Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27913 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: UIN Jakarta Press, 2002
378.15 PRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Elliza Muhammad, Author
"ABSTRAK
Islam sebagai agama besar telah melekat pada diri sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan Islam akan berdampak signifikan bagi kemajuan masyarakat Indonesia sehingga perkembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia patut untuk diteliti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui proses modernisasi pendidikan tinggi Indonesia dilihat dari perkembangan pendidikan tinggi Islam dan proses perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Sumber-sumber data untuk penelitian ini didapat dari buku-buku yang relevan dan arsip-arsip yang ditemukan di UIN Jakarta dan Arsip Nasional Republik Indonesia. Sebagai proyek percontohan modernisasi pendidikan tinggi islam, Perubahan IAIN Jakarta menjadi UIN Jakarta telah merealisasikan reintegrasi keilmuan antara ilmu umum dan ilmu agama. Walaupun belum sempurna, penambahan fakultas, jurusan dan perubahan kurikulum mengarah menuju hal baik yang dapat menunjang kemajuan masyarakat islam dan negara Indonesia.

ABSTRACT
Islam as the mean religion was inherent in the majority of Indonesian people, it?s undeniable that the Islamic improvement will have a significant impact for the development of Indonesian society. Therefore, the development of Islamic higher education in Indonesia deserves to be researched. This study aimed to understand the modernization process of Islamic higher education in Indonesia that seen from the transformation process of the Jakarta State Islamic Institute (IAIN) into the Jakarta State Islamic University (UIN) by using historical research method. The sources of data for this research come from relevant books and archives that found in UIN Jakarta and the National Archives of the Republic of Indonesia. As a pilot project for the modernization of Islamic higher education, the changes of IAIN Jakarta to UIN Jakarta has objectified the reintegration of knowledge between science and religion. Although it?s has not perfect yet, the addition of faculties, departments and curriculum change is leading to good things that can support the advancement of Islamic society and Indonesia."
[;Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia], 2015
S59818
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Manar
"Knowledge management merupakan suatu pendekatan terpadu untuk mengelola pengetahuan baik pengetahuan eksplisit maupun tacit. Pendekatan knowledge management dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan di perpustakaan digital ialah meliputi penyediaan sumberdaya dan infrastruktur bagi proses penciptaan pengetahuan, pengadaan, penyaringan, pengorganisasian dan penyebarannya kepada pengguna, dengan berhasis teknologi informasi, serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan sesama guna meningkatkan corporate IQ dan kemampuan pribadi serta perkembangan pengetahuan terus-menerus. Penelitian ini bertujuan: pertama, ingin mengetahui proses pengelolaan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge managemenet yang meliputi proses penciptaan, pengadaan, penyaringan, dan penyebaran pengetahuan di IndonesiaDL'N. Kedua, mengetahui bagaimana modal pengetahuan khususnya yang eksplisit yang telah dikelola tersebut dimanfaatkan oleh pemakai melalui suatu jaringan perpustakaan digital IndonesiaDLN. Ketiga, mengetahui faktor¬faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge management di IndonesiaDLN. Penelitian yang dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2001 ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan para pekerja pengetahuan untuk melakukan pengamatan, observasi dan wawancara serta memanfaatkan data sekunder untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan model triangulasi, di mans data yang diperoleh dikonfirmasikan kembali kepada sumber data dan kepada teori ilmiah yang ada. Data kemudian dideskripsikan, disintesakan, lalu dibuat hipotesa-hipotesa, selanjutnya dirumuskan suatu temuan sehagai teori grounded, yaitu teori yang dibangun berdasarkan data dari lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kenowedge management sangat efektif untuk: meningkatkan akumulasi modal pengetahuan yang bisa dimanfaatkan bersama. Setiap partner yang tergabung dalam IndonesiaDLN bisa meningkatkan modal pengetahuannya sampai ribuan kali lipat yang diperoleh dari sating berbagi pengetahuan melalui frame work perpustakaan digital. Juga tumbuhnya kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan. Tapi masih ditemukan adanya hambatan-hambatan: yaitu belum meratanya tingkat kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan dan masih adanya kelemahan SDM, pengadaan infrastruktur, dan belum adanya kemauan bersama suatu institusi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T37187
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Jarkasih
"ABSTRAK
Penelitian mengenai penggunaan koleksi buku telah dilaksanakan di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah (IAIN Syahid) Jakarta pada bulan Maret hingga Mei 1995. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana koleksi buku di IAIN Syahid sudah digunakan oleh pemakainya.
