Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 220669 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Satrianti Ekaputri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SOP perencanaan dan pengendalian internal persediaan bahan kemas di PT. XYZ yang menyebabkan terjadinya temuan berulang berupa overstock setiap tahunnya serta memberikan usulan perbaikan terhadap SOP tersebut dalam upaya mengurangi risiko yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini memaparkan fakta-fakta terkait proses pengadaan persediaan bahan kemas, mulai dari tahapan perencanaan, pemesanan, penerimaan, penyimpanan, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SOP sistem perencanaan dan pengendalian internal dalam proses pengadaan persediaan bahan kemas di PT. XYZ sudah ada tetapi belum sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dan SOP tersebut harus segera diperbaiki agar dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan dari masalah overstock yang terjadi secara berulang setiap tahunnya. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan perbaikan proses pengadaan persediaan bahan kemas dengan menerapkan metode Moving Average 3 tahun pada penyusunan forecast marketing, metode Just In Time pada pembelian persediaan dan produksi serta pembentukan internal audit (Satuan Pengawasan Internal) serta melakukan perbaikan terhadap SOP kegiatan perusahaan agar dapat meningkatkan koordinasi antar divisi yang terkait untuk mencapai efisiensi dalam proses pengadaan bahan kemas.

This study aims to analyze the SOP of planning and internal control of containerized materials inventory at PT. XYZ which causes repeated findings in the form of overstock each year and provides suggestions for improvements to the SOP in an effort to reduce the risk posed. This study uses qualitative methods with a case study approach. This study presents facts related to the process of supplying container materials, starting from the stages of planning, ordering, receiving, storing, and recording. The results of the study show that the SOP of the planning and internal control system is in the process of procuring containerized supplies at PT. XYZ already exists but it is not in accordance with the current condition of the company and the SOP must be corrected immediately in order to reduce the risk of overstock problems that occur repeatedly every year. Therefore, this study proposes improving the process of supplying containerized materials by applying the 3-year Moving Average method in preparing forecast marketing, the Just In Time method on inventory and production purchases and establishing an internal audit as well as making improvements to the SOP of company activities in order to improve coordination between related divisions to achieve efficiency in the process of procuring containerized materials."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Debora Ria Sari
"Penelitian ini menganalisis kesesuaian prosedur pengadaan barang dan jasa pada organisasi XYZ dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Selanjutnya penulis menganalisis pengendalian internal pada kegiatan pengadaan barang dan jasa berdasarkan unsur pengendalian internal yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosedur pengadaan barang dan jasa yang telah dilakukan di organisasi XYZ belum sepenuhnya sesuai pada Peraturan Presiden No 16 tahun 2018. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengendalian internal pada pengadan barang dan jasa telah dilaksanakan memenuhi kelima unsur sistem pengendalian intern pemerintah. Namun masih terdapat kelemahan pada beberapa unsur pengendalian internal.

This study aims to analyze the compliance of the procedures for the procurement of goods and services in the XYZ organization with Presidential Regulation No. 16 of 2018. Furthermore, the authors analyzes the internal control in the procurement of goods and services based on internal control elements of Government Regulation Number 60 of 2008. This study is a study case using qualitative descriptive method. The study was conducted with literature review and interviews.
The results of this study is that the procedures for the procurement of goods and services at the XYZ organization are not fully comply with Presidential Regulation No. 16 of 2018. These research also shows that internal control of the procurement of goods and services has been carried out fulfilling the five elements of government internal control systems. However, there are still several obstacles in the element of internal control.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prita Putri Primanda
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mekanisme pengadaan barang dan jasa di Universitas XYZ dan mengidentifikasi kelemahan pengendalian internal dalam pengadaan barang dan jasa di Universitas XYZ. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara secara terstruktur terhadap 4 responden seperti Kepala Bagian Pengadaan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dana Pemerintah Universitas XYZ, dan Kasubag Pengawasan serta Kasubag Pemilihan Penyedia. Selanjutnya, Rencana Umum Pengadaan (RUP), rekap data pengadaan, dan dokumen pengadaan serta data pendukung lainnya seperti mempelajari Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010 beserta perubahannya untuk mengetahui kepatuhan terhadap peraturan dan pengendalian internal terhadap mekanisme pengadadaan barang dan jasa Universitas XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pengadaan barang dan jasa Universitas XYZ sebagian besar telah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku namun masih ditemukan beberapa kelemahan dalam pengendalian internal sebagai berikut: RUP yang disusun belum berfungsi sebagai fungsi perencanaan dan pengendalian sehingga membuka peluang terjadinya pemecahan paket dan rencana realisasi yang tidak dapat dimonitoring.

