Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129748 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dinda Rezzki Putri Utami
"Penelitian ini mengenai proses penyusutan arsip di unit record center PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tujuan dar. Hasil penelitian ini menunjukkan proses penyusutan arsip di unit record center PT Kereta Api Indonesia (Persero) berjalan sesuai dengan peraturan dan kebijakan organisasi. Namun, terdapat sedikit hambatan yang terjadi saat pelaksanaan proses penyusutan untuk arsip yang retensinya diatas 10 tahun dan tidak memiliki JRA, yaitu keterlambatan proses persetujuan oleh lembaga kearsipan (ANRI) dikarenakan tidak dapat dilakukannya verifikasi arsip secara fisik akibat kebijakan pemerintah mengenai pembatasan jadwal kerja saat kondisi pandemi. Oleh karena itu, pimpinan organisasi dan pemerintah dalam hal ini ANRI sebagai regulator perlu membuat starategi dan metode kerja agar persetujuan dapat diberikan lebih cepat. Salah satunya dengan melakukan pembatasan pegawai untuk pengecekan arsip secara fisik guna mematuhi protokol kesehatan yang ada. Untuk arsip yang tidak memiliki JRA agar pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) dapat memenuhi standarisasi sesuai dengan instrumen penyusutan yaitu JRA.

This research is about the archive retention process in the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero). The purpose of this study is to describe the archive retention process carried out by the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero) in accordance with standard work procedures involving related parties, namely creators, record center managers, and central leaders. This research uses a qualitative approach with a case study method with 5 respondents who fall into the category of people involved in archive retention. The results of this study indicate that the archive retention process in the record center unit of PT Kereta Api Indonesia (Persero) is running in accordance with organizational regulations and policies. However, there were a few obstacles that occurred during the retention process for archives whose retention was more than 10 years and did not have a JRA, which is the delay in the approval process by the archival institution (ANRI) because of not being able to verify the archives physically, due to government policies regarding limiting work schedules while pandemic conditions. Therefore, organizational and government leaders, in this case ANRI as a regulator, need to develop strategies and work methods so that approval can be given more quickly such as pointing an employee in order to physically verify archives with health protocols. For archives that do not have a JRA so that PT Kereta Api Indonesia (Persero) should meet the standardization according to the retention instrument, namely the JRA."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Budi Kurniawan
"Skripsi ini membahas penerapan Jadwal Retensi Arsip yang dilakukan di Kementerian Pertanian dalam pelaksanaan penyusutan arsip. Kegiatan penyusutan arsip terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pemindahan arsip dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang dilakukan di unit pengolah dan unit kearsipan, dan penyerahan arsip Kementerian Pertanian ke Arsip Nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan penyusutan dalam menerapkan Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pertanian dan memahami kendala-kendala yang muncul pada permasalahan penerapan Jadwal Retensi Arsip mencakup identifikasi permasalahan yang timbul dalam proses penerapan Jadwal Retensi Arsip.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan penyusutan arsip belum dilakukan secara maksimal sesuai pedoman, petugas tidak memiliki pengetahuan tentang penyusutan arsip, pemusnahan yang dilakukan secara manual (disobek) yang masih dapat terbaca, dan Sumber Daya Manusia di luar Bagian arsip yang tidak mengerti tentang siklus hidup arsip.

This thesis is about application of achieve retention schedule. It is conducted in the ministry of agriculture, specifically in the implementation of archives shrinkage. The activities of archive shrinkage consist of three activities such as archive transference from archival processing unit into archive unit, archive destruction which is held in archival processing unit and archive unit, and archive submission of ministry of agricultural to the national archives.
The intentions of this study is provide an overview about the implementation of activities in applying shrinkage records retention schedule in the ministry of agriculture and get to know about the constraints that arise in the application of problem records retention schedule includes identifying problems that appear in the process of applying archives retention schedule.
This research is a qualitative study which is used case study method. The result of the study indicates that the activities of archive shrinkage have not done optimally as the guidelines. The officers didn’t have rich information about archive shrinkage. The archive destruction is done manually that can still be read. The human resources outside archives department don’t understand about the life cycle of archives.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52930
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yossua Hot
"Skripsi ini membahas implementasi Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informasi yang diperoleh dengan melakukan wawancara dengan unit-unit pengelola kearsipan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan fakta dilapangan bahwa implementasi Jadwal Retensi Arsip ini belum dilaksanakan secara merata dikarenakan masih ada unit-unit kearsipan yang belum melakukan penyusutan. Kurangnya kesadaran pimpinan yang menyebabkan permasalahan ini timbul. Jadwal Retensi Arsip dibuat tanpa diberikan fasilitas seperti sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan kearsipan dan Sumber Daya Manusia masih ada yang tidak mengerti kearsipan atau tidak berlatar pendidikan kearsipan sehingga menyebabkan lambat dalam implementasi.

