Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158933 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarahwenda Martinus
"ABSTRAK
Dalam karya tulis ini akan dibahas bagaimana pengaruh lingkungan fisik suatu tempat dapat mempengaruhi perilaku konsumen, dan analisis bagaimana lingkungan fisik akan memberikan perbedaan terhadap konsumen yang sudah lama dan masih baru. Lingkungan fisik sangat berperan penting dalam sebuah tempat untuk menarik konsumen. Berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi lingkungan fisik akan dibahas dalam karya tulis ini.

ABSTRACT
Provision of appropriate servicescape is of strategic importance. Servicescape performs a variety of roles which cause a favourable impact on customers. In this assignment, I am going to discuss how does the servicescape can influence customer behavour. This analysis will based on literature review and the application in real life. This report will describe how physical environment, colour, sound, and scent affect customer behavior, and field report analysis."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Arvanda
"ABSTRAK
Restoran dalam berbagai bentuknya merupakan bisnis yang bertumbuh pesat di
Indonesia. Salah satu bentuk restoran yang cukup berkembang, khususnya di kota
besar adalah restoran tematik dengan pembentukan lingkungan fisik dan
pelayanan sesuai tema tertentu. Skripsi ini membahas mengenai pengaruh
lingkungan fisik, interaksi pelayanan, nilai kecocokan terhadap emosi dan
kepuasan konsumen restoran tematik. Penelitian ini dilakukan pada 202 responden
yang merupakan konsumen dari restoran tematik yang berada di wilayah
Jabodetabek. Sebuah model penelitian dengan tujuh hipotesis untuk mengetahui
pengaruh antara variable independen, variabel intervening dan variable
dependennya. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi
berganda.

ABSTRACT
Restaurants in various forms is a business that is growing rapidly in Indonesia.
One form of restaurant which is quite developed, especially in big cities is a
thematic restaurant with the formation of the physical environment and service
according to a specific theme. This thesis deals with the influence of the
servicescape, service encounter, perceived congruency on consumer emotion and
satisfaction at thematic restaurants. This research was conducted on 202
respondents who were consumers of the thematic restaurant in Jabodetabek area.
A research model with seven hypotheses to find out the influence between
independent variable, intervening variable and dependent variable. Methods of
analysis used in this study is a multiple regression."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53580
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devandanny Primanata Nugroho
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh servicescape yang dimiliki Restoran Cimory Riverside terhadap loyalitas konsumennya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen Restoran Cimory Riverside dengan menggunakan metode non-probability serta teknik purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Regresi Sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa servicescape memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Restoran Cimory Riverside. Servicescape mempengaruhi tingkal loyalitas konsumen sebesar 47% dan sisanya sebesar 53% dipengaruhi oleh faktor lain.

