Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154957 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Azdi Pamungkas Marsam
"ABSTRAK
Harga bahan bakar berdampak pada berbagai macam industry terutama transportasi. Dalam hal fluktuasi harga bahan bakar jet, maskapai penerbangan lah yang akan mendapatkan dampak langsung karena mereka membutuhkan bahan bakar jet untuk operasional sehari-hari. Dampaknya juga mempengaruhi return dari harga saham mereka. Menggunakan data panel yang terdiri dari maskapai full service dan maskapai low cost, penelitian ini melihat hubungan berbeda dimana maskapai full service memiliki hubungan dengan market return dan harga bahan bakar tetapi maskapai low cost hanya memiliki hubungan dengan market return. Sementara jika data diklasifikasikan sebagai negara maju dan berkembang, hasilnya cukup menarik dimana harga saham maskapai di developed countries memiliki hubungan dengan pengembalian pasar, harga bahan bakar, dan perubahan biaya bahan bakar di dalam perusahaan. Namun pada negara berkembang/developing countries, return saham maskapai hanya memiliki hubungan dengan inflasi.

Harga bahan bakar berdampak pada area yang luas terutama transportasi. Dalam hal fluktuasi harga bahan bakar jet, maskapai penerbangan lah yang akan mendapatkan dampak karena mereka membutuhkan bahan bakar jet untuk kegiatan operasional. Untuk melihat dampak harga bahan bakar jet dalam pengembalian harga saham maskapai, penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari perusahaan layanan penuh dan maskapai berbiaya rendah yang terdaftar. Dalam model efek acak, operator layanan penuh memiliki dampak pada pengembalian pasar dan harga bahan bakar, tetapi biaya rendah hanya berdampak pada pengembalian pasar. Sementara jika data diklasifikasikan sebagai negara berpendapatan menengah ke atas & menengah ke bawah, hasilnya menarik karena stok maskapai negara berpenghasilan menengah ke atas berdampak pada pengembalian pasar, harga bahan bakar, dan perubahan biaya bahan bakar di dalam perusahaan. Namun, di negara-negara menengah ke bawah, pengembalian saham maskapai hanya berdampak pada inflasi."
2018
T54681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Auryn Rachma Maulisa Chapra
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas pengaruh dari kualitas servis, nilai uang, dan kepuasan pelanggan terhadap intensi perilaku di maskapai berbiaya rendah dan maskapai full service. Hasil penemuan ini menyatakan bahwa kualitas servis memiliki pengaruh positif terhadap intensi perilaku. Nilai uang dan kepuasan pelanggan juga memiliki pengaruh positif terhadap intensi perilaku. Hasil dari penelitian ini dapat membantu industri penerbangan baik maskapai berbiaya rendah dan maskapai full service untuk memprediksi tindakan konsumen untuk pembelian masa depan sekaligus memberikan wawasan kepada departemen pemasaran dalam industri penerbangan.

The focus of this study is to examine the effect of service quality, perceived value for money, and customer satisfaction on behavioral intention in both low cost and full service airline. This study finds that service quality has positive effect towards behavioral intention. Perceived value for money and customer satisfaction also has positive effect towards behavioral intention. The findings of this study enable airline industry both low cost and full service airline to forecast future purchasing behavior and provide insights for the marketing departments."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S66694
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Muthia Kusumawardani
"Munculnya Low Cost Airlines dan skema pengurangan biaya merupakan ancaman besar bagi Full Service Airlines yang menyediakan layanan unggul. Low Cost Airlines mengubah pola harga pasar penerbangan dengan menetapkan harga rendah yang berakibat pada penghapusan layanan tambahan. Penelitian-penelitian terdahulu telah menyelidiki alasan orang-orang memilih Full Service Airline dibanding Low Cost Airline atau sebaliknya. Penelitian ini mencoba untuk memprediksi kepuasan dan intensi perilaku dari penumpang full service dan low cost airlines dengan menguji peranan value for money nilai uang, kualitas layanan, dan citra maskapai penerbangan. Structural Equation Modeling dengan menggunakan Partial Least Square digunakan untuk menguji pengaruh nilai uang, kualitas layanan, dan citra maskapai penerbangan terhadap kepuasan pelanggan dan intensi perilaku mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk penumpang full service airlines, kualitas layanan memainkan peran penting untuk mempengaruhi intensi perilaku, sedangkan untuk penumpang low cost airlines, nilai uang yang dirasakan lebih dipentingkan. Namun, pengaruh nilai uang dan kualitas layanan tidak bisa secara langsung memprediksi intensi perilaku penumpang. Melainkan, intensi perilaku dari penumpang full service dan low cost airlines dapat dicapai melalui jalur kronologis kualitas layanan/nilai uang- kepuasan pelanggan-citra maskapai penerbangan-intensi perilaku.

