Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131560 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chairunnisya Wati
"Laporan ini menganalisis pemeriksaan pajak penghasilan badan tahun 2016 PT DEF yang disebabkan karena kompensasi kerugian fiskal serta permohonan pengajuan restitusi pajak penghasilan badan. Terdapat beberapa koreksi yang dilakukan oleh Pemeriksa terkait SPT PPh Badan tahun 2016 milik PT DEF, yaitu peredaran usaha, objek PPh Pasal 21, serta biaya usaha lainnya. Koreksi dari hasil pemeriksaan disebabkan karena perbedaan penerapan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku oleh Pemeriksa dan PT DEF. PT DEF menanggapi koreksi tersebut dengan menyediakan dokumen-dokumen terkait sebagai bukti bentuk kepatuhan PT DEF terhadap peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa PT DEF telah melakukan sebagian kewajiban perpajakannya dengan baik, yaitu pada biaya usaha lainnya, namun belum dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik pada hasil pemeriksaan peredaran usaha dan objek PPh Pasal 21. Sehingga pada peredaran usaha dan objek PPh Pasal 21 diperlukan pemahaman peraturan perundang-undangan perpajakan serta manajemen perpajakan yang lebih baik oleh PT DEF.

This report analyzes PT DEF's 2016 corporate income tax audit due to the compensation for fiscal losses as well as applications for corporate income tax refund. There are some corrections made by the Tax Auditor regarding the 2016 Corporate Income Tax Return of PT DEF, namely gross income, object of Article 21 Income Tax, and other operating expenses. Corrections from the results of the tax audit are due to differences in the application of tax laws and regulations applied by the Tax Auditor and PT DEF. PT DEF responded to the corrections by providing related documents as proof of PT DEF's compliance with applicable tax laws and regulations. From the results of the analysis it was concluded that PT DEF had carried out part of its tax obligations well, which is in the other operating expense, but had not been able to carry out its tax obligations in audit results of gross income and object of Article 21 Income Tax. So, in gross income and object of Article 21 Income Tax it is necessary for PT DEF to have a better comprehension on related tax laws and regulations and a better tax management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Citranur
"Konsekuensi atas sistem pemungutan pajak di Indonesia yang menganut Self Assessment System menuntut Dirjen Pajak untuk meningkatkan pengawasan atas kewajiban perpajakan melalui pemeriksaan pajak. Oleh karena itu, wajib pajak perlu melakukan persiapan untuk menghadapi pemeriksaan, salah satunya melalui ekualisasi SPT. Penelitian ini membahas mengenai ekualisasi peredaran usaha dalam SPT PPh badan dan PPN sebagai bagian dari perencanaan pajak dalam rangka pemeriksaan berdasarkan studi kasus PT XYZ. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan ekualisasi dipengaruhi oleh proses bisnis wajib pajak dan permasalahan teknis. Ekualisasi memiliki peran sebagai perencanaan pajak untuk meminimalisir adanya kejutan pajak dalam pemeriksaan.

As a consequence of tax collecting system in Indonesia applied Self Assessment System requires Directorate General of Taxation to increase monitoring system of tax obligation by tax audit. Thus, taxpayer have to prepare facing tax audit, through equalization of tax return. This research discusses sales equalization of Corporate Income Tax Return and VAT Tax Return as a part of tax planning in audit based on the case study at PT XYZ. This study is a descriptive qualitative research design. The result of this study shows that equalization is influenced by business nature of taxpayer and the technical problems. Equalization has a role as tax planning to minimize tax surprise in audit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zanis Ramadhania
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas rekapitulasi kredit pajak pada SPT Tahunan PPh Badan tahun 2019 PT EDN. Dengan rekapitulasi kredit pajak, perusahaan dapat memastikan seluruh kredit pajak telah tercatat dan dokumentasi yang disediakan
perusahaan telah memadai untuk penghitungan SPT Tahunan PPh Badan. PT EDN memiliki kredit pajak pada Pajak Penghasilan Pasal 22, Pajak Penghasilan Pasal 23, dan Pajak Penghasilan Pasal 25. Rekapitulasi kredit pajak pada PT EDN bertujuan untuk menghitung
jumlah pajak yang telah dibayar oleh PT EDN atas Penghasilan Kena Pajak. Berdasarkan dokumentasi dan perhitungan kredit pajak yang telah tercatat, seluruh dokumentasi dan perhitungan kredit pajak yang dimiliki oleh PT EDN sudah sesuai dengan undang-undang perpajakan yang berlaku. Sehingga perhitungan kredit pajak PT EDN dapat digunakan sebagai perhitungan SPT Tahunan PPh Badan sebagai pengurang pajak terutang.

