Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 198869 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sania Aziz
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan guru yang dirasakan dan kepercayaan diri terhadap kecemasan bahasa asing (FLA) pada siswa sekolah/perguruan tinggi negeri dan mahasiswa tahun pertama di Pakistan. Sampel penelitian ini terdiri dari 147 partisipan diantaranya 90 partisipan berjenis kelamin perempuan dan 56 partisipan laki-laki, yang berasal dari sekolah sektor publik Pakistan. Sampel dipilih secara acak antara rentang usia (18 – 28 tahun), Data penelitian diolah menggunakan SPSS versi 23 . Prosedur analisis data dimulai dengan statistik deskriptif untuk melihat rata-rata dan persentase data. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara demografi data dan tingkat kecemasan bahasa seperti jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan orang tua. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara jenis kelamin, partisipan laki-laki menunjukkan skor FLA sedikit lebih tinggi daripada partisipan perempuan. Selanjutnya ditemukan pada partisipan dari keluarga kelas menengah dan kelas bawah memiliki kecemasan berbahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Berdasarkan pendidikan orang tua ,tingkat pendidikan ayah tidak menunjukkan perbedaan kecemasan bahasa yang signifikan, namun berdasarkan skor rata-rata tingkat pendidikan ayah menengah menunjukkan kecemasan bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada yang lain. Sedangkan tingkat pendidikan ibu menunjukkan beberapa perbedaan yang signifikan, latar belakang pendidikan ibu SD dan SMP menunjukkan kecemasan bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada yang lain. Selanjutnya uji analisis regresi berganda dan korelasi Pearson mengungkapkan bahwa dukungan guru yang dirasakan dan kepercayaan diri berkorelasi dengan kecemasan bahasa asing pada siswa umum di Pakistan. Sementara itu, analisis regresi mengungkapkan bahwa hanya kepercayaan diri yang merupakan prediktor signifikan dari FLA. Kesimpulannya, penelitian ini menyarankan bahwa, guru dan dosen di institusi sektor publik Pakistan perlu meningkatkan keterampilan bahasa siswa dan melatih keterampilan bahasa Inggris di kelas, dan di luar kelas, seperti dengan memberikan komentar positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa sehingga mereka akan lebih percaya diri saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

The current research study aims to examine the role of perceived teacher support and Self-confidence towards Foreign language anxiety (FLA) among public school/colleges and fresh graduates in Pakistan. The target population of this research was the students of high school, college and first year undergraduates studying in public institutions in Pakistan. The current study sample was 147 public school/college and first-year undergraduates, 90 females and 56 from Pakistani public sector students. The sample was selected randomly between the age range of (18 - 29), and all of the participants were studying in the public sector. For the data analysis statistical package of social sciences (SPSS version23) was used to drive the results of the study. Data analysis procedures begin with descriptive statistics to investigate means and percentage of the data. Further, independent samples t-test was run to see any difference between demographic of the data and language anxiety level such as gender, education, socio-economic status, and parental educational level. The results revealed differences in anxiety levels in gender males were higher reported slightly high on FLA. Further in family income middle class and lower class of family income have higher English language anxiety than others. For parental education and language anxiety differences, the father's education didn’t show any significant difference. However, based on the mean score fathers education level of intermediate showed higher English language anxiety than others. Whereas, mother's education level showed some significant differences, mothers educational background of Primary and middle showed higher English language anxiety than others. Further, the multiple regression analysis and Pearson correlation revealed that perceived teacher support and self-confidence were correlated with foreign language anxiety in public students in Pakistan. At the same time, regression analysis revealed that only self-confidence was a significant predictor of FLA. In conclusion, the current study suggests that teachers and lecturers need to further students' language skills and practice English language skills in and outside of the class. By providing positive remarks so in result the self-confidence of students will improve, and they will feel more confident when communicating in English."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilik Supriati
"Thought stopping pada penelitian sebelumnya efektif terhadap ansietas tetapi belum optimal menurunkan respon fisiologis ansietas. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh terapi thought stopping dan progressive muscle relaxation terhadap ansietas klien dengan gangguan fisik. Metode penelitian adalah quasi experimental pre-post test with control group. Penelitian dilakukan pada 56 klien yaitu 28 kelompok intervensi mendapat thought stopping dan progressive muscle relaxation dan 28 kelompok kontrol hanya mendapat thought stopping.
