Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159744 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Danarto Tri Sasongko
"Penelitian terkait faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan aplikasi uang elektronik masih didominasi oleh fase adopsi awal. Penelitian terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kontinuitas penggunaan aplikasi uang elektronik terutama di Indonesia masih sedikit dan lebih banyak membahas tentang kinerja maupun kualitas aplikasi. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Expecation-Confirmation Model (ECM) untuk mengeksplorasi faktor Perceived Usefulness, Perceived Security & Privacy, Trust dan Satisfaction yang memengaruhi kontinuitas pengguna aplikasi uang elektronik. Selain itu, penelitian juga menyelidiki seberapa kuat pengaruh anteseden Perceived Security & Privacy, dan Trust yaitu Security Technology Protection, Security Rules & Policy, Security Responsibility Commitment, Coverage of Mobile Payment Context, dan Uncertainity Avoidance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berupa hasil survei yang dikumpulkan melalui kuesioner online dengan responden sebanyak 426 orang. Pengolahan data menggunakan metode Covariance- Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi Amos 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontinuitas penggunaan aplikasi uang elektronik dipengaruhi secara kuat oleh Perceived Usefulness, Satisfaction dan Trust. Trust secara mayoritas dipengaruhi oleh Perceived Security & Privacy. Security Responsibility Commitment merupakan faktor penting yang harus ditingkatkan karena dapat memengaruhi Trust secara langsung maupun tidak langsung melalui Perceived Security & Privacy. Selain Security Responsibility Commitment, Perceived Security & Privacy juga dipengaruhi oleh Security Technology Protection dan Uncertainity Avoidance. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan pedoman bagi peningkatan kontinuitas penggunaan aplikasi uang elektronik terutama di negara berkembang.

Researches related to the factors that influence the use of electronic money application are still dominated by the early adoption phase. Not many researches on the factors that affect the continuance use intention of electronic money in Indonesia, and mostly discusses only the performance and quality of applications. This study uses an Expecation-Confirmation Model (ECM) framework to explore the factors of Perceived Usefulness, Perceived Security & Privacy, Trust and Satisfaction that affect the continuance use intention of electronic money applications. In addition, this research also investigates how strong the antecedents of Perceived Security & Privacy and Trust namely Security Technology Protection, Security Rules & Policy, Security Responsibility Commitment, Coverage of Mobile Payment Context, and Uncertainity Avoidance. This study uses a quantitative approach with data sources are collected using online survey questionnaires with 426 respondents. Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the Amos 26.0 application are used for data processing.The results show that the continuance use intention of electronic money applications is strongly influenced by Perceived Usefulness, Satisfaction and Trust. Trust is largely influenced by Perceived Security & Privacy. Security Responsibility Commitment is an important factor that must be improved because it can affect trust directly or indirectly through Perceived Security & Privacy. Apart from Security Responsibility Commitment, Perceived Security & Privacy is also influenced by Security Technology Protection and Uncertainity Avoidance. This research contributes for increasing understanding and providing guidelines to increase the continuance use intention of electronic money applications, especially in developing countries."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Meutia Maulida
"ABSTRAK
Dewasa ini, terlibatnya teknologi pada berbagai sector usaha sudah berkembang pesat, termasuk pada industri perbankan seperti Bank Central Asia (BCA). Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh BCA adalah aplikasi SAKUKU. SAKUKU adalah aplikasi uang elektronik yang menggunakan server based dan dapat diunduh via smartphone untuk melakukan berbagai transaksi finansial seperti bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Pada tahun 2017, BCA menargetkan jumlah pengguna menjadi 300 ribu pengguna, namun kenyataannya hanya menjadi 252 ribu pengguna, sehingga tidak mencapai target jumlah pengguna. Penelitian dilakukan untuk mencari faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan aplikasi SAKUKU dan bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi intensi pengguna. Konstruksi penelitian ini membangun tiga perspektif, yaitu technology perspective, individual perspective dan digital external perspective dengan melibatkan teori UTAUT2, perceived security, alternative attractiveness, reputation effect, personal innovativeness dan familiarity. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan survey dan metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Hasil survey diolah dengan menggunakan tools SmartPLS 3.0 dengan pendekatan partial least square dan hasil wawancara diolah dengan melakukan teknik text coding. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga perspektif yaitu technology, individual dan external perspective terbukti memengaruhi intensi penggunaan dan perilaku penggunaan.
