Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82303 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rifa Andhini
"Tesis ini membahas pemanfaatan portofolio sebagai sumber informasi tentang proses belajar oleh pembelajar bahasa Inggris untuk pemelajar muda. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualititatif berjenis studi kasus. Seorang pembelajar bahasa Inggris menjadi partisipan dalam penelitian ini. Data diperoleh dari pelaksanaan wawancara, prosedur stimulated recall, jurnal mingguan, serta sejumlah dokumen terkait seperti rencana pembelajaran dan laporan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan dapat memanfaatkan portofolio untuk mengidentifikasi kelemahan, kekuatan dan kebutuhan pemelajar serta merancang praktik pembelajaran yang efektif bagi mereka. Partisipan dapat memanfaatkannya untuk mengidentifikasi ketiga aspek itu pada awal masa eksplorasi topik; memutuskan aspek yang perlu diasah, materi pembelajaran yang sesuai dan strategi pembelajaran yang tepat untuk topik terkait; memantau perkembangan pemelajar; serta memutuskan kelanjutan pembahasan topik. Partisipan juga memiliki persepsi positif tentang praktik pemanfaatan portofolio sebagai sumber informasi tentang proses belajar karena merasa terbantu oleh portofolio meski mengalami kendala teknis. Penelitian ini juga mengungkap sejumlah temuan dan isu yang kompleks terkait pemanfaatan portofolio, seperti penggunaannya bersama asesmen lain, penggunaan portofolio digital, sistem penerapan portofolio, serta kaitan antara portofolio dengan kemahiran membaca dan menulis pemelajar muda. Hasil penelitian ini memberikan tambahan wawasan yang lebih spesifik mengenai bagaimana pembelajar dapat memanfaatkan portofolio. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang praktik pemanfaatan portofolio di kelas yang berukuran lebih besar; faktor-faktor yang memengaruhi pemanfaatan portofolio oleh pembelajar; manfaat bentuk asesmen alternatif lain terhadap pemelajar dan pembelajar; pemanfaatan lebih dari satu bentuk asesmen secara bersamaan; dan penggunaan teknologi dalam asesmen terhadap pemelajar bahasa muda.

This thesis discusses the use of portfolio as a source of information about learning process by an English teacher for young learners. The research employed a qualitative study called case study. An English teacher acted as a participant in this study. Data were obtained from interviews, stimulated recall procedures, a weekly journal, as well as related documents that include lesson plans and term reports. The results indicate that the participant could use portfolio to identify learners weaknesses, strengths and needs as well as design effective teaching practices for them. The participant could use it to identify the three aspects as she started exploring a topic; determine aspects that needed to be developed, suitable teaching materials dan appropriate teaching strategies for the topic; monitor learners development; and decide whether it was necessary to continue exploring the topic. The participant also has a positive perception about using portfolio as a source of information about learning process as she found it helpful, even though she also experienced technical difficulties when using it. This study also reveals findings and issues that are related to the use of portfolio, such as the use of portfolio with other forms of assessment, the use of digital portfolio, the portfolio implementation system, as well as the relationship between portfolio and young learners reading and writing skills. The results of this study provide new, more specific insights about how teachers can utilize portfolio. Future research can explore more on the use of portfolio in bigger classrooms; factors that influence the ways teachers use portfolio; the benefits of using other forms of alternative assessments for students and teachers; the practice of using more than one form of assessment simultaneously; and the use of technology in assessing young language learners."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rezky Yuliasari Fachry
"ABSTRAK
Tesis ini membahas penggunaan pertanyaan dan pemberian waktu tunggu oleh seorang pengajar bahasa Inggris yang belum berpengalaman dan seorang pengajar bahasa Inggris yang berpengalaman pada tingkat sekolah menengah atas. Tipe pertanyaan pada penelitian ini diklasifikasi berdasarkan Taksonomi Bloom Anderson Krathwohl, 2001 . Waktu tunggu diklasifikasi menjadi waktu tunggu untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon waktu tunggu I dan waktu tunggu II dan untuk pertanyaan yang tidak langsung mendapatkan respon waktu tunggu I fase I-II dan waktu tunggu II . Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi kelas, catatan lapangan, dan daftar cek observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengajar yang belum berpengalaman mengajukan tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Pengajar yang berpengalaman mengajukan tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi. Kedua, tingkat kognitif pertanyaan yang diajukan oleh pengajar yang belum berpengalaman dan pengajar yang berpengalaman hanya mempengaruhi lama waktu tunggu I untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon. Tingkat kognitif pertanyaan yang diajukan oleh kedua pengajar tidak berkaitan dengan lama waktu tunggu I fase I-II dan waktu tunggu II untuk pertanyaan yang tidak langsung mendapatkan respon. Ketiga, tipe pertanyaan yang memfasilitasi partisipasi pemelajar adalah tipe pertanyaan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Keempat, pemberian waktu tunggu kurang dari tiga detik menduduki posisi tertinggi, baik untuk pertanyaan yang langsung mendapatkan respon maupun tidak langsung mendapatkan respon. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengunaan tipe pertanyaan dan pemberian waktu tunggu oleh pengajar yang belum berpengalaman dan pengajar yang berpengalaman. Kata kunci: penggunaan pertanyaan, pemberian waktu tunggu, pengajar berpengalaman dan belum berpengalaman, pengajar bahasa asing.

