Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 199021 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Retno Sri Lestari
"ABSTRAK
Dengan terus berkembangnya industri kesehatan dan semakin kompetitifnya persaingan perusahaan farmasi dan alat kesehatan di Indonesia, menjadikan perusahaan-perusahaan tersebut merasa perlu untuk menciptakan competitive advantage dengan memanfaatkan brand yang merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, tesis ini bermaksud untuk membahas mengenai pengaruh strategi brand orientation terhadap brand performance pada perusahaan business-to-business(B2B) yang bergerak di industri kesehatan yaitu perusahaan farmasi dan alat kesehatan di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh faktor internal perusahaan dan faktor mediasi yang dapat mempengaruhi penerapan brand orientation di dalam perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif kuantitatif. Dari 145 responden perusahaan B2B diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa entrepreneurial orientationmempengaruhi perusahaan dalam menerapkan brand orientationdan marketing capability tidak menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Selain itu, customer value co-creation dan brand credibility dapat menjadi faktor mediasi yang meningkatkan pengaruh dari brand orientation terhadapbrand performance. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disarankan pada perusahaan B2B yang ingin meningkatkan brand performance mereka untuk menerapkan brand orientation dalam strategi pemasaran mereka.

ABSTRACT
With the recent development of healthcare industries and competitive competition of pharmaceutical and medical device firms in Indonesia, it made these firms feel need the importance to create competitive advantage by utilizing the brand as one of the most important assets for the firm. Therefore, this research intends to find out the role of brand orientation strategies on brand performance in business-to-business (B2B) firms in the health industry, namely pharmaceutical and medical device firms in Indonesia. In addition, this study also aims to see the influence of internal factors and mediation factors that could influence the implementation of brand orientation within the firms. This research is a quantitative descriptive design research. With 145 B2B firm respondents, the results show that the entrepreneurial orientation influences firm in implementing brand orientation and marketing capability factor does not show a significant positive effect. In addition, customer value co-creation and brand credibility could be mediating factors that increase the influence of brand orientation on brand performance. Based on these results, it can be suggested for B2B firms that would like to improve their brand performance to start implement the brand orientation in their marketing strategies."
2019
T54654
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isnaini Nursilvia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengalaman merek pada konsumen Gojek Indonesia memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan para pengguna Gojek Indonesia yang berdomisili di Indonesia yang berusia 18-28 tahun. Terdapat sebanyak 290 responden terkumpul yang menggunakan metode purposive sampling. Kemudian, diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh dari pengalaman merek yang dirasakan oleh konsumen Gojek Indonesia terhadap loyalitas merek melalui persepsi kualitas dan kepercayaan merek. Penelitian ini menunjukkan bahwa loyalitas merek dipengaruhi secara langsung oleh pengalaman merek, persepsi kualitas, dan kepercayaan merek. Selain itu, persepsi kualitas dan kepercayaan merek juga memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara pengalaman merek dan loyalitas merek. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan pada industri on-demand service dalam meningkatkan loyalitas merek dari konsumen mereka.

This study aims to determine that the brand experience of Gojek Indonesia customers has an influence on brand loyalty. The samples used in this study are Gojek Indonesia users who are domiciled in Indonesia aged 18-28 years. There were 290 respondents collected using purposive sampling method. The date is processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Partial Model (PLS-SEM). The results of this study show the influence of the brand experience felt by Gojek Indonesia customers on brand loyalty through perceived quality and brand trust. This study shows that brand loyalty is directly influenced by brand experience, perceived quality, and brand trust. Moreover, perceived quality and brand trust also have a mediating effect on the relationship between brand experience and brand loyalty. This study is expected to help companies in the on-demand service industry in increasing brand loyalty from their customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Andiani
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh brand trust dan brand affect terhadap brand loyalty pada merek Apple di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif. Sampel penelitian adalah pengguna merek Apple di Jakarta dengan jumlah 100 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive atau judgemental. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand trust secara individual tidak berpengaruh terhadap brand loyalty; brand affect secara individual memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty; brand trust dan brand affect secara bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty.

The purpose of this research is to discover the effects of brand trust and brand affect toward brand loyalty of Apple as a brand. This study uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 respondents of Apple’s users around Jakarta. In order to select the respondent, this study uses purposive or judgmental method. The results indicate that brand affect has significant positive effect toward brand loyalty; brand trust is neglected as it has no significant effect showed by the regression model; the combination of brand trust and brand affect, together, resulted in significant positive effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmie Rahman
"Persaingan di industri yang semakin kompetitif dan tersaturasi membuat perusahaan semakin sulit untuk membedakan dirinya dengan perusahaan lain dan masuk ke benak konsumen sehingga dibutuhkan identitas merek untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan brand identity terhadap brand awareness dalam sebuah perusahaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian serta menggunakan 100 mahasiswa FISIP UI sebagai sampel penelitian dan menggunakan analisa deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan brand identity memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap brand awareness.

