Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154964 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadya Ananda Rezky Ichwan
"Berkembangnya teknologi membuat munculnya banyak mobile application salah satunya aplikasi e-counselling kesehatan mental ABC. Aplikasi ABC memediasi konsultasi Kesehatan mental dan meditasi yang dapat dilakukan secara online. Karena layanan e- counselling kesehatan mental ini merupakan fenomena yang baru, sehingga belum ada gambaran yang jelas tentang perilaku pasca adopsi yaitu niat penggunaan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor penting yang menyebabkan pengguna terus menggunakan aplikasi kesehatan mental, terutama mengingat bahwa sebagian besar penelitian sebelumnya terutama berfokus pada konten, fitur, dan dampak aplikasi kesehatan. Penelitian ini membahas mengenai continuance intention aplikasi Kesehatan mental ABC dengan mengadopsi Integrated Theory Trust – ECM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi penelitian Komunitas X yang berjumlah 160 responden. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa hampir semua hipotesis dapat ditetima terkecuali pada hipotesis Confirmation – Trust dan Trust – Continuance Intention, kemudia hasil penelitian ini ditemukan bahwa aplikasi ABC manfaat pada kegunaan yang dirasakan pada pengguna merupakan indikator terpenting dalam mendorong niat penggunaan kembali pada aplikasi kesehatan mental ABC.

The development of technology has led to the emergence of many mobile applications, one of which is the ABC mental health e-counselling application. The ABC app mediates mental health consultations and meditations that can be done online. Because this mental health e-counselling service is a new phenomenon, there is no clear picture of post-adoption behavior, namely the intention to continue use. Therefore, it is important to know the important factors that cause users to continue to use mental health applications, especially considering that most of the previous research has mainly focused on the content, features, and impact of health applications. This study discusses the continuance intention of ABC mental health applications by adopting Integrated Theory Trust – ECM. This study uses quantitative methods with the research population of Community X, amounting to 160 respondents. From the results of the study, it was stated that almost all hypotheses could be accepted except for the Confirmation – Trust and Trust – Continuance Intention hypotheses, then the results of this study found that the ABC application benefited from the perceived usefulness of the user is the most important indicator in encouraging reuse intention in the ABC mental health application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia
"ABSTRAK
Berkembangnya tekonologi membuat munculnya banyak mobile application salah satunya aplikasi kesehatan XYZ. Aplikasi XYZ memediasi konsultasi kesehatan dan pembelian obat sehingga dapat dilakukan secara online. Penelitian ini membahas tentang intension to use aplikasi kesehatan XYZ dengan mengadopsi Integreated Theori Trust-TAM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan objek penelitian Komunitas X. Dari hasil penelitian terbukti bahwa aplikasi XYZ mampu untuk membentuk kepercayaan antara dokter dan pasien tanpa harus bertemu tatap muka dalam menjalin
komunikasi digital dan terdapat hubungan pengaruh antara perceived usefulness, perceived ease of use dan trust terhadap intention to use aplikasi kesehatan berbasis online XYZ. Trust menjadi faktor utama dalam penentuan intention to use.

ABSTRACT
The development of technology makes the emergence of many mobile applications, one of which is XYZ health applications. The XYZ application mediates health consultations and drugs purchases so that it can be done online. This study discusses the intention to use XYZ health applications by adopting an Integrated Theory Trust-TAM. This study uses quantitative methods with the object of research is Community X. From the results of the research, it is proven that XYZ application is able to form trust between doctors and patients without having to meet face to face in establishing digital communication and there is a relationship of influence between Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Trust has an influence on intention to use XYZ online based health applications. Trust is a major factor in determining intention to use."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rumondang, Febriana Uli
"Sekarang ini industri perbankan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan layanan mobile banking guna memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Pemanfaatan tersebut juga dilakukan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Namun berdasarkan data, terdapat penurunan pengguna mobile banking pada bulan Juli sampai September 2020 di BTN Kantor Cabang Jakarta Cawang. Hal ini diasumsikan adanya pengaruh niat keberlanjutan nasabah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerimaan dan kegunaan terhadap niat keberlanjutan melalui kepuasan dan sikap untuk menggunakan mobile banking BTN pada nasabah BTN Kantor Cabang Jakarta Cawang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei berdasarkan convenience sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 107 orang yang didapatkan melalui online questionnaire. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS dengan teknik analisa jalur. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penerimaan dan kegunaan berpengaruh terhadap kepuasan, kegunaan juga memiliki pengaruh pada sikap, lalu kepuasan memiliki pengaruh pada sikap, terakhir kegunaan, kepuasan, dan sikap berpengaruh terhadap niat keberlanjutan.

