Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5500 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Diarmila Tri Lestari
"Salah satu radio siaran yang melayani pendengar wanita berusia 25-39 tahun dengan SES AB di Jakarta adalah 100.2 FeMale Radio. Dengan menghadapi 3 radio pesaing lainnya yang juga sama-sama menargetkan wanita, Radio FeMale harus mengelola mereknya dengan lebih baik.
Penelitian ini mencoba melihat aspek merek bagi sebuah radio siaran dan apa strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan untuk mendukung pengelolaan merek tersebut.
Teori mengenai merek, media massa dan komunikasi pemasaran digunakan untuk mencari jawaban dari permasalahan tesis ini.
Hasil dari penelitian adalah karena merek memegang peranan yang semakin pEnting dalam industri radio siaran sehingga pengelolaan yang benar juga diperlukan. Namun karena konsep ini baru diterapkan sehingga pelaksanaan komunikasi pemasaran yang mendukung merek masih belum menyeluruh."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T11995
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sriyati
"Dengan semakin beratnya tantangan dalam pembangunan maka komunikasi makin dibutuhkan kehadirannya, terutama pada masyarakat pedesaan dimana pembangunan pedesaan kurang berhasil. Siaran Pedesaan yang disiarkan melalui radio adalah salah satu usaha agar komunikasi yang diarahkan pada masyarakat pedesaan menjadi lebih bermanfaat. Dengan adanya Siaran Pedesaan melalui radio sebagai sarana pendukung komunikasi massa, diharapkan dapat membantu media massa dalam menyebarkan informasi-informasi pembangunan. Fungsi radio pun menjadi ganda. Tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai pendidikan dan kebudayaan, ini terlihat jelas melalui Siaran Pedesaan dari RRI Bogor. Adapun penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui Siaran Pedesaan yang adakah dan bagaimana manfaat disiarkan melalui RRI Bogor dapat meningkatkan kegairahan, pengetahuan dan ketrampilan atau perubahan sikap hidup warga Kecamatan Ciomas Bogor; Untuk meperoleh data , dilakuan penyebaran kuestioner dan data pendukung diperoleh melalui interview. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah lima (5 ) desa di kecamatan Ciomas Bogor yaitu : Desa Pasir jaya, Desa Ciomas, Desa Sirnagalih, Desa Taman Sari, dan Desa Sukaluyu. Penarikan sampelnya dilakukan secara Proporsional Random Sampling, yaitu penarikan sampel secara acak yang dibagi-bagi dalam sub populasi ( dalam hal ini dibagi kedalam desa-desa ) kemudian dari tiap desa diambil sejumlah RT (Rukun Tetangga ) yang ada tiap desa. Jumlah RT dari kelima desa adalah 170. Dengan demikian jumlah sampelnya sebanyak 170 orang. Berdasarkan penelitian, maka dapat ditarik suatu gambaran mengenai manfaat Siaran Pedesaan dalam menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan di pedesaan khususnya melalui medium radio relatif tinggi, frekwensi dalam mendengarkan Siaran Pedesaan menurut jenis kelamin adalah laki-laki. Dan pendidikannya yang terbanyak adalah SMP atau sederajad. Dari jumlah tersebut yang terbanyak berumur 20 - 29 tahun. Satu hal yang menarik adalah bahwa pendengar Siaran Pedesaan kebanyakan tidak dari mereka yang bermata pencaharian petani tetapi dari golongan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa Siaran Pedesaan kehadirannya'tidak hanya dinantikan oleh para petani tetapi oleh mereka yang bermata pencaharian sebagai pedagang, wiraswasta dan lain-lain. Sebagian besar menyatakan termotivasi untuk mendengarkan Siaran Pedesaan karena banyak manfaat yang diperoleh dari acara tersebut. Bahkan responden memberikan masukan teradap materi maupun bentuk penyajiannya. Dengan Siaran Pedesaan yang disiarkan melalui RRI Bogor , warga Kecamatan Ciomas Bogor menjadi tahu tentang informasi yang disiarkan. Baik itu informasi tentang cara bertani yang baik, cara ber KB, cara menjaga kesehatan dan sebagainya. Dan informasi yang diperoleh tersebut dapat meningkatkan kemampuan atau merubah sikap hidup."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S4012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Onong Uchjana Effendy
Bandung: Alumni, 1983
384.54 ONO r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Onong Uchjana Effendy
Bandung: Mandar Maju, 1990
621.384 1 ONO r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ahmad Syawqi
"Bagi seorang penulis, kegiatan membaca dan menulis adalah dua hal yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Seorang yang bisa membaca belum tentu seorang penulis, tetapi seorang penulis adalah seorang pembaca sejati yang tak pernah bosan dengan berbagai bahan bacaan. Keduanya merupakan suatu ciri intelektual. Dalam menulis dibutuhkan minat yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi kebiasaan. Minat maupun kebiasaan membaca diperoleh seseorang karena dipelajari, tidak tumbuh dengan sendirinya. Kemampuan menulis pun tidak tumbuh begitu saja, melainkan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan membaca dan kemudian diungkapkan kembali dengan cara menuliskan pemikiran yang sudah dikembangkan dan dipengaruhi oleh pemikiran si penulis itu sendiri. Dengan siklus itu, profesi pustakawan akan senantiasa berkembang karena selalu memperbaharui otaknya dengan pemikiran-pemikiran mutakhir, melalui proses membaca, mengkaji dan menyajikannya kembali dalam bentuk tulisan baru."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2017
021 MPMKAP 24:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Novriadi
"Sebagai salah satu media massa. radio siaran telah mendapat tempat di hati masyarakat Hal ini ditunjang beberapa kelebihan radio siaran antara lain : (1) mempunyai daya tembus yang kuat; (2) memiliki daya siaran langsung; (3) harganya relatif komersial Indonesia. murah. Bagi pengelola radio siaran komersial, pendengar merupakan unsur yang penting dalam mencapai tujuan usaha. Sekalipun tidak memberikan kontribusi secara langsung, tetapi jumlah dan kwalitas pendengar suatu stasiun radio siaran komersial sangat berpengaruh pada peluang mendapatkan dana dari iklan dan sponsor acara. Oleh sebab itu terjadilah persaingan yang ketat di antara radio siaran komersial dalam memperebutkan pendengar.