This thesis describes about Implementation of the Records Retention Schedules in the Ministry of Education and Culture. The purpose of this research is knowing the implementation Schedule Retention Archives at the Ministry of education and culture trough they can to reach the effectiveness and efficient of records management and efficiency. This is qualitative research with case study methods. The information was taken by doing an interview with executive of archival unit in the ministry of education and culture. Information obtained by conducting interviews with archival management units in the Ministry of education and culture.
The results of this research reveal that fact in field implementation of The Records Retention Schedule has not been implemented because there are still evenly-archives that have not been doing depreciation. Lack of awareness of the leadership is the lead of the problems. Records Retention Schedule was made without any facilities and infrastructures that support the archival activities. Also human resources are still the one who don't understand the archival or not set archival education thus causing slow in implementation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fadhilah
"Penelitian ini membahas Penerapan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Jadwal Retensi Arsip (JRA) di lingkungan LIPI dalam rangka tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dengan cara melakukan wawancara dengan unit pengolah kearsipan di lingkungan LIPI. Hasil penelitian mengungkapkan Jadwal Retensi Arsip (JRA) LIPI belum di implementasikan secara merata, masih terdapat beberapa unit kerja yang melakukan penyusutan arsip dengan tidak meggunakan JRA LIPI sebagai acuannya, kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus bidang kearsipan juga mempengaruhi lambatnya implementasi JRA LIPI dan pengelolaan arsip lainnya secara menyeluruh, kurangnya perhatian pimpinan khususnya mengenai kebijakan pengelolaan arsip dan kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pengelolaan kearsipan. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa pengelolaan kearsipan sebaiknya diserahkan kepada SDM yang memiliki latar belakang pendidikan kearsipan, diperlukan penanggungjawab khusus pengelola arsip pada setiap unit kerja, perhatian khusus dari pimpinan diperlukan dalam melakukan pengelolaan kearsipan yang baik yaitu dalam penerapan JRA LIPI serta dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang pengelolaan kearsipan di lingkungan LIPI.

This research discusses the Archive Retention Schedule in Indonesian Institute of Sciences (LIPI). The purpose of this research is to determine the implementation of Archive Retention Schedule in Indonesia Institute of Sciences in order to create management of records effectively. This research uses qualitative approach. The method of research used is to make interview with the Division of Archive in Indonesia Institute of Sciences (LIPI). The results of this research reveal that the Archive Retention Schedule in Indonesia Institute of Sciences (LIPI) is not implemented widely, there are some divisions do not use. Lack of human resources, leader?s attention, and facility in archive also influence the implementation of Archive Retention Schedule. The results of this research suggest that management of records must be given to those who have educational background in archive and in every division of archive there must be a person who is in charge and also leader?s full attention and good facility are needed to support the implementation of Archive Retention Schedule in Indonesia Institute of Sciences (LIPI). "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S30
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Karim
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai proses kegiatan penyusutan arsip berdasarkan.
Jadwal Retensi Arsip yang dilakukan oleh arsiparis Politeknik Negeri Jakarta.
Kegiatan penyusutan arsip yang dilakukan meliputi kegiatan pemindahan arsip,
penyerahan arsip, dan pemusnahan arsip. Dalam melakukan kegiatan penyusutan
arsip oleh arsiparis, terdapat kendala-kendala yang ditemui dan terdapat manfaat
atas kegiatan penyusutan arsip berdasarkan JRA PNJ. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif berbentuk studi kasus
dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyarankan agar dalam kegiatan
penyusutan arsip, unit kearsipan melakukan sosialisasi, evaluasi, dan pembinaan
bagi unit pengolah. Agar kegiatan penyusutan arsip dapat berjalan optimal.