The emergence of Low Cost Airlines and their cost reduction schemes is a major threat to Full Service Airlines that are driven by superior services. Low Cost Airlines changed the price pattern of airline market by setting a low price which results in eliminating additional services. There has been research investigating the reasons of people choosing Full Service Airline over Low Cost Airline or vice versa. This research attempts to predict satisfaction and behavioral intentions of full service and low cost airline passengers by examining the role of value for money, service quality, and airline image. Structural Equation Modeling by Partial Least Square was employed to test the effect of value for money, service quality, and airline image on customer satisfaction and their behavioral intentions.
Results revealed, for full service airline passengers, service quality plays an important role to affect behavioral intentions, whereas for low cost airline passengers, perceived value for money is more concerned. However, the influence of value for money and service quality cannot directly predict the passengers rsquo behavioral intentions. Instead, the behavioral intentions of full service and low cost airline passengers can be achieved through the chronological path of service quality value for money customer satisfaction airline image behavioral intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siskanita
"The airlines in Indonesia at this moment are deeloping very fast. Since the establishment of the Aviation Deregulatation in 1999, a lot of airlines have been entering the airlines world. Each airline owns its own method to attract customers. Some airlines remain in the Full Service Airlines (FSA) concept which offers good service with normal pricing, but some choose the Low Cost Airlines (LCA) method which offers low fare flights.
The objective of this research is to compare the ticket fare between Air Asia, which uses the low cost concept, with Garuda Indonesia, wich uses the full service concept, based on the ticket reservation method used.
Researcher also analysed the effects of reservation methods and timing to the low fare tickets for both AirAsia low cost concept and Garuda Indonesia full service concept This Research was conducted during December 2007. 80 questions was distributed, consisted 14 questions that related to all indicators as mentioned above. This research used accidental convenience sampling.
Researcher used the quantitative dan descriptive methods by using T-Test Independent Samples to analyse the comparison and Anova to analyse the effect by using SPSS Version 15.0.
This research found that the comparison of the effect of flight ticket
reservation method option to the price level between low cost airlines, represented by Garuda Indonesia has a significant influence. The reservation method and time reservation have a significant influence to the price."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sandrio Fernando
"
Kompetitifnya industri penerbangan di Indonesia menyebabkan maskapai penerbangan memerlukan loyalitas penumpang sebagai salah satu kunci untuk bertahan dalam industri penerbangan yang kompetitif. Untuk mencapai passengers loyalty diperlukan kepuasan pelanggan yang mana dapat dicapai dengan meningkatkan service quality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai hubungan pengaruh antara Airline service quality terhadap passengers loyalty melalui passengers satisfaction sebagai variabel mediasi pada penumpang maskapai Super Air Jet. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, melalui teknik purposive-sampling yang dilakukan pada sebanyak 181 responden melalui penyebaran kuesioner secara online mengunakan platform Google Form. Data yang dikumpulkan kemudian dioleh mengunakan IBM SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial mengunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial- Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara airline service quality terhadap passengers loyalty melalui passengers satisfaction sebagai variable mediasi pada penumpang maskapai Super Air Jet.

