Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 139742 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Qosimah Batubara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dapat digunakan sebagai masukan optimalisasi pelayan program rujuk balik di instalasi rawat jalan RS Mitra Medika Batanghari. Metode penelitian. Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan metode case study. Informan dari 22 orang pasien hipertensi yang telah dirujuk balik dan 6 orang petugas RS Mitra Medika Batanghari, sumber data dari wawancara mendalam, observasi telah dokumen. Hasil. Sebagian besar pasien hipertensi yang telah dirujuk balik tidak patuh mengunjungi FKTP. Pengetahuan pasien terhadap PRB kurang. Akses menuju fasyankes mudah. Penghambat tidak optimalnya pelayanan PRB adalah kurangnya sosialisasi monitoring dan evaluasi kebijakan PRB di lingkungan rumah sakit, tidak ada SOP terkait PRB, PIC PRB bertugas melayani PRB dan non PRB, tidak ada pelatihan terkait PRB, Pojok PRB tidak tersedia, tidak ada insentif petugas pelaksana PRB, pasien tidak patuh terhadap instruksi DPJP, tidak ada SRB rekomendasi dokter dan lembar resep khusus PRB, SRB tidak diisi lengkap, edukasi pasien singkat. Faktor pendukung pelayanan PRB yaitu petugas pelaksana berkomitmen aktif terhadap PRB, DPJP patuh merujuk balik pasien PRB, komunikasi dan koordinasi antar petugas pelaksana PRB baik, petugas pelaksanan mengetahui formularium nasional obat PRB. Kesimpulan. Program rujuk balik di instalasi rawat jalan RS Mitra Medika Batanghari belum terimplementasi dengan baik karena tidak ada panduan yang jelas terkait PRB dan masih ada pasien hipertensi yang telah direkomendasikan untuk dirujuk balik tidak melanjutkan hingga terdaftar sebagai pasien PRB. Saran. Pelayanan PRB akan terimplementasi dengan baik apabila rumah sakit memiliki panduan pelayanan PRB yang jelas yang mengatur seluruh kegiatan yang berhubungan dengan PRB serta dilakukannya monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan. Penelitian lebih lanjut terkait PRB diharapkan dapat meneliti secara holistik dengan melibatkan seluruh stakeholder.

The aim of this study is to determine the supporting and inhibiting factors that can be used as input for optimizing the staff of the Referral Program in the outpatient installation of the Mitra Medika Batanghari hospital. Method. The study used a qualitative design with a case study method. Informants from 22 hypertensive patients who have been referred back and 6 from Mitra Medika Batanghari hospital staff, data sources from in-depth interviews, observations have been documented. Results. Most hypertensive patients who have been referred back do not comply with primary health care. The patients knowledge of the referral program is lacking. Access to health care facilities is easy. Inhibition of suboptimal service of the referral program is the lack of socialization of monitoring and evaluation of referral program policies in the hospital environment, there are no SOP related to the referral program, the PIC referral program is responsible for operating the referral program and non-referral program, there is no training related to the Referrals program, Referral program corner is not available, there is no incentive to implement referral program, patients are not in adherence with the instructions of the specialist, no recommendations from referral doctors and special referral program sheets, referral returns are not fully completed, short patient training. Supporting factors for the referral program services are that the executive officer is actively engaged in the referral program, obedient specialist doctors refer patients back to the referral program, communication and coordination between the referral program performers well, the implementation officer knows the national formulary of the referral program medication from the referral program. Conclusion. The referral program in outpatient facilities at Mitra Medika Batanghari Hospital has not been correctly implemented because there are no clear guidelines and hypertensive patients are still being advised to be referred back to continue until they are registered as referral program patients. Suggestion. The referral program service is well implemented if the hospital has a clear referral program service guide that controls all activities related to the referral program and performs continuous monitoring and evaluation. It is expected that further research on the referral program can be holistically examined by involving all stakeho."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T54436
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Firdaus
"Praktik cuci tangan merupakan faktor kunci dalam menurunkan dan mencegah infeksi terkait pelayanan kesehatan. Masih rendahnya praktik cuci tangan di kalangan petugas kesehatan menyebabkan angka infeksi di rumah sakit masih cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi elemen yang menjadi penyebab masih rendahnya praktik cuci tangan enam langkah melalui pendekatan elemen strategi implementasi multimodal WHO di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Medika Batanghari. Dengan pendekatan kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan praktik cuci tangan enam langkah baik (89,6%) dan ketersediaan handrub berbahan dasar alkohol merupakan faktor yang paling dominan berkontribusi terhadap pelaksanaan praktik cuci tangan enam langkah.