Competition in industry have become more competitive and saturated. This condition make it harder for company to differentiate itself in the competition and getting into the consumer mind. Company need brand identity to increase consumer awareness towards company brand. The objective of this study is to analyze the effect of brand identity toward brand awareness on a company. This study used quantitative approach with questionnaire as research instrument and 100 sample from FISIP UI student. This study result indicated that brand identity have a really strong effect toward brand awareness."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55013
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Audy
"Perkembangan industri kosmetik di Indonesia yang semakin meningkat membuat suatu merek perlu untuk memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan merek kompetitor lainnya. Keunikan merupakan kunci bagi suatu merek untuk dapat memikat daya tarik konsumennya. Wardah merupakan salah satu merek yang memiliki keunikan tersendiri dalam memperkenalkan mereknya kepada konsumen. Wardah menerapkan strategi islamic branding yang bersandar pada prinsip-prinsip syariah Islam dalam membentuk brand image-nya sebagai merek kosmetik halal di Indonesia. Makalah ini disusun untuk menganalisis penerapan strategi islamic branding oleh Wardah dalam pembentukan brand image dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Teori dan konsep yang digunakan dalam makalah ini meliputi islamic branding, brand image, dan purchase intention yang didukung oleh penggunaan metode pengumpulan data berupa data sekunder serta analisis masalah menggunakan metode analisis konten. Hasil analisis menemukan bahwa penerapan strategi islamic branding yang dilakukan Wardah dalam upaya pembentukan brand image memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di Indonesia terhadap produk Wardah.

The development of the cosmetic industry in Indonesia is currently increasing, this situation makes a brand need to have its own attractiveness to the consumers compared to other competing brands. Uniqueness is the key for a brand to be able to attract consumer appeal. Wardah is a brand that has a uniqueness in introducing its brand to consumers. Wardah implements an Islamic branding strategy that relies on Islamic syriah principles in shaping its brand image as a halal cosmetic brand in Indonesia. This paper is structured to analyze the implementation of Islamic branding strategy by Wardah in the formation of brand image and its effect on consumer buying intention. The theory and concepts used in this paper include Islamic branding, brand image, and purchase intention which are supported by the use of data collection methods in the form of secondary data and problem analysis using content analysis methods. The results of the analysis found that the implementation of the Islamic branding strategy carried out by Wardah in an effort to form a brand image had an influence on consumer buying interest in Indonesia for Wardah products."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Diah Lestari
"Islamic branding adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pemasaran di Indonesia dengan semakin maraknya merek yang menggunakan klaim halal pada produknya serta juga penggunaan simbol-simbol Islami dalam komunikasi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pembentukan ekuitas merek (brand equity) dalam Islamic brand dengan menggunakan merek kosmetik Wardah sebagai obyek penelitian.
Menciptakan loyalitas konsumen adalah merupakan tujuan utama dari seorang pengelola merek, dan merupakan inti dari konsep brand equity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari variabel-variabel perceived quality, corporate brand image dan brand personality dari Islamic brand terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun melalui variabel perantara brand attitude. Penelitian dilakukan pada 159 responden dengan menggunakan menggunakan metode kuantitatif analisa jalur.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived quality dapat memberikan pengaruh kepada brand loyalty baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu melalui variabel brand attitude. Sementara brand personality tidak dapat memberikan pengaruh langsung pada brand loyalty melainkan hanya melalui brand attitude. Corporate brand image tidak secara signifikan dapat memberikan pengaruh baik pada brand loyalty maupun brand attitude.

Islamic branding is a phenomenon that occurs in the world of marketing in Indonesia with the increasingly widespread brands that use halal claims on their products as well as the use of Islamic symbols in their marketing communications. This research was conducted to analyze the formation of brand equity in Islamic brand by using Wardah cosmetic brand as research object. Creating brand loyalty is the main objective of a marketer and is at the core of the brand equity concept.
The purpose of this research is to analyse the effect of perceived quality, corporate brand image and brand personality of Islamic brand towards brand loyalty either directly or through the mediation of brand attitude. The research was conducted on 159 respondents by using quantitative method of path analysis.
The result of this study indicates that perceived quality variables gives effect to brand loyalty either directly or indirectly through variable brand attitude. Meanwhile brand personality does not give a direct impact on brand loyalty but only through mediation of brand attitude. Corporate brand image does not significantly effect to both brand loyalty and brand attitude.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48689
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Randhika Ikra Ramadhan
"Brand extension merupakan strategi yang penting dilakukan bagi setiap merek. Sebuah merek induk atau parent brand mengembangkan produk baru yang berbeda menggunakan strategi merek yaitu memanfaatkan brand equity dan brand relationship yang sudah dimiliki oleh merek induk tersebut untuk mempermudah penerimaan brand extension kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis customer brand relationship terhadap brand extension acceptance dan brand equity terhadap brand extension acceptance dari pengguna Instagram Shop. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengambilan data purposive sampling melalui kuesioner online. Data dihasilkan dari 210 konsumen Instagram Shop untuk memberikan dukungan kuat untuk model penelitian. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis multivariat dengan regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara customer brand relationship terhadap brand extension acceptance, serta adanya hubungan positif yang signifikan antara brand equity terhadap brand extension acceptance dari pengguna Instagram Shop di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merekomendasikan agar Instagram Shop dapat memaksimalkan customer-brand relationship, dengan membangun ikatan yang kuat kepada pengguna Instagram, dan memanfaatkan brand equity untuk konsumen dapat dengan mudah menerima brand extension dari Instagram yaitu Instagram Shop dengan serta meningkatkan kualitas, keamanan, dan kegunaan dari Instagram Shop.

