Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146878 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muthiah Rahimah
"

Produktivitas publikasi riset dosen menjadi salah satu kriteria utama yang digunakan untuk menunjukkan prestasi suatu perguruan tinggi. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang dapat memengaruhi produktivitas publikasi riset dosen di Indonesia. Riset terdahulu (Hedjazi & Behravan, 2011) menggambarkan bahwa faktor individu dan dukungan institusi berperan penting dalam pertumbuhan riset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pencapaian individu, karakteristik individu, dan karakteristik institusi terhadap produktivitas publikasi riset. Produktivitas publikasi riset diukur berdasarkan jumlah dan bobot publikasi dosen pada tahun 2015, 2016, 2017, dan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dengan penyebaran kuesioner kepada 250 dosen tetap yang memiliki jabatan Lektor, Lektor Kepala, dan Guru Besar pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) UNIVERSE. PTN UNIVERSE merupakan PTN ternama di Indonesia yang memiliki tujuan menjadi universitas berbasis riset. Hasil pada penelitian ini adalah pencapaian individu dan karakteristik institusi merupakan faktor yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas publikasi riset dosen.


The productivity of academic staff publications is one of the main criteria used to show the achievements of a university. This research discuss about factors influencing academic staffs publication productivity in Indonesia. Previous research (Hedjazi & Behravan, 2011) shows that individual factors and institutional support had an important role in research growth. The objective of this research is to examine the influence of individual achievements, individual characteristics, and institutional characteristics towards research publication productivity. The research publication productivity is measured by amount and weight of academic staffs publication in the year of 2015, 2016, 2017, and 2018. This research is using a quantitative approach with survey method, the questionaires are distributed to 250 permanent academic staffs which having the position of Lector, Associate Professor, and Professor in the Public University (PTN) UNIVERSE. The PTN UNIVERSE is a leading university in Indonesia which is to become a research-based university. The result of this research which is an individual achievements and institutional characteristics are having a positive and significance influence towards academic staffs publication productivity.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T51767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
R 378 Nas
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Irawan Djuhais
"Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta I adalah kantor pabean tempat pemasukan hampir seluruh barang impor yang mendapatkan fasilitas jalur prioritas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis persepsi pengguna jalur prioritas Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta I. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori disampaikan oleh Valeria A. Zeithaml (1990) bahwa terdapat dimensi kualitas pelayanan yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa untuk dapat menilai kualitas pelayanan yang diberikan yaitu bahwa pelayanan tersebut reliability (dapat dipercaya), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati) dan tangibles (berwujud). Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dengan indikator : reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan yang dirasakan (perceive performance) dengan harapan (expectation) kepuasan perusahaan penerima fasilitas jalur prioritas pada Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Sementara itu instrumen pengumpulan data disusun dalam angket yang menggunakan skala model Likert. Analisis terhadap variabel yang diteliti dilakukan dengan menggunakan Teknik Analisis Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah importir/perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas jalur prioritas dan telah melakukan importasi dengan fasilitas tersebut sejumlah 80 perusahaan. Sedangkan sampel sejumlah 30 responden diambil dengan metode convinience sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan yang dirasakan (perceive performance) dengan harapan (expectation) kepuasan perusahaan penerima fasilitas jalur prioritas pada Kantor Wilayah VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta I.

Regional Office VII of Directorate General of Customs and Excise Jakarta I is the customs office where generally the incoming traffic of priority channel imported goods. The objective of this research is to identify and analyze the perception of the priority channel company on Regional Office VII of Directorate General of Customs and Excise Jakarta I. This research based on Valeria A. Zeithaml (1990) : there are five dimension of service quality that must be carry out by service provider to measure service quality: that are the service must be reliability, responsiveness, assurance, emphaty and tangibles. Variables of research is service quality with indicators : reliability, responsiveness, assurance, emphaty and tangibles. The hypothesa of this research is : There is no significant difference between perceive performance of service quality and the expectation of satisfaction by priority channel company on Regional Office VII Directorate General of Customs and Excise Jakarta I. The population of this research is importers/companies that obtained the priority channel facility and have import through this facility on Regional Office VII Directorate General of Customs and Excise Jakarta I. This population are 80 companies. Meanwhile sample are 80 respondents that is taken by convenience sampling. The methods used in this research are survey method and analysis by Descriptive Analysis Technique by quantitative approach. The study result that : There is no significant difference between perceive performance of service quality and the expectation of satisfaction by priority channel company on Regional Office VII Directorate General of Customs and Excise Jakarta I."
