Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 203717 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachma Maharani Ulfa
"

Internet of things (IoT) seringkali menjadi target serangan Distributed Denial of Service (DDoS) pada perangkat mereka. Ini karena ekosistem IoT menggunakan sistem terpusat untuk mengendalikan dirinya sendiri. Blockchain menggunakan sistem distribusi terdesentralisasi sehingga tidak memerlukan otoritas dari pihak ketiga untuk memberikan kontrol verifikasi dalam mengidentifikasi block transaksi yang ada di dalam node ini.  Penggunaan Blockchain dapat diimplementasikan ke dalam ekosistem IoT dalam mengelola aliran data dan transaksi dan dapat mengelola manajemen akses yang aman dan andal yang mendukung ekosistem tepercaya. Integrasi blockchain pada IoT membutuhkan metode Smart Contract sebagai solusi untuk mendukung konsep keamanan jaringan seperti kerahasiaan, integritas, dan keseterdiaan.


Internet of things (IoT) is often the target of Distributed Denial of Service (DDoS) attacks on their devices. This is because the IoT ecosystem uses a centralized system to control itself. Blockchain uses a decentralized distribution system so that it does not require authority from a third party to provide verification control in identifying transaction blocks that exist within this node. The use of Blockchain can be implemented into the IoT ecosystem in managing data flow and transactions and can manage secure and reliable access management that supports trusted ecosystems. Blockchain integration in IoT requires Smart contract method as a solution to support the concept of network security such as confidentiality, integrity and integrity.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahyo Nugroho
"Internet of Things (IoT) diprediksi akan menjadi masa depan bisnis digital di Indonesia. Pangsa pasar IoT diperkirakan akan berkembang pesat seiring dengan bertambahnya perangkat sensor yang terpasang. Narrowband IoT (NB-IoT) yang dispesifikasikan 3GPP dengan berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE) di-deploy pada network seluler exisiting, diprediksi akan menjadi kontributor utama berkembangnya IoT seluler. Dalam studi ini dilakukan perencanaan network NB-IoT dengan peruntukan penggunaan utilitas smart meter di area Jakarta. Perencanaan dilakukan sesuai target KPI untuk coverage dan kualitas jaringan dengan hasil diperlukannya 111 Evolved Node B (eNodeB). Dari sisi kapasitas, jumlah eNodeB tersebut sudah mencukupi prediksi kebutuhan untuk device listrik, air, dan gas sampai dengan tahun 2029. Hal ini terlihat dari utilisasi network yang masih mencapai 7.39% berdasar perhitungan dari simulasi troughput, sedangkan dari perhitungan berdasar kapasitas rekomendasi 3GPP diperoleh utilisasi 27.57%. Selain itu juga dilakukan tinjauan tekno ekonomi secara ringkas, baik dari sisi sisi operator seluler sebagai penyedia jaringan, maupun perusahaan listrik sebagai pengguna jasa jaringan NB-IoT tersebut dengan hasil nilai NPV yang positif.

