Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131893 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nopiati Amelia
"Short brand story merupakan media yang efektif untuk berkomunikasi antara brand dan konsumen. Tak hanya itu, short brand story digunakan untuk dapat membedakan produk dengan produk lainnya yang mengarahkan pada intensi membeli konsumen. Penulisan jenis konten short brand story dapat memengaruhi bagaimana konsumen mempersepsikan cerita. Intensi konsumen untuk membeli produk juga dipengaruhi oleh trust yang berfungsi untuk mengurangi keraguan konsumen dalam membeli produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh jenis short brand story terhadap intensi membeli dimoderasi oleh trust. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental between-subject design yang dilakukan pada 859 partisipan berusia 18-26 tahun yang berdomisili di Indonesia. Pada penelitian ini, partisipan terbagi secara acak kedalam dua kelompok (company-generated vs consumer-generated). Kemudian, partisipan diberikan gambar kemasan produk beserta short brand story jenis konten company-generated atau consumer-generated. Data partisipan dianalisis menggunakan multiple regression. Hasil analisis menunjukkan jenis short brand story memengaruhi intensi konsumen membeli produk. Short brand story jenis konten company-generated menunjukkan intensi membeli yang lebih tinggi dibandingkan consumer-generated. Ditemukan pula trust konsumen terhadap intensi membeli. Sementara itu, tidak terdapat efek interaksi antara short brand story dan trust dalam memengaruhi intensi membeli. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan FMCG dapat mempertimbangkan untuk menggunakan short brand story pada kemasan produk sebagai cara untuk memasarkan produk.

Short brand story are an effective medium for communicating between brands and consumers. Not only that, short brand story are used to differentiate products from other products that lead to consumer buying intentions. Writing short brand story content types can affect how consumers perceive the story. Consumer intention to buy products is also influenced by trust which serves to reduce consumer doubts in buying products. Therefore, this study aims to see the effect of the type of short brand story on buying intention moderated by trust. This research is an experimental study between subject design which was conducted on 859 participants aged 18-26 years who live in Indonesia. In this study, participants were randomly divided into two group (company-generated group vs consumer-generated). Then, participants are given a picture of the product packaging along with a short brand story for company-generated or consumer-generated content. Participant data were analyzed using multiple regression. The results of the analysis show that the type of short brand story affects the consumer's intention to buy the product, where the short brand story of the type of company-generated content shows a higher purchase intention than the consumer-generated type. We also found consumer trust in buying intentions. Meanwhile, there is no interaction effect between short brand stories and trust in influencing purchase intention. Based on the research results, FMCG companies can consider using a short brand story on product packaging as a way to market their products."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Haryanti Khairunnisa
"Short brand story telah diterapkan oleh beberapa perusahaan sebagai teknik pemasaran yang efektif dalam meningkatkan intensi konsumen untuk membeli. Pemberian jenis cerita yang berbeda dapat memberikan respon yang berbeda pula pada konsumen. Dari aspek short brand story, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh jenis short brand story terhadap intensi membeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen two group design (company-generated vs consumer-generated) between subject design yang dilakukan secara daring. Proses pengumpulan data dilakukan pada 859 orang usia 18 – 26 tahun. Manipulasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah memberikan salah satu jenis short brand story secara acak kepada partisipan. Untuk melihat keberhasilan manipulasi, peneliti memberikan manipulation check. Setelah itu mengukur intensi membeli dengan alat ukur Intention-to-Buy Measure dari Schiffman dan Wisenblit (2015). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat intensi membeli antara konsumen yang diberikan short brand story jenis company-generated (M = 8.20, SD = 2.07) dan consumer-generated (M = 7.80, SD = 2.05) yang signifikan (t(857) = 2.883, p = .004). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa short brand story jenis company-generated memengaruhi intensi membeli lebih tinggi dibandingkan kelompok consumer-generated. Hasil dari penelitian ini menyarankan kepada perusahaan produk FMCG yang hendak memasarkan produknya melalui teknik short brand story pada kemasan untuk menuliskan cerita berisi pengalaman perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu meningkatkan efektivitas cerita dalam mempersuasi konsumen untuk membeli produk.