Pengumpulan data dilakukan melalui shelf list dan melihat pada kartu buku untuk mengetahui catatan penggunaannya. Sampel yang diambil berjumlah 840 judul buku.
Hasilnya menunjukkan bawwa secara umum koleksi buku di perpustakaan IAIN Syahid telah cukup digunakan tetapi frekuensi penggunaannya masih rendah. Hasil lainnya yaitu dari segi subyek koleksi dari subyek Agama Islam lebih dominan penggunaannya, dari segi bahasa koleksi berbahasa Indonesia lebih dominan penggunaannya, dan dari segi usia koleksi berusia tua cenderung menurun penggunaannya.
Koleksi buku di Perpustakaan IAIN Syahid sudah cukup sesuai dengan kebutuhan pemakainya, tetapi untuk, lebih meningkatkan daya gunanya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut: lebih memperhatikan pengembangan kolek_si dari subyek-subyek di luar subyek utama, melakukan penyiangan terhadap koleksi-koleksi buku yang sudah cukup tua, dan lebih memperhatikan penempatan buku-buku di rak.

"
1995
S15507
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UIN Jakarta Press, 2002
378.1 Pro
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Shafwan Idris
"Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang bertempat di Jakarta, adalah salah satu dari 13 IAIN induk di Indonesia yang waktu ini sedang berusaha meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu dari usaha tersebut ialah meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan. Perpustakaan Pusat IAIN Syarif Hidayatullah (selanjutnya disebut Perpustakaan Pusat IAIN) adalah salah satu dari perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia yang sangat memerlukan pembinaan sarana pelayanannya. Sebagaimana dinyatakan oleh deklarasi _Regional Seminar on the Development of University Libraries in Latin America_. Oleh karena demikian perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi perlu mendapat prioritas dalam pembinaannya. Sebagai mahasiawa jurusan Ilmu perpustakaan yang pernah menuntutilmu pada lembaga pendidikan tinggi yang sama kami merasa terpanggil untuk ikut serta memberikan sumbangan fikiran antara lain melalui karangan ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1973
S15727
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Lembaga Penelitian IAIN Syarif Hidayatullah, 1986
297.095 9 LEM i (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta
050 MIM 15 : 35 (1998/99)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Dheni Koerniawan
"Metode pembelajaran yang diberikan pada bangku Sekolah Menengah Umum (SMU) berbeda dengan metode yang diterapkan saat duduk di bangku Perguruan Tinggi. Saat memasuki jenjang perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk terlibat secara aktif dalam belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gaya belajar, strategi belajar, dan tingkat adaptasi mahasiswa terhadap perubahan metode belajar yang terjadi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan sampel 56 responden mahasiswa regular 2005 FIK UI. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian didapat sebanyak 12 mahasiswa (21,43%) memiliki tingkat adaptasi rendah, 31 mahasiswa (55,36%) tingkat adaptasi sedang, dan 13 mahasiswa (23,21%) tingkat adaptasi tinggi. Mayoritas mahasiswa (43%) mempunyai gaya belajar visual. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penyusunan Satuan Acara Pembelajaran terkait metode pembelajaran yang digunakan, juga dasar untuk penelitian selanjutnya yang mengkaji hubungan antara pengaruh strategi belajar dan prestasi mahasiswa."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
TA5517
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>