Hasil menunjukan ansietas klien yang mendapat thought stopping dan progressive muscle relaxation menurun dari ansietas sedang ke ansietas ringan sedangkan yang mendapat thought stopping menurun tetapi tetap berada pada ansietas sedang. Thought stopping dan progressive muscle relaxation menurunkan respon fisiologis, kognitif, perilaku dan emosi secara bermakna (p value<0,05).

Thought stopping dan progressive muscle relaxation direkomendasikan unruk penanganan ansietas di tahanan rumah sakit umum dan masyarakat. Previous research had showed that thought stopping decreased anxiety but not yet optimal in physiological responses of anxiety. This study aims to determine the influence of thought stopping and progressive muscle relaxation on anxiety of physical disorder patient. This study used quasi experimental design with pre test-post test control group. Total population were 56 patients that divided into two group. They were 28 patients as control group that received thought stopping and 28 patients as intervention group received combination thought stopping and progressive muscle relaxation.
Result showed anxiety in intervention group decreased from moderate anxiety to mild anxiety and control group decreased still in moderate anxiety. Thought stopping and progressive muscle relaxation decreased physiologic, cognitive, behavior and emotional responses of anxiety significantly (p-value<0,05). The combination of this therapy was recommended as therapy to solve the anxiety at general hospital and community."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28409
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Debora Widjaya
"Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Hingga saat ini, terdapat lebih dari 179 juta kasus Covid-19 terkonfirmasi di dunia, sedangkan di Indonesia terdapat lebih dari 2 juta kasus terkonfirmasi. Pasien Covid-19 dengan derajat berat hingga kritis seperti Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) pertama kali dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) menyebabkan penumpukan (crowding). Penanganan untuk pasien Covid-19 derajat berat dan kritis memerlukan suplementasi oksigen dengan aliran yang lebih tinggi, salah satunya dengan Non-Invasive Ventilation (NIV). Komplikasi dari pemasangan NIV di antaranya ketidaknyamanan, ketidakpatuhan, dan ketakutan hingga mempengaruhi kondisi psikososial pasien. Salah satu masalah psikososial yang ditemui dari pemasangan NIV pada pasien Covid-19 adalah ansietas berat. Case report ini mengilustrasikan salah satu pasien yang membutuhkan NIV dan mengalami ansietas yaitu Ny R. Intervensi keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi ansietas tersebut yaitu dukungan emosional. Dukungan emosional berdampak terhadap kondisi psikologis yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik secara umum pada pasien Covid-19 dan mampu bekerja sama untuk dilakukan pemasangan NIV sebagai tatalaksana pernapasan yang dilakukan di IGD

Coronavirus disease 2019 or Covid-19 is caused by severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Until now, there are more than 179 million confirmed cases of Covid-19 in the world, while in Indonesia, there are more than 2 million confirmed cases. Covid-19 patients with severe to critical degrees such as Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) are first treated in the Emergency Room (ER) causing crowding. Treatment for severe and critical Covid-19 patients requires supplementation of oxygen with a higher flow, one of which is Non-Invasive Ventilation (NIV). Complications of NIV installation include discomfort, non-compliance, and fear that affect the patient's psychosocial condition. One of the psychosocial problems encountered from the installation of NIV in Covid-19 patients is severe anxiety. This case report illustrates one patient who needs NIV and experiences anxiety, namely Mrs. R. Nursing interventions that can be done to reduce this anxiety are emotional support. Emotional support impacts on psychological conditions that can affect the general physical health of Covid-19 patients and being cooperative to carry out NIV installation as one of the respiratory management in the ER."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Nurlita
"[ABSTRAK
Kecemasan merupakan hal yang sering dilaporkan ketika anak dihadapkan pada proses
operasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dampak penggunaan buku cerita
bergambar terhadap kecemasan sebelum operasi. Design Penelitian adalah quasi
eksperiment:Post test-only non equivalen control group. Sampel penelitian adalah 34
anak usia sekolah yang akan menjalani operasi, dipilih dengan teknik Consecutive
sampling. Kelompok intervensi diberikan informasi dengan buku cerita bergambar dan
kelompok kontrol mendapatkan informasi rutin rumah sakit. Hasil penelitian
menunjukan anak yang mendapatkan persiapan dengan buku cerita bergambar
mengalami kecemasan sebelum operasi lebih rendah (p=0,003). Penelitian ini
merekomendasikan pemberian informasi dengan buku cerita bergambar sebagai salah
satu intervensi persiapan operasi

ABSTRACT
Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation;Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation., Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation.]"
