"
ABSTRAKKorea Selatan sejak tahun 2009 bersikap serius mengenai citra negaranya dengan membentuk Presidential Council
on Nation Branding (PCNB). Sejak dibentuknya badan tersebut, pemerintah Korea Selatan terus melakukan usaha
untuk mengembangkan citra negaranya dengan berbagai cara termasuk di dalamnya menggunakan kepopularitasan
Korean Wave yang mendapatkan sorotan beberapa tahun terakhir. Dengan menggunakan metode tinjauan pustaka,
tulisan ini bertujuan menjabarkan usaha-usaha pemerintah dalam mengembangkan citra negara Korea Selatan
dengan penggunaan Korean Wave sebagai salah satu elemen pendukung. Hasilnya menunjukan bahwa walaupun
target peringkat Korea Selatan belum tercapai sesuai dengan tujuan awal dibentuknya PCNB, peringkat Korsel
naik dibandingkan 7 tahun lalu. Usaha yang dilakukan di bidang ekonomi adalah menjalin berbagai kerjasama
internasional dengan melibatkan selebriti Korean Wave. Di bidang pariwisata, pemerintah Korea Selatan
melibatkan Korean Wave sebagai salah satu atraksi utama serta membentuk KOCCA yang bertujuan untuk
mengembangkan konten kreatif di berbagai industri yang berkaitan dengan Korean Wave.
ABSTRACTSouth Korea has taken their nation’s image issues seriously by forming Presidential Council on Nation Branding
on 2009. Ever since the establishment of the council, the government of South Korea continuously making efforts
to establish and maintain more positive image of their country including using the fame of Korean Wave (known
as Hallyu) which got popular across the country in the recent years. By using the literature review method, this
paper aims to describe the South Korea government efforts in developing the country's image with the use of
Korean Wave as a supporting element. The result showed even though South Korea’s rank target in accordance
with the original purpose of PNCB has not been achieved, the rank has gone up compared to 7 years ago. The
efforts done by South Korea government are including establish a wide range of international cooperation
involving the Korean Wave celebrities, highlighting the Korean Wave as one of the main attractions for tourism
and forming KOCCA who aimed at developing creative content in a variety of industries related to the Korean
Wave.;"