The objective of this research is to analyze the effect of servicescape in Cimory Riverside Restaurant toward its consumer loyalty. The sample of this research is 100 Cimory Riverside Restaurant consumer, collected using non-probability sampling and purposive technique. This research used questionnaire as reserach instrument and analyzed with simple regression.
The result of this research indicated that servicescape have a significant effect on loyalty of Cimory Riverside Restaurant consumer. The servicescape effects the level of consumer?s loyalty equal to 47%, and the residue equal to 53% effected by some other factor."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55489
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Putradana
"Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki andil yang cukup besar terhadap perekonomian nasional serta penyerapan tenaga kerja yang tidak sedikit jumlahnya. Salah satu usaha UMKM yang memiliki omzet cukup besar adalah usaha toko ritel sembako. Akan tetapi, keberadaan UMKM ini semakin terancam eksistensinya dikarenakan pertumbuhan toko ritel modern yang jauh lebih pesat selama jika dibandingkan dengan pertumbuhan UMKM ini. UMKM UD. Tjandra yang berlokasi di Cinere Depok, merupakan salah satu unit usaha bertipe toko ritel sembako tradisional yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan para kompetitor di sekitarnya seperti harga yang lebih murah dan adanya variasi produk yang tidak dapat ditemukan pada toko ritel modern. Berdasarkan analisis yang dilakukan masih terdapat beberapa kesenjangan di unit usaha, yaitu pada aspek promosi dan suasana toko, sehingga diperlukan suatu proses optimalisasi untuk meminimalisasi kesenjangan tersebut. Optimalisasi yang dilakukan yaitu promosi blind shop, cross selling, dan optimalisasi lingkungan fisik (servicescape). Setelah dilakukan optimalisasi, terjadi peningkatan volume penjualan dari produk-produk yang dipromosikan dan penilaian konsumen UD. Tjandra terkait kualitas lingkungan fisik di toko UD. Tjandra juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UD. Tjandra dalam mengelola promosi yang efektif serta mengelola lingkungan tokonya secara lebih baik agar dapat meningkatkan daya saingnya dalam menghadapi pertumbuhan toko ritel modern yang sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Small and Medium Business Enterprises has a significant impact to the national economic and adsorb a significant number of employees in Indonesia. One of the types of small and medium enterprise that have a rapid cash flow in their operation is a traditional retail store. However, this kind of business is getting weaker realizing there is a higher enhancement of the growth of modern retail store. UD. Tjandra, which located in Cinere, Depok is one kind of this business which has a few strengths comparing to its nearby competitor, but still not maximizing it yet to increase their competitive power. Based on the analysis that have been done during this research, there are a few gaps in this business entity that need to be optimized in order to make this business entity perform better, these gaps are promotion and servicescape. Optimization that have been done in this research are blind shop promotion, cross selling promotion, and servicescape optimization. After doing these optimizations, there is a raise in sales volume for a product that used as an object in the promotion optimization and based on the UD. Tjandra customer evaluation, there is a satisfaction enhancement to the quality of UD. Tjandra's store physical evidence. This research is aiming to assist UD. Tjandra to manage more effective promotion process and to manage their store appearance in a better way, so they can raise their competitive power to face modern retail store rapid growth in recent years."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fachry Abdul Razak Afifi
"Indonesia diberkahi dengan potensi besar sumber daya energi surya untuk pembangkit listrik tetapi, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Pemerintah Indonesia telah menaruh perhatian terhadap masalah ini dengan mempromosikan Pembakit Listrik Surya Atap (PLTS Atap) untuk rumah tangga. Namun, penting untuk memahami motivasi rumah tangga Indonesia dalam mengadopsi PLTS Atap, agar dapat meningkatkan penggunaan PLTS Atap.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku lingkungan yang terkait dengan penghematan listrik dan motif efek sebaya Peer Effect) pada keputusan rumah tangga untuk penerapan PLTS Atap. Menggunakan data primer yang dikumpulkan oleh penyedia survei online di lima kota besar di Indonesia, penelitian ini menggunakan model logit untuk mengetahui hubungan diantara variabel-variabel utama penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah tangga yang menggunakan barang hemat energi, bergabung dengan komunitas lingkungan, dan memiliki rekan yang sudah memasang PLTS Atap memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk memasang PLTS Atap. Dengan demikian, pemerintah Indonesia dapat bekerja sama dengan komunitas lingkungan dan pemimpin lokal untuk mempromosikan penggunaan PLTS Atap sebagai pelopor penerapan teknologi PV.