2015
T46560
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satvika Vidya Iswara
"Kecemasan Matematika merupakan perasaan negatif yang dialami individu saat berhadapan dengan bidang matematika. Perasaan tertekan dan cemas ini dapat dialami oleh siapa saja terlepas dari usia atau jenjang pendidikan. Kecemasan matematika juga dipengaruhi oleh faktor internal individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran variabel mindset dan task-value dalam memprediksi kecemasan matematika yang dialami oleh siswa kelas 4 dan kelas 5 SD. Penelitian menggunakan kuesioner kecemasan matematika (The Modified Abbreviated Math Anxiety Scale; mAMAS), mindset (Implicit Theories of Intelligence Scale for Children - Self Form), dan task-value (Items Used to Assess Childrens Competence Belief and Subjective Task Values). Hasil dari penelitian terhadap 107 siswa menunjukkan bahwa variabel mindset dan task-value bersama-sama dapat memprediksi kecemasan matematika secara signifikan. Penelitian ini dapat digunakan oleh pihak sekolah dalam menangani siswa dengan kecemasan matematika.

Math anxiety can be defined as ones negative feelings that occurs when individual is faced with mathematical tasks. The feeling of tension and anxiety can be experienced by anyone, regardless their age or education. This study aimed to examine the role of internal factors such as mindset and task-value as predictors on fourth and fifth graders math anxiety. This study used questionnaire for math anxiety (The Modified Abbreviated Math Anxiety Scale; mAMAS), mindset (Implicit Theories of Intelligence Scale for Children-Self Form), and task-value (Items Used to Assess Childrens Competence Belief and Subjective Task Values). Based on the study of 107 students, this study found that both mindset and task-value are able to predict math anxiety significantly. This research can be used by schools in dealing with students math anxiety."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Sultan Figo
"Kualitas pendidikan Indonesia akan bergantung dengan kualitas dari para guru. Meski demikian, nyatanya banyak guru yang belum menjalankan tugasnya secara maksimal. Banyak tantangan yang dihadapi para guru seperti karakteristik peserta didik, serta tantangan baru saat pandemi COVID-19. Komitmen organisasi adalah hal yang penting dimiliki oleh guru dalam kondisi ini. Dukungan sosial yang diperoleh dari keluarga, teman, dan significant other dapat membantu guru dalam meningkatkan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara persepsi dukungan sosial dengan komitmen organisasi pada guru Sekolah Dasar DKI Jakarta. Partisipan penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar DKI Jakarta (N=66) dengan rata-rata usia 31 tahun. Persepsi dukungan sosial dan komitmen organisasi pada diukur menggunakan Multidimensional Scale of Social Support dan Organizational Commitment Scale. Hasil analisis Pearson Correlation menunjukkan bahwa persepsi dukungan sosial memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan komitmen organisasi dan ketiga komponennya.

