Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17073 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Enday Tarjo
Jakarta: Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Pendidikan bahasa dan Seni UPI, , 2004
371.102 END s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arends, Richard I., 1990-
Jakarta: Salemba Empat, 2013
371.102 ARE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arends, Richard I., 1990-
Jakarta: Salemba Empat, 2013
371.102 ARE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"In the teaching and learning process there is a strong interrelationship of teachers, students, curiculum, equipment, and infrastructure. The teacher is to select models and media which are appropriate to the learning material and hopefully this will stimulate students' interest in learning. This study of modular quantum teaching is an experimental research as an alternative to overcome teachers' problems in achieveing the learning objectives, especially in the learning of social science in elementary schools. Study was done in the Elementary Schools 06 of Cendono Kudus in 2010. The samples were taken through a cluster sampling technique and assigned into an experimental group and a control group. The data of activeness and process skills were taken through observation and achievement test. The obtain data were descriptively presented and analyzed through variant analysis. The study showed that the learning activeness of modular quantum teaching group was categorized as learning active. Meanwhile the process skills and learning activeness of expository group were categorized as skillful. Based on the test of influence, process skills, motivation and students' activeness of modular quantum teaching group had 4.9% of influence and other factors had 95.1% of influence. The t-test showed different learning achievement of the two groups. The mean score of experimental group was higher than that of control group."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Walker, Timothy D.
"When Timothy D. Walker started teaching fifth graders at a Helsinki public school, he began a search for the secrets behind the successes of Finland's schools. Walker wrote about several of those discoveries, and his Atlantic articles on this subject became hot topics of conversation. Here, he gathers all he learned and reveals how any teacher can implement many of Finland's best practices.""
Jakarta: Grasindo, 2017
370.154 WAL t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Highet, Gilbert
Djakarta: Pembangunan, 1961
371.1 HIG at II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Elizabeth L Tanty
"Ketunarunguan adalah kecacatan yang disebabkan oleh kurang maksimalnya fungsi organ pendengaran (Mittler, 1987)- Masalah utama ketunarunguan terletak pada ketidakmampuan dalam melakukan komunikasi yang berdampak pada ketrampilan berbahasa, kemampuan menulis, penyesuaian sosial, prestasi akademis, serta aspek perkembangan dan kehidupan. Kendala komunikasi ini berpangkal dari kesulitan para penyandang tunarungu dalam menyampaikan pikiran, perasaan, gagasan, kebutuhan, dan kehendak mereka. Selain sulit bagi orang lain untuk mengerti, mereka juga sukar untuk memahami orang lain sehingga timbul perasaan terkucil atau terisolasi dari lingkungan sosial mereka (Mangunsong, 1998). Oleh karena itu, seorang penyandang tunarungu perlu dilihat sebagai pribadi yang memiliki berbagai kemampuan serta ketidakmampuan secara bersamaan. Setelah itu, kelebihan yang dimiliki perlu dikembangkan dan diangkat menjadi suatu andalan (Semiawan, 2002). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang timbul dengan menguji 3 hipotesis menggunakan metode korelasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan persepsi tentang dukungan orang tua baik secara masing-masing maupun bersamaan terhadap prestasi akademis siswa penyandang tunarungu di SLTPLB. Sampel penelitian adalah siswa SLTPLB bagian B Santi Rama sehanyak 49 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis diterima, yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan persepsi tentang dukungan orang tua secara sendiri-sendiri maupun bersamaan terhadap prestasi akademis siswa penyandang tunarungu. Hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa bila motivasi belajar dan dukungan orang tua pada siswa penyandang tunarungu semakin besar baik secara sendiri-sendiri maupun bersamaan, maka prestasi akademis yang diperoleh akan semakin meningkat. Akan tetapi, hubungan antara dukungan orangtua dan prestasi akademis ternyata Iebih kuat dibandingkan hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademis. Kesimpulan penelitian adalah dukungan orang tua mempunyai kontribusi yang besar bagi keberhasilan siswa penyandang tunarungu di sekolah, karena mereka sangat membutuhkan dukungan dari lirngkungan sekitar terutama dari orangtua dalam mengatasi kendala komunikasi sebagai sarana pencrimaan dan pengakuan eksiqnsi dalam pergaulan. Pembabasan kesimpulan diuraikan dalam diskusi dan implikasi penelitian, kemudian dikemukakan beberapa saran praktis yang diharapkan dapat bermanfaat,