Short brand stories have been adopted by several companies as an effective marketing technique in increasing consumers' purchase intentions. Giving different types of stories can give different responses to consumers. From the aspect of short brand stories, this study aim is to see the effect of types of short brand stories on purchase intentions. This research is a quantitative study with experimental two-group design (company-generated vs consumer-generated) between the subject designs and online method. Data was collected from 859 people aged 18-26 years old. The manipulation provided by randomly assign one type of short brand story to the participants. The treatment of manipulation was checked by manipulation checks. After that, measure the purchase intention with the Intention-to-Buy Measure from Schiffman and Wisenblit (2015). The results of this study indicate that there is a significant difference in the level of purchase intention between consumers who are given a short brand story of the type produced by the company (M = 8.20, SD = 2.07) and those produced by consumers (M = 7.80, SD = 2.05) which are significant (t (857) = 2.883, p = .004). Thus, it can be concluded that the company-generated short brand story affects buying intention higher than the consumer-generated group. The results of this study suggest that FMCG product companies want to market their products through the short brand story technique on the packaging to write stories about the company's experiences. This is done to help increase the effectiveness of the story in persuading consumers to buy products."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Aulia Safrin
"Persaingan antar produk saat ini berlangsung dengan ketat.Setiap produsen berupaya untuk meyakinkan keunggulan dari produk yang dihasilkannya. Upaya untuk menumbuhkan kepercayaan khalayak terhadap suatu produk (brand trust) dilakukan dengan beraneka cara. Salah satu cara yang dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap suatu produk tersebut adalah pemberian labelisasi halal. Pemberian labelisasi ini didorong oleh semakin meningkat kesadaran konsumen dari kalangan muslim untuk mengkonsumsi produk yang berbahan dan dibuat sesuai dengan kaidah syariah Islam. Salah satu produsen yang memberikan labelisasi halal pada produknya adalah Zoya. Zoya yang terkenal dengan produk fashion yang menyasar kalangan muslim mencoba untuk memperkuat pasarnya dengan memberikan labelisasi halal terhadap produk hijab. Labelisasi halal yang diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang merupakan satu-satunya lembaga yang berhak memberikan labelisasi halal, menarik perhatian penulis sejauhmana labelisasi halal tersebut mendukung kepercayaan khalayak (brand trust) terhadap hijab Zoya.
Penelitian dengan judul Analisis Persepsi Konsumen pada Brand Trust ?Halal? Hijab Zoya, penulis lakukan terhadap 10 (sepuluh) orang responden.Responden pada penelitian ini diambil dengan menggunakan pendekatan purposif sampling yaitu mereka yang telah menggunakan hijab Zoya sebelum adanya labelisasi halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara untuk mendapatkan data yang diharapkan.Penelitian dianalisis dengan menggunakan 3 (tiga) pendekatan yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil dari proses coding tersebut didapat hasil bahwa labelisasi halal terhadap jilbab Zoya memperkuat kepercayaan responden.

Competition between products is currently underway with strictly. Every manufacturer is trying to convince the advantages of the products it produces. Efforts to foster public confidence to a product (brand trust) multi-faceted way. One way that is done to foster confidence in a product is halal labeling administration. Provision of labeling is driven by increasing consumer awareness of the Muslims to consume products made and manufactured in accordance with the rules of Islamic law. One manufacturer that provide halal labeling on its products is Zoya. Zoya is famous for fashion products targeting the Muslims tried to strengthen its market by providing halal labeling of the product hijab. Halal labeling granted by the Indonesian Ulama Council (MUI), which is the only institution entitled to provide halal labeling, attract the attention of the author of the extent of the halal labeling supports the public trust (brand trust) against the hijab Zoya.
The study titled Analysis Consumer Perceptions on Brand Trust "Halal" Hijab Zoya,use 10 (ten) respondents. Respondents in this study were taken by using purposive sampling approach, namely those who have used the hijab Zoya before their halal labeling. This study used a qualitative approach using interviews to obtain the expected data. The study was analyzed by using three (3) approaches, namely open coding, axial coding, and selective coding. The results of the coding process we got the result that the halal labeling of the veil Zoya strengthen trust respondents."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T46138
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aliya Fitri
"Konsumen di Indonesia mulai pindah berbelanja berbagai produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) melalui e-commerce karena praktis. Agar dapat tetap menjadi top of mind brand, perusahaan FMCG sebaiknya memanfaatkan kemasan produk sebagai media persuasi dan memperhatikan karakteristik konsumen. Penelitian ini menguji pengaruh jenis short brand story (SBS) pada kemasan produk FMCG dan jenis Implicit Mindset yang dimiliki konsumen terhadap sikap terhadap merek dan intensi membeli. Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan desain between-subject factorial design. Sebanyak 213 partisipan berusia 18-23 tahun (71,36% perempuan) di Indonesia ditempatkan secara acak ke satu dari empat kelompok perlakuan. Partisipan diberikan artikel yang merepresentasikan salah satu jenis Implicit Mindset dan diberikan salah satu jenis SBS. Sikap terhadap merek dan intensi membeli partisipan diukur terhadap merek fiktif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan Two-Factor ANOVA. Terdapat main effect yang signifikan dari pengaruh jenis SBS dan pengaruh jenis Implicit Mindset terhadap sikap terhadap merek. Terdapat main effect yang signifikan dari pengaruh jenis Implicit Mindset terhadap intensi membeli. Perusahaan FMCG dianjurkan menggunakan SBS dengan tema bermakna untuk mentargetkan segmen konsumen yang berusia 19-22 tahun, pengguna e-commerce, dan berdomisili di pulau Jawa untuk memasarkan produk makanan ringan.

