Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112621 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Althaf Aristo Widyawan
"Fenomena berkendara di Rusia dimunculkan melalui situs Youtube dari alat rekam gambar (dashcam) dan sudah tersebar luas. Dari rekaman tersebut, penonton dapat mengetahui atau mengamati perilaku pengemudi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di jalan raya di Rusia. Fungsi dasar dari dashcam adalah sebagai alat bukti untuk melengkapi berkas perkara ke pengadilan untuk menyelesaikan suatu permasalahan hukum, namun penulis menemukan bahwa rekaman dashcam juga digunakan sebagai sarana edukasi dari situs Youtube. Artikel ini bertujuan mengamati perilaku pengemudi di jalan-jalan raya di Rusia yang direkam oleh dashcam di situs Youtube. Artikel ini juga dapat menjadi salah satu referensi studi mengenai budaya dan perilaku mengemudi di Rusia. Sumber data diambil dari situs media Youtube yang berbentuk video sebagai sumber utama yang kemudian akan dianalisis di artikel ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan komunikasi visual. Penulis meneliti beberapa rekaman dashcam untuk diklasifikasi dan diambil kesimpulannya. Hasil penelitian memperlihatkan peranan dashcam dalam kegiatan mengemudi masyarakat Rusia yang dapat menjadi sarana informasi dan edukasi berupa kejadian kecelakaan, pelanggaran hukum dan kejadian-kejadian lainnya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi budaya visual dan dapat menjadi bahan bagi penelitian selanjutnya terkait dengan budaya dan kebiasaan masyarakat Rusia di jalan raya.

The driving phenomenon in Russia is emerged through the Youtube from video camera (dashcam) and it’s usage is already widespread. From the recording the audience can find out or observe the behavior of the drivers and events that occured on the Russian traffic. The basic function of dashcam is as an evidence to complete the case file to the court to resolve a legal problem, but the author found that the dashcam recording was also used as educational tools on the Youtube site. This article aims to observe the behavior of drivers on the streets in Russia captured by dashcam on the Youtube site. This article can also be used as a reference for culture and driving behavior studies in Russia. The data source is taken from the Youtube site in the form of video as the main source which will then be analyzed in this article. The approach used is a visual communication approach. The author analyzes several dashcam recordings and classify them based on relevant issues and then comes up to the conclusions. The results of the study show the dashcam role in Russian driving activities that can be used as information and educational purposes, especially in the form of accidents, violations of the law and other events depicted on there. This research can be used as a reference for visual culture and can be used for further research related to the culture and habits of Russian people on the streets.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Dinta
"Kehadiran Web 2.0 merevolusi kegiatan humas politik dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan khalayak luas. Humas pemerintah meninggalkan cara konvensional untuk berkomunikasi dengan menggunakan berbagai bentuk media komunikasi berbasis internet seperti membuat vlog yang diunggah ke akun Youtube Presiden Joko Widodo. Penelitian ini menganalisis bagaimana tingkat efektivitas penggunaan vlog sebagai bentuk dari kegiatan digital political public relations. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner online yang diambil menggunakan teknik simple random sampling pada generasi millennials yang merupakan penonton vlog Presiden Joko Widodo. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan vlog ini tidak terlalu efektif karena tingkat interaksi penonton terhadap vlog masih rendah sehingga perlu ada perbaikan agar penggunaan vlog menjadi efektif.