Kata Kunci : Praktik Cuci Tangan, Strategi Implementasi WHO, infeksi terkait pelayanan kesehatan.

Hand washing practice is key factor to decrease and prevent of health-care assosiated infections. Poor of hand washing practice among healthcare workers causing hospital infection rates are still high. This study aimed to identify the elements that cause the low six-step of hand washing practice through the element of WHO multimodal strategy implementation approach in Mitra Medika Batanghari Hospital. The design was cross-sectional, used quantitative approach, continued by qualitative approach. The results showed that the six-step of hand-washing practice was good (89,6%) and availability of alcohol based handrub to be the most dominant factor contributed to the implementation of six steps of hand washing practice.
Keywords: Hand washing practice, Implementation strategy WHO, Health-care assosiated infections."
2020
T54980
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arinda Puteri Wihardi
"Rujuk Balik merupakan program yang diselenggarakan oleh BPJS untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan akses pelayanan bagi peserta JKN, khsuusnya penderita penyakit kronis. RSUP Fatmawati sebagai rumah sakit yang 90 pasiennya adalah peserta JKN tentunya juga melaksanakan pelayanan rujuk balik. RSUP Fatmawati telah mencantumkan ketepatan rujuk balik ke dalam Key Performance Indicator IRJ RSUP Fatmawati. Pada pelaksanaannya rujuk balik di RSUP Fatmawati belum berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan capaian rujuk balik pada bulan Mei sampai dengan September 2016 yang hanya pada kisaran 0,08 sampai 1,62. Hipertensi termasuk 10 besar penyakit di IRJ RSUP Fatmawati yang sebenarnya pasiennya dapat dilakukan rujuk balik.
Rujuk balik pada pasien hipertensi masih jarang dilakukan. Pasien hipertensi yang dirujuk balik hanya pada kisaran 3 sampai 8 orang tiap bulan. Penelitian ini merupakan operasional research yang berfungsi untuk menghasilkan strategi, sehingga dapat memperbaiki sistem rujuk balik di RSUP Fatmawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak terdapat faktor penghambat dalam implementasi rujuk balik pada pasien hipertensi, baik dari supply RSUP Fatmawati dan FKTP maupun demand pasien. Semua pihak yang berkaitan dengan pelayanan rujuk balik ini, yakni RSUP Fatmawati dan FKTP harus bekerja sama dan berkomitmen untuk mengatasi faktor penghambat tersebut.

Counter Referral is a program organized by BPJS to improve the quality and easiness of services access for JKN participants, particularly patient with chronic diseases. Fatmawati General Hospital, 90 of patients are JKN participants, carry out counter referral services. Fatmawati General Hospital has included percentage of counter referral accuracy to Outpatient rsquo s Key Performance Indicator. In the implementation, counter referral in Fatmawati Hospital has not run well. This is proven by realization of counter referral in May up to September 2016 were only in the range of 0.08 to 1.62. Hypertension is included as 10 major diseases in Fatmawati rsquo s Outpatient Installation which patients actually can be referred back.