The Internet of Things (IoT) is predicted to become the future of digital business in Indonesia. The IoT market share is expected to grow rapidly as more sensor devices are installed. Specified Narrowband IoT (NB-IoT) 3GPP with Long Term Evolution (LTE) technology-based deployed on exisiting cellular networks,it is predicted to be the main contributor to the development of cellular IoT. In this study, NB-IoT network planning was carried out with the use of smart meters utilities in the Jakarta area. Planning is carried out according to the KPI target for network coverage and quality with the results of requiring 111 Evolved Node B (eNodeB). In terms of capacity, the number of eNodeBs is sufficient to cover estimated needs for electricity, water and gas devices up to 2029. This can be seen from network utilization which still reaches 7.39% based on calculations from throughput simulation, while from calculations based on 3GPP recommendation capacity obtained utilization of 27.57%. In addition, a brief techno-economic review was carried out, both from the side of cellular operators as network providers, as well as electricity companies as users of the NB-IoT network services with positive NPV values."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53348
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Kusumawati
"Peningkatan trafik mobile data di Indonesia diprediksi oleh CISCO akan meningkat sebesar 12 kali lipat pada tahun 2020. Trafik tersebut diprediksi akan terus bertambah dengan meluasnya pemanfaatan teknologi IoT secara masif sebagai salah satu tren teknologi masa depan. Pemanfaatan teknologi IoT di Indonesia digunakan untuk mendukung program smart city di berbagai kota dan diperkirakan akan berimplikasi pada kenaikan trafik. Sementara itu, Indonesia diperkirakan akan kekurangan spektrum mobile broadband sebesar 500 MHz pada tahun 2020. Implementasi teknologi IoT untuk mendukung smart city diperkirakan akan memperbesar defisiensi spektrum tersebut. Hingga saat ini belum ada penelitian yang menghitung prediksi jumlah kebutuhan spektrum untuk layanan IoT di Indonesia. Forum bersama industri elektronik di India IESA TIE IoT Forum telah melakukan prediksi jumlah kebutuhan spektrum untuk layanan IoT. Dalam rangka mendukung program pengembangan smart city di India, IESA TIE IoT Forum merekomendasikan alokasi spektrum tambahan sebesar 10 ndash; 20 MHz spesifik untuk layanan IoT. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung prediksi kebutuhan spektrum untuk layanan IoT dengan studi kasus Jakarta Smart City menggunakan metode perhitungan yang digunakan oleh IESA TIE IoT Forum. Hasil penelitian ini adalah kebutuhan spektrum untuk layanan IoT meningkat 17,27 dalam kurun waktu 2016-2021 dengan kebutuhan spektrum sebesar 18,67 MHz untuk skenario 1 dan 19,91 MHz untuk skenario 2. Kebutuhan spektrum tersebut dapat diantisipasi oleh regulator dengan memperhatikan ketersediaan alternatif spektrum saat ini, peluang industri dan inovasi IoT dalam negeri serta kebutuhan regulasi terkait IoT seperti standarisasi perangkat, harmonisasi spektrum dan sistem keamanan data.

In Indonesia, mobile data traffic is predicted by CISCO will increase significantly by 12 times in the period of 2015 ndash 2020. The traffic is predicted will grow continuously by widespread utilization of IoT technologies on a massive scale as one of the future technology. IoT is used to support the smart city program in various cities in Indonesia and expected to have implications in traffic growth. Meanwhile, Indonesia is expected to experience deficiency of 500 MHz spectrum for mobile broadband services in 2020. IoT implementation to support smart city is predicted to enlarge spectrum deficiency. There has been no study which calculates spectrum needs for IoT services in Indonesia. Electronics industrial collaboration forum in India IESA TIE IOT Forum has made predictions of spectrum need for IoT services. In order to support smart city in India, IESA TIE IoT forum proposed to allocate additional spectrum of 10 ndash 20 MHz specific for IoT services. This research aims to calculate spectrum need for IoT services in case of Jakarta Smart City. The results are spectrum need for IoT services increase by 17.27 in the period of 2016 ndash 2021 with the spectrum needs of 18.67 MHz for scenarios 1 and 19.91 MHz for scenarios 2. The spectrum needs should be anticipated by regulator to consider the availability alternative spectrum, opportunity and innovation IoT industry in Indonesia and the needs of regulations related to IoT for instance standardization of devices, spectrum harmonization and data security systems."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46988
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Suryo Santoso
"Jaringan nirkabel seperti Internet of Things (IoT) berkembang untuk membantu memenuhi kebutuhan berbagai perangkat yang terhubung. Industri ini telah mengembangkan dan menstandarkan kelas baru dari teknologi Low Power Wide Area (LPWA) yang membantu operator seluler untuk mengatasi tantangan karakteristik IoT yang khas. Narrowband IoT (NB-IoT) adalah salah satu teknologi konektivitas berbasis LPWA yang memungkinkan jangkauan yang luas, menghubungkan perangkat dengan skala jumlah yang sangat besar, pengeluaran biaya yang rendah, dan memungkinkan masa pakai baterai yang lama. NB-IoT telah distandarisasi oleh 3GPP Release 13. Smart metering adalah aplikasi yang berpotensi menggunakan teknologi NB-IoT untuk manajemen energi yang diperkirakan akan segera diimplementasikan secara besar-besaran.