Consumers in Indonesia have started shopping for various Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) products through e-commerce because of it's practicality. To remain a top-of-mind brand, FMCG companies should use the product packaging as a medium for persuasion and pay attention to consumer characteristics. This study examines the effect of the type of short brand story (SBS) on FMCG products packaging and consumer's Implicit Mindset type on brand attitude and purchase intention. This is an experimental study with a between-subject factorial design. Total of 213 participants aged 18-23 years (71.36% women) in Indonesia were randomly assigned to one of four treatment groups. Participants were given an article that represented one type of Implicit Mindset and given one type of SBS. Brand attitude and purchase intention were measured against a fictitious brand. Data were analyzed using descriptive analysis and Two-Factor ANOVA. There is a significant main effect of SBS type and Implicit Mindset type on attitudes towards brands. There is a significant main effect of Implicit Mindset type on purchase intention. FMCG companies are recommended to use SBS with a meaningful theme to target the consumer segment aged 19-22 years, e-commerce users, and domiciled on Java Island to market snack products."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Rachma Muffidah
"Penelitian mengenai penggunaan media cerita dalam dunia pemasaran FMCG sudah cukup banyak dilakukan. Meski demikian, penelitian spesifik yang membahas penggunaan short brand story di kemasan fast moving consumer goods (FMCG) belum banyak dilakukan dan bahkan belum ada di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari short brand story terhadap purchase intention dengan perceived brand quality sebagai mediator. Short brand story (SBS) dibedakan menjadi self-transcendence dan self- enhancement. Penelitian ini diikuti oleh 432 partisipan yang berusia minimal 18 tahun secara daring. Alat ukur dari Schiffman dan Wisenblit (2015) digunakan untuk mengukur purchase intention dan perceived brand quality dari Boulding dan Kirmani (1993). Analisis Process dari Hayes menemukan bahwa SBS memengaruhi perceived brand quality secara positif. Di saat yang bersamaan, perceived brand quality juga memengaruhi purchase intention secara positif, sehingga efek mediasi dinyatakan hadir dalam penelitian ini. Selain itu, perhitungan statistik juga menemukan bahwa short brand story tipe self-transcendence memiliki perceived brand quality dan purchase intention yang lebih tinggi dibandingkan tipe self - enhancement. Hasil dari penelitian ini memberikan masukan kepada produsen fast moving consumer goods (FMCG) untuk menghadirkan inovasi terbaru terkait pemasaran produknya.