ABSTRACT
This study aims to explain the procurement mechanism of goods and services at XYZ University and identify weaknesses of internal controls in procurement of goods and services at XYZ University. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained through structured interviews with 4 respondents such as Head of Procurement Section and Committing Officer (PPK) of XYZ University Government Fund, and Sub-Head of Supervision and Sub-Head of Provider Selection. Furthermore, the General Plan of Procurement (RUP), procurement data recapitulation, and procurement documents as well as other supporting data such as studying Presidential Regulation number 54 of 2010 and its amendments to know compliance with regulations and internal control over XYZ University's goods and service delivery mechanism. The results showed that the procurement mechanism of goods and services of XYZ University has been in accordance with the prevailing rules and regulations but still found some weaknesses in the internal control as follows: The RUP has not functioned as a function of planning and control so that opens the opportunity for the breaking of packages and plans realizations that can not be monitored."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang dijalankan di Kementerian XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengoptimalkan pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diterapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa serta temuan hasil audit berupa kelebihan pembayaran dan keterlambatan pekerjaan di tahun 2020 pada Kementerian XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari melalui studi kepustakaan dan wawancara kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal pada komponen penilaian risiko dan kegiatan pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada komponen penilaian risiko, kelemahan disebabkan Kementerian XYZ belum menjalankan identifikasi dan analisis risiko. Pada komponen kegiatan pengendalian, kelemahan disebabkan kegiatan pengendalian yang ada belum berbasis risiko sehingga reviu kinerja atas instansi, pembinaan sumber daya manusia, pengendalian fisik atas aset, pemisahan fungsi, otorisasi atas transaksi dan kejadian penting, pencatatan yang akurat dan tepat waktu atas transaksi dan kejadian, dan akuntabilitas terhadap sumber daya dan pencatatannya masih belum efektif mengatasi risiko yang ada.

The purpose of this research is to evaluate the implementation of internal control system in government procurement of goods and services at XYZ Ministry and give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that low of goods and services procurement governance index and audit findings in the form of overpayments and work delays in 2020. The method of this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained from library research and interviews with respondents such as Procurement Officer, Commitment-Making Officer and internal auditor. The results showed that still found the weaknesses in risk assessment and control activity component. In risk assessment component, the weaknesses come from XYZ Ministry has not carried out risk identification and risk analysis. In control activity component, the weaknesses are caused by existing control activities are not yet based on risk, so performance review of agencies, development of human resources, physical control over assets, segregation of duties, authorization of important transactions and events, accurate and timely recording of transactions and events, and accountability for resources and records have not been effective in overcoming the existing risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief
"Laporan magang ini membahas mengenai pelaksanaan salah satu tahapan audit yaitu pengujian pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa di PT MAG, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi. Jenis pengadaan barang dan jasa pada PT MAG mencakup pengadaan atas kendaraan, peralatan kantor, perabotan, renovasi, instalasi dan software. Pelaksanaan pengujian pengendalian yang dilakukan penulis mengacu pada audit program yang ditetapkan oleh RSM AAJ Associates.
Kesimpulan dari laporan ini adalah pengendalian atas proses pengadaan barang dan jasa di PT MAG untuk tahun 2013 sudah efektif. Seluruh transaksi yang diambil secara sampling sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku (SOP). Prosedur yang dijalankan KAP terkait pengujian pengendalian atas pengadaan barang dan jasa di PT MAG juga telah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report discusses one of the stages of audit namely the tests of controls on the procurement process in PT MAG, a company engaged in the financing of micro, small medium enterprises (SMEs) and cooperatives. Types of the procurement in PT MAG include the procurement of vehicles, office equipment, furniture, renovation, installation and software. The test of control done by the writer follows the audit program established by RSM AAJ Associates.
The conclusion of this report is the control over the process of procurement of goods and services in PT MAG for the year 2013 is effective. All transactions taken by sampling are already performed in accordance with the applicable procedures (SOP). Procedures that performed by CPA’s Firm related to tests of controls of the procurement in PT MAG also complies with existing theory.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel
"Laporan magang ini membahas mengenai pemutakhiran standard operating procedure proses budgeting pada PT XYZ yang disertai dengan analisis pengendalian internal. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru kepada para karyawan PT XYZ mengenai prosedur dalam menjalankan aktivitas bisnis dan memberikan kesamaan interpretasi dalam pelaksanaan proses budgeting. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pengendalian internal pada standard operating procedure. Proses pemutakhiran dan analisis dilakukan dengan wawancara dan penelusuran atas dokumen yang dimiliki oleh PT XYZ.