PT. Telkomsel sebagai operator terkemuka di Indonesia menggunakan NB-IoT dalam mode stand-alone pada pita frekuensi 900 MHz. Perencanaan jaringan IoT perlu dilakukan pada tahap awal pengembangan untuk memaksimalkan nilai IoT, sehingga dapat melihat kelayakan dalam pembangunan jaringan NB-IoT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pembangunan jaringan NB-IoT pada PT. Telkomsel di wilayah Jakarta dengan dengan membandingkan simulasi software Atoll terkait coverage dan capacity serta analisis senstivitas pada tiga opsi skenario (mode standalone, mode inband, dan mode guardband). Dengan pemilihan alternatif yang tepat diharapkan mampu meminimalisasi resiko bisnis akibat over investment baik untuk alternative ekspansi maupun upgrade jaringan existing.

Wireless Networks such as Internet of things (IoT) are evolving to help meet the needs of various connected devices. The industry has developed and standardized a new class of Low Power Wide Area (LPWA) technology that helps mobile operators to overcome the unique challenges of IoT characteristics. Narrowband IoT (NB-IoT) is one of the LPWA-based connectivity technologies that enables a wide range, connects devices with very large quantities, low costs, and allows long battery life. NB-IoT has been standardized by 3GPP Release 13. Smart metering is an application that has the potential to use NB-IoT technology for energy management which is expected to be implemented on a large scale soon.
PT. Telkomsel as the leading operator in Indonesia uses NB-IoT in stand-alone mode on the 900 MHz frequency band. IoT network planning needs to be done in the early stages of development to maximize IoT value, so that it can see the feasibility of building an NB-IoT network. This study aims to analyze the feasibility of developing an NB-IoT network at PT. Telkomsel in the Jakarta area by comparing Atoll software simulations related to coverage, capacity, and sensitivity analysis on three scenario options (standalone mode, inband mode, and guardband mode). With the selection of the right alternative, it is expected to be able to minimize business risks due to over investment both for alternative expansion and upgrading of existing networks.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T55163
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Yanuar Ary Saputro
"Internet of Things (IoT) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan setiap benda atau barang dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. Salah satu teknologi berbasis IoT adalah LoRa. Terlepas dari semakin banyaknya layanan IoT yang diimplementasikan, aspek keamanan menjadi permasalahan tersendiri dalam pengembangan IoT. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi Blockchain dalam topologi IoT untuk mengamankan data dan transaksi yang terjadi di dalam jaringan Internet of Things (IoT). Akan tetapi Blockchain memerlukan waktu hingga hitungan menit untuk memecahkan suatu rantai kriptografi, serta sumber daya yang cukup besar untuk melakukan komputasi. Hal ini memunculkan ide membuat sebuah platform Blockchain yang ringan, Lightweight Multi-Fog (LMF) dengan latency yang kecil dan bisa berjalan pada perangkat dengan komputasi yang terbatas untuk IoT. Dalam tesis ini, teknologi bernama Lightweight Multi-Fog (LMF) disimulasikan dengan menggunakan kemampuan algoritma Lighweight Scalable Blockchain (LSB) dan jaringan Fog pada IoT untuk memecahkan masalah pengintegrasian Blockchain pada IoT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan total waktu pengiriman (T-average) pada platform LMF memiliki (T-average) yang lebih kecil, yaitu 0,53 untuk variasi jumlah node dan -0,27 untuk variasi jumlah broker miner. Pada rata-rata peningkatan total energi pengiriman (E-average), platform PoW memiliki (E-average) yang lebih kecil, yaitu 1,68 pada variasi jumlah node. Sedangkan platform LMF memiliki rata-rata peningkatan total energi pengiriman (E-average) yang lebih kecil, yaitu 0,28 pada variasi jumlah broker miner.

