Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117983 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ayu Dwi Gayatry
"Perencanaan merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam perusahaan, perencanaan tersebut dapat dituangkan menggunakan perencanaan laba. Dengan membuat perencanaan laba, manajer dapat mengevaluasi apakah strategi yang mereka inginkan akan menghasilkan nilai dan mengestimasi apa dampak ekonomi dari setiap alternatif strategi yang berbeda. PT X merupakan sebuah perusahaan rintisan yang didirikan di Jakarta pada tahun 2017 dan bergerak di industri jasa boga. Sejak awal pendiriannya, perusahaan menunjukkan kinerja yang baik dengan membukukan laba yang meningkat setiap tahunnya. Perusahaan bahkan berhasil mendapatkan dana hibah dan investor untuk memberikan pendanaan untuk mengembangkan bisnisnya. Namun untuk pertamakalinya sejak didirikan, pada tahun 2020 perusahaan membukukan kerugian bersih walaupun penjualannya mengalami peningkatan pada tahun tersebut. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam pengelolaan biaya. Jika perusahaan memiliki perencanaan laba yang baik, seharusnya perusahaan akan tetap membukukan laba karena jika penjualan naik maka laba juga akan mengikuti. Sama seperti perusahaan lainnya yang baru didirikan, PT X masih belum memiliki perencanaan laba yang bersifat formal. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan perencanaan laba yang bisa digunakan oleh perusahaan dalam mengimplementasikan strategi yang telah dipilih perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan laba untuk PT X yang disusun menggunakan metode 3 roda menurut Simons (2000), yaitu roda laba, roda kas, dan roda ROE

Planning is a tool used to achieve company goals. In a company, planning can be poured using profit planning. By making profit planning, manager can evaluate whether their desired strategy will generate value and estimate the economic impact of each different strategic alternatives. PT X is a start-up company that was founded in Jakarta in 2017 and engaged in the catering service industry. Since its inception, the company has shown good performance by booking an increasing profit every year. The company even managed to get grant fund and investor to provide funding to develop its business. However, for the first time since its establishment, in 2020 the company booked a net loss even though its sales increased that year. This indicates a problem in costs management. If the company has a good profit planning, the company should still book profits because if sales increase, profits will also follow. Just like other newly established companies, PT X still does not have a formal profit planning. This study aims to implement profit planning that can be used by the company in implementing the strategy that has been chosen by the company. The result of this study is profit planning for PT X which is derived using the 3 wheels method according to Simons (2000), namely the profit wheel, cash wheel, and ROE wheel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karunia Khairunnisa
"ABSTRAK
Berdiri dan berkembangnya perusahaan startup multikultural membuat komunikasi antarbudaya dalam konteks tempat kerja tidak terelakkan. Penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus empiris ini bertujuan untuk memahami pengalaman adaptasi dalam komunikasi antarbudaya yang dilakukan oleh karyawan asal Chengdu pada salah satu perusahaan startup di Jakarta dan bagaimana pengalaman adaptasi tersebut berperan dalam pembentukan budaya organisasi yang ada. Dalam studi ini ditemukan bahwa terdapat suatu pola adaptasi yang terbentuk dan berperan penting dalam pembentukan budaya organisasi; dan dengannya pula karyawan asal Chengdu berhasil melakukan proses adaptasi guna menjalankan pekerjaannya dan mencapai tujuan perusahaan.


The establishment and growth of multicultural startup company urge intercultural communication in work place context becomes inevitable. This qualitative research uses empirical case study attempts to comprehend the adaptation experience within intercultural communication that applies to Chengdu employee in a startup company in Jakarta and how the adaptation experience is taking role in order to form the existent organization culture. The study shows the pattern of adaptation and its significance in forming organization culture; within the adaptation pattern, Chengdu employee succeeding the adaptation process to run their job well and achieve the company goals.

"
2019
T52538
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Adila Safaati
"Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh gaya kepeimpinan transformasional sebagai faktor pendorong terciptanya perilaku organizational citizenship behaviors melalui mediasi keterlibatan kerja dan transfer pelatihan pada karyawan perusahaan startup di Indonesia. Responden penelitian adalah karyawan perusahaan startup di Indonesia yang telah mendapatkan pelatihan secara formal, pembelajaran informal, maupun pendidikan non-formal dalam bentuk sertifikasi selama bekerja. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 240 orang dan structural equation modelling digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memberikan pengaruh signifikan terhadap terciptanya organizational citizenship behaviors, baik secara langsung, maupun tidak langsung dengan dimediasi oleh keterlibatan kerja dan transfer pelatihan.