ABSTRACT
Today, the involvement of technology in various business sectors has grown rapidly, including in the banking industry such as Bank Central Asia (BCA). One application developed by BCA is the SAKUKU application. SAKUKU is an electronic money application that uses server based and can be downloaded via smartphone to perform various financial transactions such as paying for shopping, topping up, and other banking transactions. In 2017, BCA targets the number of users to be 300 thousand users, but in reality it only becomes 252 thousand users, so it does not reach the target number of users. The study was conducted to look for factors that influence the user's intention to use the SAKUKU application and how these factors influence user intentions. The construction of this research builds three perspectives, namely technology perspective, individual perspective and digital external perspective by involving UTAUT2, perceived security, alternative attractiveness, reputation effects, personal innovativeness and familiarity. The research method used in this study is a quantitative method by conducting surveys and qualitative methods by conducting interviews. The survey results were processed using SmartPLS 3.0 tools with the partial least square approach and the results of interviews were processed by doing text coding techniques. The results of this study are the three perspectives, namely technology, individuals and external perspectives proven to influence usage intentions and usage behavior."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Adilah Rahimullah
"TikTok telah mengalami peningkatan pengguna selama pandemi, dengan total sebesar 1,2 miliar pengguna aktif pada tahun 2021. Dengan peningkatan pengguna, TikTok juga perlu mempertahankan penggunanya dengan terus berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan TikTok adalah dengan menjawab kebutuhan edukasi melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang memengaruhi keberlanjutan pengguna dalam menggunakan aplikasi TikTok untuk memperoleh konten edukatif. Penelitian ini memodifikasi Expectation-Confirmation Model dengan menambahkan variabel system quality dan information quality dari Information System Success Model, serta menganalisis faktor enjoyment dan interactivity yang berkaitan erat dengan pengalaman menggunakan media sosial. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara daring dengan total 629 responden. Kemudian data responden diolah dengan CB-SEM dengan menggunakan AMOS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor confirmation memengaruhi perceived usefulness dan satisfaction; faktor information quality, system quality, dan enjoyment memengaruhi satisfaction faktor interactivity memengaruhi perceived usefulness; faktor perceived usefulness tidak memengaruhi satisfaction, serta faktor perceived usefulness dan faktor satisfaction memengaruhi continuance intention penggunaan aplikasi TikTok untuk edukasi. Penelitian ini menyarankan agar TikTok mengembangkan fungsionalitas serta fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna seperti fitur subtitle, speed adjustment, playlist, perpanjangan durasi konten, serta evaluasi algoritma yang lebih sesuai dengan preferensi konten edukatif pengguna. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan aplikasi TikTok untuk melakukan sosialisasi terkait fitur-fitur yang ada di TikTok agar dapat lebih berguna bagi proses pembelajaran pengguna.

TikTok has seen an increase in users during the pandemic, with a total of 1,2 billion active users in 2021. With the increase of users, TikTok also needs to maintain their user’s retention. One of the efforts made by TikTok is to answer educational needs through social media. The purpose of this study is to identify and analyze the factors affecting the continuance intention of TikTok users in obtaining educational content. This study modifies the Expectation- Confirmation Model (ECM) by adding system quality and information quality variables from the Information System Success Model, as well as analyzing the enjoyment and interactivity factor which is closely related to the experience of using social media. Data from this study were collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. Then the respondent's data was processed by CB-SEM using AMOS 26. The results of this study indicate that the confirmation affects perceived usefulness and satisfaction; information quality, system quality, and enjoyment affect satisfaction; interactivity affects perceived usefulness; the perceived usefulness doesn’t affect satisfaction, and the perceived usefulness and satisfaction influence the continuance intention of using TikTok for educational purposes. This research can also be useful in improving social media, especially TikTok for education. This study suggests TikTok to develop functionality and features that are more aligned with user needs such as subtitle features, speed adjustments, playlists, content duration extensions, and algorithm evaluations that are more aligned with user preferences for educational content. In addition, this study also recommends TikTok to do socialization regarding the features available on TikTok so that it can be more useful for the user's learning process."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irzanes Putri