The competitiveness of the aviation industry in Indonesia causes airlines to require passenger loyalty as one of the keys to survive in a competitive aviation industry. To achieve passenger loyalty, customer satisfaction is needed which can be achieved by improving service quality. The purpose of this study was to analyze the influence relationship between airline service quality on passenger loyalty through passenger satisfaction as a mediating variable for Super Air Jet airline passengers. This research uses a quantitative approach, through a purposive-sampling technique which is carried out by 181 respondents through online questionnaires using the Google Form platform. The data collected was then processed using IBM SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using the Structural Equation Modeling (SEM) method with the Partial-Least Square (PLS-SEM) approach. The results of data analysis indicate that there is a positive and significant influence between airline service quality on passenger loyalty through passenger satisfaction as a mediating variable for Super Air Jet airline passengers.
"
Depok: 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astridia Permatasari
"Penelitian ini bertujuan memberikan bukti terkait adanya efek moderasi headquarter regional culture pada pengaruh kinerja CSR terhadap kinerja keuangan low cost (LCC) dan full service (FSC) air-carrier. Hubungan tersebut diuji dengan moderated regression analysis terhadap sejumlah 200 observasi data panel dari 12 perusahaan LCC dan 28 perusahaan FSC pada periode 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya power distance index, long term oriented, masculinity dan indulgence memperlemah pengaruh negatif CSR terhadap ROA LCC dan memperlemah pengaruh positif CSR terhadap kinerja keuangan FSC (ROA dan Tobin’s Q). Budaya long term oriented dan indulgence juga memperlemah pengaruh positif yang tidak signifikan dari CSR terhadap Tobin’s Q LCC, sementara budaya power distance index dan masculinity memperkuat pengaruh tersebut.

This research aims to provide evidence related to the moderating effect of headquarter regional culture in the relationship of ESG performance and financial performance of low-cost carrier/LCC and full-service carrier/FSC. This relationship was investigated using moderated regression analysis on panel data of 200 observations from 12 LCC companies and 28 FSC companies in the 2015-2019 period. The results showed that the culture of power distance index, long term oriented, masculinity and indulgence weakened the negative impact of CSR on LCC’s ROA and weakened the positive impact of CSR on FSC's financial performance (ROA and Tobin's Q). Long-term oriented and indulgence culture also weakened the insignificant positive impact of CSR on LCC’s Tobin's Q, while power distance index and masculinity culture strengthened this influence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Efri Yunaidi
"[Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor penting bagi konsumen dalam memilih maskapai penerbangan dan mengetahui kombinasi karakteristik maskapai penerbangan yang disukai konsumen dan tahan terhadap variasi kualitas layanan dengan menggunakan metode Taguchi dan Ordered Logit. Data yang dipakai adalah data hasil kuisioner dari penumpang maskapai penerbangan low cost carrier (LCC). Berdasarkan penelitian, diketahui faktor yang penting bagi konsumen dalam melakukan pemilihan maskapai penerbangan yaitu dekorasi kabin pesawat; pilot; pengaturan penerbangan dan bagasi. Sedangkan kombinasi karakteristik maskapai yang disukai konsumen dan tahan terhadap perubahan eksternal adalah maskapai yang memiliki dekorasi tersendiri sesuai ciri khas maskapai; dominasi pilot Indonesia; terdapat asuransi kerjasama dengan pihak ketiga; didominasi staf muda; tersedia kelas bisnis; penentuan tempat duduk : dapat menentukan tempat duduk dengan biaya; hiburan selama penerbangan; musik/radio; penerbangan transit dengan harga lebih rendah ; tidak tersedia makanan selama perjalanan; kuota bagasi didalam tarif, This study aimed to identify important factors to consumers in choosing airlines and determine the combination of airline characteristics that consumers preferred and resistant to service quality variations by using the Taguchi method and Ordered Logit. The data used is data from questionnaires of airline low cost carrier (LCC) passengers. Based on research, it is known that an important factors for consumers in choosing an airline that is decorating the aircraft cabin; pilot; flight arrangements and luggage. While the combination of airline characteristics that consumers preferred and resistant to external change is the airline that has its own cabin decoration ; Indonesian pilot domination; there third-party insurance; predominantly young staff; available business class; determination seat: can determine the seat at a cost; entertainment during the flight; music / radio; transit flights at lower prices; not available food during the trip; Luggage quota in tariff]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44598
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Budiarto
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan transportasi maskapai pada kelas low-cost carrier di Indonesia dengan mengukur persepsi dan ekspektasi konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model Pakdil dan Ozlem (2007). Variabel penelitian dimensi kualitas pelayanan maskapai yang didapatkan dari model, disesuaikan dengan pendapat beberapa ahli. Beberapa pendapat tersebut dielaborasi menggunakan bantuan metode AHP. Dari hasil penyesuaian krteria, terjadi pengurangan kriteria pada tiga dimensi dari kedelapan dimensi yang ada. Analisis kualitas pelayanan maskapai pada penelitian ini membuktikan bahwa nilai ekspektasi dan persepsi konsumen masih berbeda secara signifikan. Perbedaan yang signifikan antara nilai persepsi dan ekspektasi mengindikasikan layanan yang kurang berkualitas. Dimensi Responsiveness menjadi dimensi yang menyumbang nilai kesenjangan terbesar diikuti oleh dimensi flight patterns, empathy, reliability and assurance, image, dan availibility.