Counter referral in hypertension patients still rarely performed. Hypertension patients are referred back only in the range of 3 to 8 people each month. This study is an operational research that serves to produce a strategy to improve counter referral system at Fatmawati Hospital. The results showed that there are many factors inhibiting the implementation of counter referral in hypertension patients, both from the supply Fatmawati General Hospital and FKTP and demand the patient. All participants associated with the service of counter referral, such as Fatmawati General Hospital and FKTP, should work together and commit to address these inhibiting factors.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S66397
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arthur Timothy Gandreto
"Sempadan sungai merupakan salah satu area yang rentan terkena bencana hidrologis seperti banjir dan erosi. Namun permukiman di sempadan sungai masih sering dijumpai, contohnya di Sempadan Sungai Batanghari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola spasial perkembangan permukiman di Sempadan Sungai Batanghari dan menganalisis faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhi perkembangan permukiman pada periode 1985-2020. Penelitian ini menggunakan citra satelit Landsat untuk menganalisis perkembangan permukiman secara spasial dan membagi sempadan sungai menjadi 29 segmen dan mengelompokkannya berdasarkan tipe alur sungai melalui penghitungan sinuosity index (SI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara spasial terjadi perkembangan luas permukiman di 25 segmen Sempadan Sungai Batanghari pada periode 1985-2020, sedangkan terjadi penurunan luas permukiman di 3 segmen. Berdasarkan tipe alur sungai, didapatkan tipe alur sungai meander merupakan tipe alur sungai yang paling pesat perkembangannya pada periode 1985-2020. Hal ini bertentangan dengan teori yang paling rentan terhadap bencana erosi tepi sungai. Sedangkan secara temporal, terjadi variasi perkembangan luas permukiman pada periode 1985-2020, dimana periode perkembangan tertinggi terjadi pada periode 1990-2000 sebesar 41,4%. Kemudian faktor yang mempengaruhi perkembangan permukiman yaitu faktor pendorong yang terdiri atas pekerjaan, perubahan penggunaan lahan, aksesibilitas dan budaya, sedangkan faktor penghambat terdiri atas bencana dan kebijakan pemerintah. Dimana faktor pendorong lebih dominan daripada faktor penghambat, yang berdampak kepada perkembangan permukiman di Sempadan Sungai Batanghari periode 1985-2020.

Riverbanks are one of the areas that are vulnerable to hydrological disasters such as flooding and erosion. However, settlements on riverbanks are still often found, for example on the Batanghari Riverbanks. This study aims to analyze the spatial pattern of settlement development in the Batanghari River Basin and analyze the driving and inhibiting factors that influence settlement development in the 1985-2020 period. This study used Landsat satellite imagery to spatially analyze settlement development and divided the riverbanks into 29 segments and grouped them based on the type of river channel through the calculation of sinuosity index (SI). The results showed that spatially there was a development of settlement area in 25 segments of the Batanghari River Basin in the 1985- 2020 period, while there was a decrease in settlement area in 3 segments. Based on the type of river channel, it was found that the meander river channel type was the most rapidly developing river channel type in the 1985- 2020 period. This is contrary to the theory that it is most vulnerable to riverbank erosion disasters. While temporally, there were variations in the development of settlement areas in the 1985-2020 period, where the highest development period occurred in the 1990-2000 period by 41.4%. Then the factors that influence settlement development are driving factors consisting of employment, land use change, accessibility and culture, while inhibiting factors consist of disasters and government policies. Where the driving factor is more dominant than the inhibiting factor, which has an impact on the high development of settlements in the Batanghari River Basin for the period 1985-2020."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iik Sri Sulasmi
"ABSTRAK
Penelitian tentang populasi rotan jernang (Daemonorops draco Willd.) di desa
Jebak Batanghari, Provinsi Jambi belum pernah dilakukan. Rotan jernang
merupakan tumbuhan penghasil getah jernang yang memiliki banyak manfaat.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
purposive random sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, populasi rotan jernang hanya 8 rumpun yang
terdiri dari 82 individu. Selain rotan jernang juga ditemukan 6 spesies rotan lain.