This study aims to determine the impact of transformational leadership style as a driving factor for employees to exhibit organizational citizenship behavior through mediation of work engagement and transfer of training on start-up companies in Indonesia. Respondents are employees of startup companies in Indonesia that have received formal training, informal learning, and non-formal education as well. Total respondents in this study were 240 employees and structural equation modeling is used as analysis method. The results showed that transformational leadership has a significant direct effect towards organizational citizenship, as well as indirectly through mediation of and training transfers."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Welsch, Glenn A.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1970
658.155 WEL c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seleta Fitriani
"Tingkat turnover pegawai di industri perbankan Indonesia cukup tinggi yaitu di atas tingkat ideal 10%, dengan tingkat kenaikan gaji yang rendah dibandingkan industri lainnya. Survei penelitian sebelumnya menunjukkan turnover intention dipengaruhi oleh peluang pertumbuhan karir yang dapat diakomodasi oleh perencanaan karir perspektif masa depan pekerjaan (OFTP) yang dapat mempengaruhi tindakan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor yang relevan dalam perencanaan karir sesuai teori konstruksi karir yaitu adaptabilitas karir dan OFTP serta implikasinya terhadap turnover intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitas Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Total sampel penelitian adalah 206 karyawan tetap di sektor perbankan. Hasil menunjukkan bahwa adaptabilitas karir mempengaruhi OFTP secara positif signifikan, dan secara tidak langsung terhadap perencanaan karir dengan OFTP sebagai mediator. OFTP ditemukan berpengaruh positif dan signikan terhadap perencanaan karir, dan negatif signifikan terhadap turnover intention. Perencanaan karir juga berpengaruh secara langsung dan merupakan mediator antara OFTP dengan turnover intention secara negatif signifikan.

Employee turnover rate in Indonesia banking sector is quite high which above the ideal level of 10% and the rate of salary increase is the lowest compared to other sectors. Previous surveys and research showed turnover intention are affected by career growth opportunity which can be accommodated by career planning and Occupational Future Times Perspective (OFTP) which can affect personal actions. The purpose of this study was to determine the relationship between career planning’s relevant factor such as career adaptability and OFTP based on career construction theory to the career planning itself and the implication towards turnover intention. This study uses quantity approach and Structural Equation Modelling (SEM) to test the study hypotheses. The survey questionnaire was gathered from 206 full-time employees in the banking sector. The results showed that career adaptability affects OFTP positively and significantly, and indirectly on career planning with OFTP mediation. OFTP had a significant positive effect on career planning, and a significant negative effect on turnover intention. Career planning was also found to have a significant negative effect directly and also a mediator between OFTP and turnover intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Martono
"Sumber daya manusia merupakan sebuah aset yang sangat berharga yang harus dikelola dengan baik. Pengetahuan mengenai jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan menjadi bagian dari efisiensi sumber daya manusia. Dengan adanya perencanaan SDM dapat membantu menjamin penyampaian kualitas dan pelayanan, serta dapat mengurangi biaya yang berhubungan dengan penempatan jabatan dan pergantian karyawan. Hal-hal negatif dapat dan memang terjadi dalam suatu proses, begitu pula dalam proses perencanaan tenaga kerja. Analisis risiko perlu dilakukan untuk mengidentifikasikan, mengukur, dan kemudian menyusun strategi sebagai dasar untuk membangun sistem manajemen risiko yang utuh.
Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi pameran, karena perencanaan tenaga kerja di perusahaan tersebut dianggap penting mengingat banyaknya posisi dan deskripsi kerja yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun tingkatan risiko pada perencanaan tenaga kerja serta melakukan analisis alokasi biaya untuk pengurangan risikorisiko tersebut dengan metode simulasi Monte Carlo. Hasil yang ingin didapatkan dari simulasi tersebut adalah optimasi alokasi biaya yang ada dengan beberapa asumsi dana yang tersedia untuk mengelola risiko.

