Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109560 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurcahyani Dewi Retnowati
Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2019
600 JPM 2:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Nugraheny
"Abstrak
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada jaman sekarang sangat dibutuhkan oleh setiap masyarakat baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Khusus pada anak-anak, sangat dibutuhkan pelatihan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi agar nantinya anak-anak dapat memanfaatkannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengenalkan penggunaan aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word. Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, dengan aplikasi tersebut dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain. Anak-anak dapat diajarkan aplikasi tersebut guna mendukung kesehariannya dalam kegiatan akademik di sekolah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat semester ini dititikberatkan dalam bentuk Pendampingan Pengenalan Metode Pengetikan Cepat menggunakan Software Microsoft Word 2010 bagi siswa-siswi kelas 5 di SDIT Salsabila Al Muthiin Yogyakarta. Diharapkan adanya pedampingan tersebut, siswa/siswi dapat lebih mengetahui tentang bagian-bagian Aplikasi Microsoft Word dan penggunaannya sehingga dapat membantu saat pengerjaan tugas sekolah maupun meningkatkan kreativitas. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan memberikan pengalaman dan ketrampilan pada para siswa di SDIT Salsabilla Al-Muthiin dalam menggunakan aplikasi Microsoft Word 2010."
Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2019
600 JPM 2:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Asti Tyas Nurhidayati
"ABSTRAK
Guru merupakan profesi yang sangat mulia, karena salah satu tugas guru yaitu membantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai guru dalam kesehariannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, membutuhkan adanya peralatan penunjang yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di bidang yang diampunya. Peralatan penunjang yang dibutuhkan dapat berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar yang menarik bagi perserta didiknya. Oleh sebab itu, guru selaku pendidik harus memiliki keterampilan memanfaatkan perangkat keras dan lunak kmputer dengan baik agar dapat membuat bahan ajar yang interaktif di era digital ini, salah satunya bahan ajar yang berbasis multimedia menggunakan perangkat lunak Microsoft Power Point. Tujuan pendampingan pembuatan bahan ajar bagi guru ini adalah memberikan bekal keterampilan bagi guru agar dapat memanfaatkan penggunaan Microsoft Power Point untuk menghasilkan bahan ajar yang interaktif sehingga dapat lebih menarik minat belajar siswasiswi. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al Muthi'in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point" memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komputer."
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2018
600 JPM 1:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Nugraheny
"ABSTRAK
Guru merupakan profesi yang sangat mulia, karena salah satu tugas guru yaitu membantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai guru dalam kesehariannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, membutuhkan adanya peralatan penunjang yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di bidang yang diampunya. Peralatan penunjang yang dibutuhkan dapat berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar yang menarik bagi perserta didiknya, salah satunya bahan ajar yang berbasis multimedia. Sebagai dosen yang berada dalam bidang informatika, kami tergerak untuk membantu guru-guru khususnya para guru di SD IT Salsabila Al Muthi'in, Yogyakarta dengan melakukan proses pendampingan dalam pembuatan bahan ajar berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash."
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2018
600 JPM 1:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Santhi Oktariyani
"ABSTRAK
Sekolah dasar merupakan pendidikan formal yang pertama kalinya mengajarkan anak mengenai pengetahuan akademik dan ketrampilan sosial. Pengalaman yang didapatkan anak selama belajar di SD memiliki pengaruh yang besar terhadap bagaimana anak memandang dan bersikap terhadap diri mereka sendiri maupun sekolah di tahun-tahun berikutnya. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dasar untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak. Sekolah tidak dapat memberikan pendidikan secara efektif apabila tidak didukung guru yang efektif. Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai guru adalah manajemen kelas. Selama satu dekade manajemen kelas merupakan salah satu komponen yang mendapatkan perhatian yang baik dari sekolah, guru dan orangtua. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap 7 orang guru kelas 4-6 SD Tarakanita 3 ditemukan bahwa pemahaman guru mengenai manajemen kelas terlihat kurang, dimana mereka belum menyadari pentingnya manajemen kelas dalam pembelajaran.
Atas dasar pemikiran diatas, maka peneliti menyusun modul pelatihan manajemen kelas pada guru kelas 4-6 SD Tarakanita 3. Dengan pelatihan ini, diharapkan guru mampu menyadari pentingnya manajemen kelas dalam proses belajar mengajar, dan siap melakukan manajemen kelas yang efektif."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T38813
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rianto
"ABSTRAK
Teknologi berkembang begitu pesat khusunya perkembangan software saat ini, hal ini akan menjadikan seseorang menjadi tertinggal apabila tidak dapat memanfaatkannya. Salah satunya adalah Microsoft Office, software ini berkembang seiring dengan kebutuhan teknologi dalam membantu menyelesaikan pekerjaan khusunya yang di hadapi di dalam pekerjaan sehari-hari. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Word dan Excel yang digunakan untuk pengelolaan kata dan angka. Aplikasi tersebut sangat membatu dalam menyelesaikan permasalahan untuk pengolahan yang berhubungan dengan kata yaitu surat-surat serta angka untuk pembuatan pelaporan keuangan. Dalam dunia kerja, aplikasi tersebut mempunyai peranan yang penting di dalam mendukung menyelesaikan pekerjaan. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut pekerjaan yang berhubungan dapat dengan cepat diselesaikan. Tetapi dengan kelebihan aplikasi terebut, tidak semua orang dapat mengoperasikannya khususnya Guru PAUD Al-Muthi'in Yogyakarta, perlu adanya keterampilan dan kemampuan untuk mengopersikannya. Untuk itu perlu adanya pelatihan khusus agar dapat mengoperasikan aplikasi tersebut. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan Guru PAUD Al-Muthi'in Yogyakarta dapat mengoperasikan aplikasi Microsoft Excel yang merupakan aplikasi pengolahan angka untuk menyelesaikan permasalahan laporan keuangan. Sehingga dengan kemampuan yang dimiliki oleh Guru PAUD Al-Muthi'in Yogyakarta dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat."
Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, 2019
600 JPM 2:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Ruswandi
"Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an sebagai pedoman beragama harus difahami dengan benar. Membaca Al-Qur’an tidak seperti membaca teks yang lainnya. Dalam Al-Qur’an ada kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah itu tidak digunakan maka makna Al-Qur’an tersebut akan menjadi salah. Oleh karena itu, perlu ada sebuah metode yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode deskriptif analitik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model desain pembelajaran, proses pembelajaran, bentuk evaluasi, keunggulan, hasil pembelajaran, serta permasalahan dan solusinya dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiroati di SD IT Al-Ichwan. Berdasarkan temun dan pembahasan dapat diketahui bahwa SD IT Al-Ichwan merupakan salah satu sekolah yang berinovasi dengan menerapkan metode Qiroati untuk belajar membaca Al-Qur’an. Dengan metode ini siswa dengan mudah dapat meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an, dan juga metode ini bisa menjadikan sarana pengembangan guru dalam mengajarkan Al-Qur’an."
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sumarni Sityati
"Penelitian ini membahas tentang determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggali determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Prestasi belajar sebagai variabel terikat diambil untuk mata pelajaran matematika siswa kelas IX dengan tolok ukur nilai raport siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 249 siswa. Alat analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda dengan metode stepwise.
Hasil penelitian menemukan bahwa determinan yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta adalah waktu belajar di rumah, penghargaan yang diterima dari orangtua, sikap atau tindakan guru jika ada siswa yang mendapat nilai jelek, sikap atau tindakan guru jika ada siswa yang tidak mengerjakan tugas matematika, sikap atau tindakan kepala sekolah jika ada siswa yang tidak disiplin, dan pendidikan terakhir ibu. Pengaruh dari indikator-indikator tersebut terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa sebesar 60,3 %.

This research is subject to determinants those influence to Learning Achievement In Mathematics of Students Grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta. This research use quantitative paradigm to find determinants those influence to Learning Achievement In Mathematics Students Grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta. Learning achievement, as dependent variable, is used for mathematics of students on grade IX with value of record card as a measurement tool (instrument) . Total sample that used in this research is 249 students. Data analysis uses multiple regression with stepwise method.
The research found that determinants influence to learning achievement in mathematics of students on grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta are time for study at home, appreciation from the parents, reaction of the teacher when the student get a bad score in mathematics, reaction of the teacher when the student do not furnish mathematics task in time, reaction of the headmaster to the undisciplined student, and the last is education from the mother. Influence of the determinants to learning achivement in mathematics is 60,3%."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T27800
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sumarni Styati
"Penelitian ini membahas tentang determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggali determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Prestasi belajar sebagai variabel terikat diambil untuk mata pelajaran matematika siswa kelas IX dengan tolok ukur nilai raport siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 249 siswa. Alat analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda dengan metode stepwise.
Hasil penelitian menemukan bahwa determinan yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta adalah waktu belajar di rumah, penghargaan yang diterima dari orangtua, sikap atau tindakan guru jika ada siswa yang mendapat nilai jelek, sikap atau tindakan guru jika ada siswa yang tidak mengerjakan tugas matematika, sikap atau tindakan kepala sekolah jika ada siswa yang tidak disiplin, dan pendidikan terakhir ibu. Pengaruh dari indikator-indikator tersebut terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa sebesar 60,3 %.

This research is subject to determinants those influence to Learning Achievement In Mathematics of Students Grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta. This research use quantitative paradigm to find determinants those influence to Learning Achievement In Mathematics Students Grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta. Learning achievement, as dependent variable, is used for mathematics of students on grade IX with value of record card as a measurement tool (instrument). Total sample that used in this research is 249 students. Data analysis uses multiple regression with stepwise method.
The research found that determinants influence to learning achievement in mathematics of students on grade IX in SMPN 5 Yogyakarta and SMPN 8 Yogyakarta are time for study at home, appreciation from the parents, reaction of the teacher when the student get a bad score in mathematics, reaction of the teacher when the student do not furnish mathematics task in time, reaction of the headmaster to the undisciplined student, and the last is education from the mother. Influence of the determinants to learning achivement in mathematics is 60,3%."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T 28353
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alderman, Eric
Berkeley, California: McGraw-Hill, 1988
001.642 ALD m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>