Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14122 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Trimble, Louis
New York: Cambridge University Press, 1985
808.0666 TRI e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Djoko Sumitro
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990
428.024 5 DJO e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farrell, Thomas S.C.
California: Corwin Press, 2006
428 FAR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Malden, MA: Wiley-Blackwell, 2013
372.6 HAN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Clynes, A.J.
Canberra: International Development Program of Australian Universities, 1985
428.24 CLY e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Clymer, Theodore
Masschusetts: Burdett, 1984
428.2 CLY s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Deny Arnos Kwary
"Belajar kosakata seharusnya menjadi landasan belajar bahasa kedua. Tanpa tata bahasa, sangat sedikit yang dapat disampaikan, namun tanpa kosakata tidak ada yang dapat disampaikan (Wilkins 1972: 111). Nation (2001:11-12) menyebutkan empat jenis kosakata di dalam teks: kata-kata berfrekuensi tinggi, kosakata akademis, kosakata teknis, dan kata-kata berfrekuensi rendah. Bagi mahasiswa, pengajaran dan pembelajaran kosakata seharusnya difokuskan pada kosakata teknis. Ada dua alasan untuk pendapat ini. Alasan pertama adalah bahwa lulusan sekolah menengah atas (SMA) telah menguasai 4.700 kata, menurut kurikulum nasional. Jumlah tersebut telah mencakup kata-kata berfrekuensi tinggi dan kosakata akademis. Alasan kedua adalah kenyataan bahwa mahasiswa lebih sering menemukan kosakata teknis selama mereka belajar di universitas. Oleh sebab itu, penguasaan kosakata teknis memainkan peranan yang penting dalam studi mereka.
Lokasi penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga. Daftar kata kosakata teknis dibuat berdasarkan buku teks mata kuliah yang digunakan di fakultas tersebut. Ada tiga buku teks yang dianalisis, yaitu: Economics oleh Samuelson dan Nordhaus, Management oleh Daft, dan Accounting oleh Warren, Reeve, dan Fess. Untuk lebih fokus pada kosakata teknis, tidak semua kata-kata yang ada di indeks diambil. Kosakata non-teknis, seperti kata-kata berfrekuensi tinggi, kosakata akademis, kata-kata fungsi, nama, singkatan, dan angka, tidak dimasukkan. Proses pemilihan dan pembuatan daftar kata kosakata teknis dilakukan dengan menggunakan program RANGE.
Ada tiga hasil utama dari tesis ini: (1) Daftar Kata Kosakata Teknis, (2) Afiks Derivasional untuk Kosakata Teknis, dan (3) Materi Belajar Kosakata dengan Bantuan Komputer. Ada empat daftar kata kosakata teknis: (1) Daftar Kata Ekonomi yang terdiri atas 51 kata, (2) Daftar Kata Manajemen yang terdiri atas 56 kata, (3) Daftar Kata Akuntansi yang terdiri atas 75 kata, dan (4) Daftar Kata Kosakata Teknis untuk Mahasiswa Ekonomi, yang terdiri atas 62 kata. Afiks derivasional yang ditemukan dalam daftar kata, diklasifikasikan menjadi lima tahap berdasarkan Nation (2001:268). Tahap tersebut mengindikasikan urutan mengajar dan belajar yang akan memberikan hasil yang terbaik bagi usaha belajar. Dalam setiap tahap, setiap afiks ditampilkan dengan artinya dan contoh dari daftar kata. Hasil materi belajar yang lain adalah Computer-Assisted Language Learning 'Belajar Bahasa dengan Menggunakan Komputer' (CALL) untuk Kosakata Teknis. Materi belajar ini dikonstruksi dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 4.0 dan file-nya dapat di-download gratis dari www.kwary.net/vocabulary.html. Isi file tersebut adalah lima tahap afiks derivasi yang dijelaskan dalam tesis ini ditambah dengan istilah yang ditemukan di glosarium dan definisinya.