"PT XL Axiata Tbk merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia yang terus berupaya untuk melakukan digitalisasi dalam bisnisnya. Salah satu bentuk transformasi digital yang dilakukan adalah aplikasi MyXL. Aplikasi MyXL merupakan aplikasi self–care yang menawarkan berbagai paket layanan serta sarana untuk melayani pelanggan secara digital. Data total transaksi pelanggan XL menujukkan bahwa total transaksi melalui aplikasi MyXL hanya 39% dibandingkan total transaksi melalui modern channel. Di samping itu berdasarkan data Play Store dan Apple Store, hanya 29% pelanggan yang mengunduh aplikasi MyXL. Rendahnya penggunaan aplikasi MyXL disebabkan rendahnya minat pelanggan untuk menggunakan aplikasi MyXL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi MyXL. Konstruk yang digunakan pada model penelitian yaitu system quality, information quality, service quality, perceived usefulness, perceive ease of use, social influence, facilitating conditions, reward, trust, dan intention to use. Penelitian ini menggunakan mixed method dimana data kuantitatif didapatkan dari hasil kuesioner dan data kualitatif didapatkan dari hasil open-ended question. Analisis data dilakukan terhadap 122 data responden menggunakan pendekatan PLS-SEM dan analisis tematik. Hasil dari penelitian menunjukkan 10 hipotesis diterima dan 9 hipotesis lainnya ditolak. Facilitating conditions, perceived usefulness, perceived ease of use, system quality, dan information quality menjadi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi MyXL. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, dan facilitating conditions memperkuat hasil penelitian terdahulu terkait niat penggunaan dan menunjukkan hal-hal yang harus ditingkatkan oleh perusahaan sebagai pemiliki aplikasi.

PT XL Axiata Tbk is one of the telecommunications company services in Indonesia that continues to strive to digitize its business. One form of digital transformation carried out is the MyXL application. The MyXL application is a self-care application that offers various service packages and facilities to serve customers digitally. Data on total XL customer transactions shows that total transactions via the MyXL application are only 39% compared to total transactions via modern channels. Apart from that, based on Play Store and Apple Store data, only 29% of customers downloaded the MyXL application. The low use of the MyXL application is due to low customer interest in using the MyXL application. This research aims to analyze the intention to use factors in the MyXL application. The constructs used in the research model are system quality, information quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, facilitating conditions, reward, trust, and intention to use. This research uses mixed methods where quantitative data is obtained from questionnaire results and qualitative data is obtained from open-ended questions. Data analysis was carried out on 122 respondents, data analysis using the PLS-SEM and thematic approaches. The results of the research showed that 10 hypotheses were accepted and 9 other hypotheses were rejected. Facility conditions, perceived usefulness, perceived ease of use, system quality, and information quality are factors that influence intentions to use the MyXL application. The implications of this research show that perceived usefulness, perceived ease of use, and facilitating conditions strengthen the results of previous research regarding usage intentions and indicate things that must be improved by companies as application owners."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tsabita Sarah Indah Anggayasti
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramesti Anjani Putri
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathur Rahman Prawira
"Perkembangan informasi dan teknologi di Indonesia telah mendorong masyarakat untuk beradaptasi secara cepat. Hal ini semakin terlihat pada saat pandemi COVID-19, yang juga berdampak kepada perubahan pola aktivitas di masyarakat. Hampir semua kegiatan mengalami perubahan berfokus kepada pendekatan digital, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran. Kehadiran e-wallet menjadi salah satu adaptasi yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia, karena sifat penggunaannya yang secara contactless dan effortless memberikan kemudahan bagi penggunanya. Setiap penyedia layanan e-wallet memiliki manfaat, kepuasan, dan resikonya yang berbeda-beda. Hal tersebut yang menjadi faktor keberlanjutan dalam penggunaan aplikasi e-wallet. Penelitian ini dilakukan terhadap 522 responden yang merupakan pengguna aktif e-wallet dalam waktu satu bulan terakhir dari waktu mulai hingga akhir melakukan survei. Tim penulis melakukan pengolahan data setelah data telah dikumpulkan. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan Partial Least Square Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 4 dan IBM SPSS Statistics 25. Tim penulis menemukan adanya prioritas faktor keamanan yang pengguna anggap memiliki pengaruh paling besar terhadap rasa aman mereka ketika menggunakan aplikasi e-wallet. Faktor-faktor tersebut terdiri dari information provided, user privacy, encryption, dan transaction process. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyedia layanan e-wallet sebagai referensi dalam mengevaluasi layanan yang telah dijalankan, sehingga layanan tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan oleh pengguna.