ABSTRACT
This report aims to conduct the evaluation of prepaid tax recapitulation of annual tax return of corporate income tax in 2019 for PT EDN. With a prepaid tax recapitulation, the company can ensure that all prepaid tax have been recorded and the documentation provided by the company is sufficient for the calculation of the Annual Corporate Income Tax Return. PT EDN has a prepaid tax on Income Tax Article 22, Income Tax Article 23, and Income Tax Article 25. The prepaid tax recapitulation at PT EDN aims to calculate the amount of tax paid by PT EDN for Taxable Income. Based on the documentation and calculation of prepaid tax that have been recorded, all documentation and calculation of prepaid tax owned by PT EDN are in accordance with applicable tax laws. So that the calculation of PT EDN`s prepaid tax can be used as a calculation of the Annual Corporate Income Tax Return as a deduction from the tax
payable."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devean
"Laporan magang ini berisi evaluasi persiapan dokumen pajak oleh Persekutuan MTH dalam proses pemeriksan pajak SPT Pajak Penghasilan (PPh) Badan Lebih Bayar (SPTLB) PT CRI. Penyebab diadakannya pemeriksaan pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada PT CRI dikarenakan pelaporan SPT PPh Badan Tahun Pajak 2021 PT CRI yang berstatus lebih bayar. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan ini bertujuan untuk melihat kesesuaian atau ketidaksesuaian praktik persiapan dokumen pemeriksaan pajak oleh persekutuan MTH dalam proses pemeriksaan pajak SPT PPh Badan Lebih Bayar (SPTLB) PT CRI. Berdasarkan hasil evaluasi, praktik persiapan dokumen pemeriksaan pajak oleh persekutuan MTH telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di samping evaluasi tersebut, laporan ini juga mencakup refleksi diri penulis selama menjalani kegiatan magang sebagai pegawai magang di persekutuan MTH yang dapat menjadi pembelajaran untuk perkembangan diri penulis kedepannya.

This internship report contains an evaluation of MTH Partnership's tax document preparation in the tax audit process of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Return overpayment. The reason for the tax audit conducted by the Directorate General of Taxes (DJP) at PT CRI is due to the overpayment status of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Returns for the 2021 tax year. The evaluation conducted in this report aims to assess the compliance or non-compliance of MTH Partnership's tax document preparation practices in the tax audit process of PT CRI's Annual Corporate Income Tax Return overpayment. Based on the evaluation results, MTH Partnership's tax document preparation practices are found to be in compliance with applicable regulations. In addition to this evaluation, the report also includes the author's self-reflection during the internship activities as an intern at MTH Partnership, which can serve as a learning experience for the author's future development."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Tania Permatasari
"Perusahaan menerapkan kebijakan perpajakan dengan tujuan mengefisiensikan pembayaran pajak terutang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Skripsi ini meneliti tentang kebijakan perpajakan yang dilakukan di PT ABC sebagai upaya mengefisiensikan beban pajaknya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan studi literatur dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT ABC telah menerapkan kebijakan pepajakan, namun kebijakan pajak yang dilakukan PT ABC kurang efektif dan tidak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Hambatan penerapan kebijakan pajak dikarenakan pengarsipan dokumen yang kurang baik dan karywan PT ABC yang kurang memahami peraturan perpajakan.