ABSTRACT
This thesis discusses the process of records disposition activity based on records
retention schedule which is being conducted by Politeknik Negeri Jakarta?s
Archivist. Records disposition activity is done by transferring records, submitting,
and disposing records. By doing the records disposition activity, archivist faced
obstacels but they also got the benefits from doing the records disposition activity
based on records retention schedule. This researchis qualitative with case study
method. The researcher suggest the archival unit to do socialization, evaluation, and
teaching about records disposition activity. In order for the records disposition
activity can be optimal.;"
2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahadi Andrian Wibowo
"Skripsi ini membahas penerapan jadwal retensi arsip pada prosedur pemusnahan arsip inaktif di bank BNI 46. Berdasarkan hasil data rekapitulasi pengiriman, peminjaman, pengambilan dan pemusnahan pada tahun 2011 dan 2012 pada saat pergantian kepemimpinan terlihat penurunan aktifitas pada unit kearsipan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang melihat masalah terhambatnya proses pemusnahan arsip inaktif berdasarkan acuan dari jadwal retensi arsip yang dimiliki oleh bank BNI 46. Salah satu solusinya adalah melihat dan menganalisa masalah pada prosedur pemusnahan berdasarkan jadwal retensi sehingga dapat terwujud pengelolaan arsip dinamis inaktif sesuai pedoman JRA yang ada.

The focus is about the application of retention records schedule in procedure of inactive archive destruction in bank BNI 46. Based on the results of recapitulation data, which is delivery, loaning, return and destruction from 2011 and 2012 while the turnover of the leadership shown a decrease for the activity in the archival unit .Therefore, conducted research that looks problem obstacle on the process of the destruction for inactive archieve based on the schedule of retention records of bank BNI 46. The solution is to look and analyze the obstacle problem in the destruction procedure based on the rules of retention records schedule."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S64276
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khalista Vania Hapsari
"Skripsi ini membahas mengenai kebijakan transfer arsip dinamis inaktif dari perusahaan ke pusat rekod komersial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan transfer arsip adalah kegiatan yang memerlukan dokumen sebagai perwujudan dari tanggung jawab dan pembuktian bahwa kegiatan arsip akan, sedang, maupun sudah dilakukan perusahaan. Perusahaan menyimpan arsip mereka di pusat rekod komersial dengan alasan untuk perluasan ruang serta pelestarian informasi dan dokumen tentang organisasi mereka. Saran penelitian ini adalah perusahaan sebaiknya membuat kebijakan yang baku (tertulis) tentang transfer arsip dinamis inaktif perusahaan mereka.

This undergraduate-thesis describes the transfer policy of inactive dynamic archive from organization to a commercial record center. This research is qualitative research using case study method. The result of this research shows archive transfer is an activity which need document as a form of responsibility and a verification that the archive activity will, be, or already did. The reason of an organization keeps their archive in the commercial record center in term of room expansion and to preserve information & document about their organization. The researcher suggests that an organization should make a formal written policy concerning about archive transfer."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63757
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
William Mikha Jeremia
"

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan layanan arsip elektronik di PT. Jasa Marga (Persero). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan instrumen kuesioner, di mana instrumen tersebut merupakan sumber informasi utama dalam penulisan artikel ini. Untuk memperdalam analisis penelitian, peneliti juga melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yanglebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pegawai PT. Jasa Marga (Persero) sudah menggunakan layanan arsip elektronik SISPADU yang dimiliki PT. Jasa Marga (Persero). Selain mengetahui siapa saja yang mengakses SISPADU, penelitian ini juga mengetahui apa tujuan responden memakai SISPADU, bagaimana pengguna dapat mengakses SISPADU, apakah responden merasa dipermudah dengan adanya SISPADU, apakah responden mengalami kesulitan dalam mengakses SISPADU, serta apakah responden kepuasan dengan layanan SISPADU. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pegawai telah menggunakan SISPADU untuk kebutuhan pekerjaan mereka. Untuk akses SISPADU bersifat close access sehingga tidak semua arsip terbuka. Untuk kepuasan dan upaya dalam memperkenalkan SISPADU, responden memberikan nilai 3 (rata-rata) dan masih memiliki peluang untuk mencapai angka 5.