A lot of studies on the use of story media in FMCG marketing have been done quite a lot previously. However, a study that discusses the use of short brand stories in FMCG packaging has not been widely carried out and is not even available yet in Indonesia. Therefore, this study was conducted to see the effect of short brand stories on purchase intentions with the perceived brand quality acts as a mediator. Short brand stories are differentiated into self-transcendence and self-enhancement. This study was conducted online and attended by 432 participants who are at least 18 years old minimum of age. Purchase intention is measured using measurement scale adapted from Schiffman and Wisenblit (2015) and perceived brand quality is measured using measurement scare adapted from Boulding and Kirmani (1993). Process analysis from Hayes found that SBS positively influenced perceived brand quality, and at the same time, perceived brand quality positively influenced purchase intention. Therefore, the mediation effect is presented in this study. In addition, the statistics measurement also found that the self-transcendence type short brand story has a higher perceived brand quality and purchase intention than the self-enhancement type. The results of this study provide input to fast moving consumer goods (FMCG) producers in presenting the latest innovations related to product marketing."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahes Gawismara
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 warga Depok yang mengetahui mi instan Healtimie dengan metode non-probability sampling dan teknik purposive. Pengujian ini dilakukan menggunakan metode regresi linear sederhana, dimana variabel dependen adalah minat beli dan citra merek sebagai variabel independen serta kuesioner sebagai instrumen penelitannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh terhadap minat beli, namun masih dalam kategori kecil. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini menunjukan adanya korelasi dalam kategori sedang menuju kuat.

The aim of this study is to analyze the effect of brand image on purchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 residents in Depok who know Healtimie instant noodle. The data were collected using non-probability sampling and purposive technique. This research used questionnaire as the instrument and analyzed with simple linear regression methods. The result shows that brand image has a little impact toward purchase intention. The Relationship between these variables showed the correlation is moderate to strong category.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Adhiaswati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dan hubungan antara brand image, satisfaction, trust, lovemarks (love dan respect) serta brand loyalty untuk kosmetik halal Wardah . Sebanyak 327 data terkumpul dan dianalisis melalui aplikasi statistik SPSS dan LISREL 8.8. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelanggan yang mencintai dan menghargai merek, secara signifikan memoderasi hubungan antara satisfaction dan brand loyalty, hal tersebut berarti bahwa lovemarks berguna untuk mengeksplorasi pengembangan yang menghasilkan brand loyalty. Kemudian juga brand image ditemukan sebagai pemicu satisfaction dan brand trust, satisfaction mempengaruhi brand trust, dan brand loyalty. Penelitian ini berkontribusi pada literatur, yang secara empiris berteori tentang pembentukan loyalitas merek di industri kosmetik halal Wardah.

This research aimed to identify structural associations among image, satisfaction, trust, lovemarks (love and respect for a particular brand) and brand loyalty for halal cosmetic Wardah . A total of 327 pieces of data were analyzed through the SPSS and LISREL 8.8. It was found that customers’ brand love and respect significantly moderated the relationship between satisfaction and brand loyalty, suggesting that the theory of lovemarks is useful to explore the development of generating brand loyalty. It was also shown that brand image was a helpful originator of satisfaction and trust. Moreover, satisfaction affected trust, and brand loyalty. The current research contributed to the literature, empirically theorizing brand loyalty formation in the halal cosmetic Wardah."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggini Dinaseviani
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Benefit terhadap Community Participation dari sebuah Online Brand Community dalam hubungannya Brand Trust dan Brand Commitment yang dikembangkan oleh J.Kang et al (2014). Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah anggota aktif dan terdaftar dalam online brand community. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 284 responden. Untuk mengolah data digunakan Structural Equation Modelling dengan bantuan software LISREL 8.54.
Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian ini adalah social-psychological benefit dan moneter benefit memiliki pengaruh yang positif terhadap community participation. Selanjutnya community participation memiliki pengaruh yang positif terhadap kepercayaan terhadap merek (brand trust). Dan hasil analisis terakhir adalah kepercayaan terhadap merek (brand trust) memiliki pengaruh yang positif terhadap dan komitmen terhadap merek (brand commitment).