Nowadays the banking industry is utilizing technology making a mobile banking services. This service is also carried out by Bank Tabungan Negara (BTN). However, based on data, there was a decrease in mobile banking users from July to September 2020 at the BTN Jakarta Cawang Branch Office. It is assumed that there is an effect of continuance intention to use mobile banking. Therefore, this study aims to identify the effect of confirmation and perceived usefulness on continuance intention through satisfaction and attitudes to use BTN mobile banking for BTN customers at the Jakarta Cawang Branch Office. This study used a quantitative approach through a survey method based on convenience sampling. The number of respondents in this study were 107 people who were obtained through online questionnaires. The data obtained were processed using SPSS with path analysis technique. The results of this study found that confirmation and perceived usefulness have a significant effect on satisfaction, perceived usefulness also have a significant effect on attitudes, then satisfaction have an effect but not significant on attitudes, lastly perceived usefulness, satisfaction, and attitudes have a significant effect on continuance intention. In addition, attitude and satisfaction are successful mediators for perceived usefulness.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Syifana Hanan
"Penelitian ini membahas mengenai konsultasi kesehatan mental bagi pekerja yang dilakukan oleh Konsultan S sebagai penyedia jasa layanan kesehatan mental. Urgensi dari dilakukannya penelitian ini berangkat dari adanya peningkatan masalah pekerja, terutama terkait masalah kesehatan mental di tempat kerja. Konsultasi kesehatan mental menjadi salah satu pilihan dalam memberikan bantuan bagi pekerja untuk mengatasi masalah kesehatan mental di tempat kerja sehingga dapat mencapai kesejahteraan pekerja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret hingga bulan Juni tahun 2023 melalui studi literatur dan wawancara mendalam dengan 1 orang Chief Executive Officer dan 1 orang Chief Operating Officer, di mana keduanya juga berperan sebagai konsultan dalam layanan konsultasi kesehatan mental. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan konsultasi kesehatan mental, Konsultan S berperan sebagai profesional (expert) yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mendiagnosis masalah klien, memberikan informasi yang tidak tersedia sebelumnya, serta memberikan dukungan emosional. Klien utama pada konsultasi adalah pekerja, yang meliputi karyawan dan guru. Model konsultasi kesehatan mental yang dilaksanakan oleh Konsultan S adalah model the purchase of information or expertise, di mana klien yang meminta bantuan kepada konsultan telah mengetahui kondisi dan masalah, serta layanan apa yang dapat disediakan oleh konsultan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Tipe konsultasi yang diberikan Konsultan S berfokus pada 1) penyelesaian kasus pada consultee (consultee-centered case consultation) dan 2) penyelesaian kasus pada klien dari consultee (client-centered case consultation). Signifikansi penelitian ini adalah terungkapnya perbedaan proses konsultasi kesehatan mental yang dilakukan Konsultan S dengan konsultasi dalam pekerjaan sosial, di mana output implementasi tidak hanya sebatas nasihat, tetapi juga berlanjut hingga terlibat dalam memberikan layanan seminar kesehatan mental yang dapat mengatasi masalah consultee. Kebermanfaatan hasil penelitian ini bagi program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah tentang tipe dan proses konsultasi dalam mata kuliah Teori dan Teknik Supervisi dan Konsultasi.