Spesies rotan yang memilik jumlah individu terbesar adalah rotan lilin yaitu 11
rumpun yang terdiri dari 197 individu. Rotan jernang merupakan rotan yang
memiliki populasi terkecil dibandingkan populasi rotan jenis lain. Kondisi di
lokasi penelitian adalah suhu udara berkisar 20,20C -28,90C; kelembapan udara
berkisar 58%-68%, dan pH berkisar 4,60-4,81. Selain itu, diperoleh 35 spesies
tumbuhan yang berfungsi sebagai rambatan rotan jernang sejumlah 73 individu.
Jumlah pohon rambatan yang tidak sebanding dengan jumlah Rotan jernang
menyebabkan kematian rotan jernang. Hasil analisis vegetasi diperoleh 51 spesies
tumbuhan berdiameter batang > 10 cm terdiri dari 69 individu dengan Indeks
Nilai Penting (INP) 11 yaitu trembesi, serta 33 spesies tumbuhan berdiameter
batang < 10 cm, yang terdiri dari 60 individu dengan INP tertinggi 20 yaitu
trembesi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa populasi rotan jernang di desa
Jebak Batanghari, Provinsi Jambi sudah sulit ditemukan disebabkan pembalakan
liar dan perambahan hutan

Abstract
Research of Rattan Jernang (Daemonorops draco Willd.) population in Jebak
Batanghari district, Jambi has never done. Daemonorops draco is a plant that
produces dragon blood. Dragon blood is very useful for Suku Anak Dalam Jambi
life. This research uses purposive random sampling method. All of data are
analyzed by description. Based on the research, it shows that except
Daemonorops draco, there were also found six species of rattan. The population
of Daemonorops draco in Jebak forest was only 8 clamps, consisting of 82
individuals. Daemonorops draco had the smallest population among the other
ones. The highest population was Calamus javensis, consising of 11 clams 197
individuals. The condition of the research location was that the temperature was
20.20C -28.90C, the humidity was 58%-68%, and pH was 4.60-4.81. In this
location, there were also found 35 species of plants (73 individuals) as
Daemonorops draco?s vine. The amount of the Daemonorops draco?s vine and
Daemonorops draco was not balance, this condition caused the death of
Daemonorops draco in Jebak forest. Based on the vegetation analyze, it was
found 51 species of plants with diameter > 10 cm consist of 69 individuals the
highest SIV is Pithecolobium saman (11), and 33 species plants with diameter
< 10 cm consist of 60 individuals, the highest SIV is Pithecolobium saman (20).
Based on the interview, it shows that the population of Daemonorops draco in
Jebak forest was rare because of illegal logging and forest encroachment"
2012
T31560
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Pengembangan Kebudyaan dan Pariwisata, 2003
899.221 MEN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Indriya Purnamasari
"Penelitian ini bertujuan menggali lebih dalam ketersediaan dokter spesialis serta upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis pada Rumah Sakit Umum Kelas C milik Pemerintah di daerah terpencil. Penelitian kualitatif dilakukan dengan pendekatan studi kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdoel Madjid Batoe (RSUD HAMBA) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dan RSUD Malingping Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan dokter spesialis baik di RSUD HAMBA maupun RSUD Malingping masih belum memadai. Kedua RS masih kekurangan tenaga spesialis baik dari segi jenis dan jumlah, sehingga mengakibatkan belum optimalnya pelayanan kesehatan. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, namun masih terdapat kendala, antara lain letak geografis, kondisi infrastruktur dan perekonomian daerah yang masih belum memadai, kurangnya kompensasi baik yang bersifat finansial maupun non finansial, selain tentunya kebijakan dan komitmen Pemda setempat, yang masih perlu ditingkatkan. Kesimpulan penelitian ini adalah suasana kerja yang nyaman serta kebijakan dan komitmen Pemda sangat berperan terhadap peningkatan motivasi dan retensi dokter spesialis di daerah. Perlu dirumuskan kebijakan dan regulasi yang spesifik mengenai standar pola rekrutmen, penempatan, serta hak dan kewajiban dokter spesialis secara komprehensif.