The quality of Indonesian education will depend on the quality of the teachers. Even so, in fact many teachers have not carried out their duties to the fullest. There are many challenges faced by teachers such as the characteristics of students, as well as new challenges during the COVID-19 pandemic. Organizational commitment is an important thing for teachers to have in this condition. Social support obtained from family, friends, and significant other could assist teachers in increasing organizational commitment. This study aims to see the relationship between perceived social support and organizational commitment in elementary school teachers in DKI Jakarta. Participants in this study were elementary school teachers from DKI Jakarta (N=66) with an average age of 31 years old. Perceived social support and organizational commitment were measured using the Multidimensional Scale of Social Support and Organizational Commitment Scale. The results of Pearson correlations show that perceived social support has a positive and significant relationship with organizational commitment and all of its components."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sufriani
"Dukungan informasi merupakan salah satu tindakan persiapan bagi orangtua dengan anak yang mendapat tindakan pemasangan infus, yang juga merupakan bagian dari manajemen nyeri. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuann untuk mengidentifikasi pengaruh dukungan informasi terhadap tingkat kecemasan dan peran ibu selama tindakan pemasangan infus pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan informasi terhadap peran ibu (p value=0,038) namu tidak terdapat pengaruh dukugan informasi terhadap ptingkat kecemasan ibu (p value=0,069). Diharapkan dukungan indormasi pada ibu sebelum tindakan pemasangan infus pada anak dapat diterapkan pada pelayanan keperawatan anak untuk meningkatkan partisipasi ibu dalam penanganan yeri anak selama tindakan.

Informational support is an important aspect while preparing parent and children for medical procedures particularly during intravena insertion procedures. The purpose of this quasi-experiment research was to indentify the influence of informational support to mothers role and the level of anxiety during children intravena insertion procedures. The result showed that there was no effect of informational support on the level of anxiety (p = 0,069), but there is any influence on the mothers role during the infusion procedures for under five years (p = 0,038). It is recommended that providing information support could increase the participation of mothers to cope with pain of child during intravena insertion procedures."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28408
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Nurhayanti
"Penting bagi perpustakaan sekolah untuk mengetahui sikap guru terhadap koleksi dan layanannya karena sikap ini akan mempengaruhi perilaku guru terhadap perpustakaan. Perilaku guru terhadap perpustakaan mempunyai pengaruh besar terhadap penggunaan perpustakaan oleh para siswa. Bila guru merekomendasikan penggunaan perpustakaan sekolah secara baik maka banyak siswa akan menggukan perpustakaan, begitupun sebaliknya. Maka tidak salah bila kemudian prioritas pelayanan perpustakaan diberikan pada guru. Penelitian yang mengambil sampel di SMUN 70 Jakarta sebagai salah satu sekolah plus di DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta. Menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metodologi survei penulis menganalisis 52 lembar kuesioner yang dibagikan kepada para guru selaku responden. Hasil yang diperoleh secara umum sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta adalah cenderung positif. Empat aspek dalam koleksi perpustakaan yang diteliti yaitu sikap guru terhadap relevansi koleksi dengan kurikulum sekolah, ketersediaan koleksi, pengorganisasian koleksi dan sarana temu kembali secara umum adalah cenderung positif. Sikap ini lebih dikarenakan masih kurang representatifnya koleksi perpustakaan yang ada, walaupun sebagian besar dari guru mengakui bahwa koleksi yang ada sudah cukup mendukung untuk sebagian besar mata pelajaran. Sikap guru terhadap layanan dilihat dari 7 aspek yaitu layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan bimbingan pemakai, layanan audio visual, layanan kesiagaan informasi dan promosi, layanan bahan pustaka pesan, dan unsur penting yang ada dalam sebuah layanan perpustakaan. Secara umum sikap mereka terhadap layanan ini juga cenderung positif. Hampir semua layanan disikapi secara positif oleh guru kecuali layanan audio visual yang memang masih sangat terbatas disediakan oleh perpustakaan sekolah. Dari penelitian ini diketahui bahwa memang sikap guru perpustakaan SMUN 70 Jakarta pada dasarnya adalah positif, tinggal bagaimana pihak perpustakaan sekolah mengelola dan memperbaiki hal-hal yang selama ini masih menjadikan perpustakaan kurang dihargai oleh para guru."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S16220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Zhafira
"Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang membahas peran makna hidup pada pengaruh psychological hardiness terhadap adaptabilitas karier. Adaptabilitas karier diukur dengan Career Adapt-Abilities Scale-International Form (CAAS) yang telah dikembangkan oleh Savickas & Porfeli (2013), psychological hardiness diukur dengan Dispositional Resilience Scale 15-Revised yang dikembangkan oleh Bartone (2007), dan makna hidup yang diukur dengan Meaning in Life Questionnaire (MLQ) yang dikembangkan oleh Steger dkk (2006). Responden penelitian ini merupakan 608 orang siswa SMK yang berdomisili di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna hidup memiliki efek mediasi parsial pada pengaruh psychological hardiness terhadap adaptabilitas karier. Sementara itu, psychological hardiness memiliki pengaruh langsung terhadap adaptabilitas karier.