The presence of Web 2.0 revolutionized the activities of political public relations in building communication and interaction with a wide audience. Public relations left the conventional way to communicate by using various forms of internet based communication media such as creating a vlog that is uploaded to President Joko Widodo rsquo s Youtube account. This study analyzes how the effectiveness of the use of vlog as a form of digital political public relations activity. This quantitative research uses an online questionnaire taken using simple random sampling technique on millennials generation which is also the viewer of President Joko Widodo rsquo s vlog. The results showed that the use of vlog is not very effective because the level of audience rsquo s interactivity is still low so there needs to be some improvements in order to make it effective"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trysiani Vania Utomo
"ABSTRAK
Penelitian evaluasi terhadap efektivitas media Youtube lsquo;Kok Bisa? rsquo; sebagai media edukasi menggunakan model CIPP Context, Input, Process, Product berdasarkan Stufflebeam dalam Zhang et al. 2011 . Peneliti ini melakukan evaluasi terhadap latar belakang, perencanaan awal, proses produksi, dan penerimaan pelanggan dan penonton lsquo;Kok Bisa? rsquo;. Masalah dari penelitian ini adalah minat masyarakat Indonesia terhadap konten edukasi di Youtube yang rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa lsquo;Kok Bisa? rsquo; sudah efektif berjalan, meskipun mengalami beberapa kendala. Untuk meningkatkan efektivitasnya, penelitian ini merekomendasikan lsquo;Kok Bisa? rsquo; agar melakukan kolaborasi dengan media non-edukasi dan media edukasi Youtube dari Indonesia, menggunakan Youtube sebagai sarana promosi, meningkatkan kredibilitasnya dengan mencantumkan referensi dan kerja sama dengan institusi pendidikan.
lsquo Kok Bisa rsquo Youtube Channel Evaluation as an Educational Media uses CIPP model based on Stufflebeam in Zhang et al. 2011 . This evaluation comes from low Indonesians rsquo interest for Youtube educational contents. This research shows that lsquo Kok Bisa rsquo have been effective as an educational media, although it still have some problems. To raise its effectivity, this research recommends that lsquo Kok Bisa rsquo should collaborate with Youtube non educational channel and fellow educational channel from Indonesia, use Youtube as its promotional channel, and raise its media credibility, by linking the reference material in the video and collaborate with educational institution."
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Diptanta Wahya Jati Nugraha
"Tulisan ini mendiskusikan bahasan mengenai pemanfaatan YouTube dalam dunia periklanan di Indonesia yang menitikberatkan pada gagasan bahwa paling tidak di Indonesia YouTube kini menjadi salah satu media periklanan yang baru. Penggunaan YouTube sebagai media iklan menimbulkan pertanyaan mengapa dunia periklanan memilih YouTube. Tulisan ini membahas permasalahan tersebut dengan menggunakan konsep internet advertising, dengan menekankan pada bagaimana para pengiklan menggunakan YouTube. Tulisan ini menyimpulkan bahwa para pengiklan menggunakan YouTube karena keunggulannya sebagai media iklan dalam hal efisiensi, efektivitas, pengelolaan, dan biaya yang terjangkau, dibanding dengan media lain.

The article discusses a topic about the utilization of YouTube in Indonesia’s advertising which emphasizes on idea that, at least in Indonesia, YouTube becomes one of new advertising media. The utilization of YouTube as advertising media causes wonderment why it is chosen. The article discusses that problem using internet advertising concept with emphasizing on how advertisers use YouTube. The article concludes that advertisers use YouTube because of its excellences as advertising media such as efficiency, effectiveness, manageable, and low cost, than the others media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Indiarto Sumiko
"Penggunaan Youtube sebagai sumber informasi meningkat khususnya dalam konteks ketika konsumen ingin membeli sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh konten rekomendasi produk di Youtube untuk meningkatkan niat membeli secara impulsif produk yang direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai instrumen untuk pengumpulan data. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 338 pengguna Youtube di Indonesia yang menonton saluran Youtube GadgetIn setidaknya di tahun lalu. Data diproses menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakteristik sinyal tertentu memiliki efek pada kepercayaan pada merekomendasikan dan kasih sayang produk untuk menciptakan perilaku pembelian impulsif pelanggan.