This Internship Report discusses about the update of the standard operating procedure on budgeting of PT XYZ together with the analysis of internal control. The update was intended to provide the latest information to the employees of PT XYZ about the procedure in conducting business activities and to ensure similarity of understanding in the implementation of the budgeting process. In addition, it also aims to improve the effectiveness of internal control within the standard operating procedure. The update process and analysis was done by interviewing relevant officers and tracking of PT XYZ documents."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54713
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rauda Intan Suryaningtyas
"Kegiatan dari suatu universitas adalah memberikan pengajaran, memberikan pencerahan, mencerdaskan masyarakat, dan memberikan manfaat langsung untuk kehidupan masyarakat. Salah satu kegiatan spesifik yang universitas lakukan adalah melakukan penelitian. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh universitas adalah untuk memberikan stimulan kepada para sivitas atau akademisi untuk menghasilkan penemunan-penemuan baru. Adanya kewajiban terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pencapaian terhadap target-target yang ditentukan menuntut setiap Perguruan Tinggi atau Univeristas untuk mengadakan suatu pengelolaan secara keseluruhan. Untuk menjaga proses pengelolaan berjalan dengan baik, suatu institusi dapat mengoperasikan pengendalian internal. Tujuan dari pengendalian internal itu sendiri merupakan cara atau langkah bagi suatu institusi untuk menjaga setiap proses operasional dan kepatuhannya supaya dapat mencapai target kinerja yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengendalian Internal pada pengelolaan penelitian yang berjalan di Universitas XYZ. Analisis dilakukan berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO dengan lima elemen pengendalian internal dan standar yang berlaku terkait pengelolaan penelitian di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada pengelolaan penelitian yang dilakukan oleh Universitas XYZ sudah berjalan dengan baik namun masih perlu adanya peningkatan di beberapa aspek antara lain lingkungan pengendalian terhadap pengelolaan sumberdaya manusia; identifikasi dan penilaian terhadap risiko penelitian; aktivitas pengendalian terhadap pendokumentasian pencatatan yang memadai dan pengecekan fisik terhadap pelaporan keuangan penelitian; informasi komunikasi untuk memperoleh, menghasilkan, dan menggunakan informasi yang berkualitas dan relevan; pengawas untuk melakukan evaluasi yang berkesinambungan dan terpisah secara periodic. Peningkatan pengelolaan terhadap penelitian dan inovasi juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan langkah Universitas untuk mencapai tujuannya menjadi unggulan di Asia Tenggara dan menuju Universitas Kelas Dunia.

The activities of a university are to provide teaching, enlightenment, educate the community, and provide direct benefits for people's lives. One specific activity that universities do is to conduct research. Research activities carried out by universities are to provide stimulants to the civitas or academics to produce new discoveries. There is an obligation to carry out research activities and the achievement of specified targets requires each university or university to carry out an overall management. To keep the management process running well, an institution can operate internal controls. The purpose of internal control itself is a way or step for an institution to maintain each operational process and compliance in order to achieve predetermined performance targets. This study aims to analyze Internal Control in the management of research that runs at XYZ University. The analysis was carried out based on COSO's internal control framework with five elements of internal control and applicable standards related to research management in tertiary institutions. The results of this study conclude that internal control in the management of research conducted by XYZ University has been going well but there still needs to be an improvement in several aspects including the control environment on human resource management; identification and assessment of research risks; control activities for adequate documentation and physical checking of research financial reporting; communication information to obtain, produce and use quality and relevant information; supervisor to carry out continuous and periodic separate evaluations. Improved management of research and innovation also needs to be done to maximize the steps of the University to achieve its goal of becoming a leader in Southeast Asia and towards a World Class University."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffanie
"Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi siklus pengeluaran di PT XYZ dan menganalisis pengendalian internal terkait siklus pengeluaran di PT XYZ, sebuah anak perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan COSO Framework. Laporan ini juga memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk memitigasi risiko yang ada.
Metode analisis yang diterapkan dalam laporan ini meliputi penilaian umum terhadap siklus pengeluaran yang saat ini diterapkan oleh perusahaan, beserta sistem pengendalian internal yang diimplementasikan di dalam siklus pengeluaran tersebut. Selanjutnya, risiko yang masih ada akan diidentifikasi dan kemudian akan diikuti dengan rekomendasi terkait risiko tersebut.
Siklus pengeluaran yang terdapat di PT XYZ saat ini sudah sangat baik, namun masih ditemukan beberapa risiko terkait implementasi, seperti peraturan yang perlu disesuaikan dengan lingkungan setempat serta kapasitas sistem teknologi informasi yang masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan perusahaan, perusahaan perlu untuk memberikan perhatian lebih terhadap implementasi siklus pengeluaran beserta pengendalian internalnya agar dapat menjalankan operasi bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