Indonesia blesses with the massive potential of solar energy resources for electricity, yet it is not utilized maximumly. The government of Indonesia puts concern about this problem by promoting rooftop solar PV for the household. However, it is essential to understand what Indonesian household motivation in adopting technology is to promote the PV technology uptake successfully.
The purpose of this study is to explain the environmental behavior related to electricity saving and peer effect motives on household decisions for rooftop solar PV uptakes. Using primary data collected by an online survey provider in five major cities in Indonesia, this study uses the logit model to find out the association among those variables of interest.
The result shows that household using energy-efficient goods, joining an environmental community, and having a peer who already installs rooftop solar PV has a higher probability of installing rooftop solar PV. Thus, the government of Indonesia can work together with the environmental community and local leaders to promote rooftop solar PV adoption as pioneers in PV technology applications.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlaili Maya Ramadhanty
"Kualitas pelayanan yang baik merupakan hal krusial bagi Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih. Selain melalui aspek pengobatan, aspek lain yang dapatĀ  memengaruhi persepsi kualitas layanan adalah lingkungan fisik. Pasien akan menilai kualitas jasa rumah sakit yang tidak berwujud melalui lingkungan fisik yang konkret. Maka dari itu perhatian pada dimensi lingkungan fisik terbilang penting, mengingat pengaruhnya pada pembentukan persepsi kualitas layanan.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan lingkungan fisik dan dimensi-dimensinya terhadap persepsi kualitas layanan di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih.

Metodologi penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional (potong lintang). Data primer diperoleh dari pengisian kuisoner sebanyak 200 orang. Lingkungan fisik dinilai dengan aspek kondisi lingkungan, tata letak fungsionalitas, tanda symbol, desain dan kebersihan, dan persepsi kualitas layanan dinilai dengan kualitas fungsional dan teknikal

Hasil penelitian : Hasil analisis menunjukan terdapat korelasi sedang antara lingkungan fisik dengan persepsi kualitas layanan, dimana aspek lingkungan fisik yang paling berhubungan dengan persepsi kualitas layanan adalah kondisi lingkungan. Sedangkan desain dan tanda symbol tidak terdapat hubungan.

Kesimpulan : Peningkatan lingkungan fisik melalui peningkatan kondisi lingkungan, tata letak ruang dan fungsionalitas dan kebersihan dapat membantu membangun hubungan yang kuat terhadap persepsi kualitas layanan, oleh karena itu perlu untuk meningkatkan lingkungan fisik melalui peningkatan pengelolaan fasilitas yang telah.


Background: Achieving good service quality is crucial for the Prabumulih General Hospital. Apart from the treatment, another aspect that can influence the perception of service quality is the servicescape. Patients will assess the quality of intangible hospital services through the concrete physical environment. Therefore, attention to the dimensions of the servicescape is important, considering its influence on the formation of perceived service quality.

Objective: This study aims to examine the relationship between the servicescape and its dimensions on the perceived service quality in inpatient unit at the Prabumulih General Hospital.

Methods: This study uses a quantitative approach with a cross-sectional design. Primary data was collected from a questionnaire filled out by 200 individuals. The physical environment was assessed based on environmental conditions, functional layout, symbols, design and cleanliness, and the perception of service quality was evaluated in terms of functional and technical quality.

Results: Based on statistical tests, it was found that the servicescape had a significant correlation between the physical environment and the perception of service quality, with environmental conditions being the physical aspect most associated with the perception of service quality. Meanwhile, there is no correlation found between design and symbols and the perception of service quality.

Conclusion : Improving the physical environment through the enhancement of environmental conditions, spatial layout, functionality, and cleanliness can help build a strong relationship with the perception of service quality. Therefore, it is necessary to improve the physical environment by enhancing the management of existing facilities"

Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Maharani
"Pembangunan pariwisata berkelanjutan menjadi fokus pembangunan kepariwisataan nasional. Kelestarian lingkungan menjadi salah satu dari indikator keberhasilannya. Seiring dengan terjadinya pemanasan global dan kerusakan lingkungan, maka konsep pengembangan sarana akomodasi harus sejalan dengan tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Eco-resort merupakan sarana akomodasi yang ramah lingkungan, dibangun berdasarkan basis karakter lanskap yang khas dan unik, berbasis alam atau pada atraksi wisata khusus. Eco-resort dibangun dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan serta sumber energi dan penggunaan sumber daya. Design eco-resort harus memperhatikan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan alamnya. Penampilan fisik eco-resort harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat membuat nyaman pengunjung sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Servicescape merupakan penampilan dari lingkungan fisik jasa yang dapat memberikan kesan kepada pelanggan. Kesan yang ditimbulkan oleh servicescape dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Servicescape terhadap customer Satisfaction pada pelanggan Pulo Cinta Eco-Resort. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Responden penelitian ini adalah pengunjung Pulo Cinta Eco-Resort yang berumur minimal 18 tahun, merupakan wisatawan domestik, dan pernah berkunjung dan menginap di Pulo Cinta Eco-Resort minimal satu kali. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan uji hipotesis menggunakan regresi sederhana dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan.