2007
T22934
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eka Aprilia Sri Kartikasari
"Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek telah memuat kebijakan pelayanan kefarmasian termasuk pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan pelayanan farmasi klinik yang harus dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab seorang apoteker. Aspek khusus yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan pengelolaan sediaan farmasi adalah obat high alert karena dapat menyebabkan terjadinya kesalahan serius (sentinel event), dan berisiko tinggi menyebabkan dampak yang tidak diinginkan (adverse outcome). Obat-obatan LASA atau NORUM merupakan obat high alert yang menjadi salah satu penyebab paling umum munculnya kesalahan dalam meracik obat (dispensing error) sebesar 8,5% sehingga penyimpanan obat LASA atau NORUM hendaklah diperhatikan untuk menghindari kesalahan dalam pemberian obat. Hasil observasi penyimpanan obat LASA di Kimia Farma Apotek 0001 dibandingkan dengan penyimpanan obat LASA dalam Permenkes Nomor 73 Tahun 2016 dan dilakukan gap analysis dari hasil perbandingan tersebut. Dalam tugas khusus ini, implementasi prosedur penyimpanan obat LASA di Kimia Farma Apotek 0001 sesuai Permenkes Nomor 73 Tahun 2016 dilakukan dengan membuat daftar obat LASA atau NORUM, menyusun obat LASA atau NORUM dengan meletakkan satu obat di antara dua obat LASA, dan memberikan stiker bertuliskan LASA.

Minister of Health Regulation Number 73 of 2016 concerning Pharmaceutical Service Standards in Pharmacies contains pharmaceutical service policies including the management of pharmaceutical preparations, medical devices and consumable medical materials and clinical pharmacy services which must be implemented and are the responsibility of a pharmacist. Special aspect that needs to be considered in the storage management of pharmaceutical preparations is high alert drugs because they can cause serious errors (sentinel events) and have a high risk of causing undesirable impacts (adverse outcomes). LASA is a high alert drugs which is one of the most common causes of dispensing errors amounting to 8.5%, so attention should be paid to the storage of LASA drugs to avoid errors in administering the drugs. The observation results of LASA drug storage at Apotek Kimia Farma 0001 were compared with LASA drug storage in Minister of Health Regulation Number 73 of 2016 and a gap analysis was carried out from the comparison results. In this report, the implementation of LASA drug storage procedures at Apotek Kimia Farma 0001 in accordance with Minister of Health Regulation Number 73 of 2016 is carried out by making a list of LASA drugs, arranging LASA drugs by placing one drug between two LASA drugs, and providing a sticker with the word LASA.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rulina Rachmawati
"Kajian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian publikasi struktur tektonik Indonesia meliputi pertumbuhan jumlah publikasi, topik penelitian utama(termasuk metode penelitian yang digunakan dan wilayah geografis yang banyak dikaji), pertumbuhan topik penelitian, sumber publikasi, afiliasi institusi dan negara, serta kolaborasi peneliti nasional dengan internasional. Metode bibliometrik digunakan untuk menganalisis publikasi yang terindeks pada data base Scopus dari tahun 2001-2020. Software Vos Viewer digunakan untuk memvisualisasikan kata kunci dan mengetahui topik penelitian utama, metode, dan wilayah geografis penelitian. Tren pertumbuhan topik penelitian diperoleh melalui analisis konten dan pengelompokan secara manual kedalam topik penelitian utama. Sumber publikasi, afiliasi, dan kolaborasi di analisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah publikasi struktur tektonik Indonesia mengalami peningkatan dalam satu dekade terakhir. Terdapat empat topik penelitian utama:(1)struktur tektonik pada subduction atau fault zoned alam kaitannya dengan aktivitas seismi kataupun pergeseran tektonik (metode: tomography dan GPS; lokus: Sumatera dan JawaTengah);(2)proses fisik apa damag map lumbing system dan evolusi magma(magma differentiation)(metode: analisis geochemistry, petrology, isotopicratio, petrography; lokus: Pulau Jawa(Jawa Timur dan JawaTengah, terutama Gunung Merapi));(3)evolusi struktur tektonik yang disebabkan tumbukan lempeng benua(metode: stratigraphy, biostratigraphy, geochronology; lokus: Bandaarc, Lesser Sunda Islands dan Sulawesi); dan(4)proses magmatik atau sedimentologi yang dipengaruhi crustal pada subduction zone(metode: analisis isotopi ccomposition dan igneous geo chemistry;lokus: Jawa Barat). Publikasi struktur tektonik Indonesi apaling banyak di muat di Geophysical Journal International, namun Gondwana Research memiliki skor sitasi yang lebih tinggi. Institusi yang paling produktif adalah Institut Teknologi bandung dan negara penghasil publikasi yang paling dominan adalah Indonesia di ikuti oleh UK dan Australia. Publikasi lebih banyak dihasilkan melalui kolaborasi peneliti nasional dan internasional,namun jumlah peneliti nasional yang menjadi penulis pertama masih cukup rendah(22%)."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2020