Internet of Things (IoT) is a technology that allows every object or item to be connected to the internet and communicate with each other. One of the technologies based on IoT is LoRa. Apart from the increasing number of IoT services, security aspects become a separate issue in the development of IoT. One of the solutions is to utilize Blockchain technology in the IoT topology to secure data and transactions that occur in the Internet of Things (IoT) network. The Blockchain takes up to minutes to compute a cryptographic chain. It also needs large enough resources to do computing. This problem gave rise to the idea of making a lightweight Blockchain platform, with low latency which could run on devices with low computing resources like IoT devices. The technology called Lightweight Multi-Fog (LMF) will be implemented using the ability of the Lightweight Scalable Blockchain (LSB) algorithm and the Fog network on the IoT to solve the problem of integrating the Blockchain on the IoT. The results showed that the average increase in total delivery time (T-average) on the LMF platform had a smaller average increase in total delivery time (T-average), which is 0.53 for variations in the number of nodes and -0.27 for variations in the number of brokers/miners. On the average increase in total energy delivery (E-average), the PoW platform has a smaller increase in total energy delivery (E-average), which is 1.68 in variations in this number of nodes. While the LMF platform has a smaller average increase in total shipping energy (E-average), which is 0.28 on variations in the number of brokers miners.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T55201
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September – Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider.
Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45150
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain.
Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara dengan application customers,technological vendors,regulator & network provider.
Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible hanya pada skenario 3 untuk unit "CD6", di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk "CD6" dan "Fuso" pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur ad.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called "smart logistic transport". We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system.
We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for "CD6" at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G’s M2M gateway module and MDVR.
Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Adi Wibowo
"AEC (Asean Economic Community) 2015 menimbulkan beberapa tantangan dalam industri logistik. Oleh karenanya diperlukan peranan dan penerapan layanan IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan daya saing, yaitu berupa implementasi layanan smart logistic transport. Tesis ini mengusulkan model implementasi smart logistic transport di Indonesia yang berfokus pada sistem cold supply chain. Tesis ini bertujuan melakukan analisis ekonomi teknik dalam bentuk analisis
komparatif layanan smart logistic transport terkait pemilihan teknologi jaringan 2G/3G/4G dan fitur MDVR yang dibedakan menjadi Skenario 1-2-3. Sedangkan pengembangan model implementasi didapatkan setelah melakukan wawancara
dengan application customers,technological vendors,regulator &network provider. Berdasarkan trial implementasi smart logistic transport bulan September-Oktober 2015 dengan analisis ekonomi teknik, didapatkan layanan not feasible
hanya pada skenario 3 untuk unit-CD6, di jaringan 4G. Hal ini terkait masih mahal dan belum banyak tersedianya modul m2m gateway dan MDVR teknologi jaringan 4G. Sehingga diperlukan jumlah minimum truk CD6 dan Fuso pada tiap skenario agar implementasi menjadi feasible. Untuk model implementasi layanan terdiri atas 11 fitur, yaitu 2 fitur basic dan 9 fitur advanced. Dikarenakan bisnis proses yang dinamis maka konsumen membutuhkan fitur advanced yang lebih
spesifik di masa akan datang. Dengan melihat peluang tersebut maka local content developer dapat menciptakan dan mengembangkan fitur yang relevan.