This study aims to investigate the role of Benefit towards Community Participation at Online Brand Community in the Relationship of Brand Trust and Brand Commitment developed by J. Kang et al (2014). In this study, the sample used is the members of online brand community. The number of respondents in this study are 284 respondents. Data processing phase in this research employs Structural Equation Modeling using software LISREL 8.54.
The findings obtained from this study is that benefits, particularly social-psychological benefit and monetary benefit, have a positive effect on community participation. Furthermore, community participation has a positive effect on brand trust. The final result indicates that brand trust has a positive effect on brand commitment.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43573
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Mukhsin Sultoni
"ABSTRAK
Tirto.id merupakan portal berita daring yang menggunakan Digital Content berupainfografis pada Instagram untuk menyampaikan informasi berita kepada pembacanya.Digital Content infografis digunakan untuk menyampaikan berita dengan singkat jelas,dan desain visual yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran DigitalContent infografis mampu mempengaruhi Brand Advocacy pada pembaca dalamkonteks komunikasi pemasaran. Pengaruh tersebut akan dilihat secara langsung dan tidaklangsung melalui tiga variabel mediasi yaitu Brand Trust, Brand Credibility, dan BrandCommitment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survei sebagai alatuntuk pengambilan data. Unit analisis penelitian ini adalah para pengikut akun InstagramTirto.id. Dianalisis menggunakan Analisis Jalur, penelitian ini menemukan bahwa tidakadanya pengaruh secara langsung yang diberikan oleh Digital Content infografis terhadap Brand Advocacy. Di sisi lain, pengaruh secara tidak langsung terjadi padapenelitian ini dengan variabel mediasi melakukan fungsinya secara sempurna. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Digital Content, Brand Advocacy, Brand Trust,Brand Credibility, Brand Commitment, Path Analysis.

ABSTRACT
Tirto.id is an online news portal that used infographics as Digital Content on Instagramto convey news information to its readers. Digital Content infographics is used todeliver the news in a brief, clear and attractive visual design. This study aims to determinethe role of Digital Content infographics and its affect to reader rsquo s Brand Advocacy onmarketing communication context. The effect will be seen directly and indirectly throughthree mediation variables Brand Trust, Brand Credibility, and Brand Commitment. Thisresearch is a quantitative research with survey as a tool for data retrieval. The unit ofanalysis of this research is the followers of Instagram account of Tirto.id. Analyzed usingPath Analysis, this study found that there is no direct effect given by Digital Content infographic to Brand Advocacy. On the other hand, indirect influence occurred in thisstudy with the mediation variables performing their functions perfectly.Keywords Marketing Communications, Digital Content, Brand Advocacy, Brand Trust,Brand Credibility, Brand Commitment, Path Analysis"
2018
T51217
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andara Kusumaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari brand experience yang berkaitan dengan brand love serta perceived quality terhadap brand loyalty konsumen. Peran brand trust sebagai moderasi juga dianalisis pada dua merek ponsel pintar yang digunakan di Indonesia, yaitu Apple dan Samsung. Untuk menguji 9 hipotesis, desain penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa cross sectional survey menggunakan kuesioner daring. Dengan teknik purposive sampling berhasil dikumpulkan 437 responden, yaitu pengguna ponsel pintar Apple dan Samsung selama minimal 6 bulan terakhir, berusia minimal 17 tahun, dan berdomisili di Indonesia. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS, memperlihatkan 6 hipotesis terbukti signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh positif brand experience terhadap brand loyalty secara langsung. Namun, brand love dan perceived quality memiliki pengaruh positif terhadap brand loyalty secara langsung dan tidak langsung (mediasi). Kemudian, moderator brand trust tidak memiliki pengaruh pada hubungan brand experience dengan brand love maupun brand loyalty. Penemuan studi ini memberikan wawasan bagi perusahaan ponsel pintar agar dapat meningkatkan brand loyalty dengan memperhatikan faktor brand love dan perceived quality, khususnya di Indonesia.

This research purpose is to analyze the effect of brand experience related to brand love and perceived quality towards brand loyalty. The role of brand trust moderation is also analyzed in two smartphone brands used in Indonesia as the object, Apple and Samsung. To test 9 hypotheses, the research design used in this study is the quantitative method through cross sectional survey with an online questionnaire. With purposive sampling technique 437 respondents gained, which are active Apple and Samsung smartphone users for the last 6 months, a minimum of 17 years old, and Indonesian domicile. Data analysis used was Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS software, showed 6 hypotheses are significant. The result shows there is no significant positive effect on brand experience towards brand loyalty directly. However, there are positive effects of brand love and perceived quality towards brand loyalty both directly and indirectly (mediation). Moreover, brand trust as a moderator does not effect the variable’s relationship. This study offers valuable knowledge for smartphone companies to support their brand loyalty while focusing on brand love and perceived quality aspects, especially in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>