This study analyzes service quality of low-cost carrier airline in Indonesia through measuring consumer expectation and perception. This study was conducted using Pakdil and Ozlem (2007) model. Based on the model, the research variable consist of airline service quality dimensions adjusted by expert judges. The expert judges elaborated with AHP methods. The result adjusting process are criteria reduction in three dimensions out of eight dimensions existing airline service quality. The airline service quality analysis in this study prove that consumer expectation and perception have a significant difference. The significant difference between expectations and perceptions score indicates that airline service quality is bad. Responsiveness dimension is a dimension with biggest gap value, followed by flight patterns, empathy, reliability and assurance, image, and availibility."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59030
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Reyhan Siva
"Semakin meningkatnya permintaan dalam jasa transportasi penerbangan menjadi peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih. Kunci utama untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini membahas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan penerbangan bertarif rendah. Objek penelitian ini yaitu tiga perusahaan penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar faktor dengan jumlah responden sebanyak 705. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sedangkan company image, customer expectation, dan perceived value mempengaruhi kepuasan pelanggan dan juga mempengaruhi loyalitas pelanggan.

The higher demand of air transport service is an opportunity for companies to get more customers. The key for company in improving and maintaining customer relationship is by improving customer satisfaction. This research investigates the impact of service quality factors to customer satisfaction in low-cost airline. The object of this research are three low-cost airline in Indonesia. This research use structural equation modeling method to investigate impact between factor with 705 respondents. This research shows that service quality does not affect customer satisfaction. While the company image, customer expectation, and perceived value affect customer satisfaction and also customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59885
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdurrahman Afif
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh perubahan harga minyak dunia terhadap return saham maskapai penerbangan. Industri penerbangan merupakan salah satu sektor yang sangat bergantung dengan penggunaan minyak dalam hal operasional. Oleh karenanya, harga minyak memberikan dampak yang besar terhadap beban yang harus ditanggung oleh maskapai penerbangan. Dengan metode time series menggunakan model GARCH (1,1), peneliti berhasil membuktikan, bahwa perubahan harga minyak dunia akan mempengaruhi sebagian besar return saham maskapai penerbangan di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Selain faktor perubahan harga, faktor lainnya, yakni volatilitas harga minyak juga ternyata meningkatkan risiko saham maskapai penerbangan di seluruh kawasan yang diteliti. Risiko ini akan mempengaruhi return dan harga saham maskapai penerbangan yang diperdagangkan di bursa.

This study aims to analyze the significance of the effect of oil price change on airlines stock return. Airlines industry is one of the most dependent sectors for oil usage, in terms of operational activities. Hence, oil price provides a big impact for expenses that airlines must pay. With GARCH (1,1) model, the researcher finds that oil price change affects airline stock return, mostly in Asia-Pacific and Europe. Moreover, in addition to oil price change, another factor, which is oil price volatility also increases the risk for the airlines stock in all particular observed regions. This risk will affect price and return of airline stocks in the market."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62917
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>