Ditemukan 54770 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta: Serambi Ilmu Semesta , 2004
297.122 CAN
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Jakarta: Al-Huda , 2003
297.5 TIM e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Hofmann, Murad W.
Bandung: Pustaka Hiadayah, 1999
297 HOF it
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Karachi, Umma Publishing
297.09 ISL
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nurcholish Madjid
Bandung: Mizan, 2000
297.34 NUR t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Hasan Bisri
Jakarta: Prenada Media , 2003
297.407 2 HAS m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Herlinda Fitria
"Penelitian ini akan mengkaji mengenai fenomena makan di restoran yang saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup baru disebut sebagai makan cantik. Kegiatan tersebut sedang tren dilakukan anak muda khususnya yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Makan cantik dilakukan dalam rangka untuk memberitahukan kegiatannya kepada orang melalui social media. Makan cantik merupakan simulasi yang sengaja dibentuk untuk menampilkan image tertentu, karena hal tersebut dianggap dapat merepresentasikan masyarakat kelas atas. Di balik makan cantik yang di unggah di social media, ternyata hal tersebut berlainan dengan kondisi yang nyata. Sehingga dapat dikatakan bahwa telah terjadi pengaburan kelas dimana tidak adanya kejelasan dari status kelas yang dimunculkan di social media. Social media saat ini tidak lagi menampilkan realitas yang sebenarnya, namun menampilkan hiperrealitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat dan menggambarkan makan cantik sebagai sebuah hiperealita pada social media yang dibentuk melalui simulasi.
This study reviews the phenomenon of eating in restaurants that recently came out as a new lifestyle known as "makan cantik" (aesthetic eating). This lifestyle is currently trending among young people, especially those in the urban areas such as Jakarta. Makan cantik is done with an intention of broadcasting the activity through social media. Makan cantik is a simulation that is intentionally constructed to present certain image, such that represents the upper class society. Beneath what's been presented in social media, there is a contrasting condition of real life. Therefore, it can be said that there is no clarity of class status on social media, for social media nowadays is no longer presenting the reality, but instead the hyperreality. This study uses qualitative methods to observe and describe makan cantik as a hyperreality on social media, constructed through simulation"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Umi Khulsum
"Tulisan ini membahas mengenai pandangan perempuan Korea mengenai makna cantik yang berkembang di Korea saat ini. Sempitnya makna cantik dan kerasnya kehidupan di Korea membuat perempuan Korea melakukan operasi plastik untuk mendapatkan paras wajah cantik sesuai dengan yang ia inginkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi film dan studi kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa konsep cantik perempuan Korea merupakan inspirasi dan kombinasi cantik Asia dan cantik perempuan Barat. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa paras cantik dalam tubuh seorang wanita dapat memberikan mereka kebahagiaan dalam dunia sosial serta mengantarkan mereka kepada nasib yang lebih baik.
This research studies about nowadays korean women's perspective about being beautiful. The importance of being beautiful in the life of korean women leads them to having plastic surgery in order to gain the beautiful face that they want. This research uses qualitative research method with movie observing technic and literature study. The goal of this research is to prove that the beauty concept of korean woman is inspired by the combination of the beauty concept of asian woman and western woman. The result of the analysis show that being beautiful can give a woman happiness in her social life and can also lead them to have a better life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Febri Dwi Ratna Sari
"Cantik secara umum dapat dimaknai sebagai sesuatu yang indah, bagus, dan memesona. Cantik merupakan suatu representasi yang sengaja dibentuk oleh media agar masyarakat memercayai makna cantik yang di bentuk tersebut. Salah satu media yang dimanfaatkan adalah penggunaan meda iklan sebagai alat penyebaran. Dalam iklan terdapat makna-makna serta mitos yang digunakan untuk dapat menanamkan kepercayaan mengenai pesan iklan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, serta mitos yang terkandung dalam iklan televisi Citra Handbody Lotion. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes, dapat disimpulkan bahwa iklan Citra dimaknai denotatif sebagai produk handbody lotion yang menjunjung tinggi kebudayaan dan warisan budaya Indonesia terutama pada kecantikan perempuan Indonesia. Pemaknaan konotasi merujuk pada satu nilai kecantikan perempuan Indonesia dari berbagai daerah berdasarkan kebudayaan setiap daerahnya. Untuk pemaknaan mitosnya, mitos kecantikan perempuan Indonesia dalam iklan ini merujuk pada kecantikan suku Jawa, Bali, dan Sumba."
FSRD-ITB, 2016
303 JSIOTEK 15:1 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Relita Lestaria
"Tulisan ini membahas mengenai pergeseran makna cantik dalam masyarakat Korea Selatan dari zaman Joseon menuju zaman modern. Korea merupakan suatu negara yang terletak di Asia Timur dan termasuk kedalam ras Mongoloid yang mempunyai sejarah panjang dan karena derasnya arus globalisasi dan modernisasi yang berkembang dengan cepat di negara tersebut, masyarakat Korea mulai menerima ideologi dan juga perspektif baru yang banyak mendapat pengaruh dari bangsa Barat. Termasuk di dalamnya adalah apa yang disebut cantik di dalam masyarakat Korea Selatan sendiri. Penelitian yang dilakukan memakai metode kualitatif, dengan menggunakan beberapa acuan ilmiah yang berkaitan dengan topik pembahasan yang bertujuan untuk mengetahui perubahan pandangan tentang cantik dalam masyarakat Korea Selatan. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Barat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap nilai kecantikan dalam Masyarakat Korea.
This reseach study is about the shifted meaning of beauty in South Korea rsquo s Society from Joseon era to modern times. South Korea is a country that is located in East Asia and it belongs to Mongoloid race that has a long history but due to the rapid flow of globalization and rapidly growing modernization in the country, Korean society began to accept new ideology as well as new perspectives which strongly influenced by western and that includes the meaning of beauty in South Korea rsquo s society. This research done by using qualitative method and aims to determine the changing views about beauty in South Korea rsquo s society and the result of the analysis shows that the West has a very big impacts or influence on the value of beauty in the current South Korea rsquo s society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library