan fungsional semestinya. Berdasarkan temuan penelitian di lapangan, kondisi perpustakaan yang sekarang belum bersesuaian dengan teori tentang penyelenggaraan perpustakaan sekolah semestinya. Oleh sebab itu, peranan perpustakaan SLB sekarang masih jalan ditempat hanya sebatas membantu kelancaran belajar mengajar dengan kegiatan peminjaman koleksi brailenya, berkaitan dengan hal tersebut perpustakaan selalu mengadakan kebutuhan materi belajar yang akan digunakan tiap ajaran baru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kegiatan yang cukup aktif dilakukan adalah sebatas layanan peminjaman buku pelajaran dan fiksi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15591
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Poppy Juliyanti
"Penelitian mengenai Pengembangan koleksi di Perpustakaan Sekolah Menengah Umum Negeri 68 Jakarta dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus 2002. Tujuannya ialah untuk mengidentifikasi peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah dan masalah-masalah yang timbul dalam usaha pengembangan koleksi di perpustakaan. Selain itu juga mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan dalam pengembangan koleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan dibagikan langsung kepada responden. Terdapat 65 responden yang terdiri atas Kepala Sekolah dan Staf perpustakaan SMU yang bersangkutan. Data juga didukung dengan wawancara dan pengamatan langsung terhadap pengembangan koleksi dan keadaan perpustakaan. Data yang terkumpul diolah dengan tabulasi frekuensi. Data disajikan dalam bentuk Label, kemudian dianalisa guna pengambilan kesimpulan dengan rumus persentase dan parameter untuk penafsiran nilai persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan koleksi yang telah dilakukan di perpustakaan SMUN 68 Jakarta belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan pemakai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Koleksi yang ada belum dapat dikatakan menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini disebabkan kurangnya pengembangan koleksi secara berkala sehingga koleksi tetap up to date dan dapat digunakan lebih maksimal, kerja sama dengan pengajar dan siswa dalam kebijakan seleksi dan seleksi, kurangmya informasi mengenai kebijakan seleksi dibuat secara tertulis dan di sosialisasikan kepada staf yang lain. Tinggi rendahnya kualitas pengembangan koleksi di perpustakaan SMUN 68 Jakarta juga disebabkan oleh keterbatasan dana dan staf. Dan kesimpulan yang diambil adalah sebagai berikut : pengembangan koleksi yang dilakukan oleh pustakawan SMUN 68 belum dapat dikatakan ideal sebagai bahan pustaka yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15513
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lira Redata
"Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari sekolah, yang bertujuan membantu sekolah mencapai tujuan pendidikan. Perpustakaan sekolah akan bermanfaat bila prestasi siswa tinggi dan selalu berkeinginan mengikuti perkembangan iptek. Untuk memenuhi kriteria di atas, maka hal itu sangat ditentukan oleh sistem pengajaran yang senantiasa menuntut pemanfaatan perpustakaan sekolah, yaitu sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif. sistem pengajaran dengan pendekatan belajar aktif, di satu pihak menuntut guru untuk Iebih kreatif dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah, di lain pihak siswa dituntut untuk dapat lebih mandiri dalam kegiatan belajar. Tentunya untuk memenuhi kedua tuntutan ini, guru dan siswa memerlukan fasilitas yang berperan menunjang pelaksanaan belajar aktif, yaitu perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dapat berperan menunjang belajar aktif melalui empat komponen yang dimilikinya, yaitu: koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta sumber daya manusia.
SMU MADANiA adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan belajar aktif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah SMU MADANiA berusaha berperan menunjang belajar aktif melalui koleksi, kegiatan dan layanan, fasilitas, serta personal yang dimilikinya. Peranan yang sudah dipenuhi oleh perpustakaan sekolah SMU MADANiA adalah sebagai sumber belajar; penyirkulasi koleksi; simbol bagi siswa untuk meraih kebebasan berbicara ; rumah yang menyediakan akses ke sumber sesuai kurikulum ; tempat ideal mengajarkan kemampuan menggunakan informasi; petunjuk, pendukung, dan kebebasan untuk mengembangkan tanggung jawab belajar; serta penyedia lingkungan belajar yang memadai."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S15575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Naulita
"Skripsi ini mengenai Pemanfaatan perpustakaan Sabili untuk menunjang aktivitas redaksi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini mendapatkan gambaran mengenai pemanfaatan sebuah perpustakaan media massa dalam menunjang kebutuhan redaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi pustakawan dalam keredaksian merupakan mitra kerja yang sangat penting bagi wartawan dan redaktur yang bertugas menulis berita. Oleh karena itu, pustakawan pun harus memiliki pengetahuan dasar jurnalistik untuk mengoptimalkan tugasnya dalam mendukung redaksi. Pemanfaatan koleksi perpustakaan untuk kebutuhan redaksi sebesar 39,5%. Artinya, sebagian besar sumber informasi redaksi SABILI didapatkan dari koleksi di luar perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Waluyo