This research discusses the utilization of electronic record service called SISPADU in PT. Jasa Marga (Persero). This research using a quantitative method with a questionnaire as the instrument. The instrument is used as primary information in this research. To deepen the analysis, the researcher using a qualitative method to find some information that still unclear. This main research objective is 2 to seek are the employees of PT. Jasa Marga (Persero) using the electronic record service SISPADU that own by PT. Jasa Marga (Persero). Other than seeking user of SISPADU, the researcher also seeks information about for what the user using SISPADU, how the user can access SISPADU, are there any advantage for using SISPADU, is there any difficulty to access SISPADU. This research concludes that the majority of the employees are using SISPADU for their work necessity. For the access SISPADU applying for close access so not all records can be accessed so easily. For the satisfaction and their effort to socialize SISPADU, the user is giving 3 out of 5, and there is room for improvement to get 5 out of 5. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Helsa Riyanika
"ABSTRAK
Sistem pelaporan kegiatan rutin di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center
yang masih manual atau belum terintegrasi secara online, sehingga menyebabkan
beberapa masalah seperti tidak standarnya laporan-laporan yang diberikan oleh
masing-masing unit, dan terjadinya kesalahan dalam input dan rekapitulasi
laporan oleh petugas rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memberikan gambaran dan identifikasi sistem pelaporan rutin rumah sakit
Metropolitan Medical Center sehingga dapat memberikan saran guna
meminimalkan kesalahan dalam pembuatan laporan rutin rumah sakit. Rumah
sakit metropolitan medical center memiliki 162 tempat tidur, dimana unit rekam
medis bertanggung jawab dalam pembuatan dua laporan wajib rumah sakit, yakni
laporan eksternal, yaitu laporan kepada departemen kesehatan, dan laporan
internal, yaitu laporan kepada seluruh direksi rumah sakit. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, terbatas pada
laporan internal rumah sakit. Informan penelitian berjumlah 14 orang. Dari
penelitian didapatkan hasil mengenai sumber daya dan fasilitas yang berhubungan
dengan pembuatan laporan kegiatan, dan diketahui bahwa belum semua unit yang
terkomputerisasi dan memiliki sistem online, serta tidak standarnya format
formulir laporan di setiap unit. Selain itu juga ditemukan adanya kesulitan dari
unit rekam medis dalam memproses laporan yang diterima. Dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa perlunya suatu formulir standar sehingga dapat memudahkan
unit rekam medis dalam melakukan rekapitulasi di setiap unit pelaksana sehingga
dapat mengurangi kemungkinan timbulnya kesalahan dalam pembuatan laporan
rutin rumah sakit.

ABSTRACT
Report activities in Metropolitan Medical Center are done manually and has not
yet adopted an online integration. This causes a number of problems such that the
report are not collected in one unified standard and that input mistakes are often
made in the reports by the medica record staffs. The purpose of this research is to
describe and analyze the daily and monthly report activities at the hospital
therefore to advice which could be use to overcome the problems. The
Metropolitan Medical Center has 162 beds, and its medical record unit
responsible to produce essential reports that are external and internal reports. The
external reports are to be submitted to the Ministry of Health Department while
the internal reports to the board of directors. The type of research conducted will
be qualitatif-descriptive and limited to only internal reports. The research is held
the interview of fourteen informants and observations. The informations result
from the interview are type of resources and facilities needed to produce the
reports as well as evidence that not all the units has the computerized system or
online system, and also the format of the form reports is not standard for each
unit. It is also known that there is some difficulties to process the reports in
medical record unit. The conclusion of the research is standar form is needed to
facilitate the medical record unit in order to process the reports for each unit in
hospital, so that can minimalized the chance of mistakes in the process of
reporting the hospital reports."
Universitas Indonesia, 2013
T35927
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jaza Robbani
"Pada tahun 2009 TELKOM melakukan transformasi perusahaan. Perubahan juga terjadi didalam pengelolaan SDM untuk meningkatkan retensi karyawan. Dalam penelitian ini, reward dipilih sebagai variabel yang memiliki hubungan dengan retensi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reward dan retensi karyawan pada Divisi Multimedia PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan teknik total sampling terhadap seluruh karyawan Divisi Multimedia PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang berjumlah 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward memiliki hubungan yang signifikan dan sangat kuat dengan retensi karyawan.

In 2009, TELKOM do the company transformation. Changes also occur in human resource management to improve employee retention. In this study, reward was chosen as a variable that has a correlation with employee retention. This study aims to determine the correlation of reward and retention of employees in the Multimedia Division of PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Jakarta. This study used the quantitative approach with a survey method that uses total sampling technique to all employees of the Division of PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Multimedia, amounting to 60 respondents. The results showed that rewards have a significant and very strong correlation with employee retention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>