Sustainable tourism development is the focus of national tourism development. Environmental sustainability is one of the indicators of its success. Along with global warming and environmental damage, the concept of developing accommodation facilities must be in line with the goals of sustainable development. An eco-resort is an environmentally friendly accommodation facility, built on the basis of a unique and unique landscape character, based on nature or on special tourist attractions. Eco-resorts are built taking into account environmental conditions as well as energy sources and resource use. Eco-resort designs must pay attention to the reciprocal relationship between humans and their natural environment. The physical appearance of an eco-resort must be designed in such a way as to make visitors comfortable so as to create customer satisfaction. Servicescape is the appearance of a physical service environment that can give an impression to customers. The impression generated by the servicescape can affect customer perceptions of services. This study aims to examine the effect of Servicescape on customer satisfaction at Pulo Cinta Eco-Resort customers. This study uses a quantitative approach with a survey method through distributing questionnaires to 100 respondents. Respondents of this study are visitors to Pulo Cinta Eco-Resort who are at least 18 years old, are domestic tourists, and have visited and stayed at Pulo Cinta Eco-Resort at least once. The analysis technique used is descriptive analysis, inferential analysis, and hypothesis testing using simple regression with SPSS 25 software. The results show that there is an effect of servicescape on customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Pamela
"Servicescape merupakan penampilan dari lingkungan fisik jasa yang dapat memberikan kesan kepada pelanggan. Kesan yang ditimbulkan oleh servicescape dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap jasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan pada Pavilion Beauty Salon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanantif. Penelitian dilakukan dengan metode survei, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan.

Servicescape is the appearance service physical environment that can give impression to customer. The impression of servicescape can affect the customer rsquo s perception of the service. This study was conducted to explain the influence of servicescape on customer satisfaction at Pavilion Beauty Salon. This study used quantitative research approach with explanative type of research. This study was conducted with survey method, collected 100 surveys with non probability sampling technique. The result shows that servicescape has effect on customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67636
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budy
"Tesis ini membahas mengenai penerapan servicescape model pada bisnis yang bergerak dalam industri kuliner yaitu Warung 91. Pemetaan kondisi UMKM memperlihatkan bahwa tidak adanya kegiatan untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh Warung 91, terutama belum adanya implementasi dari servicescape model. Oleh karena itu, tujuan dari Business Coaching ini adalah untuk membantu UMKM mengimplementasikan servicescape model untuk meningkatkan penjualan. Sehingga diharapkan Warung 91 dapat berkembang dari kegiatan tersebut. Metode yang digunakan dalam Business Coaching ini adalah metode observasi untuk menganalisis permasalahan, kemudian dilakukan identifikasi masalah dari wawancara dengan pihak Warung 91 untuk kemudian dibuat rancangan pelaksanaan strategi. Kesimpulan dari Business Coaching ini adalah implementasi servicescape model untuk meningkatkan penjualan Warung 91 secara signifikan.

This thesis discuss the implementation of servicescape model in Warung 91 SME that focusing on food industry. The mapping of business condition mention that there is no activity to increase sales from Warung 91, especially no implementation of servicescape model. Therefore, purpose of this Business Coaching is to implement the servicescape model for increase sales in Warung 91, so Warung 91 can growth and become a better stalls. The method used in Business Coaching is the method of observation to analyze the problem, then identification of the problem by interview with the Warung 91 to make the draft implementation strategy. The conclusion of Business Coaching is the implementation of servicescape model to increase the sales of Warung 91 significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50489
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuratika Novianti
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S9775
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>