This research discusses the implementation of mental health consultations for workers conducted by Consultant S as a mental health service provider. The urgency of conducting this research departs from the increasing problems of workers, especially related to mental health problems in the workplace. Mental health consultations an alternative option in providing assistance for workers to overcome mental health problems in the workplace so as to achieve worker well-being. This research was conducted using a descriptive type of qualitative research method. Data were collected from March to June 2023 through literature review and in-depth interviews with 1 Chief Executive Officer and 1 Chief Operating Officer, both of whom also act as consultants in mental health consultations services. The informants were selected using purposive sampling technique. The results showed that in carrying out mental health consultations, Consultant S acts as a professional (expert) who has the knowledge and expertise in diagnosing client problems, providing information that was not previously available, and providing emotional support. The primary clients are workers, which include employees and teachers. The mental health consultation model implemented by Consultant S is the purchase of information or expertise model, where the client seeking assistance from the consultant already knows the condition and problem, as well as what services the consultant can provide to help overcome the problem. Furthermore, the type of consultation provided focuses on 1) consultee-centered case consultation and 2) client-centered case consultation. The significance of this research is revealing of differences between Consultant S's mental health consultation process and social work consultation, where the output of the implementation was not only limited to advice, but also continued to be involved in providing mental health seminar services that could overcome the consultee's problems. This research is expected to contribute to the Social Welfare Science study program, especially on the theme of the type and process of consultation in the Theory and Techniques of Supervision and Consultation course."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ketterer, Richard F.
Beverly Hills: Sage, 1981
362.204 25 KET c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tokyo: University of Tokyo Press, 1991
362.2 MET (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Indriani
"Berkembangnya aplikasi mobile health, tentunya menjadi hal baik dalam perkembangan
layanan kesehatan, khususnya di Indonesia. Namun, dalam penggunaannya aplikasi
mobile health tentu juga harus dilandasi oleh kesiapan dari penggunanya agar penyaluran
layanan kesehatan ke pengguna dapat dilakukan dengan maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan apa saja yang memengaruhi mobile
health readiness pada penggunaan aplikasi mobile health di Indonesia dari sisi pengguna.
Empat dimensi yang dianalisis yaitu, technological readiness, people readiness,
motivational readiness, dan engagement readiness. Pendekatan penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah responden valid dari pengisian
kuesioner sebanyak 624 responden. Data dianalisis dan diolah menggunakan metode
covariance based structural equation modelling (CB-SEM) dengan bantuan tools AMOS
21.0. Pada penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dimensi yang paling berpengaruh
terhadap mobile health readiness adalah dimensi technological readiness (faktor ease of
use dan affordability) dan dimensi motivational readiness (faktor trust, attitude/intention,
dan perceived usefulness). Dengan diketahuinya faktor-faktor kesiapan dari sisi
pengguna, diharapkan penyedia layanan mobile health lebih fokus dalam meningkatkan
layanan sesuai dengan faktor-faktor kesiapan dari pengguna, sehingga layanan yang
disediakan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan meningkatkan kesiapan pengguna
dalam penggunaan aplikasi mobile health.