This research aims to explore an availability of medical doctor specialist and the pulfillment efforts of medical doctor specialist of the C Class Hospital (CCH) in remote areas. This qualitative research has been conducted within case studies approach in both Haji Abdoel Madjid Batoe General Hospital (HAMBA GH) of the Batanghari Regency in Muara Bulian, Jambi Province and Malingping General Hospital (Malingping GH) of the Banten Province located at Malingping District as well. In fact, both in HAMBA GH and Malingping GH there are limited medical doctor specialist permanently. Meanwhile, there are so many factors that influence availability of medical doctor specialist in remote areas, specifically in Batanghari Regency and Malingping District, including geographical position, conditions of the remote area, availability of infrastructures and public facilities, economic factor, work environment, financial and non-financial compensation and also the government commitment and policy to support all efforts of medical doctor spescialist's pulfillment in remote areas. This research concludes that work environment, compensation, government policies and regulations are dominantly influenced pulfillment efforts of medical doctor specialist in CCH in remote areas. It needs to design particular policies and regulations about standard of recruitment pattern, placement allocation, budgeting, also medical doctor specialist's rights and responsibilities comprehensively, to solve this crucial problem."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T47519
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naurah Nazhifah
"Tesis ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen NAURAH untuk mengukur kepuasan pasien serta menganalisis kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan rawat inap Rumah Sakit Mitra Medika Bondowoso menggunakan metode servqual dan importance performance analysis (IPA). Penelitian ini bersifat kuantitatif dan deskriptif-analisis. Penelitian ini diikuti oleh 100 responden yang mengisi kuesioner kepuasan berdasarkan teori Servqual dan instrumen NAURAH. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas dan validitas intrumen NAURAH dan pasien Rumah Sakit Mitra Medika Bondowoso merasa puas dengan pelayanan di rumah sakit tersebut. Berdasarkan analisis IPA, ada aspek empati dari servqual yang mesti diperhatikan, dan aspek understanding dan respect dari instrumen NAURAH yang perlu dikembangkan. Kemudian Rumah Sakit Mitra Medika Bondowoso telah mempraktikkan Total Quality Management. Untuk mengembangkan empati, digunakan matriks PDCA yang mengikutsertakan aspek TQM.

This thesis aims to test the validity and reliability of the NAURAH instrument for measuring patient satisfaction and analyzing patient satisfaction with the quality of inpatient health services at Mitra Medika Bondowoso Hospital using the servqual and importance performance analysis (IPA) methods. This research is quantitative and descriptive-analytic. This research was attended by 100 respondents who filled out a satisfaction questionnaire based on Servqual theory and the NAURAH instrument. The research results showed the reliability and validity of the NAURAH instrument and that patients at Mitra Medika Bondowoso Hospital were satisfied with the services at the hospital. Based on the IPA analysis, there is an empathy aspect of servqual that must be considered, and an understanding and respect aspect of the NAURAH instrument that needs to be developed. Then Mitra Medika Bondowoso Hospital has practiced Total Quality Management. To develop empathy, the PDCA matrix is used which includes TQM aspects."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aan Anjarwati
"ABSTRAK
Prevalensi penyakit Gagal Ginjal Kronik cenderung makin tinggi sejak 3 tahun
terakhir ini (sejak tahun 2015). Sehingga mereka harus menjalani hemodialisis
(cuci darah). Adapun komplikasi saat hemodialisis yaitu demam, menggigil,
hipotensi, dan keram. Faktor-faktor yang mempengaruhi komplikasi saat
hemodialisis pada pelayanan mulai dari faktor pasien terdiri dari durasi HD, akses