Asean Economic Community 2015 has been creating more challenges in logistics industries in Indonesia. The implementation of IoT in logistic services is needed for increasing competitiveness leading to the establishment of so-called smart logistic transport. We propose the implementation model of the Indonesian Smart Logistic Transport, by focusing on cold supply chain system. We have conducted an engineering economic analysis of the smart logistics transport, in relation with the mobile network platform of 2G, 3G, 4G. Development of the implementation model is completed by conducting in-depth interviews with
the application customers, technological vendors, regulator and network provider. Based on implementation trial in September-October 2015 and engineering economic analysis, we have found that Smart Logistic Transport is not feasible only on scenario 3 for CD6 at 4G network. Such condition is caused by the expensive price of 4G's M2M gateway module and MDVR. Therefore, it requires the minimum amount of implemented truck to make implementation feasible. Our proposed model has signified 11 features, i.e. 2 basic feature and 9 advanced features, formulating the Indonesian smart logistics transport system. Due to the dynamic business process, customers may need specific advanced features in the future. By taking such opportunity, Indonesian local content developer can work to develop any relevant application features, which is needed by the logistic companies in the near future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Taruna Atmaja
"Seringnya terjadi keterlambatan ataupun gagalnya pengguna jasa dalam melakukan pembayaran memberikan efek yang besar kepada penyedia jasa. Tidak jarang pula dampak dari kejadian ini membuat banyak badan usaha jasa konstruksi mengalami kebangkrutan akibat terganggunya finansial pada badan usaha tersebut. Sistem pembayaran antara pengguna jasa ke penyedia jasa sudah diatur dalam perjanjian kontrak antara kedua belah pihak. Tetapi kontrak tersebut dirasa tidak membuat risiko keterlambatan atau kegagalan pembayaran ini berkurang. Permasalahan sering terjadi akibat masih kurangnya kompetensi sumber daya manusia yang berada pada level manajemen. Pihak manajemen yang seharusnya memegang peranan penting dalam mengatur jalannya proyek seringkali gagal dalam menjalankan tugasnya. Permasalahan berikutnya muncul pada di pihak pengguna jasa yang memang tidak ada keinginan untuk membayar penyedia jasa setelah pekerjaannya selesai. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mencari solusi dengan memperbaiki sistem pembayaran dengan prosedural yang terotomatisasi dan transparan sehingga semua pihak bisa memantau proses tersebut. Sistem ini akan dibangun dengan menggunakan smart contract yang dibangun di atas platform blockchain (Etherium) dan terintegrasi dengan data model BIM (Building Information Modeling). Dengan adanya sistem otomatisasi ini maka waktu pembayaran akan bisa dipercepat sehingga bisa menjaga kemampuan finansial semua stakeholder.

Often there are delays or failures from service users in making payments will have a great effect on service providers. Frequently the impact of this incident caused many construction service business entities to go bankrupt due to financial disruption to the business entity. The payment system between service users to service providers is regulated in a contractual agreement between the two parties. But the contract does not reduce the risk of delay or failure of payment. Problems often occur due to the lack of competence in human resources at the management level. Management who should play an important role in managing the project often fails to carry out their duties. The next problem arises on the part of service users who do not want to pay service providers after the work is completed. Therefore, this research tries to find a solution by improving the payment system with an automated and transparent procedural so that all parties can monitor the process. This system will be built using a smart contract built on the blockchain’s (Etherium) platform and integrated with BIM (Building Information Modeling) data models. With this automation system, the duration of payment can be accelerated so that it can maintain the financial capabilities of all stakeholders."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The main objective of this book is to provide a multidisciplinary overview of methodological approaches, architectures, platforms, and algorithms for the realization of an Internet of Things (IoT)-based Smart Urban Ecosystem (SUE). Moreover, the book details a set of real-world applications and case studies related to specific smart infrastructures and smart cities, including structural health monitoring, smart urban drainage networks, smart grids, power efficiency, healthcare, city security, and emergency management.
A Smart Urban Ecosystem (SUE) is a people-centric system of systems that involves smart city environments, applications, and infrastructures. SUEs require the close integration of cyber and physical components for monitoring, understanding and controlling the urban environment. In this context, the Internet of Things (IoT) offers a valuable enabling technology, as it bridges the gap between physical things and software components, and empowers cooperation between distributed, pervasive, and heterogeneous entities."
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20502351
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>