The use of Youtube as source of information is increasing specially in a context when consumers want to buy something. This study aims to understand the effect of product recommendation content on Youtube to increase the intention to buy impulsively the products recommended. This study uses a quantitative approach. The questionnaire is used as an instrument for data collection. Respondent who were included in this study are 338 Youtube users in Indonesia who watched GadgetIn Youtube channel at least in last year. Data is processed using the Structural Equation Modeling SEM method and using Lisrel 8.0 software. The result of the study concluded that certain signals characteristics have an effect on trust in recommender and product affection in order to create an impulsive buying behaviour of customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yemima Asri Permastatri
"Media baru menandakan kemajuan teknologi dengan menghasilkan berbagai bentuk konvergensi media, salah satunya adalah Video on Demand (VOD) yang sedang bermunculan di Indonesia. Salah satu layanan VOD yang baru-baru ini tersedia di Indonesia adalah YouTube Premium. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai penggunaan layanan YouTube Premium dengan melihat faktor Perfomance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence,Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, dan Habit. Penelitian ini menggunakan SmartPLS sebagai perangkat lunak untuk menganalisis Structural Equation Modelling (SEM) yang terdapat pada model UTAUT-2. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Price Value, dan Habit memiliki pengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention.
New media shows technological improvements by producing various forms of media convergence. In this case, VOD (Video on Demand) is one of the example of its product. There are a lot of VOD services that is currently available in Indonesia and one of them is Youtube Premium. This research is a quantitative study focusing on the use of Youtube Premium by looking through several factors such as; Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, and Habit. This study uses SmartPLS software as a tool to analyze Structural Equation Modeling (SEM) contained in the UTAUT-2 model. The result of analysis have shown that Performance Expectancy, Price Value and Habit have significant impact on Behavioral Intention"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ronaldy Zefanya Telling
"Tujuan utama dibuatnya film dokumenter Toni Blank Show adalah untuk hiburan. Berdasarkan hasil pengamatan secara umum, penulis melihat ada sesuatu yang unik dan menarik dari film dokumenter tersebut. Di mana unsur-unsur 'kegilaan?'Toni Blank diekspos justru dari jawaban-jawaban yang dilontarkan atas pertanyaan yang diberikan sutradara. Jika mengacu pada konstruksi kegilaan menurut Foucault, maka kegilaan dapat dikonstruksikan berdasarkan perspektif medis dan sosiokultural. Yaitu kegilaan yang dibentuk berdasarkan lingkungan sosial di mana orang gila itu berada. Yang menjadi pertanyaan penelitian adalah bagaimana media melakukan komodifikasi terhadap 'kegilaan' Toni Blank di YouTube?
Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis menggunakan paradigma kritis dengan melakukan analisis CDA Fairclough melalui tiga level unit analisis. Khusus dari analisis teks dengan menggunakan metode semiotika Saussure, penulis menemukan bahwa jawaban-jawaban Toni Blank masuk kategori semantic errors, dan jika dirangkaikan secara tepat akan memiliki makna yang sesuai dengan konteks pertanyaan.
Dari keseluruhan hasil penelitan dengan mengkonfirmasikan hasil analisis tersebut dengan analisis pada level produksi teks dan praktik sosiokultural, dapat disimpulkan bahwa Toni Blank tidak sepenuhnya gila.

The main purpose of the making of Toni Blank Show Documentary is to entertain. Based on the result of general examination, there?s something unique and interesting from the documentary, where the elements of Toni Blank?s madness is exposed from the answers purpose based on the question given by the director. Referring to construction of madness according to Foucault, madness is seen to be constructed by medical and socio-cultural perspectives. It is the madness formed by social environment where the mad person exists. The question of the research is how media implement commodification toward Toni Blank's madness on YouTube?
To answer the research question, the writer choose to apply critical paradigm using Fairclough CDA?s through three levels analysis unit. In particular text analysis with Saussure's semiotics method, the writer found that Toni Blank's answers is categorized as semantic errors which will have the same meaning according to the context of the question if arranged correctly.
Throughout the result of the research and confirming the analysis with in production level and socio-cultural practice, it can be concluded that Toni Blank is not entirely mad.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Karine Kristanti
"ABSTRAK
Banyak pengiklan dan pemasar menggunakan strategi pemasaran viral untuk menarik calon konsumer dan
membedekan diri dari kompetitor bisnis nya. Pemasaran viral atau iklan viral telah menjadi sedemikian rupa
dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Tidak lama ini, iklan di Youtube untuk film horor Amerika
yang disebut The Nun mendapatkan banyak kritik dari masyarakat yang terdampak dari iklan tersebut. Iklan The
Nun yang berdurasi enam detik tersebut mengandung unsur jump scare. Tetapi, diluar mendapatkan respon
negatif, Film The Nun menjadi film dengan penjualan terbaik dari series The Conjuring. Menggunakan
Malcolm Gladwells Three Rules of Epidemic, jurnal ini mengidentifikasi tiga hal yang mempengaruhi
penyebaran positif dari negative WOM dari iklan The Nun.