Brand extension is an important strategy for every brand. A parent brand develops a new product that is different using a brand strategy, namely utilizing the brand equity and brand relationships already owned by the parent brand to facilitate the acceptance of brand extensions to customers. The purpose of this study is to analyze the customer brand relationship to brand extension acceptance and brand equity to brand extension acceptance from Instagram Shop users. The research method uses a quantitative approach with survey methods and purposive sampling data collection techniques through online questionnaires. Data was generated from 210 Instagram Shop consumers to provide strong support for the research model. The data analysis technique in this study used multivariate analysis with simple regression. The results of this study indicate that there is a significant positive relationship between customer brand relationship and brand extension acceptance, as well as a significant positive relationship between brand equity and brand extension acceptance of Instagram Shop users during the Covid-19 pandemic. This study recommends that Instagram Shop can maximize customer-brand relationships, by building strong bonds with Instagram users, and utilizing brand equity so that consumers can easily accept brand extensions from Instagram, namely Instagram Shop by increasing the quality, security, and usability of Instagram Shop."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Arif Maulana
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh brand community terhadap brand loyalty Piaggio Vespa matik pada komunitas Scooterfixed. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand community terhadap brand loyalty dan dimensi mana dari brand community yang paling berpengaruh terhadap brand loyalty. Konsep dasar dari brand community terbagi menjadi tigar pilar penting yaitu consciousness of kind, shared rituals and tradition, dan sense of moral responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang anggota komunitas Scooterfixed yang telah dua kali melakukan pembelian motor Piaggio Vespa matik. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa brand community memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty Piaggio merek Vespa matik pada komunitas Scooterfixed.

This study discusses the influence of brand community on brand loyalty Piaggio Vespa matic on Scooterfixed community. The purpose of this study to determine the influence of brand community on brand loyalty and which dimension of the brand community most influential on brand loyalty. The basic concept of brand community is divided into important tigar pillars, namely consciousness of kind, shared rituals and tradition, and sense of moral responsibility. This research uses quantitative approach. The survey was conducted by distributing questionnaires to 100 members of the Scooterfixed community who had made two purchases of the automatic Piaggio Vespa motor. The results of this study indicate that the brand community has a significant influence on the brand loyalty Piaggio Vespa matik on Scooterfixed community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68459
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirot Fadhlurahman
"Loyalitas konsumsi kopi dapat dilihat dari tingkat estimasi konsumsi di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Akan tetapi, tingkat produktivitas dari merek-merek Kopi Nasional mengalami penurunan, salah satunya yaitu merek Kopi Arabika Toraja, yang akan mempengaruhi atas nilai autentisitas dan citra merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customers authenticity perception terhadap brand loyalty melalui brand image pada Kopi Arabika Toraja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customers authenticity perception memiliki pengaruh positif dan signfikan terhadap brand loyalty melalui mediator yaitu brand image. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh customers authenticity perception terhadap brand loyalty walaupun tidak sebesar jika diperantai oleh brand image.

The loyalty of coffee consumption can be seen from the enhancing of estimate consumption in Indonesia every year. However, the productivity from the national coffees brand got declined, including Kopi Arabika Toraja that will affect the customers authenticity perception and the brand image. This research is intended to determine the effect of customers authenticity perception towards brand loyalty through brand image of Kopi Arabika Toraja. With 100 samples collected by purposive sampling methods, this research shows that the result is, there is a positive and significant relation between customers authenticity perception towards brand loyalty through brand image. It also shows that customers authenticity perception has a direct effect to brand loyalty, but it is not as significance as when brand image is being the mediator of this relation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Sampetua Rudy Paruhum L
"Teknologi mengubah perilaku masyarakat dunia hari ini. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan relasi positif antar laten variabel brand orientation, brand knowledge, brand involvement dan brand commitment terhadap brand equity suatu organisasi, dengan kebaharuan variabel di moderasi organization change readiness untuk perusahaan business to business (B2B), khususnya Internet Service Provider (ISP) di negara berkembang. Survei online mengikuti metode purposive sampling kepada 68 responden perusahaan dan dilakukan analisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya relasi brand commitment terhadap internal brand equity dengan moderasi organization change readiness namun tidak terbukti adanya hubungan langsung dari internal brand equity dan brand equity.

Technology changes people behavior in today society globally. Reseach objective is to explain positive relationship between latent variables of brand orientation, brand knowledge, brand involvement, brand commitment to brand equity in organization, by novelty in moderation organization change readiness at business to business (B2B), especially to internet service provider (ISP) in developing country. Online survey uses purposive sampling at 68 company respondents and analysis using Partial Least Square (PLS). Result shows relationship between brand orientation, brand commitment to internal brand equity with moderation organization change readiness, however there is no proof established relationship between internal brand equity and brand equity. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>