The development of information and technology in Indonesia has encouraged people to adapt quickly. This was increasingly seen during the COVID-19 pandemic, which also had an impact on changes in activity patterns in society. Almost all activities have changed to focus on digital approaches, including in making payment transactions. The presence of e-wallets is one of the adaptations felt by the people of Indonesia, due to the nature of its use which is contactless and effortless to provide convenience for its users. Each e-wallet service provider has different benefits, satisfactions and risks. This is a factor of sustainability in the use of e-wallet applications. This research was conducted on 522 respondents who were active e-wallet users within the last one month from the start to the end of conducting the survey. The writing team performs data processing after the data has been collected. Data processing was carried out using Partial Least Square Equation Modeling (PLS-SEM) with the SmartPLS 4 and IBM SPSS Statistics 25 applications. The author's team found a priority of security factors that users considered had the greatest influence on their sense of security when using the e-wallet application. These factors consist of information provided, user privacy, encryption, and transaction processes. This research is expected to provide benefits for e-wallet service providers as a reference in evaluating services that have been implemented, so that these services can be used on an ongoing basis by users."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vikih Fitrianih
"Pandemi COVID-19 telah mendorong pemerintah untuk memanfaatkan teknologi untuk menanggulanginya, termasuk penggunaan aplikasi contact tracing. Pemerintah Indonesia secara resmi merilis dan mewajibkan penggunaan aplikasi contact tracing yang bernama PeduliLindungi. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi merupakan upaya pemerintah dalam memerangi COVID-19. Pemerintah memerlukan kontribusi penduduk Indonesia untuk menggunakan PeduliLindungi agar proses pelacakan COVID-19 dapat dilakukan, tetapi jumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi belum memenuhi target pemerintah. Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, tren penggunaan PeduliLindungi mengalami penurunan terutama di Jawa dan Bali.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi niat keberlanjutan seseorang untuk terus menggunakan aplikasi contact tracing PeduliLindungi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji model penelitian yang dibangun berdasarkan teori Expectation Confirmation Model (ECM), Health Belief Model (HBM), dan Theory Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Data yang diperoleh dari 372 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan tools SmartPLS 3.2.9.
Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi PeduliLindungi adalah service quality (kualitas layanan), system quality (kualitas sistem), perceived susceptibility (kerentanan yang dirasakan), confirmation (konfirmasi), perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan), perceived ease of use (kemudahan penggunaan yang dirasakan), dan satisfaction (kepuasan). Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoritis untuk penelitian selanjutnya terkait faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi contact tracing. Selanjutnya, implikasi secara praktis untuk pengembang aplikasi PeduliLindungi dalam meningkatkan fitur aplikasi serta pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi kebijakan terkait penanganan COVID-19.

The COVID-19 pandemic has prompted the government to utilize technology to overcome it, including the use of contact tracing applications. The Indonesian government has officially released and required the use of a contact tracing application called PeduliLindungi. The use of the PeduliLindungi application is an effort by the government in fighting COVID-19. The government requires the contribution of the Indonesian population to use PeduliLindungi so that the COVID-19 tracking process can be carried out, but the number of application users has not met the government's target. According to the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, the trend of using PeduliLindungi has decreased, especially in Java and Bali.
The purpose of this study is to find out what factors influence a person's continuance intention to use PeduliLindungi contact tracing application. This study uses a quantitative approach to test the research model that is built based on the Expectation Confirmation Model (ECM), Health Belief Model (HBM), and Theory Acceptance Model (TAM) theory. Data was collected by distributing online questionnaires. The data obtained from 372 respondents were analyzed by the PLS-SEM method using SmartPLS 3.2.9 tools.