Abstract
Learning vocabulary should become the basis of second language learning. Without grammar, very little can be conveyed, but without vocabulary, nothing can be conveyed (Wilkins 1972: 111). Nation (2001:11-12) mentions four kinds of vocabulary in a text: high-frequency words, academic vocabulary, technical vocabulary, and low-frequency words. For university students, vocabulary teaching and learning should be focused on technical vocabulary. There are two main reasons for this opinion. The first reason is high school graduates have mastered 4,700 words, according to the national curriculum. This number has covered high-frequency words and academic vocabulary. The second reason is the fact that students mostly encounter technical vocabulary during their studies at university. Hence, a mastery of technical vocabulary plays a significant role in their studies.
The location of this research is the Faculty of Economics of Airlangga University. The technical vocabulary word lists created are based on the core content subject textbooks used in that faculty. There are three core textbooks analyzed: Economics by Samuelson and Nordhaus, Management by Daft, and Accounting by Warren, Reeve, and Fess. To be more focused on technical vocabulary, not all of the words found in the indices are taken into account. Non-technical vocabulary, such as high-frequency words, academic vocabulary, function words, proper names, abbreviations, and numbers, are not included. The process of selecting and making the technical vocabulary word lists is accomplished by using the RANGE program.
There are three main yields in this thesis: (1) Technical Vocabulary Word Lists, (2) Derivational Affixes for Technical Vocabulary, and (3) Computer-Assisted Vocabulary Learning material. There are four technical vocabulary word lists: (1) the Economics Word List comprising 51 words, (2) the Management Word List comprising 56 words, (3) the Accounting Word List comprising 75 words, and (4) the Technical Vocabulary Word List for Students of Economics comprising 62 words. The derivational affixes found in the word lists have been classified into five stages based on Nation (2001:268). The stages indicate an order of teaching and learning that will give the best return for learning effort. In every stage, each affix is presented with its meaning(s) and examples from the word lists. Another yield of learning materials is a Computer-Assisted Language Learning (CALL) for Technical Vocabulary. This learning material has been constructed using Macromedia Dreamweaver 4.0 and the files can be downloaded for free from www.kwary.net/vocabulary.html. The content of the files includes the five stages of derivational affixes explained in this thesis plus the terms found in the glossary and their definitions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T14840
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathurizqi
"Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk menguji dan menganalisa apakah bimbingan belajar Nurul Fikri benar-benar efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya sebelum menghadapi ujian nasional. Dikarenakan kebijakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan nilai kelulusan ujian nasional, bimbingan belajar menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun karena kurangmya penelitian, efektifitas bimbingan belajar dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya masih dipertanyakan.
Penelitian ini menemukan bahwa bimbingan belajar Nurul Fikri hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil dari tes uji coba ujian nasional pertama dan kedua, siswa Sekolah Menengah Atas yang lebih banyak diajarkan mengenai cara membaca teks berbahasa Inggris mengalami kemajuan yang lebih baik dibandingkan siswa Sekolah Menengah Pertama yang banyak diajarkan mengenai tatabahasa dalam bahasa Inggris.
Penelitian ini juga menemukan bahwa para murid berpikir guru yang memberikan lebih banyak latihan soal lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris mereka dibandingkan guru yang lebih sering memberikan materi pembelajaran baru. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa minat siswa tidak memberikan dampak besar untuk peningkatan hasil pembelajaran bahasa Inggris mereka di NF. Meskipun siswa Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Pertama di NF memiliki minat yang sama dalam pelajaran bahasa Inggris, mereka mengelami peningkatan pemahaman yang berbeda.

The aim of this paper is to test and analyze whether Nurul Fikri private course is really effective in improving students’ English comprehension in facing the national exam. Because of the Indonesian government’s policy to increase the passing grade of the national exam, private courses have been more popular for the last few years. However, because of lack in researches, the effectiveness of private courses in improving students’ English comprehension is still questionable.
This research found that Nurul Fikri private course is only effective in improving senior high school student’s English Comprehension. Based on the result of first and second try outs, senior high school students who were mostly taught about reading materials made better progress than junior high school students who were mostly taught about grammar.
Next, this research found that most of the students thought NF teachers who give more exercise are more effective in improving their English comprehension than teachers who teach new materials. Last, this research found that students’ interest did not give significant influence to the result of English teaching in Nurul Fikri. Although junior high school and senior high schools students had similar interest in English, their progresses in English comprehension were different.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gerber, Philip L.
New York : Random House, 1959
420.7 GER e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Coxon, Rosemary
London: Letts Educational, 1994
420.7 COX l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>