HD, lama menjalani HD, komorbiditas pasien). Selain itu juga ada peran dari sisi
manajemen yaitu Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pencucian dialiser
ulang dan kebijakan direktur. Faktor pasien dan manajemen penting dalam kualitas
pelayanan hemodialisis rawat jalan. Metode penelitian yang digunakan adalah mix
method. Tahapan yang dilakukan pertama adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross-sectional dan melanjutkan dengan wawancara mendalam dari
hasil penelitian. Hasil analisis bivariat, didapatkan bahwa durasi hemodialisis
berhubungan signifikan secara statistik dengan komplikasi hemodialisis (p
0.005). Hasil analisis multivariat, diperoleh durasi hemodialisis 4 jam 30 menit
berisiko menyebabkan komplikasi sebesar 2.76 (IK 95% 0.9-8.47) kali dan akses
AVF-Shunt berpengaruh paling tingi menyebabkan komplikasi sebesar 3.32 (IK
95% 0.76-14.57) kali. Dari hasil wawancara mendalam dengan informan, bahwa
kurangnya implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pencucian dialiser
ulang meningkatkan risiko komplikasi. Triangulasi sumber data didapatkan bahwa
RS. Anna belum menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan baik
dibandingkan RS. Anna Medika dalam pengukuran volume primming atau Total
Cell Volume (TCV) dan tidak dilakukan penandaan dialiser setelah dicuci ulang.
Adanya data pencantuman volume priming pada dialiser ulang merupakan bentuk
penjaminan mutu layanan unit hemodialisis RS. Dan hal ini bisa menjadi kebijakan
direktur terkait penggunaan dialiser ulang. Kejadian komplikasi saat hemodialisis
di Rumah Sakit dapat diatasi dengan memperhatikan aspek keselamatan pasien
yaitu melakukan Standar Operasional Prosedur dengan baik dan menjamin mutu
layanan hemodialisis dengan cara membuat kebijakan penggunaan dialiser ulang.

ABSTRACT
Prevalence of Chronic Kidney Failure tends to be higher since the last 3 years
(since 2015). So they have to undergo hemodialysis (dialysis). The complications
of hemodialysis are fever, chills, hypotension, and cramps. Factors that influence
complications during hemodialysis in services are from patient factors consist of
duration, access, length of time hemodialysis, patient comorbidity. In addition,
there is also a role from the management side, namely the Standard Operating
Procedure (SOP) reuse dialyzer and director policies. Patient and management
factors are important in the quality of outpatient hemodialysis services. The
research method used is the mix method. The first step is quantitative research
with a cross-sectional approach and continues with in-depth interviews from the
results of the study. The results of the bivariate analysis showed that the duration
of hemodialysis was statistically significant with complications of hemodialysis (p
0.005). The results of multivariate analysis, obtained the duration of 4 hours 30
minutes hemodialysis at risk of causing complications of 2.76 (95% CI 0.9-8.47)
times and the highest effect of AVF-Shunt access caused complications of 3.32
(95% CI 0.76-14.57) times. From the results of in-depth interviews with
informants, that the lack of implementation of the Standard Operational Procedure
(SOP) for repeated dialysis washing increases the risk of complications.
Triangulation of data sources was found that Anna hospital has not run the
Standard Operating Procedure (SOP) well compared to Anna Medika hospital in
measuring primming volume or Total Cell Volume (TCV) and dialysis marking is
not done after repeated washing. The data of inclusion priming volume on repeated
dialiser is a form of hemodialysis unit service quality assurance. And this could be
the director's policy regarding the use of repeated dialiser. The occurrence of
complications during hemodialysis at the hospital can be overcome by paying
attention to the aspects of patient safety, namely performing the Standard
Operating Procedure properly and ensuring the quality of hemodialysis services by
making a policy of using dialiser again.
"
2019
T53875
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>