ABSTRACT
Many advertisers and marketers adopt viral marketing as a strategy to attract target audience and distinct
themselves from competitors. Viral marketing or advertising has evolved because of advanced development of
technology. A recent advertising on Youtube for an upcoming American horror movie called The Nun received
many critics from people who are affected by the ad. The ad is a jump-scare six-second advertisement on
Youtube. Despite receiving negative feedbacks, The Nun movie became The Conjuring franchises best-selling
movie. Using Malcolm Gladwells Three Rules of Epidemic, this paper identifies the three rules that influenced
the positive spread of negative Word of Mouth (WOM) of The Nun ad. This paper is aiming to show how the
jump-scare Youtube ad and negative WOM contributed in The Nun movie promotion."
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sonny Angjaya
"ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana budaya penggemar di era digital beroperasi dengan menggunakan video Let rsquo;s Play di YouTube sebagai studi kasus. Video Let rsquo;s Play adalah jenis video dimana pencipta video yang disebut Let rsquo;s Players merekam diri mereka sendiri sambil memberikan komentar ketika bermain. Dengan menggunakan dua konsep Henry Jenkins yaitu Textual Poachers dan Collective Intelligence. Bagian pertama dari analisis berfokus pada proses interaksi dan pemaknaan di dalam proses produksi video LP yang diamati melalui dua forum LP daring memperlihatkan bahwa produksi video LP merupakan sebuah proses kolektif yang dibentuk oleh berbagai interaksi serta interpretasi yang dilakukan antar Let rsquo;s Players. Sedangkan bagian kedua dari analisis berfokus pada proses pemaknaan dengan menganalisis beberapa konten video LP serta komentar penonton yang menunjukan bahwa video LP dimaknai ulang oleh para Let rsquo;s Player sebagai sebuah kendaraan untuk mengangkat berbagai isu sosial, di dalam dan dengan menggunakan video games, seperti representasi perempuan dan ekspresi politik mengenai Donald Trump. Selain itu, video LP juga membuka ruang bagi penonton untuk dapat ikut berpartisipasi aktif di dalam proses pemaknaan video game melalui komentar yang mereka berikan walaupun di saat yang sama hal tersebut juga menunjukan berbagai batasan dari proses interaksi serta pemaknaan yang dimediasi oleh YouTube.

ABSTRACT
AbstractThe aim of this article is to examine how fan culture operates in the digital era by using Let rsquo s Play videos on YouTube as a study case. Let rsquo s Play LP video is a type of video created by video games fans called Let rsquo s Players who record themselves while playing video games and give their comments during the filming. The article uses two concepts by Henry Jenkins namely Textual Poachers and Collective Intelligence. The first part of the analysis is focused on the interaction and meaning making process in the production of LP video which is observed from two LP online forums reveals that the production of LP video is a collective process shaped by various social interactions and interpretations among the Let rsquo s Players. While the second part of the analysis is focused on the meaning making process by analyzing several contents of LP videos and audiences rsquo commentaries reveals that LP video could be used by the Let rsquo s Players as a vehicle to address various social issues namely female representation and political expression regarding Donald Trump. It is also give opportunity for the audience to actively participate in the meaning making process of LP videos through their commentaries. At the same time, the analysis also reveals the limitation of the interaction and the meaning making process mediated by YouTube."
2017
T47120
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Sattwika Duhita
"[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hiperrealitas gender yang digaungkan melalui YouTube terhadap fans perempuan JKT48, secara khusus menilik pada konstruksi industri budaya jepang terhadap budaya dan gambaran perempuan di Indonesia melalui JKT 48. Melalui penelitian ini akan diperoleh pemahaman hiperealitas gender yang terbentuk dan menjadikan JKT48 sebagai sebuah system simulacrum bagi para fans perempuannya. Paradigm yang digunakan adalah critical constructionism dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para fans perempuan JKT48 terjebak dalam ilusi realita perempuan ideal dan menjadikan JKT48 sebagai standard perempuan yang ideal bagi dirinya.

This research aims to know the gender hyperreality echoed through YouTube towards female JKT48 fans. By seeing the Japanese culture industry towards cultural value and depiction of Indonesian women through JKT48, this research seeks to understand how gender hyperreality is formed and using JKT48 as simulacrum system to their female fans. The paradigm used in this research is critical constructionism, using qualitative approach with descriptive design. The result of the research shows that female JKT48 fans are ensnared in ideal women illusion and making JKT48 as ideal woman they have to be.;This research aims to know the gender hyperreality echoed through YouTube towards female JKT48 fans. By seeing the Japanese culture industry towards cultural value and depiction of Indonesian women through JKT48, this research seeks to understand how gender hyperreality is formed and using JKT48 as simulacrum system to their female fans. The paradigm used in this research is critical constructionism, using qualitative approach with descriptive design. The result of the research shows that female JKT48 fans are ensnared in ideal women illusion and making JKT48 as ideal woman they have to be., This research aims to know the gender hyperreality echoed through YouTube towards female JKT48 fans. By seeing the Japanese culture industry towards cultural value and depiction of Indonesian women through JKT48, this research seeks to understand how gender hyperreality is formed and using JKT48 as simulacrum system to their female fans. The paradigm used in this research is critical constructionism, using qualitative approach with descriptive design. The result of the research shows that female JKT48 fans are ensnared in ideal women illusion and making JKT48 as ideal woman they have to be.]"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61751
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>