Implementation of tax policy is carried out by companies with the aim of
streamlining the payment of tax payable in accordance with applicable tax laws
and regulations. This study examines tax policy conducted at PT ABC in an effort
to streamline the tax burden. This research is qualitative descriptive with studies
in the literature and in-depth interviews. The results of this study indicate that PT
ABC has implemented tax policy at its company, but the tax policy at PT ABC is
less effective and not in accordance with applicable tax regulations. Tax policy
barriers are due to poor document archiving and PT ABC employees who do not
understand tax regulations.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Diandra Kalila
"Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian proses perhitungan pajak penghasilan dan pengisian surat pemberitahuan pajak penghasilan badan yaitu formulir SPT 1771 yang dilakukan oleh KKP ABC atas KJPP DEF dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia terutama ketentuan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-02/PJ/2019 dan Undang Undang Pajak Penghasilan. Secara umum, hasil evaluasi menunjukan kesesuaian atas proses yang dilakukan dengan peraturan yang berlaku. Namun, kekurangan yang ditemukan dalam prosedurnya adalah tidak diberikannya laporan keuangan yang sudah diaudit dari pihak klien sebagai basis perhitungan dan adanya bagian pada kolom identitas di formulir SPT yang tidak diisi. Hal yang dapat diperbaiki oleh KKP ABC adalah memastikan bahwa laporan keuangan yang sudah diaudit dapat tersedia sebelum melakukan prosedur penghitungan dan pengisian formulir SPT 1771 sehingga angka yang digunakan dapat mencerminkan keadaan finansial klien dengan akurat dan menghindari kebutuhan pembetulan di kemudian hari.

This internship report evaluates the suitability of the income tax calculation process and filling out the corporate income tax form, namely the SPT 1771 form, carried out by KKP ABC on KJPP DEF with the tax regulations applicable in Indonesia, especially the provisions in the Director General of Taxes Regulation Number PER-02/PJ/2019 and the Income Tax Act. In general, the evaluation results show compliance with the processes carried out with applicable regulations. However, deficiencies found in the procedure were the failure to provide an audited financial report from the client as a basis for calculations and a section in the identity column on the SPT form that was not filled in. To further improve the process, KKP ABC needs to ensure that audited financial reports are available before carrying out the calculation procedure and filling out the SPT 1771 form so that the numbers used can accurately reflect the client's financial situation and avoid the need for corrections later.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Auliyana
"Sengketa pajak atas PPh Badan Tahun Pajak 2007 PT CDEF yang telah diproses selama kurang lebih 5 (lima) tahun yang merupakan hasil pemeriksaan dan keberatan oleh DJP dengan hasil Keputusan ditolak seluruhnya. Dengan alasan merasa tidak puas, WP mengajukan ke tahap Pengadilan, dengan hasil keputusan diterima sebagian. Sengketa diajukan atas tiga hal yang awalnya dkoreksi oleh DJP, yaitu atas peredaran usaha, beban promosi dan beban sumbangan. Perbedaan pendapat antara WP dengan DJP merupakan penyebab terjadinya sengketa. Perbedaan pendapat ini disebabkan adanya perbedaan intrepretasi data dan intrepretasi peraturan. Perbedaan intrepretasi data terjadi terhadap koreksi atas peredaran usaha dan beban promosi dimana data yang diserahkan oeh WP kepada pihak DJP tidak sesuai permintaan DJP. Sementara perbedaan intrepretasi hukum terjadi terhadap beban sumbangan dimana DJP menggunakan PMK Nomor 609/PMK.03/2004 , sementara WP menggunakan S - 451/PJ.313/2005 sebagai landasan hukumnya. Atas kasus sengketa perpajakan ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi WP agar lebih memperhatikan masalah manajemen pajaknya.

Dispute of tax on corporate income tax year 2007 PT CDEF that have been processed for more than 5 (five) years is the result of the examination and objection by the DGT with the decision is rejected entirely. The PT CDEF are not satisfied, PT CDEF filed to the Court stage, with the decision received partially. Appeal filed on three things that initially are corrected by DGT, ie the revenue, promotional expenses and donations expenses. Differences of opinion between the DGT and PT CDEF is the cause of the appeal. The difference in opinion is due to differences in interpretation of the data and the interpretation of the rules. The difference in interpretation of the data going to the correction of the revenue and promotional expenses which the data submitted by PT CDEF to the DGT does not match plea. While the differences in interpretation of the law happens to donations espense where DGT using PMK No. 609/PMK.03/2004, while PT CDEF using S-451/PJ.313/2005 as its legal basis. For this Disputes over taxation is expected to be a lesson for PT CDEF to be more concerned about tax management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mardina Natalia
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas praktik pengisian SPT Pajak Penghasilan pada PT ABC dan refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dilakukan. Pengisian SPT ini dilakukan oleh Mirian Indonesia, sebagai konsultan bisnis dalam bidang perpajakan. PT ABC merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam usaha pertambangan yang dengan rutin membayarkan pajaknya sesuai dengan SPT setiap tahunnya. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan magang ini terkait dua hal utama, yaitu pengisian pada formulir SPT 1771 dan lampiran khusus SPT. Evaluasi dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-
19/PJ.2014 mengenai Petunjuk Pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan. Hasil dari evaluasi yang dilakukan adalah adanya kesesuaian dengan penilaian dari senior in charge dan beberapa hal yang kurang sesuai dengan petunjuk teknik yang ada pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-19/PJ.2014 mengenai Petunjuk Pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak
Penghasilan Wajib Pajak Badan.