Based on the results of the analysis, the factors that influence the intention to continue using the PeduliLindungi application are service quality (quality of service), system quality, perceived susceptibility, confirmation, perceived usefulness, perceived ease of use, and satisfaction. This research also provides theoretical implications for further research regarding the factors that can influence continuance intention to use contact tracing applications. Furthermore, practical implications for PeduliLindungi application developers in improving application features and the government, especially the Ministry of Health of the Republic of Indonesia as consideration in evaluating policies related to handling COVID-19.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Ramadhan
"Aplikasi mobile Garuda Indonesia merupakan salah satu channel PT Garuda Indonesia untuk memberikan layanan kepada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi Intention to use, agar dapat meningkatkan kemauan pelanggan untuk menggunakan aplikasi mobile Garuda Indonesia. Model penelitian ini merupakan hasil pengembangan dari model penelitian yang dikembangkan oleh Suki dan Suki pada tahun 2017, dengan menambahkan variabel UI Attractiveness.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey research, dengan jumlah responden sebanyak 101 responden yang metode penyebaran kuesionernya disebarkan melalui media sosial Twitter menggunakan Google Form. Data kuesioner yang telah dikumpulkan diolah menggunakan metode Partial Least Square ndash; Structural Equation Modelling PLS-SEM dengan perangkat lunak Smart-PLS.
Hasil pengujian data kuesioner menunjukkan bahwa variabel Subjective Norm merupakan variabel terkuat yang berpengaruh langsung terhadap Intention to use individu pada aplikasi mobile Garuda Indonesia, disusul oleh variabel Airline Image dan variabel Perceived ease of use.

Garuda Indonesia mobile application is one of channel for Garuda Indonesia to give a service to their customer. This study aims to determine the factors that affecting the Intention to use, in order to increase the willingness of customers to use Garuda Indonesia mobile application. The research model is the result of developing by Suki and Suki on 2017, by adding UI Attractiveness variable.
This research is quantitative research that using survey method, with total of respondents is 101 respondents, which was distributed through Twitter using Google Form. The questionnaire data that has been collected is processed using Partial Least Square ndash Structural Equation Modelling PLS SEM method with Smart PLS software.
The result shows that the Subjective Norm variable is the strongest variable that directly influence the Intention to use of Garuda Indonesia mobile application, followed by Airline Image and Perceived ease of use variable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Isti Safira
"Social distancing yang diterapkan untuk mitigasi penyebaran COVID-19 menyebabkan terjadinya pengurangan interaksi tatap muka antar individu. Hal ini menyebabkan beralihnya pertemuan langsung menjadi pertemuan virtual, sehingga terjadi peningkatan dalam penggunaan aplikasi video conference untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference pada masa yang akan datang, termasuk saat era new normal maupun setelah pandemi COVID-19 berakhir. Penelitian ini merupakan modifikasi dari expectation confirmation model (ECM), model yang terbukti dapat menyelidiki niat berkelanjutan sistem informasi. Responden terdiri dari 556 pengguna aplikasi video conference dalam tiga bulan terakhir. Analisis dilakukan dengan metode partial least square SEM dengan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa confirmation (konfirmasi ekspektasi), perceived ease of use (kemudahan), perceived usefulness (kebermanfaatan), service quality (kualitas layanan), way to express affection (mengekspresikan kedekatan), dan system quality (kualitas sistem) berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction (kepuasan). Kemudian, perceived usefulness (kebermanfaatan) dan satisfaction (kepuasan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance intention (keberlanjutan) penggunaan aplikasi video conference. Penelitian ini dapat membantu penelitian sebelumnya untuk menganalisis faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference.

A decrease in face-to-face encounters between people is caused by social distancing that is applied to reduce the spread of COVID-19. This has led to the switch from direct meetings to virtual meetings, leading to an increase in the use of applications for video conferencing to communicate. The goal of this study is to explore the factors affecting satisfaction and the decision to continue using video conferencing applications in the future, even after the COVID-19 pandemic ends during the new normal period. This research is a modification to the expectation confirmation model (ECM), a model that has been proven to analyze the sustainable intention of information systems. The respondents consisted of 556 users of video conferencing applications in the last three months. The analysis was performed using the partial least square SEM method with SmartPLS 3. The findings of this study show that confirmation, perceived ease of use, perceived usefulness, service quality, way to express affection, and system quality have a positive and significant effect on satisfaction. Then, perceived usefulness and satisfaction have a positive and significant effect on continuance intention of video conferencing applications. This study enriches previous researches to analyze the factors that influence satisfaction and intention to continue using video conferencing applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>