Human resource is a real valuable asset of which must be managed carefully. Knowledge about labor amounts is required to become part of human resource efficiency. With existence of workforce can assist guarantees forwarding of quality and service, and can lessen cost relating to job allocation and employee's turnover. Unexpected things can be happened in a process, including workforce process. Risk analysis is conducted to identify, measure, and compile strategies as a base for building complete risk management system.
This research conducted at exhibition construction service company, because workforce planning in the company is related to many job position and description. The goal of this research is for compiling risk level at workforce and conducting cost allocation analysis for risk reduction using Monte Carlo simulation method. The expected result of simulation is optimization of cost allocation for managing risk.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S52010
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rozana
"Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkangnya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara merupakan hasil reaksi atau penolakan atas disakitinya tiram mutiara oleh benda asing yang diwujudkan dengan keluarnya cairan yang melapisi seluruh benda asing tersebut. Hasil zat pelindung itu menjadikan benda itu berwarna-warni dan mengkilat.
Mutiara dihasilkan oleh tiram mutiara jenis Pinctada Maxima. Tiram mutiara jenis tersebut hanya dapat dijumpai di wilayah Asia Tenggara yakni Fhilipina, Thailand, Myanmar, Indonesia dan Australia. Kerang mutiara jenis Pinctada Maxima adalah penghasil mutiara yang dikenal dengan jenis Mutiara Laut Selatan South Sea Pearl yang sering disebut sebagai Queen of Pearl. Mutiara laut selatan merupakan jenis mutiara yang terkenal dan terbaik kualitasnya di dunia, namun kondisi ini tidak membuat pendapatan perusahaan meningkat.
Laporan magang ini menjelaskan analisis pemasaran ekspor mutiara pada perusahaan Kyokko Group. Laporan magang ini menggunakan teori manajemen pemasaran yang berkaitan dengan pemasaran ekspor, harga dan distribusi serta lingkungan eksternal yakni lingkungan ekonomi, lingkungan pemerintah dan lingkungan sosial budaya.
Hasil pengamatan menunjukan bahwa pemasaran ekspor berpengaruh secara signifikan terhadap harga dan distribusi. Kesimpulan dari laporan magang ini adalah pemasaran ekspor berpengaruh secara signifikan terhadap harga dan distribusi demikian juga dengan lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan ekonomi, lingkungan pemerintah dan lingkungan sosial budaya.

Pearl is a hard object that produced within the soft layers (likes coats) of mollusks. Just like his shell, pearl composed of calcium carbonate which crystalized in concentric layers. Pearl is the result of the reaction or rejection from pearl oysters which have been hurts by foreign object that realized with produce liquid that covers the entire foreign object. This protective liquid make the foreign object colorful and shinny.
Pearl produced by pearl oyster species Pinctada Maxima. This kind of pearl oysters only found in the Southeast Asian such as Fhilipina, Thailand, Myanmar, Indonesia and Australia. Pearl oyster species Pinctada Maxima is produce pearl as known as South Sea Pearls or usually called Queen of Pearl. South Sea Pearls are the most famous pearl and best quality pearl in the world, but this condition does not make the income of the company increased.
This report describes analysis of marketing export at Kyokko Group. This report using marketing management theory that related to marketing export, price and distribution as well as the external environment that consist of the economic environment, the government environment and the social culture environment. This observation shows that the marketing export significantly affect the price and distribution. The conclusion is marketing export significantly affect the price and distribution as well as the external environment that consists of the economic environment, the government environment and the social culture environment.
"
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54702
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Ayu Shabirah
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai perusahaan yang berada dalam fase rapid expansion. Penelitian dilakukan di PT ASIA SURYA PERSADA (ASP) dengan menganalisis aktivitas perusahaan dan menguji berbagai metode valuasi yang dapat sesuai dengan kondisi perusahaan. Aktivitas perusahaan dianalisis dengan content analysis untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan perusahaan (sumber nilai). Penelitian ini juga menentukan nilai perusahaan dengan menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF) yang umum digunakan dalam valuasi, serta metode alternatif dari penelitian-penelitian terdahulu seperti Venture Capital dan First Chicago. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa software ERP, cloud, sumber daya manusia dan portofolio pelanggan setia berdampak pada pertumbuhan perusahaan. Selain itu diketahui juga terdapat tiga metode valuasi yang dapat digunakan untuk perusahaan fase rapid expansion. Dari analisis valuasi yang dilakukan, metode DCF menghasilkan nilai valuasi yang lebih kecil daripada dua metode alternatif lainnya.