Untuk memenangkan persaingan dalam memikat dan mengikat pendengar, umumnya pengelola radio siaran komersial melakukan beberapa upaya antara lain (1) memilih khalayak sasaran yang terbatas agar dapat dengan mudah mengenali selera, kebutuhan dan minat mereka; (2) menyusun suatu strategi siaran yang akan dituangkan ke dalam acara-acara radio.
Skripsi ini bermaksud mendeskripsikan serta mengkaji strategi siaran radio siaran komersial terhadap khalayak sasaran yang mereka pilih. Penelitian difokuskan kepada hal-hal : (1) pemilihan khalayak sasaran; (2) penyusunan strategi siaran; (3) hubungan antara simbol-simbol khalayak sasaran dengan simbol-simbol komunikasi yang milik digunakan dalam acara. Hasil penelitian di Radio Prambors menunjukkan bahwa baik ketika melakukan pemilihan khalayak sasaran maupun menyusun dan mengimplementasikan strategi ciaran. Pengelola radio siaran komersial mempergunakan pengetahuan kebudayaan mereka mengenai kondisi lingkungan di luar dan di dalam perusahaan.
Pengetahuan kebudayaan pengelola radio siaran komersial mengenai kondisi lingkungan ekstern perusahaan antara lain : (1) pengetahuan mengenai kwantitas dan kwalitas kelompok masyarakat yang akan dipilih sebagai khalayak sasaran; (2) pengetahuan mengenai minat, selera dan kebutuhan khalayak sasaran terhadap siaran radio; (3) pengetahuan mengenai perkembangan musik di dalam maupun di luar negeri; (4) pengetahuan mengenai peraturan-peraturan pemerintah di bidang radio siaran; (5) pengetahuan mengenai kondisi para pesaing.
Pengetahuan kebudayaan mengenai lingkungan di dalam perusahaan mencakup pengetahuan mengenai : dan kelemahan radio siaran sebagai media massa; (2) pengetahuan mengenai kekuatan dan kelemahan seluruh sumber (1) kekuatan daya yang dimiliki perusahaan. Temuan lain adalah adanya bukti bahwa pengelola radio siaran komersial menganggap penting upaya mengkaitkan strategi siarannya dengan simbol-simbol yang relevan, milik khalayak sasaran yang mereka pilih. Simbol-simbol acara, musik dan bahasa pengantar yang dimunculkan dalam siaran selalu diupayakan agar sesuai dengan simbol-simbol yang dimiliki oleh khalayak sasaran.
Hambatan-hambatan yang ditemui pengelola radio siaran komersial dalam membuat acara-acara yang sesuai dengan selera dan khalayak sasaran adalah : terbatasnya data yang mendalam mengenai kelompok-kelompok masyarakat yang akan dijadikan khalayak sasaran; serta kurangnya tenaga trampil yang mampu membaca dan menterjemahkan data yang ada ke dalam rancangan-rancangan acara yang menarik."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fatmawati
"Artikel ini membahas tentang bagaimana menumbuhkan motivasi para pustakawan untuk menulis karya tulis/ karya ilmiah. Motivasi menulis diartikan sebagai dorongan untuk menulis. Untuk bisa menulis dibutuhkan adanya kemauan. Kemampuan pustakawan dalam menulis tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan membaca. Bagi pustakawan membuat karya tulis adalah bagian dari kegiatan utama unsur pengembangan profesi dan merupakan salah satu kegiatan yang ada di semua jenjang baik pustakawan tingkat terampil maupun ahli. Besarnya nilai angka kredit untuk kegiatan menulis termasuk lebih besar apabila dibandingkan dengan nilai angka kredit lainnya. Jenis karya tulis pustakawan bisa dibedakan menjadi karya tulis ilmiah, karya ilmiah, dan karya ilmiah populer. Publikasi mengenai perpusdokinfo di Indonesia antara lain bisa berupa jurnal, majalah, buletin, maupun lembar berita."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>