This study is a quantitative research about the role of meaning of life on the effect of psychological hardiness towards career adaptability. Career adaptability was measured with Career Adapt-Abilities Scale-International Form (CAAS) developed by Savickas & Porfeli (2013), psychological hardiness was measured with Dispositional Resilience Scale 15-Revised developed by Bartone (2007), and meaning of life was measured with Meaning in Life Questionnaire (MLQ) developed by Steger dkk (2006). Participants of this research are 608 vocational students who are currently living in Indonesia. Results showed that meaning of life partially mediated the effect of psychological hardiness towards career adaptability. However, psychological hardiness has a strong direct effect towards career adaptability."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gumgum Gumelar Fajar Rakhman
"Bekerja memiliki pengaruh yang besar pada identitas dan persepsi diri serta harga diri individu (Feldman,1989, Perlmutter dan Hall,1985). Tidak adanya pekerjaan yang dilakukan membuat seseorang kehilangan identitas diri dan aspek lain dalam hidupnya akan terpengaruh secara negatif. Selain itu, konsekuensi terpenting dari situasi menganggur adalah hilangnya harga diri. Melihat pentingnya harga diri dalam proses mencari pekerjaan dan dampak psikologis yang terjadi pada pengangguran terutama kemampuan protektif yang rendah terhadap stres, peneliti ingin melihat gambaran harga diri dan juga hubungannya dengan kemampuan mengatasi keadaan yang menekan (stres) dari kondisi dirinya yang menganggur.Besarnya dampak keadaan tidak memiliki pekerjaan atau menganggur membuat individu atau penganggur akan berada dalam keadaan stres atau tertekan. Salah satu karakteristik individu yang diasumsikan memiliki kaitan yang kuat dengan kondisi stres adalah pola pengendaiian atau disebut locus of control (Parkes, 1994). Perbedaan penghayatan stres antara individu yang memiliki locus of control internal dan individu yang memiliki locus of control eksternal selanjutnya juga mempengaruhi coping atau usaha untuk menghadapi stress. Folkman dan Lazarus (1984) mereka memberikan batasan coping yang lebih luas meliputi strategi kognitif dan tingkah laku mengatasi suatu situasi yang dapat menimbulkan stres (problem-focused coping) dan yang disertai emosi-emosi negatif (emotion-focused coping) (Aldwin & Revenson,1987). Atwater (1983) menyatakan bahwa semakin individu memahami dan mendekatkan situasi stres pada dasar-dasar pemecahan masalah maka semakin besar kesempatannya untuk berhasil pada coping terhadap masalahnya. Dari paparan di atas, peneliti ingin melihat gambaran locus of control yang dimiliki oleh pengangguran tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dan hubungannya dengan kemampuan coping yang dimiliki oleh pengangguran Tamatan Sekolah Menengah Kejuruan. Peneliti juga ingin melihat sumbangan harga diri dan locus of control pada strategi coping pada pengangguran Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk menjawab hal tersebut, penulis menyebarkan 200 kuesioner yang terdiri dari alat ukur harga diri dari Rosenberg, alat ukur Locus of Control dari IPC Leverson dan Ways of Coping Scale dari Folkman dan Lazarus dengan menggunakan skala yang memiliki beberapa alternatif pilihan. Dengan menggunakan teknik korelasi diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan yang negatif antara harga diri dan locus of control dengan emotion focused coping (r = -0,227 dan ?0,267). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi harga diri dan locus of control yang internal maka subyek semakin rendah menggunakan strategi emotion focused coping. Sumbangan variabel harga diri dan locus of control signifikan terhadap strategi coping."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T17943
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>