The report aims to explain the implementation of expenditure cycle in PT XYZ as well to analyze the internal controls related to expenditure cycle in PT XYZ, a subsidiary of a multinational company which operates in IT industry. The analysis was conducted by referring to the COSO Framework. Moreover, it provides specific recommendations based on the potential risks.
The method of analysis used in this study includes the general assessment of current expenditure cycle applied in the company, along with the internal controls implemented within the cycles. Subsequently, the potential risks will be identified which then generates the specific recommendations.
The expenditure cycle of PT XYZ is already well-implemented, yet it still comprised with potential risks such as regulations which should be adjusted with local condition as well as information system capacity in the company which should be upgraded. Hence, as the company business keeps growing, it is important to focus more on the implementation of its expenditure cycle as well as the internal control in order to achieve the most effective and efficient methods in operating the business.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Zakky Ash Shidiqi
"[ ABSTRAK
Nama Ahmad Zakky Ash ShidiqiProgram Studi AkuntansiJudul Skripsi Analisis Siklus Pendapatan dan Pengendalian Internal PT XYZ Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ sebagai perusahaan dagang penyedia varietas benih padi hibrida Pembahasan akan lebih ditekankan pada proses penerimaan penjualan hingga pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 23 2010 serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO rsquo s Internal Control Framework Hasil analisis dan evaluasi penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT XYZ menunjukkan bahwa pencatatan pengakuan pendapatan telah sesuai dengan PSAK 23 2010 namun di dalam pengendalian internal yang telah dilakukan PT XYZ masih ada beberapa hal penting yang perlu diperbaiki Kata Kunci Siklus pendapatan pengakuan pendapatan pengendalian internal PSAK 23
ABSTRACT
Name Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 , ABSTRACT Name Ahmad Zakky Ash ShidiqiStudy Program AccountingTitle Revenue Cycle Analysis and Internal Control of PT XYZ This internship report summarizes revenue cycle and internal control analysis of PT XYZ as a trading company which supply hybrid rice varieties The analysis focuses on the flow transaction from sales requisition until revenue recognition based on PSAK 23 2010 and analysis of internal control in accordance with COSO rsquo s Internal Control Framework Analysis of revenue cycle indicates that revenue has been recognized in accordance with PSAK 23 2010 The evaluation over internal control on revenue cycle finds that several weaknesses in internal control which needs to be improved Keywords Revenue cycle revenue recognition internal control PSAK 23 ]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yovita Ariani
"Penelitian ini dilakukan berdasarkan bahwa di dalam era teknologi, peranan media massa sebagai salah satu media komunikasi sangat penting dalam menyebarkan informasi termasuk untuk memasarkan produk perusahaan. Untuk dapat memasarkan produk mereka di media massa, tentunya diperlukan alokasi mengenai biaya pemasaran dan seringkali perusahaan tidak mempunyai anggaran yang cukup. Di sisi lain, media massa membutuhkan produk dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan internal mereka dan meningkatkan brand image. Adanya kebutuhan pada masing-masing pihak ini, dapat menimbulkan transaksi barter. Permasalahan yang dapat timbul dalam proses barter ini adalah penentuan nilai barter yang seringkali berbeda dengan nilai sebenarnya dan pengelolaan atas hasil barter yang tidak dilakukan dengan baik dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penilaian risiko dan internal control pada proses pengelolaan barter pada PT X sebagai salah satu perusahaan media massa, sehingga dapat menghasilkan usulan kebijakan dan prosedur agar internal control dapat diterapkan dengan baik dalam menghasilkan informasi yang lengkap dan benar sebagai dasar pengambilan keputusan. Penelitian studi kasus kualitatif pada PT X menganalisis data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil dari analisis menunjukan bahwa terdapat kelemahan dalam proses barter di PT X yang ditunjukan dengan tidak memadainya pembagian tugas dan tidak adanya kebijakan.

This research is based on in the technological era, the role of mass media is pivotal in disseminating information, which includes the marketing of companies’ products. To market products, budget allocation is necessary and often companies do not have sufficient fund for this. On the other hand, mass media also need products from companies to fulfill their internal needs and to enhance brand image. Having this need, each party may engage in a barter transaction. However, the issue that may arise from this form of transaction is the determinations of barter value that may be different from the actual. Furthermore, insufficient barter goods management may present a loss to the company. The purpose of this research is to analyze internal control in value determination and goods management in barter process at PT X as one of the mass media company, in order to generate recommendation in form of policies and procedures so internal control process can be implemented and provide valuable information for decision making. This qualitative case study research on PT X analyzes data from observation, interview, and documentation to reach conclusion. The results showed that there are weaknesses in the barter process at PT X as shown by the inadequate segregation of duties in doing tasks and absence of policies.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>