This study aims to determine the company’s value with considering their rapid expansion condition. This study did at PT ASIA SURYA PERSADA by analyzing the company’s activities and various valuation methods that could suit the company’s condition. The company’s activities are analyzed by content analysis to know any variable which has effect for the company’s growth (source of value). This study also determines the company’s value by using not only the valuation methods generally used such as Discounted Cash Flow (DCF) but also alternative methods such as Venture Capital and First Chicago. The result of this study shows software ERP, cloud, human capital, and portfolio of clients have effects on a company’s growth. In addition, it is also known that all these methods are compatible with the company’s rapid expansion. By valuation analysis, shown that DCF’s value is lowest than another two methods’ value."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sugani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengeluaran biaya, dengan pendapatan dalam menghasilkan laba usaha melalui penerapan analisis Cost-Volume-Profit (CVP) pada PT. ACL. Menurut strukturnya, biaya dapat dibagi menjadi biaya variabel dan biaya tetap, dan struktur biaya tersebut merupakan faktor utama perencanaan laba pada PT. ACL. Metode penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan format deskriptif analitis: menjelaskan, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, situasi yang timbul secara mendalam dari objek penelitian. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan CVP pada PT. ACL dapat diketahui produk atau lini produk yang memberikan margin kontribusi yang maksimal, dan penelitian ini dapat pula dijadikan masukan dalam menyusun anggaran perusahaan.

This research aims to find the relationship between expenses and the profit gained using the Cost-Volume-Profit (CVP) analysis on PT ACL. Based on it's structure standings, costs can be divided into 2 types, fixed cost and variable cost. These costs are ACL's primary factor in profit decisional making. This methodology of research uses qualitative data with descriptive analytics: explains, depicts and summarize various conditions under different circumstances that may occur during the research. Based on this research, it can be concluded that the application of CVP on PT ACL will produce the maximum contribution margin on a product, and this research can also be used to compile the budget of the business.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mikha Karmel
"Fokus penelitian ini adalah tentang analisis strategi pemasaran Isuzu MU-X di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia yang menghadapi persaingan ketat dari kompetitor utamanya. Analisis strategi pemasaran didasarkan pada konsep manajemen strategis industri, dengan menggunakan tiga tahapan kerangka perumusan strategi, yaitu tahap input, tahap pencocokan, dan tahap desicion. Menggunakan enam alat utama yaitu Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks CPM, Matriks SWOT, Matriks IE (Internal Eksternal), dan Matriks Perencanaan Stratgik Kuantitatif. Alat-alat ini akan digunakan sebagai pembanding satu sama lain saat merumuskan strategi. Ini juga melibatkan metode AHP untuk pembobotan setiap faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran terbaik Isuzu MU-X adalah pengembangan produk dan pengenalan mobil dengan reviewer mobil ternama di Indonesia seperti Otodriver, Motomobi, Autonetmagz untuk mendapatkan perhatian lebih dari strategi publik untuk bersaing dengan kompetitor utama. dan untuk meningkatkan volume penjualan

The focus of this research is about the analysis of marketing strategy for Isuzu MU-X at PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, which faces high competition from its main competitors. Marketing strategy analysis is based on the concept of industrial strategic management, by using three stages of strategy formulation framework, namely the input stage, matching stage, and desicion stage. Using six main tools which are IFE Matrix, EFE Matrix, CPM Matrix, SWOT Matrix, the IE (Internal External) Matrix, and the Quantitative Stratgic Planning Matrix. These tools will be used as a comparison with each other when formulating strategies. It also involves the AHP method for weighting each factor. The results of this study indicate that the best marketing strategy for Isuzu MU-X are product development and introducing the car with well-known car reviewers in Indonesia such as Otodriver, Motomobi, Autonetmagz to get more attention from public strategy to compete with major competitors and to increase sales volume."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>