020 VIS 22:2 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The objectives of the research is ti know the implementation of policy and implementation of the research program and the public service at Higher Education (HE). The research method is the mixed of quantitative and qualitative methods with a descriptive analysis. Sample of the research is 160 respondents taken purposively of head and members of the research and public service instutions at public and private of HE. The research was conducted for 7 months from April to October 2008 at six provinces : West Nusa Tenggara province , Bali province, Special Yogyakarta province, west Sumatera provine, and South Sumatera provine. Tools and the techniques of data collecting are using documentation study, questionnaries, interview and focus group discussion. Primary data is the information from the resource persons from HE while the secondary data is taken from the the documents about the rules as well as the laws and the related research done by other people. The findings of the research are : 1) the policy of research program and the public service at HE is based on the general policy of the HE Directorate, Ministry of National Education; 2) the implementation of policy in improving quality of HE still has constrains such as the instutions of research and public service are still sparate, the socialization of programs of public service is still low, and most lectures at HE are still lack of having research methodology; 3) the research findings of both public and private HE can be implemented to develop and improve science. However, there has a few of the research findings that can be used for improving teaching and learning materaials for higher education, very few of national as well international publications, and very few of having patent rights; and 4) the activities in public service are not based on the findings of the research yet. "
JUPEKEB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Hazella
"Riset kolaborasi merupakan tren baru pada lingkup penelitian akademis saat ini. Para peneliti tidak lagi berperan sebagai penulis independen, melainkan setiap anggota tim menggabungkan pengetahuannya yang berbeda dan menciptakan integrasi untuk pengetahuan baru. Social Network Analysis SNA merupakan metode yang tepat untuk mengidentifikasi pola dan tren dari peneliti terkemuka serta lembaga institusinya.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah publikasi internasional yang dihasilkan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia selama enam tahun terakhir 2010 ndash; September 2016 . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan analisis centrality melalui identifikasi struktur jaringan sosial dari peneliti dan institusi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jaringan antar peneliti masih tersebar dan hanya sedikit departemen di Fakultas Teknik UI memiliki struktur jaringan yang baik. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi untuk meningkatkan kualitas riset di Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Research collaboration is going concern in the hallmark of contemporary academic research. Researchers are no longer independent players, but members of team combine their different pieces of knowledge and allow integration for the creation of new knowledge. Social Network Analysis is a powerful tool to identify patterns and trends of leading researchers and institutions.
Data of international publication from Faculty of Engineering Universitas Indonesia during the last six years 2010 ndash September 2016 was used in this study to assess the social networks among researchers. The objective of this study is to provide centrality analysis that reveals the social structure of the networks by identifying researchers and their connections.
The output of this study showed that networks among researchers are still fragmented and slightly department at Faculty of Engineering UI has a good structureof authorship network. Therefore, the results of this study can be used as evaluation to improve the quality of research collaboration in Faculty of Engineering Universitas Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S66214
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Jatmiko
Depok: UI Publishing, 2019
808.066 WIS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
MIMBAR 25(1-2)2009
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>