ABSTRACT
This report discusses the evaluation of corporate annual tax return filling at PT ABC and self reflection on the internship experience that has been done. The tax return filing was conducted by Mirian Indonesia, as a business consultant in the taxation field. PT ABC is a company engaged in the mining business that routinely pays taxes according to the annual tax return. The evaluation carried out on this report is related to two main things, filling in the SPT form 1771 and the special attachment of the annual tax return. The evaluation carried out based on the provisions in the Regulation of the Director General
of Tax Number PER-19 / PJ.2014 regarding Instructions for Completing Annual Tax Returns for Corporate Taxpayers. The result of the evaluation is the conformity with the assessment of the senior in charge and some things that are lacking in accordance with the technical Instructions in the Regulation of the Director general of taxation number PER-19/PJ. 2014 on the annual notice of Income tax law."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ines Nastasya
"Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan perencanaan pajak pada PT RBA dan mengetahui alternatif-alternatif yang ada dari perencanaan pajak dalam berbagai transaksi bisnis perusahaan. Dan selanjutnya dapat diterapkan alternatif yang terbaik yang memberikan penghematan pajak dan laba bersih setelah pajak yang paling maksimal. Ruang lingkup dalam penelitian ini dibatasi pada PT RBA, teknik pengumpulan data yaitu dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan wawancara dengan pihak perusahaan maupun melalui observasi secara langsung.

The objectives of this study is to provide an overview of the implementation of tax planning on a PT RBA and knowing that there are alternatives of tax planning in a variety of business transactions. Then can be applied to the best alternative that provides tax saving and net profit after tax at the maximum. Scope in this study is limited within PT RBA data collection technique with library research and field research by interviewing with the manajemen as well as direct observations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Dhaifan Attallah Anda
"Laporan magang ini berisi evaluasi mengenai persiapan PT ABC dalam pengisian SPT PPh badan untuk PT IPI sesuai dengan kepatuhan terhadap Pedoman Direktorat Jenderal Pajak. Evaluasi yang dilakukan dalam laporan ini bertujuan untuk menilai Alur Pelaporan SPT PPh Badan di PT ABC, input awal ke Formulir 1771, equalisasi pajak, dan klarifikasi data yang diajukan oleh klien. Selain itu, aspek penting dari laporan magang ini adalah identifikasi perbedaan antara ringkasan penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 23 dan jumlah biaya bunga. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, praktek-praktek ini sesuai dengan peraturan yang ada serta memfasilitasi layanan yang menyeluruh. Lebih dari sekadar evaluasi, laporan magang ini juga mencakup penilaian diri yang kritis yang dilakukan oleh magang selama masa kerja mereka di PT ABC. Latihan introspeksi ini adalah bagian integral dari proses pembelajaran yang berkelanjutan, membentuk dasar yang kuat untuk kemajuan profesional mereka di masa depan.

This internship report contains a review of PT ABC’s preparation of corporate tax returns for PT IPI according to the compliance towards Directorate General of Taxes Guidelines. The evaluation carried out in this report is aimed at assessing the Corporate Tax Return Reporting Flow at PT ABC, initial input to Form 1771, tax equalization, and clarification of client’s submitted data. Additionally, a significant aspect of this report is the identification of the difference in Income Tax Article 23 receipt summary and the amount of interest expense. Based on the evaluation carried out, these practices are in accordance with the existing regulations as well as facilitating a thorough service. Beyond mere evaluation, this internship report constitutes a critical self-assessment carried out by the intern during their tenure at PT ABC. This introspective exercise is an integral part of their continuous learning process, forming a robust foundation for their future professional progression."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>