ABSTRACT
This thesis discusses the use of questions and the allotment of wait time by the inexperienced English teacher and the experienced English teacher at high school level. Types of questions in this study were classified according to Bloom Taxonomy Anderson Krathwohl, 2001 . Types of wait time were classified into questions with direct response wait time I and wait time II and questions with indirect response wait time I phase I II and wait time II . This study is a case study with both qualitative and quantitative approaches. The instruments used to collect data were classroom observation, field notes, and classroom observation check list. The results show that first, the types of questions asked by the inexperienced teacher were remembering, understanding, applying, and analyzing. The types of questions asked by the experienced teacher were remembering, understanding, applying, analyzing, and evaluating. Second, cognitive levels of questions asked by the inexperienced teacher and an experienced teacher only affected the length of wait time I for questions with direct response. Cognitive levels of questions asked by both teachers did not correspond to the length of wait time I phase I II and wait time II for question with indirect response. Third, the types of questions that facilitated learners rsquo participation were remembering, understanding, applying, and analyzing questions. Fourth, the allotment of wait time of less than three seconds took the highest position, both for the questions with direct response and for the questions with indirect response. In conclusion, there is no difference in the use of questions and the allotment of wait time by the inexperienced English teacher and the experienced English teacher. Keywords the use of questions, the allotment of wait time, experienced and inexperienced teachers, foreign language teachers"
2016
T47185
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soegondo
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 1998
371.100 SOE h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soegondo
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993
371.100 SOE h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pease-Alvarez, Lucinda
"This volume reports on three studies that explore how teachers of ELs in three school districts negotiated these policies. Drawing on sociocultural and poststructural perspectives on agency and power, the authors examine how contexts in which teachers of ELs lived and worked influenced the messages they constructed about these policies and mediated their decisions about policy implementation. The volume provides important insights into processes affecting the learning and teaching of ELs."
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400952
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Protherough, Robert
Philadelphia: Open University Press, 1991
420.7 PRO m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yekti Hanani
"ABSTRAK
Kompetensi guru harus ditingkatkan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa perubahan gaya belajar siswa.Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) menunjukkan kompetensi guru masih di bawah standar nasional.
Penelitian ini membahas upaya peningkatan kompetensi guru SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis SWOT dan AHP. Analisis SWOT menunjukkan faktorfaktor kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dan alternatif-laternatif strategi dalam peningkatan kompetensi guru.
Berdasarkan penilaian respondenaktor yang paling realistis dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi guru adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan,dengan prioritas sasaran peningkatan kemampuan teknik pembelajaran. Selanjutnya dalam analisis AHP berdasarkan penilaian responden menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kegiatan inservice training, workshop, seminar dan kegiatan lainnya dengan diawali menyusun analisis kebutuhan dan membuat program pelatihan yang sesuai dalam upaya peningkatan kompetensi guru menjadi prioritas utama.

ABSTRACT
Teacher's competency in teaching needs to be enhanced in accordance with the rapid development of tecnology and knowledge which brings changes in student?s learning style. The result of Teachers Competency Test/Uji Kompetensi Guru (UKG), which was recently held by the government showed that commonly the teachers? competency was still below the national standard.
This study was a discussion about the efforts of increasing the teachers? competency of SMA Negeri in Hulu Sungai Selatan regency. This study was a quantitative research which applied the SWOT AHP technique analysis. The SWOT technique analysis showed the factors of strength, weaknesses, opportunities, threats, and the alternative strategies in increasing the teachers? competencies.
Based on the assessment given by the respondents, it could be said that the most realistic actor in the efforts in enhancing the teachers? competencies in Hulu Sungai Selatan regency was the Educational Department of Hulu Sungai Selatan regency, and as the priority was enhancing the teachers? competency in teaching techniques. While the AHP technique analysis showed that the strategies in increasing the activities of in service training, workshop, seminar, and other activities which was started with conducting the a needs analysis and carrying out a training program which was in accordance with the efforts in enhancing the teachers competencies, was the priority."
2013
T35689
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Prihatni D. Virgowati
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ceranic, Helena
"Buku panduan yang komprehensif ini memberikan nasihat praktis beserta contoh-contoh kasus kepada anda tentang merancang dan mengajarkan pelajaran bahasa Inggris yang mengagumkan. Penjelasan dalam buku ini dimulai dengan bagaimana membuat perencanaan pengajaran Bahasa Inggris, dari rencana jangka pendek hingga rencana jangka panjang dengan melibatkan sentuhan personal anda. Anda juga akan dituntun untuk mencari sumber daya mengajar yang efektif, mengembangkan praktik asesmen yang efektif sambil melibatkan siswa dalam proses asesmen tersebut. Buku ini juga membantu Anda mempersiapkan saran-saran Anda sendiri untuk mengajarkan keterampilan berbicara dan mendengarkan, serta keterampilan membaca dan menulis bahasa kepada para siswa. Tidak hanya itu, buku juga membantu anda untuk menjadi guru bahasa Inggris yang terorganisasi dan efisien serta menuntun Anda untuk memahami pentingnya bercermin pada praktik-praktik pengajaran Bahasa Inggris yang sudah Anda lakukan. Dengan begini, cara mengajar Bahasa Inggris Anda akan turut berkembang dan semakin baik."
Jakarta : Erlangga , 2011
428.007 1 CER et (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>