"Karya tulis ilmiah (KTI) ini pembahasannya fokus pada persoalan-persoalan pengertian perpustakaan dan aplikasi perpustakaan dalam aktivitas penelitian. Dari hasil bahasan dapat disimpulkan bahwa perpustakaan itu memiliki banyak definisi namun dari ragam definisi itu menunjukkan bahwa perpustakaan itu pasti berkaitan dengan penelitian dan perpustakaan itu merupakan suatu kata benda yang menggambarkan pengertian bahwa perpustakaan itu merupakan suatu tempat khusus, difungsikan khusus untuk pengaturan buku-buku, dimaksudkan supaya mudah digunakan pembaca. Dalam artian esensial tadi maka dalam realitanya perpustakaan itu memiliki ragam jenisnya. Mulai dari jenis Perpustakaan Nasional RI hingga jenis perpustakaan digital. Namun demikian dalam dinamika perkembangan perpustakaan akhirnya menempatkan perpustakaan itu menjadi sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Dari istilah pustaka, berkembang istilah pustakawan, kepustakaan, ilmu perpustakaan, dan kepustakawanan. Perpustakaan itu memang sangat membantu dalam pelaksanaan aktifitas penelitian. Peran itu terutama ketika sedang berusaha mengkonseptualisasi suatu fenomena dan kemudian juga tampak ketika sang peneliti sedang berupaya membuat bagian kerangka teori, yaitu bagian literatur review dan konsep-konsep teoritik. Namun sebenarnya, lebih jauh dari itu peran perpustakaan dalam kaitan pelaksanaan penelitian akan tampak lebih jauh berperan sebenarnya ketika kita dalam proses penelitian itu berlanjut pada tahap penyajian dan analisis data hasil penelitian, dan ini terutama pada proses penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bercirikan tidak bebas konteks, yang dengan ciri dimaksud dengan sendirinya penggunaan konsep teoritik berkemungkinan besar menjadi tidak terhingga
Scientific writing (KTI) is the discussion focused on issues understanding library and library applications in research activities. From the discussion it can be concluded that the library has many definitions but from the variety of definitions it indicates that the library must be related to research and the library is a noun that illustrates the notion that the library is a special place, functioned specifically for the arrangement of books, Intended to be easy to use the reader. In this essential sense, in reality the library has its various types. Starting from the type of National Library of Indonesia to the type of digital library. However, in the dynamics of the development of the library eventually put the library into a source of information science, technology and culture. From the literature term, developing the term librarian, library, library science, and librarianship. The library is very helpful in the implementation of research activities. That role especially when trying to conceptualize a phenomenon and then also visible when the researcher is trying to make part of the theoretical framework, namely the literature review and theoretical concepts. In fact, further than that the role of libraries in relation to the implementation of research will appear to be more true role when we in the process of research that continues at the stage of presentation and analysis of research data, and this is primarily on the research process with qualitative approach that is characterized not context free, Which by its very nature implies the use of theoretical concepts is likely to be infinite"
Pustakawan pada BPPKI Jakarta, 2016
384 KOMAS 12:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wood, Derek
Yogyakarta: Katahati, 2005
153.15 WOO kt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Misriyati
"Penelitian ini membahas tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di Semut-Semut The Natural School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Kesimpulan yang diperoleh adalah peran perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran di perpustakaan Semut-Semut The Natural School masih dalam tahap awal dimana perpustakaan hanya sebagai pusat sumber belajar, pusat kegiatan membaca dan pusat kegiatan literasi informasi. Saran dari peneliti untuk pengembangan perpustakaan Semut-Semut The Natural School adalah menambah koleksi perpustakaan, memperluas ruangan perpustakaan, menyediakan fasilitas penunjang seperti ruang diskusi dan meja belajar, meningkatkan kerja sama dan perhatian dari berbagai pihak, dan menyediakan dana yang cukup untuk keperluan perpustakaan.

The thesis discusses about the role of the school library in supporting teaching and learning activities at Semut-Semut The Natural School. This research uses qualitative approach and case study method. The conclusion is the Semut-Semut The Natural School’s library is still in the early phase in supporting the learning activities where library only as a center of learning source, a center of reading, and a center of literacy information activities. Suggestion from the writer to develop the Semut-Semut The Natural School is adding the library collection, expanding the library room, providing ancillary facilities such as disscussion room and learning table, building cooperation of various people and providing sufficient funds for library needed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratmi Agustina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang
kegiatan belajar mengajar di sekolah SMP Sumbangsih 1. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil
penelitian, menyimpulkan bahwa perpustakaan sekolah SMP Sumbangsih 1
sebaiknya dikelola dengan tujuan dan fungsinya; menambah sumber daya
perpustakaan; memberikan pembinaan dan pelatihan kepada tenaga pengelola:
kerjasama dan perhatian dari berbagai pihak; menyediakan fasilitas penunjang
seperti layanan internet; menyediakan dana yang cukup untuk mengelola
perpustakaan sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah

ABSTRACT
This thesis discusses the role of the school library in supporting teaching and
learning activities at Sumbangsih 1Junior High school. this research uses
qualitative approach to the the case study method. Based on the results of
research, concluded that the Sumbangsih 1 junior school library with the aim and
should be managed functions; add resource library; provide coaching and training
to the librarian; cooperation and attention of various parties; providing ancillary
facilities such as internet services; provide sufficient funds to manage the library
so that it can support teaching and learning activities at school.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43837
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>