The development of mobile health applications is certainly a good thing in the
development of health services, especially in Indonesia. However, the use of mobile
health applications must also be based on the readiness of its users so that the distribution
of health services to users can be done optimally. This study aims to analyze the factors
of readiness that affect mobile health readiness on the use of mobile health applications
in Indonesia from the user side. The four dimensions analyzed are technological
readiness, people readiness, motivational readiness, and engagement readiness. The
research approach used in this study is quantitative. The number of valid respondents
from filling out the questionnaire was 624 respondents. Data were analyzed and processed
using covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) methods with the help
of AMOS 21.0 tools. In this study, the authors conclude that the dimensions that most
influences on mobile health readiness are technological dimensions of readiness (ease of
use and affordability factors) and motivational readiness dimensions (factors of trust,
attitude/intention, and perceived usefulness). By knowing the readiness factors from the
user side, it is expected that mobile health service providers will focus more on improving
services following the readiness factors of the users so that the services provided can meet
user needs and increase user readiness in using mobile health applications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Dyah Pradita
"Di masa pandemi COVID-19, dampak psikologis yang cukup berat semakin bertambah karena adanya kekhawatiran terkait penyebaran penyakit ini, hal tersebut juga didukung oleh durasi karantina yang lama. Di kota Depok, terdapat sekitar 2.704 warga penderita gangguan kesehatan mental yang berkunjung ke Puskesmas pada 2016 dan gangguan yang paling banyak diderita adalah skizofrenia dengan jumlah yang terus meningkat setiap tahunnya. Selain itu, sedikitnya tenaga kesehatan mental di Kota Depok yang menurut data wawancara hanya mampu untuk membantu layanan 40 konsultasi per-bulannya. Pertolongan pertama pada masalah psikologis ada pada keluarga, sehingga sangat penting untuk mengoptimalisasi peran keluarga untuk menjaga kesehatan mental. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Depok dalam menangani masalah kesehatan mental dengan mengikuti perspektif keluarga. Pengembangan desain aplikasi ini menggunakan metode user-centered design dengan pengumpulan masalah dan kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara dengan calon pengguna aplikasi. Setelah desain aplikasi dibuat dalam bentuk prototipe, evaluasi dengan melalui usability testing dan System Usability Scale (SUS) dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan pengguna, aplikasi ini memiliki usability yang cukup baik dan memiliki skor SUS sebesar 85, 71.7, dan 84 untuk aplikasi yang dikhususkan untuk role klien, psikolog dan admin, yang berarti rancangan aplikasi sudah dirancang dengan baik.

In this whole COVID-19 pandemic situation, the psychological impact is increased due to concerns related to this disease, which is also supported by the long duration of quarantine. In the city of Depok, there were around 2,704 residents with mental health disorders who visited the Puskesmas in 2016 and the most common disorder was schizophrenia with the number increasing every year. In addition, at least mental health workers in Depok City, according to interview data, are only able to assist with 40 consultation services per month. First aid for psychological problems is in the family, so it is very important to optimize the role of the family to maintain mental health. This research provides one form of solution to meet the needs of the Depok citizens in dealing with mental health issues by also using the family perspective as well. The interface of this application was designed using a user-centered design approach. Requirement gathering was done by conducting interviews with prospective application users. After the prototype was made, the design was evaluated by conducting usability testing and using System Usability Scale (SUS). Based on the evaluation results provided by the users, this application has a fairly good usability and has an SUS score of 85, 71.7, and 84 for applications that are devoted to the role of clients, psychologists and admins respectively, which means the application design has been well designed."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Richard Boloni
"Mobile commerce atau biasa disebut m-commerce merupakan cabang dari ecommerce yang memungkinkan konsumen untuk melakukan kegiatan e-commerce dengan lebih fleksibel, dimanapun dan kapanpun, didukung dengan perkembangan teknologi terkini seperti smartphone, tablet, dan mobile gadget lainnya. Berbagai jenis online shop yang ada di Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat aplikasi dan mobile version dari online shop mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dimensi Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) yang terdiri dari perceived usefulness, perceived enjoyment, dan perceived ease of use terhadap satisfaction serta intention to use (purchase intentions) konsumen terhadap aplikasi mobile purchasing dengan menggunakan studi kasus Lazada yang merupakan jenis e-commerce B2C. Responden dari penelitian ini adalah orang-orang yang sudah pernah menggunakan situs Lazada Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness, dan perceived enjoyment memiliki pengaruh positif langsung terhadap intention to use. Sedangkan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap intention to use secara tidak langsung dengan mediasi satisfaction, perceived usefulness, dan perceived enjoyment. Selain itu, perceived usefulness, dan perceived enjoyment memiliki pengaruh positif langsung terhadap saticfaction.