agar tumbuh konsep diri yang realistik dan mampu mewujudkan kehidupan yang dicita-citakan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Euis Hendrawati Widyanto
"enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inteligensi umum dan
inteHgensi emosional terhadap prestasi belajar dan terhadap ctrt
kepemimpinan translOrrnasional di SMU Al Azhar Bumi Serpong Damai
lnteligensi umum dan inteligensi emosional merupakan dua sisi kecakapan
dasar yang dimiliki siswa, Sedangkan prestasi belajar dan kepernimpinan
dipifih sebagai ukuran keberhasilan pendidikan, masing-masing dari sisi
pengetahuan dan ketrampilan,
Siswa SMU yang terlibat dalam penelilian ini berjumlah 124 orang. Alasan
dirunbilnya siswa SMU sebagai subyek penelitian karena pada usia ini sudah
menunjukkan mulai adanya kematangan perkembangan fisik, mental,
emosional dan sosial
Untuk mengukur keempat variabel tersebut digunakan: (1) tes pengukuran
intcligensi umum Raven's Advanced Progressive Matrices (R.-\PM). (2) tes
pengukuran inteligensi emosional dengan Inventori Kecerdasan Emosional
(IKE) yang disusun oleh Sri Lanawati. (3) tes pengukuran ciri kepemimpinan
transfommsional yang dikernbangkan pada penelitian ini dari MLQ-5S olch
Bass dan Avolio. dan (4) data prestasi belajar dari buku nilai siswa.
Penelilian ini bcrsifal ex post facto Pengolahan data menggunakan bantuan
program komputer SPSS versi 10.0 untuk analisis dcskriptif korelasi dan
regresi
Hasil penelitian menunjukkan:
1. lnteligensi umum dan inteligensi emosional secara bersama memberi
sumbangan efektif yang bermakna terhadap prestasi belajar dengan
koefisien regresi yang distandarkan. p. masing-masing sebesar 0.22 dan
0.22 pada signifikasi yang ditcrima yaitu masing-masing sebcsar 0,01
dari 0.02
2. Intelegensi umum dan intelegensi emosional secara bersama memberi sumbangan yang bermakna terhadap ciri kepemimpinan transformasional. Walaupun demikian hanya intelegensi emosional yang secara signifikan (dengan nilai hamper nol) memberikan sumbangan tinggi yaitu dengan B sebesar 0,5. Dipandang dari sisi komponennya ketrampilan sosial dan kesadaran diri memberikan sumbangan yang
bermakna dengan ~ sekitar 0,3 pada signifikansi yang diterima, yaitu
hampir nol Pengamatan lebih lanjut pada pengelompokan siswa dengan
ciri kepemirnpinan transfonnasional yang semakin tinggi memmjukkan
adanya sumbangan dari inteligensi umurn hingga sebesar 0,2 walaupun
tidak siginifikan.
3. Hasil sosiometri mengenai pemimpin berdasarkan pilihan siswa
berkorelasi secara signifikan berkorelasi dengan ciri kepemimpinanan
transformasional dengan koefisien detenninasi, R2
, sebesar 13%. Namtm
pada kelompok siswa dengan aknr inreligensi di atas rata-rata (IU:: 14)
diperoleh R = 44%.
4. Alat ukur ciri perilaku kepemimpinan transformasional memiliki
validitas dan reliabilitas yang tinggi dan pada signifikansi yang diterima
yaitu hampir nol. Ditemukan hanya ada satu butir kuesioner yang berada
sedikit di bawah batas ambang reliabilitas yang diterima, yaitu dengan
nilai r = 0,22. Pada penelitian ini ditetapkan reliabilitas diterima pada r;
0.25.
Secara umum disarankan bagi pendidik dan orang tua untuk lebih
memperhatikan peningkatan inteligensi emosional di samping inteligensi
umum karena dari penelitian ini terlihat bahwa inteligensi emosional
berperan pada peningkatan prestasi belajar dan pembentukan ciri
kepcmimpinan transformasional. Sedangkan bagi peneliti disarankan untuk
mengembangkan alat ukur kepemimpinan transformasional menjadi
kepemimpinan mullifaktor seperti halnya konstruk asli dari MLQ-SS.
Dcngan demikian diharapkan dapat diperoleh peta ciri kepemimpinan rernaja
yang lebih lengkap dari transformasional hingga laissez-faire."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, S.
Jakarta: Bumi Aksara, 1988
371.1 NAS b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>