Mobile commerce or m-commerce is commonly called is a branch of e-commerce that allows consumers to conduct e-commerce with more flexible, wherever and whenever, supported by the latest technological developments such as smartphones, tablets, and other mobile gadgets. Different types of online shop in Indonesia take advantage of this opportunity to make an application and a mobile version of their online shop. This study was conducted to analyze the effect of the dimensions of the Technology Acceptance Model (TAM) by Davis (1989), which consists of perceived usefulness, perceived enjoyment and perceived ease of use to the satisfaction and the intention to use (purchase intentions) of consumers to mobile app purchasing by using study Lazada case which is a type of e-commerce B2C. The respondents of this research are people who have been using the site Lazada Indonesia within the past year. Data processing method used is Structural Equation Modelling (SEM). Results from the study showed that perceived usefulness and perceived enjoyment has a direct positive influence on the intention to use. While the perceived ease of use positively affects intention to use indirectly by mediation satisfaction, perceived usefulness and perceived enjoyment. In addition, perceived usefulness and perceived enjoyment has a direct positive influence on saticfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65642
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Devi Nurmalasari
"COVID-19 berdampak pada peningkatan kasus kesehatan mental secara global. Kota Depok adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mengalami peningkatan tersebut dengan rata-rata sebesar 11,22% per tahun. Sementara itu, jumlah kasus yang mampu ditangani hanya 82 kasus per bulan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pasien terus bertambah, namun terdapat keterbatasan jumlah layanan. Transformasi intervensi psikologis ke metode online dengan memberdayakan anggota keluarga dalam dukungan psikologis dini dapat mengatasi keterbatasan yang ada. Metode online yang paling populer dan memiliki kapabilitas lebih banyak dalam hal ini adalah aplikasi mobile. Walaupun aplikasi kesehatan mental telah banyak dikembangkan, terdapat beberapa isu yang menghalangi intensi adopsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, objektif penelitian ini adalah merealisasikan pengembangan aplikasi mobile kesehatan mental dengan perspektif keluarga untuk warga Kota Depok dengan memperhatikan kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Penelitian ini memanfaatkan metode pengembangan prototyping sebanyak tiga iterasi. Masing-masing iterasi terdiri dari tahap analysis, design, dan implementation. Analysis iterasi pertama dilaksanakan dengan studi literatur penelitian terdahulu, observasi aplikasi serupa, dan wawancara awal dengan stakeholders untuk merumuskan solusi terhadap temuan kebutuhan dan masalah. Analysis iterasi kedua dan ketiga dilakukan pada hasil pengujian prototype yang dikembangkan pada tahap implementation di iterasi sebelumnya dengan pemetaan terhadap Xcertia m-Health App Guidelines. Setelah dilakukan design terhadap hasil analysis, prototype dikembangkan dan dievaluasi menggunakan Usability Testing, kuesioner System Usability Scale (SUS), dan User Acceptance Test pada tahap implementation. Hasil evaluasi akhir menunjukkan bahwa aplikasi pada role Klien, Psikolog, dan Admin secara berturut-turut memperoleh skor 87, 74, dan 77 atau tergolong acceptable pada SUS dan memiliki proses bisnis yang tergolong baik.

COVID-19 has impacted the increase of mental health cases globally. Depok City is one of the regions in Indonesia experiencing such an increase, with an average of 11,22% per year. However, the number of cases that can be handled is only 82 cases per month. This indicates that the number of patients continues to grow, but there is a limitation in the availability of services. Transforming psychological interventions into online methods by empowering family members in early psychological support can help address these limitations. The most popular online method with greater capabilities in this regard is mobile applications. Although mental health apps have been developed extensively, there are several issues that hinder their widespread adoption by the public. Therefore, the objective of this research is to realize the development of a mental health mobile application with a family perspective for the residents of Depok City, while considering functional and non-functional requirements. This research utilizes the prototyping development method with three iterations. Each iteration consists of the analysis, design, and implementation phases. The first iteration's analysis is conducted through a review of previous literature research, observation of similar applications, and interviews with stakeholders to formulate solutions for identified issues. The second and third iterations' analysis is performed on the testing results of the prototype developed in the previous implementation phase, aligning with the Xcertia m-Health App Guidelines. After designing based on the analysis results, the prototype is developed and evaluated using Usability Testing, System Usability Scale (SUS) questionnaire, and User Acceptance Test in the implementation phase. The final evaluation results show that the application, in terms of the Client, Psychologist, and Admin roles, respectively achieved an 87, 74, and 77 score, or is considered acceptable according to the SUS, and it has a well-classified business process."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>